arti kebenaran

kebenaran?? mestinya dia tak tersangkalkan.. tapi ketika muncul perbedaan dan semua merasa benar, lalu… siapa yang benar-benar benar??

apa ada yang tahu, apa yang di maksud dengan kebenaran?? bukan kebeneran yang berarti kebetulan yah.. 😀 kata dasarnya BENAR. lawan kata dari SALAH. kalau tidak salah, berarti benar kan? tapi, kalau tidak benar, apa selalu berarti salah? hmm.. belum tentu.. ada banyak hal dimana keadaan berimbang.. satu pihak benar.. pihak lain tidak salah.. namun sering kali, orang berpikir praktis dimana kalau tidak berlabel BENAR, berarti dia SALAH!

Continue reading “arti kebenaran”

gadis kecil dan sang hujan

Seorang gadis kecil berdiri di depan jendela dengan wajah sendu. matanya menatap kosong ke arah guyuran hujan yang jatuh membasahi bumi. Menatap pohon-pohon yang bermandikan air hujan. jalanan terlihat lengang. hanya satu dua orang yang berlari menerobos hujan dengan payung di tangan. semua memilih meringkuk di dalam rumah yang hangat dengan segelas minuman hangat dan gorengan pengganjal perut.

Gadis kecil itu terdiam membayangkan andai saja rumahnya bisa sehangat itu. gadis kecil menoleh ke dalam rumah. di lihatnya rumah besar yang kosong melompong. tidak ada tawa renyah disana. apa lagi segelas coklat hangat dan wangi pisang goreng panas kesukaannya di atas meja. gadis kecil itu menghela nafas panjang.

Tidak lama, terdengar suara celoteh dan tawa riang anak-anak kecil. gadis kecil itu buru-buru berlari ke jendela dan menatap keluar rumah. di lihatnya banyak anak-anak kecil sebayanya berlarian di tengah hujan. menari di bawah guyuran air. semua tampak riang gembira. mata gadis kecil itu langsung berbinar senang. harapan untuk bermain bersama tersirat di wajahnya. sesaat ingatannya melayang ke masa lalu, saat dia dan kakak laki-lakinya bermain air di taman rumah. ayah mereka menyemprotkan air dari selang membuat hujan buatan untuk mereka. gadis kecil dan kakak laki-lakinya berlarian kesana-kemari menyiramkan air ke ayah mereka. rumah itu penuh gelak tawa dan kebahagiaan. Hingga sang ibu datang membawakan handuk dan segelas susu hangat dan meminta mereka berhenti main air. Gadis kecil itu tersenyum mengingat itu semua.

Seorang anak laki-laki sebayanya menghampiri jendela rumah gadis kecil itu. “ayo main ujan-ujanan. seru tauu..” ujar anak itu yang tampak menggigil kedinginan di bawah hujan. gadis kecil hanya menggeleng dengan wajah sedih. “aku nggak boleh hujan-hujanan sama mama.. kalo mama tahu, aku bisa di marahin.. lagian bentar lagi papa ku pulang.. aku mau main sama papa aja”. anak laki-laki itu tertawa. “ah.. payah lo..” anak laki-laki itu kembali berlarian bersama teman-temannya. mereka tertawa gembira. gadis kecil itu hanya menatap dari balik jendela. dilema antara memuaskan keinginannya atau mematuhi kata-kata orang tuanya.

Gadis itu hanya berucap membesarkan hatinya “nggak usah main sama temen-temen deh.. sebentar lagi kan papa pulang.. aku bisa main sama papa..”

gadis kecil itu menunggu dan terus menunggu.. hingga dewasa pun dia masih terus menunggu…

.

mercusuar

Bermiliyar-milyar butir pasir terhampar di sebuah panjang yang luas.. suasana terlihat sepi di malam hari.. keceriaan dan keriangan di suang hari hilang, di bawa matahari yang tenggelam di ufuk barat.. 

tinggallah Sang rembulan yang menerangi malam dengan sinarnya yang lembut… suasana gelap dan cahaya rembulan yang redup, membuat para nelayan yang belajar sering kali menabrak batu karang di sekitar pantai…

Di bangunlah sebuah mercusuar yang tinggi dan megah. semua memujanya.. mengaguminya.. berterima kasih kepadanya karena telah membantu dan menjadi inspirasi banyak orang..

