narsissism

pasir di tanganku…

semakin pasir itu digenggam erat di tangan, akan makin banyak yang berjatuhan.. dan akhirnya pasir itu pun menghilang.. 

ya.. tapi bila kita memegang pasir itu dengan tangan terbuka… apa yang akan terjadi.. pasir-pasir itu akan tetap berterbangan juga… tetap tergelincir jatuh dari tangan.. 

kecuali pasir adalah pasir basah.. tapi sampai kapan pasir-pasir itu akan basah?toh nantinya juga pasir-pasir itu akan mengering.. 

memang sulit untuk terus menjaga pasir di tangan.. kecuali bila pasir itu selalu basah.. 

 

pria ibarat pasir di tangan.. di genggam erat, dia cari celah untuk berlari.. di pegang dengan tangan terbuka dia tetap pergi dan terbang dengan bebas.. 

 

wahai pasir di tangan.. katakan.. apa yang harus ku lakukan padamu.. 

topeng

 

dunia ini benar-benar panggung sandiwara.. semua orang seperti memakai topeng.. entah sengaja atau tidak sengaja.. sulit rasanya menemukan orang yang benar-benar jujur.. tiap orang menggunakan topengnya sendiri.. tiap saat bisa berganti. Tergantung kebutuhan.. kadang dia gunakan topeng berlapis-lapis atau bahkan dua topeng secara bersamaaan untuk menutupi wajah aslinya dan menutupi  belakang kepalanya..

JUJUR? Sebuah kata dan sifat yang sedikit langka dewasa ini.. begitu banyak orang yang bangga dengan kemampuan mereka membuat banyak topeng dalam hidupnya.. ada pula yang malah mencibir mereka yang tidak bertopeng. Yang tampil ke muka umum dengan wajah polos mereka.. bahkan menyuruh si jujur yang polos dan lugu, mengenakan topeng bila berhadapan dengan orang lain.. duhh.. tidak bisa kah semua orang menampilkan wajah polos mereka? apakah menjadi orang yang naif merupakan sebuah AIB???

kalau di Tanya kenapa mereka menggunakan topeng, ada begitu banyak jawaban yang mungkin saja muncul..

  1. Untuk kepentingan dan keuntungan pribadinya.. dengan menggunakan topeng, dia bisa meraih keuntungan dari orang lain.. (bak topeng monyet yang hanya akan mendapat uang bila memasang topeng dan beraksi..)
  2. Ada lagi yang menggunakan topeng untuk melindungi wajah aslinya…. yang ntah kenapa ingin di tutupi.. (mungkin faktor nggak PD dengan keadaan yang sebenarnya? Ntah..)

 

Ada satu fenomena menarik sebenarnya yang lucu disini.. setiap orang, selalu berpikir bahwa semua orang yang ada di dunia ini adalah sama. Sehingga si manusia bertopeng ini, berpikir kalau tidak ada orang yang jujur di dunia ini. Makin lah dia tidak mau melepas topengnya atau bahkan malah mengenakan topeng lebih banyak hingga wajahnya bertumpuk2, penuh dengan topeng.

Ada yang menyebut seseorang bertopeng sepertinya menarik karena mereka begitu misterius.. seperti yang satu ini..

 

Tapi.. kenyataannya..  akan lebih menyenangkan jika berhadapan dengan seseorang di saat kita benar2 dalam keadaan murni tanpa topeng. kebayang nggak sih, kalau kita berhadapan atau bahkan hidup bersama orang yang selalu bertopeng dan tidak mau melepaskanya, walau hanya ada kita berdua disana?? kalaupun dia sanggup terus memasang topeng itu.. akan merasa aman kah kita bersamanya?? akan ada banyak hal yang terpikir.. bisa muncul banyak praduga, sakwa sangka, bahkan sampai muncul justifikasi.. tentunya kasihan.. tapi percayalah.. topeng itu bagai bom waktu yang kalian simpan.. dia suatu waktu bisa meledak.. dia bisa melukai si pemakai dan orang2 yang ada di sekitarnya.. 

