hujan dan mimpi

malam ini.. eh tidak.. ini sudah bukan malam… ini sudah pagi.. sudah lewat jam 12 malam.. pagi ini.. udara begitu panas.. aku tidak dapat memejamkan mata.. tugas-tugasku membuatku masih terjaga di tengah malam yang gelap ini,, tiba-tiba, banyak ingatan yang melintas di kepala ini.. ingatan yang membawaku berlari kembali ke masa lalu.. hmm… membuatku rindu akan banyak hal. pada banyak orang dan pada banyak tempat., tiba-tiba terdengar suara tetesan air hujan menerpa dedaunan dan atap rumah.. ku menoleh ke jendela.. benar saja. hujan turun. Ku buka pintu dan menatap keluar rumah.. menatap rentetan butir air hujan yang menerjang bumi.. mereka berlarian, berebut sampai kebumi.. mendinginkan bumi… mendinginkan hati.. hujan menyelimuti bumi pagi ini, menyejukan malam yang panas.. membuat semua orang makin terlelap dalam mimpi indah mereka.. mimpi yang belum sempat ku rasakan malam ini..

hmm.. mimpi.. akankah ku sanggup bermimpi lagi? Keinginan untuk bermimpi untuk diriku sudah nyaris hilang.. ku bermimpi hanya untuk pekerjaanku.. karena itu pekerjaanku.. bermimpi dan bercerita.. tapi aku tidak pernah mau bermimpi untuk diriku sendiri..aku nyaris tidak mau bermimpi tentang aku dan keinginanku.. Tidak.. tidak ingin.. aku lebih suka memijak bumi dan tetap berada di bumi untuk menerima kenyataan.. dari pada terus bermimpi dan terbang, sampai pada akhirnya terhempas ke bawah oleh kenyataan.. tidak.. aku tidak berani bermimpi untuk diriku lagi.. aku tidak ingin kecewa karena mimpiku sendiri..

hujan makin deras.. angin berhembus kencang.. apa maksud dari semuanya?? Ingin memperlihatkan kuasa alam? Lantunan lagu secret – Heart dari santo, sayup-sayup tertutup oleh suara hujan yang jatuh.. dingin.. malam ini jadi terasa sangat dingin.. ku ingin mencari sesuatu yang dapat menghangatkan hati dan badan ini.. selimut? hmm.. tidak.. aku rasa secangkir kopi Arabica mungkin akan cocok menemaniku di pagi yang dingin ini.. 

thank you mom and dad..

sore ini tiba2 nyokap nelepon mpus dengan suara nada tinggi.. gue agak kaget karena gak biasa-biasanya nyokap kayak gitu.. dari pembicaaannya gue denger kalo nyokap gak setuju ade gue hadir dalam acara halal bi halal setelah rapat unit organisasi yang di ikutinnya.. hmm… walaupun gue sama sekali nggak setuju dengan argumentasi yang di buat nyokap ke ade gue, gue diam.. gue masih terus berkutat di depan laptop dengan pekerjaan gue.. gue sempat tanya ada apa.. tapi nyokap kayaknya masih emosi.. ya udah.. gue diem dulu dweeh..

nggak berapa lama, nyokap deketin gue dan cerita masalahnya.. nyokap tanya apa yang di lakuin itu bener nggak, sih?? ya dengan terus terang gue bilang kalau menurut gue, apa yang di lakuin nyokap itu gak pas.. karena kasian mpus juga.. bla..bla..bla.. kita ngobrol panjang lebar.. 

nyokap sendiri sadar dan heran sama dirinya sendiri kenapa kok nyokap nggak bisa ngelepas adik gue dengan tenang.. bawaannya gak percaya mulu.. duh!! kok jadi gini?? ya.. gue ngerti.. nyokap hanya bicara jujur.. 