Namun tidak ada yang tahu bahwa mercusuar itu juga menjadi simbol kesepian.. kesendirian.. dia di bangun di atas tanah berpasir yang setiap saat dan setiap hari di terjang air laut.. sosok tegar yang terlihat dari luar, sesungguhnya rapuh di dasar dan berisi kesepian.. apa yang terlihat di luar tidak selalu sama dengan yang terlihat di dalam, bukan?

sampai kapan kah mercusuar itu bertahan? entahlah.. mungkin tidak lama… toh tidak ada yang abadi di dunia ini….

 

*sejak di temukannya GPS, jumlah mercusuar menurun drastis.*

 

 

money can change everyone

nggak percaya? coba aja liat sekeliling.. 😀

banyak orang yg berubah karena uang.. gaya hidup.. pola pikir.. tindakan.. kebiasaa.. banyak hal.. sering kali harta bisa menjerumuskan orang hingga tergelincir ke jalan yang salah.. karena kaget.. karena nggak siap menghadapi sesuatu yang berbeda dari apa yang biasa di alaminya..

orang yang tadinya miskin, kaya mendadak bisa jadi menghambur-hamburkannya untuk sesuatu yang percuma bahkan cenderung melakukan dosa.. dengan uang berlebih orang punya akses lebih untuk menikmati fasilitas-fasilitas yang nggak pernah di rasakan sebelumnya.. kalau biasanya nggak punya uang, di saat senggang dia duduk manis di rumah, sekarang ketika dia memiliki uang berlebih dia pergi ke tempat-tempat dimana dia bisa menikmati apa yg dia sebut “surga dunia”. ntah berbelanja.. bisa makanan, pakaian, banyak juga yang menghabiskan waktu dan uang mereka untuk clubbing atau bahkan sampai urusan xxx. yang kadang semua itu menghancurkan apa yang sudah dia miliki.. misalnya pekerjaan, keharmonisan keluarga atau bahkan kepribadian.. 

tidak hanya perubahan dari tidak berpunya menjadi berpunya.. begitu pula sebaliknya.. orang yang biasanya berpunya.. memiliki banyak hal… biasa menikmati segala macam fasilitas menurut kemampuannya, saat tiba-tiba tidak berpunya, dia menjadi labil dan bahkan tidak bisa menerima kenyataan.. ada yang menggunakan jalan singkat untuk tetap berada di tingkat ekonomi sosial yang sama.. memaksakan diri dengan berbagai cara agar masih bisa terus menikmati kenikmatan dunia yang semu itu.. ada pula yang tidak bisa menerima kenyataan bahkan malah memilih untuk menghakhiri penderitaannya itu.. (aaah.. itu sebuah bodoh ku rasa.. terlalu mudah menyerah..) 

hmm.. jadi.. harus gimana? terus berpunya atau terus tidak berpunya? 

ku rasa sesungguhnya bukan masalah berpunya atau tidak berpunya.. tapi bagaimana kita bisa melihat hidup.. bagaimana tetap bisa hidup bersahaja.. nggak masalah mereka punya uang atau nggak punya uang.. nyaris gak ada bedanya… jadi inget sinetron “keluarga cemara”, sebuah sinetron tentang seorang pengusaha kaya yang kehilangan seluruh kekayaannya dan akhirnya menjadi seorang penarik becak (klo gak salah 😀 ) telah hidup menjadi orang miskin, tapi si abah dan keluarganya tetap tabah menjalani hidup.. di salah satu episode dimana dia sempat kembali menjadi orang kaya, Ara (cemara) dan keluarganya tetap hidup bersahaja sampai akhirnya kekayaan mereka di ambil lagi.. *ahh.. gue kangen sinetron kayak gitu* 

walaupun masih ada orang seperti itu, tapi rasanya jarang.. hmm.. IMHO, kayaknya orang-orang seperti itu biasanya adalah mereka yang sudah banyak makan asam garam kehidupan.. setidaknya pernah merasakan susah.. 

mudah-mudahan kita bisa selalu menjadi orang yang bersahaja seperti itu.. *gue sendiri masih berusaha keras untuk bisa seperti itu ^:)^*

fake!