Semoga mereka-mereka yang biasa bertopeng, mau menanggalkan topeng2 kebohongan dan kemunafikan mereka.. mampu menampilkan diri mereka apa adanya..  kayak gini.. kyaaaa..

rumput tetangga emang selalu lebih ijoooooo…..

it’s a wondefull life you have.. 

tiba-tiba beberapa hari yang lalu gue mendapat testimonial ini di FS (gak usah nanya “masih jaman ya, pake FS??klo gak mau gue jitak 😛 ) gue sih rada kaget bacanya.. sejak FS di hack dan sering error gue juga jadi jarang buka FS.. 

gue kenal teman gue yang satu ini belum terlalu lama.. baru itungan bulan.. gue kenal dia, dari salah satu temen deket yang salah ngenalin dia… di kira tuh cewek adalah gue.. secara foto yang pasang tuh mirip sama gue.. padahal menurut gue cuma difoto itu doang yang mirip.. selebihnya nggak terlalu, tuh.. makanya kita menyebut satu sama lain.. “kembaran”… seru aja sih.. dia gue anggep mbak gue lah.. 

nah.. sejak gue kenal, dia sering kali membanding2kan dirinya sama gue… yang udah pasti beda. #-o tapi ya begitu.. ada kalanya dia merasa menang di banding gue, karena udah nikah dan udah memiliki anak… sementara gue belum nikah dan asik kerja aja gitu.. gak mikirin soal cowok.. (kondisi gue kenal ma dia, saat gue baru bubaran) but.. how ever.. i always enjoy my life.. gak punya cowok, bukan masalah besar buat gue.. tapi kok saat itu dia yang ribet, ya?? ya gue sih santai aja.. mungkin terus ngeliat gue yang santai banget dan selalu enjot dengan kondisi apapun, dia mulai “iri”. gue gak tau kata yang lebih tepat halus.. tapi ya emang itu yang gue rasa.. dia terus membanding2kan hidup gue dengan hidup dia.. merasa hidup dia tuh merana banget, selalu di sia-sia.. kesepian.. dll.. 

ya.. gue sih menyayangkan aja sikapnya… gue berusaha sebisa mungkin suport dia.. karena gue sih ngeliatnya masalah yang dia hadapi gak segitunya… (ya memang semua punya kecenderungan melankolis dimana sering merasa paling menderita, selalu teraniaya dan merana dibanding orang lain

gue sih merasa sikap yang seperti ini… yang bikin orang jadi gak bersyukur dan gak bahagia dengan kehidupan mereka.. bener banget deh, prinsip “rumput tetangga selalu lebih hijau” ya karena emang yang keliatan adalah hasilnya.. dari luarnya… gak di peratiin saat2 menanam, memupuk dan menyirami rumput2 itu supaya tumbuh subur dan hijau2.. coba kalau di perhatiin.. akan ketauan bahwa semua keindahan yang ada itu butuh perjuangan dan pengorbanan untuk mewujudkannya.. gak langsung serta merta semua tumbuh subur menghijau tanpa usaha.. 

okelah rumput tetangga lebih hijau… tapi kalau lo terus memandangi rumput tetangga itu dan mupeng doang, rumput lo siapa yang bakal urus??? dari pada sibuk bengong ngeliatin rumput tetangga, mending urus rumput kita sendiri ajah.. 😀

semua orang bisa memiliki taman bunganya sendiri.. taman yang sama indahnya dengan taman-taman lain milik tetangga.. dan perlu di inget kalau setiap taman itu pasti berisi bermacam2 bunga yang jenis dan jumlahnya bervariasi… perbedaan2 itulah yang membuat masing2 taman memiliki keindahannya masing2… 

seperti hidup manusia.. everyone has their own happines.. bersyukur dengan apa yang kita miliki dan berjuang untuk terus menjaga dan merawatnya akan membuat hidup kita indah dan terasa ringan saat di jalani.. we have our life.. kita yang punya kuasa untuk berusaha maksimal untuk membuat hidup kita terasa indah.. (sisanya kita serahkan pada Kuasa Tuhan.. yang penting usaha dulu yang utama 😀 ) *sok bijak mode on* 

 

note : sist, you should proud of your self.. kalau kamu menjaganya dengan baik, mereka akan mendatangkan banyak kebahagiaan buatmu… o:-)

saatnya refleksi akhir tahun..