hmmm.. nyokap emang kayaknya masih berat banget ngelepas adik gue. seperti yang udah gue kira jauh bertahun-tahun sebelumnya.. hehe… dari dulu emang nyokap begitu.. nyokap bilang kok bawaannya khawatir mulu dan gak percaya sama adik gue.. (dulu sih gue sempet protes karena menganggap kekhawtiran nyokap itu karena nyokap lebih sayang sama mpus dari pada sama gue). nyokap bilang dia khawatir karena ngerasa adik gue belum bisa “dilepas”. gue sih udah berkali2 bilang sama nyokap “emang mau di jagain dan di tuntun terus sampe kapan??”. klo abis di bilang gitu sih biasanya nyokap ngasih dikit kelonggaran.. tapi ntar2nya juga kayak gitu lagi.. huehehehehehe.. Emak gue dah, ah.. kocak!! 😀

gue jadi merefesh semua memori gue..mengingat semua yang udah gue alamin pada saat gue seusia mpus.. dan gue jadi kembali ngerasa bersyukur dengan semua yang udah jalani dan rasakan selama bertahun-tahun ini.. terutama saat kuliah.. banyak banget pengalaman yang gue dapet dan rasakan saat itu.. masa terindah gue bukan SMA, tapi pas kuliah.. hehehe.. gue bersyukur banget, dulu di kasih kesempatan untuk mencari ilmu dan pengalaman seluas-luasnya dan sebanyak-banyaknya, dalam hal apapun.. dari soal ilmu, pertemanan, pengalaman, pekerjaan, semua deh.. kalo inget dulu, gue biasa ikut kegiatan organisasi dan rapat  dimana-mana, terus kerja sambilan juga sampe malem tanpa di khawatirin sama sekali, karena nyokap percaya banget sama gue.. gak kayak ade gue sekarang.. pulang malem dikit aja udah di omelin.. kadang gue juga suka ngomelin dia, sih.. abis berasa pulang malemnya gak guna banget.. Duh! tuh anak!!

ya..banyak yang bilang gue dan adik gue itu BEDA BANGET!!! nyaris semua orang bilang begitu… ya.. namanya juga manusia.. semua punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.. dan gue sendiri sih selalu mensyukuri semuanya.. gue juga selalu minta sama nyokap dan orang-orang di sekitar gue untuk nggak membanding-bandingkan adik gue dan gue sendiri.. kasihan dia.. gue pengen ade gue punya jalan sendiri.. cara sendiri untuk hidup.. dulu sempet miris dan rada sebel aja karena dia begitu Ngefans terobsesi kagum mencontoh ke gue banget. sampe sempet ada masa dimana dia kalo di tanya cita-cita, track hidupnya yang di pangen adalah track hidup yang kayak gue jalanin saat itu.. duhh.. itu anak.. tapi beruntung setelah melalui banyak proses, dia bisa mulai memilih jalannya sendiri.. (walaupun tetep niru2 gue) tapi syukurlah.. gue harap nantinya dia akan bisa lebih baik dari gue.. 

hmm… waktu berlalu begitu cepat.. udah banyak banget yang terjadi.. 25 tahun emang bukan waktu yang sebentar dalam menjalani hidup ini.. emang dulu banget gue memang sempat marah dan sedih dengan keadaan gue.. tapi itu dulu banget! saat gue masih kecil banget… wajarlah umur segitu.. SD aja belum lulus.. tapi setelah masa itu, semua udah membaik.. gue mulai belajar menata emosi dan mengambil peran dan mengisi kekosongan peran yang ada… semua saling mengisi..

sekarang ini, gue jadi berterima kasih banget sama bokap yang udah membuat gue seperti ini.. membesarkan gue dan menguatkan gue dengan cara yang unik dan berbeda… makasih.. 🙂 tanpa semua sikapmu itu aku tidak akan menjadi sosok luvie yang seperti ini.. gadis kecilmu yang selalu kau manjakan itu kini sudah berubah menjadi sosok wanita tegar dan tangguh menghadapi hidup, pa.. 🙂 Thank you so much..

