Ayam saus mentega dan tahu cah ayam

sesuai janji saya di postingan sebelumnya, saya akan share 2 resep yang saya coba masak di acara parade masak 1000 perempuan, yang saya masak bersama brencia. Kedua masakan itu adalah :

 

AYAM SAUS MENTEGA

Bahan-bahan :

  •  2 potong paha ayam, (tiap paha di potong jadi 6 bagian)
  • 1 cangkir tepung sagu tani
  • 1 buah bawang Bombay ukuran besar iris tipis memanjang
  • 1 ruas jahe
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah jeruk purut
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm margarine
  • 2 sdm kecap asin
  • 2 cangkir minyak sayur
  • 2 cabai merah
  • Air, garam, merica & gula secukupnya

 

Cara Memasak

  • Lumuri ayam dengan kecap asin, biarkan meresap beberapa saat
  • Lumuri ayam dengan sagu tani hingga kering.
  • Panaskan minyak sayur lalu goreng hingga berwarna keemasan. Tiriskan.
  • Tumis jahe dan bawang putih, masukkan saus tiram dan 1 sdm kecap asin, jeruk purut & margarin.
  • Setelah mendidih, masukkan ayam goreng dan bawang bombay secara bersamaaan.
  • Tambahkan garam, merica, gula dan air secukupnya. Aduk beberapa saat
  • Sajikan panas.

(note : awal memasak saya kebanyakan pakai air jeruk purut. Saya sarankan untuk 2 potong ayam, ambil air dari setengah butir jeruk purut)

 

TAHU CAH AYAM

Bahan-bahan :

  • 1 buah tahu cina ukuran besar, potong dadu
  • 2 sdm minyak sayur
  • 2 ruas jahe
  • 4 siung bawang putih, cincang kasar
  • 1 sdm daun bawang, iris tipis
  • 100 gram ayam cincang
  • 1 butir putih telur ayam
  • 1 cangkir kaldu ayam
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdt maizena, campur dengan sedikit air
  • 1 sdt kecap asin
  • 2 buah cabai merah potong miring
  • 10 gram paprika hijau
  • Merica, garam & gula secukupnya.

 

Cara memasak :

  • Panaskan minyak sayur, tumis jahe & bawang putih hingga harum, tambahkan ayam cincang dan saus tiram. Aduk hingga matang.
  • Tuangkan kaldu ayam, biarkan hingga mendidih. Kecilkan api, masukkan tahu, tutup wajan selama 5 menit.
  • Angkat tahu dan susun di atas mangkuk saji.
  • Masak kembali air rebusan yang terisisa. Tambahkan daun bawang, cabai merah, paprika, kecap asin dan merica secukupnya.
  • Tuangkan putih telur sambil terus di aduk. Kentalkan dengan maizena. Hidangkan panas.
selamat mencoba.. klo enak kirim-kirim ke saya yaaaa… 😆

cordon bleu

buatku, namanya lucu.. rasanya juga enak.. sempet browsing2 resep, nemu satu resep simpel. ku praktekin dan jadi deh.. hihihihihi.. di buat dari daging ayam, di sisipi daging asap dan lembaran keju. so yummy.. gurih..
lumayan buat menu sahur, di siapin pas mau tidur, jadi sahur tinggal goreng aja.. cuma kenyang sampe sore gak ya?? 😛 kemaren sih aku bikin buat menu buka puasa..

bahan-bahan :

4 potong daging ayam bagian dada tanpa tulang
4 lembar daging asap
4 lembar keju
2 butir telur, kocok lepas
tepung roti secukupnya
2 sdm mentega
minyak goreng secukupnya

Tepung Bumbu :

3 sdm tepung terigu
½ sdt lada hitam bubuk
½ sdt garam
½ sdt gula halus, ayak

Cara membuat:

1. siapkan daging dada ayam. Belah dada ayamnya jadi 2 bagian, tapi jangan sampai putus. Beri 1 lembar daging asap dan 1 lembar. make sure, keju dan daging asap ada ditengah-tengah. taburi sedikit garam dan merica di tengah-tengah daging.
2. Lumuri daging ayam tadi dengan tepung bumbu, ratakan. Kemudian celupkan ke dalam kocokan telur dan lumuri dengan tepung roti sampai seluruh permukaannya tertutup. Tutup dengan plastik, dan simpan dalam lemari es ± 30 menit.
3. Panaskan minyak goreng, tambahkan mentega, gunakan api sedang. siram-siram dengan minyak. Goreng daging ayam sampai kedua permukaannya kecoklatan dan matang. Angkat dan tiriskan. Hidangkan selagi panas bersama pelengkap (kentang goreng, selada & buncis rebus, mayones) dan saus sambal.