hmmm.. gila.. waktu cepet banget berlalu.. satu kalender udah abis aja.. #:-s kayaknya baru kemaren gue ngabisin waktu dengan seseorang.. nyaris bertengkar untuk memintanya menghabiskan malam tahun baru dengan gue.. kebersamaan yang indah, namun akhirnya tidak berlangsung lama… 🙂 beberapa bulan setelah itu ku putuskan untuk mengakhiri semuanya.. buat dia memang benar2 keputusan yang mengagetkan.. but i think enaugh is enaugh.. even i love him so much, i decide to end up everything.. untuk kebaikan semua.. hmm.. keputusan berat.. butuh waktu lumayan lama buat gue untuk bangkit.. gue sendiri gak gitu menyadari itu.. tapi temen2 gue yang ngeliat itu.. gue ngerasa bodoh banget pas belakangan sahabat2 gue bilang betapa gue drop-nya saat perpisahan itu datang.. saat ngejalanin itu semua sih gue berasa kuat.. walau gue berusaha nyembunyiin semua kesedihan itu, tapi tetep aja mereka menyadarinya.. saat itu, hati gue bener2 rapuh.. he has turn my world heart up side down.. 

hehe.. jujur aja.. butuh waktu lumayan lama, dan beberapa orang untuk gue bisa melangkah maju dan melanjutkan kehidupan percintaan gue.. hmmm.. januari sampe maret masa gamang gue.. masa berpikir untuk mengambil keputusan. maret sampe mei, masa terberat.. juni sampe september masa untuk bangkit..

setelah itu.. gue bersyukur karena kini gue udah menemukan sosok lain yang kini banyak mengisi hari dan hati gue dimana gue bisa belajar banyak melalui dia.. (thank you, dear.. :* ) walaupun hubungan ini masih seumur jagung dan bikin emosi gue cukup fluktuatif.. tapi gue tetap berusaha optimis bahwa semua akan baik2 aja.. wajar lah.. kita berdua masih berada dalam proses dimana kita belajar untuk lebih saling mengenal dan hafal karakter satu sama lain.. 😉 

soal pekerjaan.. hmm.. gue berhasil membuat buku cerita anak yg covernya bisa di liat di samping kanan situh.. klo soal karier menulis gue di tempat kerjaan gue, rasanya gak gitu meningkat.. malah belakangan rada menurun.. gue sadarin itu.. ntah kenapa beberapa masalah yang gue hadapin membuat gue lost fokus dan kurang konsen bikin naskah.. gue sadar banget klo ini bener2 gak baik.. bagaimanapun tidak ada pembenaran soal itu. kerjaan ya kerjaan, gak ada urusan sama masalah pribadi.. apapun masalah gue, mestinya gak jadi pemakluman untuk gue lalai dalam pekerjaan.. fuiiih.. #:-s mudah2an aja semua akan membaik nantinya.. 

kalau dalam hubungan pertemanan, alhamdulilah di tahun ini gue merasa bersyukur jadi lebih deket dengan temen2 gue dan punya lebih banyak teman2 baru.. (pengaruh hidup menjomblo kali, ya???) :)) seneng banget punya sahabat2 baik yg bisa di ajak berbagi.. walau sempet ribet sama temen gue, tapi beruntung bisa selesai baik2 dan sekarang jadi makin deket dari sebelumnya.. yaaa.. thats life.. :)) kita bener2 gak tau apa yang akan terjadi nanti.. 

hmmm.. itu aja kali ya, review setahun kebelakang.. kesimpulannya sih tahun ini lumayan berat untuk di jalananin buat gue.. walaupun bukan terberat, tapi tetep berasa melelahkan dalam ngejalaninnya.. beda sama tahun 2007 yang gue sebut tahun petualangan.. huehehehehehe.. :)) tahun ini tahun kesedihan gue.. :-s *Halah!* dramatis.. =))

 

tapi satu hal yang pasti.. gue dapet banyak pelajaran penting tahun ini dalam hubungan antar individu.. enak ataupun gak enak, semua bikin gue belajar untuk lebih hati2 dan jadi orang yang lebih baik.. 

tagline gue tahun ini : “don’t worry about people that left behind on your past. there’s a reason why they didn’t make it to your future.. And there`s reason why they do came to your life.” kalimat ini bikin gue ikhlas melepas masa lalu, karena gue yakin kalau emang masih jodoh gak akan kemana.. kalau ternyata gak jodoh ya, artinya dia gak cukup baik buat gue dan gue akan menemukan orang lain yang mungkin jauh lebih baik.. oh iya.. soundtrack kehidupan gue tahun ini adalah only hope yang jadi OST Walk to remember.. 