sekarang semua sudah jauh..jauh..jauh lebih baik.. gue rasa masa-masa sulit udah gue lewatin.. makanya sekarang gue selalu bisa jalani hari gue dengen senyum mengembang.. melihat masalah kadang ya santai aja.. yah.. gue pernah ngelewatin yang lebih berat dari ini.. begini doang mah.. bisa, lah…. 

mungkin proses yang gue lewatin ini juga yang membuat nyokap jauh lebih percaya pada gue dari pada ke mpus.. Hmm.. kadang gue kasian aja, sama mpus.. klo di perlakukan beda.. masalahnya kadang kok timpang banget, yaks! hehe.. 😀 ya.. kalo gue kadang ngeliatnya nyokap terlalu mengkhawatirkan mpus dan selalu melihat mpus sebagai anak kecil.. (ya iyalah.. ngebandinginnya sama nyokap sendiri dan gue. sampe kapan juga mpus akan selalu lebih muda dari pada kita berdua.. *gubraks*). yah.. dilema jadi anak bungsu ya gitu.. selalu di anggap anak kecil. hihihi.. yah.. cuma mau sampe kapan ade gue akan di anggap anak kecil yang gak tau apa2?? dia akan berproses jadi manusia dewasa.. bagaimanapun kita harus belajar menghargai dia sebagai manusia dewasa.. di beri kebebasan untuk memilih dan bertanggung jawab atas pilihannya.. hehe… mudah sekali ya, sepertinya untuk bicara.. tapi ya itu yang gue pelajarin selama ini.. hihihi..

makasih, ma.. udah melibatkan aku dalam mendidik mpus.. dari kecil sampe sekarang.. aku jadi belajar bagaimana beratnya jadi orang tua.. (untung mpus itu anak baik yang gak pernah nyusahin). mudah2an pada saatnya nanti gue bisa menjadi orang tua yang jauh..jauh..jauh lebih baik… gue harap sedikit pengalaman menjadi guru dengan range yang cukup jauh (Playgroup-SMA) bisa menjadikan gue ibu yang baik nantinya dalam mendidik anak-anak gue.. (hasyaaaah!! mikirnya jauh amat! nikah aja beloom!! calon suaminya jg belum adaaaaaaa… huehehehehe.. *curcol*). yaa.. tapi gue percaya, saat itu pasti akan datang.. 😛

persahabatan

Judul Lagu : Kepompong.
Artis/Band : sind3ntosca.

Dulu kita sahabat
dengan begitu hangat
mengalahkan sinar mentari

Dulu kita sahabat
berteman bagai ulat
berharap jadi kupu-kupu

Kini kita melangkah berjauh-jauhan
kau jauhi diriku karena sesuatu
mungkin ku terlalu bertingkah kejauhan
namun itu karena ku sayang

Persahabatan bagai kepompong
mengubah ulat menjadi kupu-kupu
persahabatan bagai kepompong
hal yang tak mudah berubah jadi indah
Persahabatan bagai kepompong
maklumi teman hadapi perbedaan
persahabatan bagai kepompong
na na na na na..

Semua yang berlalu
biarkanlah berlalu
seperti hangatnya mentari

Siang berganti malam
sembunyikan sinarnya
hingga dia bersinar lagi

 

lagu ini gue tahu dari beberapa teman via plurk. awalnya males nyari, setelah tanya sama oesoep akhirnya download juga di 4shared,

 

lagu ini menurut gue liriknya unik banget.. sebelumnya kayaknya gakada yang mengumpamakan sebuah persahabatan dengan ulat, kepompong dan kupu-kupu. menurut gue, lirik yang simple ini, punya arti yang cukup dalam dimana untuk mendapatkan sebuah persahabatan yang sempurna dan sangat indah di butuhkan proses panjang dan pengorbanan serta kesabaran yang tinggi. akan ada banyak sekali tantangan dan halangan yang membuktikan dan memperkuat ikatan persahabatan itu..