“Women might be able to fake orgasms. But men can fake a whole relationship!”

ku rasa omongan itu ada benarnya juga.. orgasms yang aku bicarakan disini bisa berarti luas. tidak hanya dalam hubungan seksual. tapi dalam kehidupan dan hubungan dengan pasangan secara keseluruhan. walaupun wanita bisa merekayasa orgasme rasa bahagia dan puas dalam sebuah hubungan.. tapi pria lebih bisa merekayasa sebuah hubungan itu secara keseluruhan… banyak yang membantahnya bahwa tidak hanya pria yang bisa memanipulasi hubungan.. tapi wanita juga…

hmm.. aku sendiri kurang percaya pada pendapat itu.. aku menemukan banyak wanita-wanita yang menjadi seorang player namun pada akhirnya mereka sendiri terjebak dalam permainan mereka sendiri… awalnya mereka hanya ingin bermain-main… tapi kenyataannya mereka akhirnya terjebak pada pemainan mereka sendiri.. karena saat mereka bermain mereka tetap menggunakan “rasa”. sementara tidak begitu dengan para pria.. they do it really for fun.. semua didasarkan logika dan keuntungan atau karena pertimbangan-pertimbangan lain.. ini bukan mengakui atau mendukung para player diluar sana, ya.. aku sendiri mengutuk mereka.. mengutuk tindakan mereka yang sudah bermain dengan perasaan orang lain.. nggak sedikit yang terluka akibat tindakan mereka.. apa lagi kalau alasan main-main mereka hanya karena EGO!! x-( menyebalkan! [-(

ya… jujur sifat-sifat para pemain cinta player yang seperti ini bikin banyak orang merasa ragu dengan saat mulai menjalin hubungan.. ragu dengan kesungguhan calon pasangan mereka.. bagaimana bisa membedakan sebuah hubungan yang di dasari dengan kesungguhan dan mana hubungan yang di dasari dengan kepura-puraan.. ntahlah.. kalau kata salah satu temen, kesungguhan itu nggak bisa di lihat dari satu dua kejadian.. ya bener juga sih.. kita nggak bisa menilai sebuah cerita hanya melihat dari satu dua scene dalam kehidupan… tapi di lihat dari seluruh episode yang berjalan.. segala sesuatu bisa saja terungkap di belakang, bukan?? 

aku sendiri pernah bahkan sering mendengar cerita sebuah pernikahan yang tidak di dasari rasa cinta yang tulus.. sang suami menikah namun hatinya “tertinggal” pada wanita lain.. dan istrinya sama sekali tidak tahu itu.. dalam menjalani pernikahan semua terlihat normal dan biasa saja.. hmmm.. sebuah kebahagiaan yang rasanya tidak sempurna.. ada banyak ketidakjujuran disana… sedih aja ngebayangin istri yang sudah mencintai dan berbakti pada suaminya dengan tulus tapi tidak di balas dengan perasaan yang sama.. ya memang suaminya bersikap baik.. menghargai istrinya dan menjalankan fungsi, tugas dan tanggung jawabnya sebagai suami.. tapi karena itu hanya menjadi sekedar kewajiban, tentunya kebahagiaan yang di dapat oleh suamipun pasti berbeda.. kebahagiaannya menjadi tidak sempurna.. jujur.. kalau aku berada di posisi si istri, pasti aku sendiri bakal sedih banget.. bukan karena suami ku sendiri tidak mencintai ku.. tapi karena suami ku itu tidak benar-benar bahagia.. siapa sih yang tidak ingin melihat orang yang di cintainya bahagia..