 

fuihh.. semoga tahun depan, semua akan jadi jauh lebih baik.. amiiin.. o:-)

desember

entah kenapa perasaan gue bilang, bulan ini akan jadi bulan yang berat buat gue… begitu banyak konflik, begitu banyak pergulatan batin, begitu banyak kebimbangan dan keraguan.. arrgh… semoga gue bisa ngejalanin semuanya dengan baik dan memanage semua, sehingga semua berjalan dengan baik… dan terutama tidak akan ada yang akan terluka.. 

c’mon vie.. use your head! not only your heart!

 

saat kaki di langkahkan, tidak boleh ada keraguan sama sekali.. pijakan yang tidak mantap akan membuat limbung, terhuyung dan bahkan jatuh.. make a step and take the risk! do everything you love and love everything you do.. o:-)

my name hidden's meaning..

iseng-iseng blogwalking terus nyampe ke salah satu situs tes iseng-iseng.. terus nyoba ini masukin nama lengkap gue.. terus ini hasilnya.. 

 

What ……… (nama di sembunyikan 😛) Means
You are relaxed, chill, and very likely to go with the flow.
You are light hearted and accepting. You don’t get worked up easily.
Well adjusted and incredibly happy, many people wonder what your secret to life is.  

You are a very lucky person. Things just always seem to go your way.
And because you’re so lucky, you don’t really have a lot of worries. You just hope for the best in life.
You’re sometimes a little guilty of being greedy. Spread your luck around a little to people who need it.

You are loving, compassionate, and ruled by your feelings.
You are able to be a foundation for other people… but you still know how to have fun.
Sometimes your emotions weigh you down, but you generally feel free from them.

You tend to be pretty tightly wound. It’s easy to get you excited… which can be a good or bad thing.
You have a lot of enthusiasm, but it fades rather quickly. You don’t stick with any one thing for very long.
You have the drive to accomplish a lot in a short amount of time. Your biggest problem is making sure you finish the projects you start.

You are the total package – suave, sexy, smart, and strong.
You have the whole world under your spell, and you can influence almost everyone you know.
You don’t always resist your urges to crush the weak. Just remember, they don’t have as much going for them as you do.

You are friendly, charming, and warm. You get along with almost everyone.
You work hard not to rock the boat. Your easy going attitude brings people together.
At times, you can be a little flaky and irresponsible. But for the important things, you pull it together.

You are a seeker of knowledge, and you have learned many things in your life.
You are also a keeper of knowledge – meaning you don’t spill secrets or spread gossip.
People sometimes think you’re snobby or aloof, but you’re just too deep in thought to pay attention to them.

You are usually the best at everything … you strive for perfection. 
You are confident, authoritative, and aggressive. 
You have the classic “Type A” personality.

You are wild, crazy, and a huge rebel. You’re always up to something.
You have a ton of energy, and most people can’t handle you. You’re very intense.
You definitely are a handful, and you’re likely to get in trouble. But your kind of trouble is a lot of fun.

You are confident, self assured, and capable. You are not easily intimidated.
You master any and all skills easily. You don’t have to work hard for what you want.
You make your life out to be exactly how you want it. And you’ll knock down anyone who gets in your way!

You are a seeker. You often find yourself restless – and you have a lot of questions about life.
You tend to travel often, to fairly random locations. You’re most comfortable when you’re far away from home.
You are quite passionate and easily tempted. Your impulses sometimes get you into trouble.

 

wohohoho.. lumayan akurat.. 😀 

hmm… nama mempengaruhi karakter? atau it just co-incident.. kebetulan, kah? 😕 dunno.. :-??

tapi.. it just for fun.. :)) seru-seruan aja, sih.. 😀

sinetron banget!!

suatu malam, setelah basi-basian seharian, bete nggak jelas, akhirnya gue mutusin untuk ngobrol sama pidi.. nggak kerasa, sampe jam 2 pagi.. ngobrol banyak hal… hal yang gak bisa kami share dengan banyak orang.. yah.. that’s us.. klo dua orang “introvert” ketemu dan udah klik ya gitu.. banyak hal di ceritain.. semua di bahas.. sampe di sela-sela pembicaraan dia langsung memotong.. 