persahabatan bukanlah sebuah kesepakatan seperti pernyataan perasaan seorang pada kekasihnya.. by saying “I love you, dear.. would you be my best friend??” hasyah!!! gak gitu, kali.. persahabatan terjalin atas dasar kenyamanan.. kenyamanan karena rasa aman dan damai yang muncul dan itu sama sekali tidak bisa di buat2. dan hal ini harus di rasakan oleh semua pihak. tidak bisa hanya salah satu saja. klo cuma satu namanya persahabatan yang bertepuk sebelah tangan, dong.. (halah!). nah klo kasus yang terakhir ini sih biasanya paling yang terjadi hanyalah pertemanan biasa. karena satu pihak yang tidak nyaman biasanya membatasi diri dan kedekatan emosional itu tidak akan terjadi. 

Apa yang kita alami demi teman kadang-kadang memang melelahkan dan menjengkelkan, tetapi itulah yang membuat persahabatan mempunyai nilai yang indah. proses itulah yang akhirnya memperkuat ikatan.. tidak ada satupun persahabatan yang instan.. walaupun prosesnya beraneka ragam, tapi waktu juga yang akhirnya memperkuat ikatan kasih pertemanan antara mereka..

Persahabatan sering menyuguhkan beberapa cobaan, tetapi 
persahabatan sejati bisa mengatasi cobaan itu bahkan
bertumbuh bersama karenanya…

Persahabatan diwarnai dengan berbagai pengalaman suka dan duka, diperhatikan-dikecewakan, dihibur-disakiti, didengar-diabaikan, dibantu-ditolak, namun semua ini tidak pernah sengaja dilakukan dengan tujuan kebencian. tapi yang memang ini prosesnya.. extreemnya, kalo lo gak pernah marah dan nangis sama sahabat lo, bukan sahabat namanya.. 

saling memberi adalah menjadi bagian dari kehidupan sahabatnya, karena tidak ada persahabatan yang diawali dengan sikap egoistis. Semua orang pasti membutuhkan sahabat sejati, namun tidak semua orang berhasil mendapatkannya. Banyak pula orang yang telah menikmati indahnya persahabatan, namun ada juga yang begitu hancur karena dikhianati sahabatnya. 

Beberapa hal seringkali menjadi penghancur persahabatan antara lain :
1. Ketidakterbukaan.

2. Disloyality atau Ketidaksetiaan.
3. Kehilangan kepercayaan yang bisa terjadi karena banyakhal.
4. Masalah bisnis yang Ujung2nya Duit (UUD). 

5. Perubahan perasaan antar lawan jenis.  

Tetapi penghancur persahabatan ini telah berhasil dipatahkan oleh sahabat-sahabat yang teruji kesejatian motivasinya. ini semua lagi-lagi hanya waktu yang bisa membuktikannya..

yah… Mempunyai satu sahabat sejati lebih berharga dari seribu teman yang mementingkan diri sendiri Dalam masa kejayaan, teman2 mengenal kita. Dalam kesengsaraan, kita mengenal teman2 kita. in that time we will khow who our real friend is.. 🙂

makasih buat semua sahabat2 gue yang sampe sekarang selalu mengiringi setiap jejak dan langkah gue.. love you all.. dan juga buat beberapa sahabat yang kini mulai kurang intensif berkomunikasi karena masalah kesibukan.. kalian tetep ada di hati gue.. muah..muah… 

untuk sahabat yang kini jauh dari gue, seperti lagu itu… “kini kita berjalah berjauh-jauhan, kau jauhi diriku karena sesuatu, mungkin ku terlalu bertingkah kejauhan, namun itu karena ku sayang”. sorry dear.. maaf kalau waktu itu gue menyakiti elo.. tapi bagaimanapun gue sayang sama elo.. miss our moment together.. Miss you always.. 

    

sayangnya beberapa foto dengan teman2 gue yang lain, gak tersimpan di komputer.. males scannya.. hihihihi.. miss you all, guys.. 