aku sendiri merasa marah sekali kalau melihat fakta kejadian seperti itu.. nggak adil aja.. ntah aku yang terlalu naif atau apa.. tapi bayangkan kalau kamu (yg cowok atau cewek) ada di posisi si seseorang yang mencintai dengan tulus.. berpikir kalau kalian berdua saling mencinta dan sayang menyayangi.. berpikir kalau di hati dan pikirannya hanya ada dirimu seorang.. tapi ternyataaaa… dia selalu membayangkan dan memikirkan orang lain.. ternyata saat bersama mu, dia membayangkan sedang bersama orang lain.. #:-s loh! kok jadi parnoan gini!! #-o

hmm… banyak yang bilang yang paling penting dalam sebuah hubungan adalah kejujuran.. menjadi sebuah dilema tersendiri saat hatimu terbagi.. jujur bilang bahwa orang yang ada di hatimu bukan dia.. atau menyembunyikan itu semua demi membahagiakan pasangan.. akan kah kita meninggalkan pasangan demi orang lain? atau kah memegang teguh “kesetiaan”? padahal menurutku sendiri saat perasaan itu sudah terbagi, sudah tidak ada kesetiaan disana… perselingkuhan sudah terjadi.. aku menyebutnya selingkuh hati.. tapi ada kah yang tahu apa yang seharusnya di lakukan saat itu semua terjadi?? 

kalau itu terjadi padamu.. apa yang akan kamu lakukan??????

hmm.. ntahlah.. kehidupan kadang begitu rumit kalau kita membuatnya rumit 😀

semoga pasangan kita semua atau calon pasangan kita adalah seseorang yang benar-benar tulus mencintai kita.. dan selalu seperti itu.. amiin… o:-)

what if

WHAT IF – MOCCA 

What if I give you my smile?
Are you gonna stay for a while?
What if I put you in my dreams tonight?
Are you gonna stay until it’s bright?

What if I give you my story?
Are you gonna listen to me?
What if I give you my heart?
Are we never gonna be apart?

Come on baby try harder
Come on baby light my fire
Come on baby be mine
‘Cause you’re the one I wanted to be

What if I do ignore you
Will you just walk away and cry?
What if I did disappoint you?
Are you gonna say goodbye?

Come on baby try harder
Come on baby light my fire
Come on baby be mine
‘Cause you’re the one I wanted to be

What if I try to catch flying snitch?
Are you gonna come with me?
What if I give you my song?
Are we gonna sing along?

Come on baby try harder
Come on baby light my fire
Come on baby be mine
‘Cause you’re the one I wanted to be

What if you leave me right here?
I’m right here and waiting for you

 

gue suka banget lagu ini, terutama yang versi akustiknya.. di versi akustiknya, gue berasa jadi lebih melow aja.. dan lebih kena.. hehehe… nice song.. sebenernya, ada juga sih yang bukan versi akustiknya

 

enjoy it, guys..

coffe shop

 

Duduk di sudut ruangan coffe shop yang sepi, menikmati secangkir kopi dan membaca sebuah novel berjudul “mereka bilang saya gila” yang sampe sekarang belum selesai di baca. ditemani sayup-sayup musik jazz yang mengalun lembut.. menenangkan.. menghirup aroma kopi robusta, tanpa memikirkan apapun.. melepaskan diri sejenak dari segala kepenatan yang menyita energi dan menguras emosi.

hanya akan ada aku, bukuku dan secangkir kopi. 

 

 

hanya itu yang ku inginkan sekarang.. 

keinginan itu masih ada..

 

tadi sempat friendsterwalking (hasyah bahasanya). ya.. intinya ngeliat2 friendster orang, karena sekalian tadi ada testi masuk dan baru nge-add salah seorang tetangga teman baru. iseng-iseng buka-bukain profile FS orang-orang yang liat FS gue.. iseng gue liatin foto-foto beberapa orang dengan aktifitas dan kesenangan mereka. ada pula yang merekam banyak momen menyenangkan yang mereka lewati bersama murid-murid mereka.. duh.. jadi kangen dengan dunia pendidikan yang udah lama gue tinggalkan.. yaps.. 2 tahun lebih gue gak bergelut di dunia pendidikan.. kangen banget rasanya mengajar.. mendidik.. bermain bersama murid-murid.. dengan segala macam konflik dan tantangan yang ada.. rindu berada di tengah gelak tawa mereka.. kepolosan mereka dalam menghadapi hidup ini kadang membuat gue tercenung sekaligus makin sayang sama mereka.. selalu berharap bertahun-tahun kedepan yang akan mereka jalani, akan menjadi tahun-tahun menyenangkan.. berharap mereka dapat bahagia dan sanggup menjalani setiap pilihan hidup mereka dan bertanggung jawab atas pilihan mereka itu.. berharap mereka mampu membawa diri dalam bergaul dan tetap memiliki sifat welas asih terhadap sesama mahluk Tuhan.. 