ayam bakar yummy..

semalam, mencicipi ayam bakar di KedaQu sebagai menu buka puasa bersama, setelah seharian sibuk melakukan kunjungan ke panti werdha yang ada di kawasan pondok petir, sawangan, depok. (pake acara nyasar jauh pula (doh) nyasarnya sampe pondok cabe, tangerang (okok) ) *soal yang satu ini, tunggu liputannya, yah* 😉 pokokke seruuuuuuuuw.. (banana_cool)

setelah sampai di kedaiQu, ternyata ayam bakar sudah siap tersedia disana.. sebenarnya aku lebih suka ayam bakar yang teksurnya lebih empuk dan sangat berbumbu.. ini resep ayam bakar yang biasa ku buat sendiri..

bahan-bahan :

  • 1 ekor ayam utuh, potong-potong sesuai selera.
  • santan kental dari setengah butir kelapa
  • tiga ruas jari kunyit
  • dua ruas jari jahe
  • tiga ruas jari lengkuas
  • satu batang serai
  • 4 lembar daun jeruk
  • sedikit asam jawa.
  • 4 siung bawang merah ukuran besar
  • 3 siung bawang putih
  • 5 butir cabai merah (tergantung tingkat pedas yang di inginkan)
  • gula merah.

cara memasak :

  • haluskan semua bumbu.
  • ungkep ayam bersama semua buimbu yang sudah di haluskan. nanti akan keluar air dengan sendirinya, setelah ayam mulai lunak dan air mulai habis, masukkan santan kental. lanjutkan di ungkep, sampai asat (air habis).
  • bakar di atas bara api.
  • siap di hidangkan.. bersama sisa bumbu (dance) rasanya pasti yummy.. (mmm)
mudah, kan?? yang bikin beda adalah banyaknya bumbu dan lama memasak yang membuat bumbu ayam lebih meresap dan ayam lebih empuk.. 🙂
cocok di jadikan hidangan buat acara kumpul-kumpul bersama teman-teman.. (hungry)
karena kadang gak mau repot, dan malas ngipasin si ayam bakar, aku biasanya juga pake panggangan multifungsi.. panggangan ini di kasih bara api, jadi wangi arang terbakar khas ayam bakar tetap tercium. ayamnya tinggal taruh di atas panggangan yang ada di atas kompor, ayamnya di bolak-balik, tanpa perlu cape2 jagain bara api dan dan ngipasin.. hihihihihi.. ;)) (dance)
selamat mencobaaaaa… (hungry)

resep nugget dari tuan bantal

kemarin di kasih beberapa resep makanan cepat saji sama Mr. Pillow.. karena hari ini lagi suntuk, gue mutusin buat nyoba resep nugget yang di kasih.. ini resepnya.. 

 

McDonald’s® Chicken McNuggets™

SPECIAL TOOLS: Deep fryer

Ingredients:

vegetable oil (in fryer)

1 egg

1 cup water

2/3 cup all-purpose flour

1/3 cup tempura mix (or 1/3 cup flour for a total of 1 cup if tempura mix is unavailable) << ganti tepung roti atau tepung panir

2 teaspoons salt

1 teaspoon onion powder

1/2 teaspoon Accent® <<< gue gak gitu ngerti nih yg ini.. jadi gak pake.. 😀

1/4 teaspoon pepper

1/8 teaspoon garlic powder

4 chicken breast filets, each cut into 6-7 bite sized pieces.

Cooking your McNuggets™

1. Beat the egg and then combine it with 1 cup water in a small, shallow bowl. Stir.

2. Combine the flour, salt, Accent®, pepper, onion powder and garlic powder in a one gallon size zip lock bag.

3. Pound each of the breast filets with a mallet until about 1/4-inch thick. Trim each breast filet into bite sized pieces.

4. Coat each piece with the flour mixture by shaking in the zip lock bag.

5. Remove and dredge each nugget in the egg mixture, coating well. Then return each nugget to the

flour/seasoning mixture. Shake to coat. Put nuggets, bag and all, in the freezer for at least an hour. Cover and refrigerate remaining egg mixture.

6. After freezing, repeat the “coating” process.

7. Preheat oven and large cookie sheet to 375°

8. Deep fry the chicken McNuggets™ at 375° for 10-12 minutes or until light brown and crispy. (cook only about 9 at a time.)

9. Drain on paper towels 3-5 minutes.

10. Place deep-fried nuggets on preheated cookie sheet in oven and bake another 5-7 minutes.

11. Serve with your favorite McDonald’s dipping sauce.

 

nah.. itu resep asli yang katanya dari salah satu restoran cepat saji yang buka cabang di seluruh penjuru dunia.. 

tapi gue agak bedain dikit.. nih..resep modifikasi dari gue.. 