 

-dedicate to a all people who has come into my life and offering friendship-

sedang tidak ingin main..

tiba-tiba hati ini gusar, marah, kecewa, sedih..

aku nggak ngerti apa maumu sebenarnya.. kamu yang memulai, kenapa kamu juga yang akhirnya lari dari tanggung jawab?! ku minta kamu tuntaskan apa yang sudah kamu mulai… 

 

Ayo lah.. bilang dengan jujur.. apa mau kamu sebenarnya.. aku sedang lelah dan tidak ingin bermain… karena ini bukan hal yang bisa di jadikan permainan.. 

 

 

rasa

ku tahu rasa adalah sebuah anugrah…

tapi saat ini ku sedang tak ingin memiliki rasa.. 

rasa itu membuatku lelah.. lemah.. 

benci saat logika dan perasaan tidak sejalan.. ahh.. 

benci saat rasa menjadi sebuah permainan.. 

benci saat bimbang oleh rasa.. 

akhirnya ku putuskan untuk membuang semua rasa.. 

ku masukkan dalam kotak kayu dan ku simpan di bawah tempat tidur.. 

suatu hari kan ku buka saat ku temukan saat yang tepat.. 

entah kapan, saat itu akan datang.. 

bisa besok.. bisa lusa.. bisa juga tahun depan.. entah..

bye-bye ramadhan..

Setiap datang hari raya idul fitri, semua orang tampak menyambutnya dengan suka cita, sebulan sebelum hari itu datang kita yang merayakan sibuk mempersiapkan datangnya puasa.. sehari sebelum puasa, semua sibuk bersilaturahmi via sms, YM, tlp, dll. Untuk meminta maaf atas semua salah yang ada, sebelum memasuki datangnya bulan ramadhan..

Selama sebulan itu, banyak sekali undangan dan pengadaan buka puasa bersama dan menjadi ajang silaturahmi dan kangen2an dengan teman2 yang sudah lama tidak bertemu..

Mulai memasuki minggu ketiga puasa, orang2 mulai sibuk mempersiapkan segala persiapan menjelang hari raya idul fitri. Ada yang sibuk bikin kue, sibuk pulang kampung, dll..

Saya begitu terheran-heran dengan usaha begitu banyak orang dalam rangka menyambut hari raya ini.. perputaran uang begitu cepat… Mendadak teori ekonomi itu melintas di kepala saya… kecepatan berputaran uang, volume uang yang beredar, harga-harga.. arrghh.. semua mendadak meningkat tajam menjelang hari raya..

Semua seperti lingkaran setan yang tidak berujung. Semua orang khilaf.. kalap mencari dan menghamburkan uang dalam waktu sekejap.. semua berharap tunjangan hari raya dan ketika di terima, uang itu habis saja dalam sekejap untuk membeli ini itu.. memberi beberapa potong baju, membeli kue-kue, dan yang lain yang semuanya serba duniawi..

Heran rasanya melihat lebaran dengan semua serba baru.. toh Rasullah tidak menyuruh kita begitu… masihkah ahlak dan ketebalan keyakinan menjadi hal yang di utamakan ketika bulan ramadhan berakhir..

Saat ramadhan semua orang berlomba-lomba dalam kebaikan.. berlomba-lomba berbagi dengan orang lain.. Akankah segala kebaikan di bulan ramadhan itu berakhir dengan berakhirnya ramadhan?? Akankah kita semua masih mau mengundang orang-orang untuk bersantap di rumah kita walau bukan bulan ramadhan? Masih kah kita mau membagi2kan makanan di tengah malam untuk para gelandangan yang kelaparan di waktu bukan bulan ramadhan? Masihkah kita berhenti melakukan dosa-dosa kecil seperti bohong, ghibah (gossip), iri, marah-marah dll, saat ramadhan ini sudah berakhir? Atau kita akhirnya kembali bergelimang dosa seperti sebelumnya?

 

Entahlah.. aku pun tak tahu jawabnya.. menjadi manusia yang baik rasanya memang sulit.. aku pun belum bisa di bilang orang baik.. hmm.. apa mendingan jadi orang jahat sekalian aja, ya?? Sepertinya seru juga, menjadi orang jahat.. hihihihi..