hmm.. jadi inget salah satu postingan gue dulu banget! hmm.. gimana ya, kelanjutan kisan cinta putri dan arya, dan yang lainnya sekarang.. masihkah mereka menjadi anak-anak manja yang biasa jadi bos-bos kecil yang masih akan selalu dimanja dan di penuhi semua keinginannya? atau mereka sudah belajar menjadi manusia mandiri yang melakukan semaunya sendiri dengan baik dan lebih bertanggung jawab?? hmm… gimana ya, murid-murid di citayam? masih kah kepolosan anak-anak desa itu melekat di diri mereka? atau malah mereka sudah terdistorsi pengaruh gaya hidup hedonisme yang hingar bingar?  

hmmm.. gimana dengan murid2 di SMA 36, dilla, tari, marissa, dll?  hmm.. saat ini mereka udah pada kuliah.. pastinya sebagian dari mereka kini sibuk dengan aktifitas mereka masing2.. gue rasa ada yang beruntung mengenyam bangku kuliah.. ada pula yang nggak.. semua doa-doa terbaik akan selalu gue panjatkan buat mereka.. wish them the best.. 

tetap berharap bisa kembali ke dunia pendidikan.. aku harap suatu hari nanti, aku bisa kembali mengajar tanpa meninggalkan dunia penulisan ini… aku cinta keduanya… dunia yang sudah memberikan banyak warna dalam hidupku..

 

-dedicate to all my (ex) student-

*miss luvie loves you all..*

belajar jadi ulat

seorang teman yang biasa baca blog gue, tiba2 tanya.. “luv.. kok elo sekarang gak pernah cerita soal kodok lagi, sih???” gue ngakak dan langsung bilang..”iyee… gue udah gak bisa cerita soal kodok dengan bebas.. soalnya dia baca blog gue yang sekarang.. huaaaa… gak enak klo cerita disini.. ya.. jadi curhat personal aja.. 😛 ” (selain itu karena sekarang gue udah mulai jarang digangguin maen sama kodok kali, ya? 😀 )

sebenarnya ini semua adalah salah satu resiko klo membuka cerita pribadi di blog.. apa lagi kalo yang baca orang2 yang kenal kita.. ada banyak mata, hati dan pikiran yang kadang harus di jaga.. ruang privasi sedikit jadi lebih sempit.. efek dari tenar ya begini! Hasyah!!! TENAR??? hmm.. itung-itung belajar jadi ulat (belajar naik daun). makanya gue sampe pernah di kasih award belajar tenar dan bikinin gambar ini sama tetangga sebelah..

sebenarnya kadang gue gak terlalu mikirin soal dampak dari postingan gue, sih.. terserah lah yang mau baca mau mikir apa.. blog ini blog gue, terserah gue mau nulis apa.. kalo nggak suka ya nggak usah di liat.. klik aja tanda silang di pojok kanan atas.. beres, tho??? cuma tetap aja.. hati nurani gak bisa di tutupi.. kalau ada yang merasa tersinggung dengan postingan gue, walaupun itu hak mereka untuk tersinggung dan hak gue untuk menulis apapun, ya tetap aja ada perasaan gak enak di hati.. 

makin banyak orang yang tahu kita, jadi makin besar image yang mesti di jaga.. sempet ada temen yang bilang.. “kalo luvie bisa jaim, artinya udah kiamat”. kurang ajar tuh temen gue.. tapi ya gitu lah.. kadang gue terlalu ceplas-ceplos.. kan gue polos dan apa adanya.. 😀 *kabur sebelum di timpuk pake bakiak*

jadi inget waktu salah satu teman bingung mau curhat, tapi ternyata udah banyak orang-orang disekitarnya yang tahu soal blognya itu.. akhirnya dia hanya menulis gini “rasanya saya ***** sama si ***, padahal **** saya ***** disana. bla..bla..bla..” begitulah sepanjang postingan.. wakakakak..