“gila.. hidup lo berasa sinetron banget!!”

kita berdua ngakak.. ya iya sih.. gue sadar kalau belakangan kisah hidup gue berasa kayak di sinetron2 yg pernah gue bikin/tonton.. 8-} dan tentunya disini gue sebagai pemeran utama.. B-) HASYAAAAAH!!! =)) yah.. that’s it.. hidup gue kayak di sinetron banget! walaupun gak perlu banyak orang tahu soal itu.. and as ussual.. gue selalu bisa menebak setiap reaksi semua orang yang terlibat dan akan terlibat disitu.. dan gue udah tahu harus bersikap bagaimana dan harus melakukan apa.. 

entah kenapa, sekarang kok gue ngeliat segala sesuatu dengan lebih dramatis.. mendengar cerita dari temen2, juga banyak yg ngalamin itu.. pidi bilang sih itu “kutukan scriptwriter”. :)) yg gue tau, ada gue, dia dan beberapa temen penulis juga pernah ngalamin itu.. wikikikikik.. ;)) 

 

setelah mundur sejenak dan mendinginkan hati dan kepala, gue berasa lebih ringan dalam melangkah.. klo udah kayak gini gue kadang jadi lebih bisa melihat masalah dari sudut pandang yang lebih luas dan lebih jelas.. 🙂

 

makasih buat pidi.. senang punya sahabat seperti elo.. pid, jangan sedih dan jangan cemas dengan masa depan.. sesungguhnya beruntung lo hidup dengan “gift” itu.. 😛 wakakakakak.. =))

fuiihh..

teori nggak selalu sejalan dengan praktek.. ocha pernah bilang ke gue, kalau gue ini jago soal teori kehidupan tapi ble’e di praktek.. ya.. banyak orang begitu.. mudah untuk bicara tapi susah mengaplikasikannya.. udah tahu kalau mau begini ya mesti begitu dan ngelakuin ini itu.. kalau mau begonoh harus begichu dan nyelesein urusan disana dan disini.. bla..bla..bla.. :-@

Fuiiih.. #:-s sekarang lagi ngerasa pegel banget.. pegel dengan segalanya.. lagi ngerasa capek hati.. capek pikiran.. capek badan.. capek semuanya.. lelah… sedang benar-benar lelah.. 🙁

life it’s the matter of choice.. secara tidak sadar, gue yang memilih ada di kondisi seperti ini.. ini semua akibat ulah gue sendiri.. yang pengen gue bilang sekarang adalah gue lelah.. cuma itu.. gue cuma butuh berdiam.. mendinginkan kepala.. menenangkan hati, dan kemudian mengisi energi untuk kembali berlari dengan lebih cepat, melompat lebih tinggi, dan tertawa dengan lebih ceria.. 

gue udah tahu apa yang mesti gue lakuin.. cuma ya itu tadi.. praktek gak segampang teori.. beuh.. #-o

 

Ps. makasih buat panda yang udah betulin dan pasangin smile di blog gue.. makasih, ya.. ;)) mudah2an dengan ini, gue jadi makin semangat ngeblog.. makasih udah menularkan semangatmu.. 😀

apa yang mau kamu curi?

Jika hari ini adalah “Hari Mencuri Sedunia” apa yang akan kau curi dari aku?.

pertanyaan itu gue lontarkan ke beberapa temen2 via YM.. dan bener aja.. gue dapet jawaban2 yang sangat mengejutkan.. lucu2.. seru.. ini jawaban beberapa temen :

APA YANG AKAN KAMU CURI DARI AKU???

  • Yati :  hatimu, nona
  • om rony : ku curi otakmu?? atau hatimu??
  • Om danugak ah nanti aku dikira pencuri 😆 << akhirnya menjawab mau mencuri kopi gue (doh)
  • Ratih : aku akan mencuri semangatmu
  • tukang kopisusu : hatimu.. *tersipu* <<< Gombal! *pentung2 pake donat J-co*
  • kodok : akan ku curi waktumu…
  • arief : Naskah aja ya..atau duit..ha4
  • unyil : di sensor aja jawabannya!! yang pasti dia ngasih jawaban yang bikin gue bakal manggil orang sekampung buat mentungin dia pake sendal.
  • Farida :  aku ingin mencuri bakatmu,percaya diri mu,dan semangatmu. << hasyah!!!
  • Si Mbah :  Aku mencuri bantal, laptop, kulkas dan isi2nya, trus ibu, trus mpus. Keren kan, udah ga ada hiburan, makanan, ga bisa tidur, sendirian pula hahaha <<< yang ini sih model perampok beneran.. *pentung2 pake ikan bandeng*

 

tapi, dari semua jawaban temen-temen gue, ada satu jawaban paling gokil yang bikin gue temehek-mehek.. ini dia.. 