 

 

Buat semuanya.. walaupun terlambat.. mohon maaf lahir bathin.. semoga kita selalu bisa memperbaiki diri dan menjadi orang yang tidak bosan-bosan berbuat baik pada orang lain.. ^_^

 

PR dari kopisusu

beberapa hari yang lalu di kasih PR sama kopisusu. tapi belum sempet di kerjain karena sakit dan kerjaan numpuk. maaf, ya.. 

di suruh menuliskan 10 kebiasaan kita.. sebenernya gue rada males ngerjain PR-nya. secara gue udah kasih 83 fakta tentang gue (so far) yang bisa di liat sendiri.. di minta 10, gue punya 83.. wweee.. 😛

ok deh.. dari hasil mencontek list gue, ini gue tulis 10 kebiasaan gue.. 

 

  1. selalu tidur setelah jam 12 malam. duhh.. gak sehat banget, yee… 
  2. memesan 2 jenis minuman, salah satunya mesti dingin dan tawar. 
  3. terlambat datang.. huehehehe.. aib sih ini.. 
  4. minum kopi.. kopi apa aja.
  5. nyasar. jangan di tanya deh, rekor nyasar. 4 kali nyasar untuk dateng ke rumah salah satu murid privat gue di dalam minggu pertama. *nyasar kok tiap hari, ya?? rajin apa doyan??*
  6. nunda pekerjaan bermalas-malasan. 😀 hehe..
  7. ceroboh AKA teledor AKA nggak teliti. 
  8. mendengarkan lagu sambil menulis mengetik.
  9. mengganggu orang klo lagi bosan..
  10. mendadak gak nafsu makan klo sedang jatuh cinta. loh?!

 

ya begitu lah PR dari saya.. nah.. korban dari saya selanjutnya adalah.. santoajah, merahitam, pandi, rogan, kurnia, thejomblog, yang lain klo mau ngisi juga boleh, kok.. 
note : sebenarnya mau posting hal lain. tapi kenapa jadi malah posting PR, ya?? duh.. kayaknya emang susah klo nulis mesti di rencanain dulu.. mesti bener2 spontan uhuuuuyy..

mamma mia

Mamma mia.. pernah denger lagu ini???

   Mamma mia, here I go again
   My my, how can I resist you?
   Mamma mia, does it show again?
   My my, just how much I’ve missed you
   Yes, I’ve been brokenhearted
   Blue since the day we parted
   Why
, why did I ever let you go?
   Mamma mia, now I really know,
   My my, I could never let you go.

yups.. itu adalah potongan dari lagu mamma mia yang di populerkan oleh kelompok musik ABBA yang tenar pada tahun 70-an.. (gue aja belum lahir, tuh..). ABBA yang merupakan singkatan dari nama ke 4 orang anggotanya yaitu Agnetha Faltskog, Benny Andersson, Bjoern Ulvaeus, dan Anni-Frid Lyngstad yang mereka berempat ini adalah 2 pasang suami istri.. lucu, ya.. hihi.. tapi sayangnya mereka bubar dan melakukan pertunjukan terakhir pada tahun 1986. walaupun udah di tawarin uang senilai 1 milyar dollar untuk melakukan tour dunia, tapi mereka nggak mau dan tetap dengan keputusan mereka untuk tidak akan naik panggung lagi.. (keren.. keren.. gue suka dengan keputusan mereka.. emang duit bukan segala-galanya, kok..)

nah.. tahun ini, Phyllida Lloyd dan Catherine Johnson berkolaborasi untuk memproduksi sebuah film dengan judul Mamma mia yang bercerita tentang usaha seorang gadis akan menikah, untuk mencari tahu siapa ayah kandungnya. setelah menunggu selama 20 tahun dan menunggu-nunggu kedatangan ayah kandungnya, muncullah tiga pria paruh baya yang mengaku sebagai ayahnya dan siap menjadi wali dalam pernikahannya.. tinggalan ibu dan anak itu yang bingung, yang manakah ayah kandung dari gadis itu??? nah lo??