ngeblog aja kok jadi susah, sih?? ya sebenernya kalau mau di bikin susah ya bisa susah, kalau mau di bikin gampang ya bisa juga.. 😀 ada juga temen gue yang sempet bilang “kalo tulisan lo nggak mau di baca orang, ya jangan di posting..” hehe.. bener juga, sih.. tapi ya itu pilihan sih.. terserah aja.. di sadari atau tidak, kadang orang butuh “berteriak”, melepaskan emosi yang ada.. enak gak sih lo, kalau hanya berteriak dalam hati?? 😛 dan emang itu lah gunanya blog dan plurk.. tempat lo berteriak sekencang-kencangnya.. iya, kan?? 

jadi.. masihkah perlu ada batasan apa yang harus di posting di blog dan apa yang tidak harus di posting???

thank you mom and dad..

sore ini tiba2 nyokap nelepon mpus dengan suara nada tinggi.. gue agak kaget karena gak biasa-biasanya nyokap kayak gitu.. dari pembicaaannya gue denger kalo nyokap gak setuju ade gue hadir dalam acara halal bi halal setelah rapat unit organisasi yang di ikutinnya.. hmm… walaupun gue sama sekali nggak setuju dengan argumentasi yang di buat nyokap ke ade gue, gue diam.. gue masih terus berkutat di depan laptop dengan pekerjaan gue.. gue sempat tanya ada apa.. tapi nyokap kayaknya masih emosi.. ya udah.. gue diem dulu dweeh..

nggak berapa lama, nyokap deketin gue dan cerita masalahnya.. nyokap tanya apa yang di lakuin itu bener nggak, sih?? ya dengan terus terang gue bilang kalau menurut gue, apa yang di lakuin nyokap itu gak pas.. karena kasian mpus juga.. bla..bla..bla.. kita ngobrol panjang lebar.. 

nyokap sendiri sadar dan heran sama dirinya sendiri kenapa kok nyokap nggak bisa ngelepas adik gue dengan tenang.. bawaannya gak percaya mulu.. duh!! kok jadi gini?? ya.. gue ngerti.. nyokap hanya bicara jujur.. 

hmmm.. nyokap emang kayaknya masih berat banget ngelepas adik gue. seperti yang udah gue kira jauh bertahun-tahun sebelumnya.. hehe… dari dulu emang nyokap begitu.. nyokap bilang kok bawaannya khawatir mulu dan gak percaya sama adik gue.. (dulu sih gue sempet protes karena menganggap kekhawtiran nyokap itu karena nyokap lebih sayang sama mpus dari pada sama gue). nyokap bilang dia khawatir karena ngerasa adik gue belum bisa “dilepas”. gue sih udah berkali2 bilang sama nyokap “emang mau di jagain dan di tuntun terus sampe kapan??”. klo abis di bilang gitu sih biasanya nyokap ngasih dikit kelonggaran.. tapi ntar2nya juga kayak gitu lagi.. huehehehehehe.. Emak gue dah, ah.. kocak!! 😀

gue jadi merefesh semua memori gue..mengingat semua yang udah gue alamin pada saat gue seusia mpus.. dan gue jadi kembali ngerasa bersyukur dengan semua yang udah jalani dan rasakan selama bertahun-tahun ini.. terutama saat kuliah.. banyak banget pengalaman yang gue dapet dan rasakan saat itu.. masa terindah gue bukan SMA, tapi pas kuliah.. hehehe.. gue bersyukur banget, dulu di kasih kesempatan untuk mencari ilmu dan pengalaman seluas-luasnya dan sebanyak-banyaknya, dalam hal apapun.. dari soal ilmu, pertemanan, pengalaman, pekerjaan, semua deh.. kalo inget dulu, gue biasa ikut kegiatan organisasi dan rapat  dimana-mana, terus kerja sambilan juga sampe malem tanpa di khawatirin sama sekali, karena nyokap percaya banget sama gue.. gak kayak ade gue sekarang.. pulang malem dikit aja udah di omelin.. kadang gue juga suka ngomelin dia, sih.. abis berasa pulang malemnya gak guna banget.. Duh! tuh anak!!