Bahan-bahan :

  • 1 ekor ayam diambil dagingnya aja.
  • tiga lembar roti tawar/roti gandum
  • segelas susu cair (bikin dari susu bubuk yang di campur segelas air)
  • 3 butir telur
  • tepung panir
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • garam-gula-merica 
  • minyak untuk menggoreng

 

cara membuat :

  1. cincang ayam hingga halus << ini karena gue membuatnya dari berbagai bagian tubuh ayam yang bentuknya beda-beda. kalau resep asli kan pake fillet dada ayam yang bisa di potong bagus yaitu kotak-kotak yang berukuran nyaris sama.
  2. rendam roti dalam susu, lalu campur dengan ayam cincang dan bumbu (bawang putih, garam, merica, gula) lalu kukus. 
  3. setelah dikukus sampai matang (±30 menit), keluarkan dan potong sesuai selera. ini selera memotong gue.. 😀 
  4. setelah itu gulingkan dalam telur dan tepung panir.
  5. goreng sampai matang.

 

 

jadi deeeeeeeeeeh.. 😉 

 

gue hanya menggoreng sepertiga dari hasil jadinya.. karena hasilnya rada banyak, setelah di gulingkan di telur dan tepung panir, gue taruh di kulkas buat di goreng lagi besok-besok.. 😀 lumayan buat persediaan sarapan.. hehehe.. ;))

note : 

buat yang ingin sehat.. bisa di tambah potongan wortel kecil-kecil saat mencampur daging ayam serta bumbu, bisa juga tambah parutan keju.. tapi disarankan pake potongan keju yang di potong ukuran ½x1x2 cm dan di sisipkan di tengah nugget, sebelum nugget di oles telur dan di gulingkan di tepung panir.. rasanya pasti lebih maknyooooooos!!! =P~

resep rengginang resep mbah kurus

rengginang, cemilan renyah ini asik sekali disantap sebagai teman minum teh atau minum kopi. =P~ ~o)

 

dulu waktu gue masih kecil, mbah kurus suka bikin rengginang. gue sendiri suka banget makan rengginang. tapi sayang.. beberapa kali beli rengginang di jakarta, rasanya nggak seenak bikinan mbah dulu.. rasanya hambar.. pernah makan rengginang di rumah ocha, rasanya enaaaaaak banget.. mirip sama rengginang bikinan mbah.. ternyata rahasianya ada di jumlah bumbunya.. yang bumbu utamanya cuma bawang putih dan terasi.. simpel, kan? nih gue kasih resepnya.. 

 

bahan-bahan : 

  • satu liter beras ketan. boleh ketan hitam, boleh ketan putih.
  • 8 siung bawang putih ukuran besar
  • satu sendok makan terasi goreng atau terasi bakar.
  • satu setengah sendok makan garam (sesuai selera)
  • 300 cc air matang.

cara membuat : 

  1. rendam beras ketan selama 1 jam. 
  2. haluskan garam, bawang putih dan terasi hingga benar-benar halus.
  3. kukus ketan selama setengah jam
  4. campurkan bumbu yang sudah di haluskan dengan air, lalu campurkan ke dalam ketan yang sudah dikukus.
  5. kukus kembali ketan selama satu jam. 
  6. cetak lalu jemur dibawah matahari sampai kering (sekitar 2-3 hari)  
  7. setelah itu di goreng dengan minyak panas, deh… =P~
 ini hasil jadinyaaaaa…..
 

.

tips :

  • waktu mencetak, usaha kan jangan terlalu tebal. nanti susah kering dan kurang renyah ketika di goreng. 
  • selain membentuk rengginang dengan bentuk bulat, kita juga membentuknya dengan bentuk lain.. seperti kotak, segitiga, persegi panjang atau bentuk hati yang mungkin cocok buat kado valentine =)) pokoknya gak usah terpaku sama bentuk klasik rengginang yang bulet 😛
  • jangan takut menambahkan jumlah terasi atau bawang putih. makin banyak bumbu makin maknyus. tapi kira2 aja, ya.. jangan satu kilo terasi dan satu kilo bawang putih di campur ke dalam satu kilo beras ketan.. lo mo bikin rengginang atau terasi goreng.. /:)
  • saat menggoreng, usahakan minyak sudah benar-benar panas, jaga jangan terlalu panas banget.. nanti gosong.. setelah minyak panas, sedikit kecilkan. karena kalau minyak terlalu panas, sebelum rengginang benar-benar mengembang, rengginang udah gosong. 
  • jangan lupa di taruh di toples kedap udara biar tetap renyah 😀

SELAMAT MENCOBAAAAAAA!!!