cerita bergenre drama musikal untuk remaja ini, di selingi banyak sekali lagu (ada yang menyebut 19, ada yang bilang 22. gue males gak ngitungin, tapi yang pasti banyak, deh..) semua lagu2 itu, di populerkan oleh ABBA, namun di nyanyikan ulang oleh para pemainnya..

secara umum, menurut gue, film ini cukup bagus.. alur cerita yang smooth, dengan di selingi lagu-lagu yang tepat. dengan penempatan lagu yang tepat ini malah menguatkan dramatisasi cerita bukan malah mengganggu alur cerita. penempatan lagu-lagu disini sukses membius para penonton untuk makin larut dalam cerita, sekaligus bernostalgia dengan lagu-lagu ABBA yang legendaris. terutama untuk mereka yang hidup di era 70an sudah tua berumur banyak ^^v.

lagu-lagu ABBA ini juga di nyanyikan sendiri oleh para pemainnya.. hal ini menjadi nilai plus sekaligus nilai minus dalam film ini. klo yang bisa nyanyi dan suaranya bagus sih enak dengernya.. tapi pas yang nyanyi suaranya ble’e dan fals ya repot.. menurut gue, penyanyi sekaligus pemain unggulan dalamfilm ini adalah Donna (Meryl Streep) dan Sophie (Amanda Seyfried). suara mereka bagus dan pejiwaan karakternya juga ok. klo seyfried ini memang lebih unggul dalam suara di banding meryl streep, tapi soal penjiwaan dan akting, beuughhh… belum ada yang nandingin jeng streep ini.. hiihihihi.. walaupun penampilan Sam (Pierce Brosnan) cukup mempesona gue, tapi soal suara, nilainya masih 6 dalam skala 1-10. tapi gue beneran termehek-mehek pas denger lagu “S.O.S”, “the winner takes it all”, sama “I Do I Do I Do I Do I Do”, yang di nyanyiin sama pierce brosnan.. om brosnan keliatan ganteng banget, disitu.. makin tua makin ganteng, je! kereeeeeeeen…

yang paling unggul dan bikin film ini keren banget adalah koreografinya.. sumpah, keren.. soal koreografi ini gue kasih nilai 9, deh..

jadi secara umum sih nilai buat film ini dari gue ya 8, lah.. layak tonton.

oh iya.. ada satu hal yang cukup menggelitik gue.. jadi pertama kan gue nonton sama temen-temen penulis. pas pertama nonton gue dan teman-teman sangat terkesan dengan film ini. kedua gue nonton sama teman lain.. nah.. yang kedua ini temen2 gue ini ngerasa gak begitu dapet feel ceritanya.. padahal menurut gue, yang menyentuh banget adalah saat meryl streep menyanyikan lagu setelah ada kejadian apa gitu.. nah.. cerita di lagu itu tuh nyambung dan bikin cerita makin dramatis. setelah gue tanya, ternyata ini di sebabkan oleh ada beberapa temen gue yang (sory) tidak bisa fasih bahasa inggris. nah.. makanya mereka jadi gak dapet feel dramatis dari cerita itu.. (masa gue di suruh transelate tiap lagu yang lagi di puter, sih… Doooh… ampun, deh..)

cuma ini sih cukup menimpulkan pertanyaan yang menggelitik. perlukan teks lagu dalam film itu di transelate juga?? enak gak sih di dengernya.. (hmm.. gue jadi berasa nonton VCD bajakan gitu, yang semuanya di transelate..) yah.. pilihannya adalah tidak mengerti dengan arti lagunya, atau terganggu dengan lirik lagu yang di transelate, di sepanjang cerita drama musikal itu..

jujur

di sebuah taman, terdapat seorang laki-laki dan seorang perempuan yang sedang berbincang. si wanita terlihat berdandan minimalis, namun tetap terlihat elegan. sepatu dan tas yang di kenakannya terlihat bermerk mahal. sementara yang laki-laki memakai kaus dan jeans mahal. walaupun berusaha tampil menawan, tetap terlihat dari wajah pria ini, dia bukanlah pria dari kalangan berada. tangannya yang kasar dengan kulit hitam terbakar matahari menandakan dia adalah seorang pekerja keras yang biasa kerja di lapangan.

saat itu, mereka berdua kelihatan canggung satu sama lain. si pria berusaha terlihat cuek, walaupun sesekali dia melirik dan mencuri pandang ke arah si perempuan, dengan sorot mata kagum.