 

aku curi senyummu, kusimpan dalam kotak hitam serupa yang dipunya pandora dan akan kubuka ketika dunia menangis, langit menggelap dan awan bergayut muram agar setiap yang tersentuh ujung lengkung bibirmu yang menaik ke atas akan melihat warna kembali cemerlang dan harapan sedang sembunyi di balik pelupuk matahari yang mungkin sedang lelap kelelahan.

 

ANJRIT!!! kata2nya pito dasyat banget deh.. aaaaah… pito.. you are so sweeet, honey.. cewek mana juga bakal klepek2 deh, dengan rayuan maut lo.. 

elo emang cowok banget, dah!!! bener2 salah body!!! wakakakakakakakak…. huaaaa.. kangen pito.. *hugs*

keinginan itu masih ada..

 

tadi sempat friendsterwalking (hasyah bahasanya). ya.. intinya ngeliat2 friendster orang, karena sekalian tadi ada testi masuk dan baru nge-add salah seorang tetangga teman baru. iseng-iseng buka-bukain profile FS orang-orang yang liat FS gue.. iseng gue liatin foto-foto beberapa orang dengan aktifitas dan kesenangan mereka. ada pula yang merekam banyak momen menyenangkan yang mereka lewati bersama murid-murid mereka.. duh.. jadi kangen dengan dunia pendidikan yang udah lama gue tinggalkan.. yaps.. 2 tahun lebih gue gak bergelut di dunia pendidikan.. kangen banget rasanya mengajar.. mendidik.. bermain bersama murid-murid.. dengan segala macam konflik dan tantangan yang ada.. rindu berada di tengah gelak tawa mereka.. kepolosan mereka dalam menghadapi hidup ini kadang membuat gue tercenung sekaligus makin sayang sama mereka.. selalu berharap bertahun-tahun kedepan yang akan mereka jalani, akan menjadi tahun-tahun menyenangkan.. berharap mereka dapat bahagia dan sanggup menjalani setiap pilihan hidup mereka dan bertanggung jawab atas pilihan mereka itu.. berharap mereka mampu membawa diri dalam bergaul dan tetap memiliki sifat welas asih terhadap sesama mahluk Tuhan.. 

hmm.. jadi inget salah satu postingan gue dulu banget! hmm.. gimana ya, kelanjutan kisan cinta putri dan arya, dan yang lainnya sekarang.. masihkah mereka menjadi anak-anak manja yang biasa jadi bos-bos kecil yang masih akan selalu dimanja dan di penuhi semua keinginannya? atau mereka sudah belajar menjadi manusia mandiri yang melakukan semaunya sendiri dengan baik dan lebih bertanggung jawab?? hmm… gimana ya, murid-murid di citayam? masih kah kepolosan anak-anak desa itu melekat di diri mereka? atau malah mereka sudah terdistorsi pengaruh gaya hidup hedonisme yang hingar bingar?  

hmmm.. gimana dengan murid2 di SMA 36, dilla, tari, marissa, dll?  hmm.. saat ini mereka udah pada kuliah.. pastinya sebagian dari mereka kini sibuk dengan aktifitas mereka masing2.. gue rasa ada yang beruntung mengenyam bangku kuliah.. ada pula yang nggak.. semua doa-doa terbaik akan selalu gue panjatkan buat mereka.. wish them the best.. 

tetap berharap bisa kembali ke dunia pendidikan.. aku harap suatu hari nanti, aku bisa kembali mengajar tanpa meninggalkan dunia penulisan ini… aku cinta keduanya… dunia yang sudah memberikan banyak warna dalam hidupku..

 

-dedicate to all my (ex) student-

*miss luvie loves you all..*