ya..banyak yang bilang gue dan adik gue itu BEDA BANGET!!! nyaris semua orang bilang begitu… ya.. namanya juga manusia.. semua punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.. dan gue sendiri sih selalu mensyukuri semuanya.. gue juga selalu minta sama nyokap dan orang-orang di sekitar gue untuk nggak membanding-bandingkan adik gue dan gue sendiri.. kasihan dia.. gue pengen ade gue punya jalan sendiri.. cara sendiri untuk hidup.. dulu sempet miris dan rada sebel aja karena dia begitu Ngefans terobsesi kagum mencontoh ke gue banget. sampe sempet ada masa dimana dia kalo di tanya cita-cita, track hidupnya yang di pangen adalah track hidup yang kayak gue jalanin saat itu.. duhh.. itu anak.. tapi beruntung setelah melalui banyak proses, dia bisa mulai memilih jalannya sendiri.. (walaupun tetep niru2 gue) tapi syukurlah.. gue harap nantinya dia akan bisa lebih baik dari gue.. 

hmm… waktu berlalu begitu cepat.. udah banyak banget yang terjadi.. 25 tahun emang bukan waktu yang sebentar dalam menjalani hidup ini.. emang dulu banget gue memang sempat marah dan sedih dengan keadaan gue.. tapi itu dulu banget! saat gue masih kecil banget… wajarlah umur segitu.. SD aja belum lulus.. tapi setelah masa itu, semua udah membaik.. gue mulai belajar menata emosi dan mengambil peran dan mengisi kekosongan peran yang ada… semua saling mengisi..

sekarang ini, gue jadi berterima kasih banget sama bokap yang udah membuat gue seperti ini.. membesarkan gue dan menguatkan gue dengan cara yang unik dan berbeda… makasih.. 🙂 tanpa semua sikapmu itu aku tidak akan menjadi sosok luvie yang seperti ini.. gadis kecilmu yang selalu kau manjakan itu kini sudah berubah menjadi sosok wanita tegar dan tangguh menghadapi hidup, pa.. 🙂 Thank you so much..

sekarang semua sudah jauh..jauh..jauh lebih baik.. gue rasa masa-masa sulit udah gue lewatin.. makanya sekarang gue selalu bisa jalani hari gue dengen senyum mengembang.. melihat masalah kadang ya santai aja.. yah.. gue pernah ngelewatin yang lebih berat dari ini.. begini doang mah.. bisa, lah…. 

mungkin proses yang gue lewatin ini juga yang membuat nyokap jauh lebih percaya pada gue dari pada ke mpus.. Hmm.. kadang gue kasian aja, sama mpus.. klo di perlakukan beda.. masalahnya kadang kok timpang banget, yaks! hehe.. 😀 ya.. kalo gue kadang ngeliatnya nyokap terlalu mengkhawatirkan mpus dan selalu melihat mpus sebagai anak kecil.. (ya iyalah.. ngebandinginnya sama nyokap sendiri dan gue. sampe kapan juga mpus akan selalu lebih muda dari pada kita berdua.. *gubraks*). yah.. dilema jadi anak bungsu ya gitu.. selalu di anggap anak kecil. hihihi.. yah.. cuma mau sampe kapan ade gue akan di anggap anak kecil yang gak tau apa2?? dia akan berproses jadi manusia dewasa.. bagaimanapun kita harus belajar menghargai dia sebagai manusia dewasa.. di beri kebebasan untuk memilih dan bertanggung jawab atas pilihannya.. hehe… mudah sekali ya, sepertinya untuk bicara.. tapi ya itu yang gue pelajarin selama ini.. hihihi..

makasih, ma.. udah melibatkan aku dalam mendidik mpus.. dari kecil sampe sekarang.. aku jadi belajar bagaimana beratnya jadi orang tua.. (untung mpus itu anak baik yang gak pernah nyusahin). mudah2an pada saatnya nanti gue bisa menjadi orang tua yang jauh..jauh..jauh lebih baik… gue harap sedikit pengalaman menjadi guru dengan range yang cukup jauh (Playgroup-SMA) bisa menjadikan gue ibu yang baik nantinya dalam mendidik anak-anak gue.. (hasyaaaah!! mikirnya jauh amat! nikah aja beloom!! calon suaminya jg belum adaaaaaaa… huehehehehe.. *curcol*). yaa.. tapi gue percaya, saat itu pasti akan datang.. 😛