Laki-laki (L) : kok kamu mau sih dateng kesini dan nunggu aku sampe hampir satu jam.. Emang kamu mau nunggu berapa lama? lagian kok kamu yakin banget sih, kalau aku bakal tetap datang??

perempuan (P) : ya.. aku datang karena aku udah janji mau datang.. dan lagiaaan.. aku pengen ketemu kamu..dan buktinya.. sekarang kamu dateng, kan??

laki-laki itu terperangah kaget, sekaligus tersipu menahan malu. laki-laki itu hanya bisa menggeleng-gelengkan kepalanya dengan bingung dan tampak tidak percaya dengan apa yang baru di dengarnya.

L : kania.. kania.. kok kamu jadi orang, jujur banget, sih.. kamu tuh polos banget tahu nggak.. apa kamu nggak pernah sakit hati dan kecewa karena selalu bersikap jujur begini?

perempuan itu terdiam sejenak dan kemudian tersenyum.

P : aku udah mutusin untuk selalu bersikap jujur. semenyakitkan apapun itu.. aku lebih suka kejujuran. karena sekali kita bohong, kita harus terus berbohong untuk menutupi kebohongan kita sebelumnya.. banyak yang menganggap aku naif.. tapi.. dengan bohong hidup kita jadi nggak tenang.. aku merasa hidup ini sangat pendek.. dari pada menghabiskan banyak energi untuk merasakan ketidaktenangkan yang seharusnya tidak perlu terjadi bukankah lebih baik hidup tenang dan damai menikmati setiap tarikan nafas dan menjalani setiap detik hidup ini dengan senyum mengembang.. iya, kan??

Laki-laki itu menggeleng-geleng melihat sikap perempuan yang dikenalnya bernama Kania.

L : ah.. kamu itu hidup di dunia mimpi, ya?? jaman sekarang, mana ada orang yang benar-benar jujur?? kalau terlalu jujur, kamu akan tertindas oleh mereka-mereka yang tidak jujur dan berpikir picik.

P : kalau kita tahu apa yang mereka lakukan itu tidak benar, kenapa kita harus jadi bagian dari mereka yang tidak benar itu??

L : kamu terlalu naif..

P : bukan naif.. tapi hidup ini masalah pilihan.. setiap orang boleh memilih dan setiap orang punya caranya sendiri untuk bahagia. apapun kata orang, aku merasa lebih bahagia dengan pilihanku ini..

L : bukannya aku tidak suka dengan kejujuranmu.. tapi aku takut.. aku takut kamu akan terluka saat mengetahui begitu banyak kenyataan yang tidak sesuai dengan realita..

P : kenyataan tidak akan menyakitkan.. kebohonganlah yang menyakitkan.. kita tidak akan sakit bilang kita tetap di tanah, yang menyakitkan adalah ketika kita berusaha membuat diri kita terbang, namun pada akhirnya kita sadar kalau kita tidak bisa terbang, saat terhempas pada kenyataan itulah yang menyakitkan.. jadi.. janganlah menyalahkan kenyataan.. dan tetaplah hidup di alam nyata..

pembicaraan di lanjutkan dengan pengakuan laki-laki itu, kalau dia sebenarnya bukan orang kaya dan bukan seorang mahasiswa kedokteran di universitas ternama di negeri itu.. namun hanyalah pekerja bangkel yang tidak pernah lulus SMP. akankah perempuan itu sanggup menerima kenyataan dan tetap menerima laki-laki itu apa adanya???