arti kebenaran

kebenaran?? mestinya dia tak tersangkalkan.. tapi ketika muncul perbedaan dan semua merasa benar, lalu… siapa yang benar-benar benar??

apa ada yang tahu, apa yang di maksud dengan kebenaran?? bukan kebeneran yang berarti kebetulan yah.. 😀 kata dasarnya BENAR. lawan kata dari SALAH. kalau tidak salah, berarti benar kan? tapi, kalau tidak benar, apa selalu berarti salah? hmm.. belum tentu.. ada banyak hal dimana keadaan berimbang.. satu pihak benar.. pihak lain tidak salah.. namun sering kali, orang berpikir praktis dimana kalau tidak berlabel BENAR, berarti dia SALAH!

Continue reading “arti kebenaran”

money can change everyone

nggak percaya? coba aja liat sekeliling.. 😀

banyak orang yg berubah karena uang.. gaya hidup.. pola pikir.. tindakan.. kebiasaa.. banyak hal.. sering kali harta bisa menjerumuskan orang hingga tergelincir ke jalan yang salah.. karena kaget.. karena nggak siap menghadapi sesuatu yang berbeda dari apa yang biasa di alaminya..

orang yang tadinya miskin, kaya mendadak bisa jadi menghambur-hamburkannya untuk sesuatu yang percuma bahkan cenderung melakukan dosa.. dengan uang berlebih orang punya akses lebih untuk menikmati fasilitas-fasilitas yang nggak pernah di rasakan sebelumnya.. kalau biasanya nggak punya uang, di saat senggang dia duduk manis di rumah, sekarang ketika dia memiliki uang berlebih dia pergi ke tempat-tempat dimana dia bisa menikmati apa yg dia sebut “surga dunia”. ntah berbelanja.. bisa makanan, pakaian, banyak juga yang menghabiskan waktu dan uang mereka untuk clubbing atau bahkan sampai urusan xxx. yang kadang semua itu menghancurkan apa yang sudah dia miliki.. misalnya pekerjaan, keharmonisan keluarga atau bahkan kepribadian.. 

tidak hanya perubahan dari tidak berpunya menjadi berpunya.. begitu pula sebaliknya.. orang yang biasanya berpunya.. memiliki banyak hal… biasa menikmati segala macam fasilitas menurut kemampuannya, saat tiba-tiba tidak berpunya, dia menjadi labil dan bahkan tidak bisa menerima kenyataan.. ada yang menggunakan jalan singkat untuk tetap berada di tingkat ekonomi sosial yang sama.. memaksakan diri dengan berbagai cara agar masih bisa terus menikmati kenikmatan dunia yang semu itu.. ada pula yang tidak bisa menerima kenyataan bahkan malah memilih untuk menghakhiri penderitaannya itu.. (aaah.. itu sebuah bodoh ku rasa.. terlalu mudah menyerah..) 

hmm.. jadi.. harus gimana? terus berpunya atau terus tidak berpunya? 

ku rasa sesungguhnya bukan masalah berpunya atau tidak berpunya.. tapi bagaimana kita bisa melihat hidup.. bagaimana tetap bisa hidup bersahaja.. nggak masalah mereka punya uang atau nggak punya uang.. nyaris gak ada bedanya… jadi inget sinetron “keluarga cemara”, sebuah sinetron tentang seorang pengusaha kaya yang kehilangan seluruh kekayaannya dan akhirnya menjadi seorang penarik becak (klo gak salah 😀 ) telah hidup menjadi orang miskin, tapi si abah dan keluarganya tetap tabah menjalani hidup.. di salah satu episode dimana dia sempat kembali menjadi orang kaya, Ara (cemara) dan keluarganya tetap hidup bersahaja sampai akhirnya kekayaan mereka di ambil lagi.. *ahh.. gue kangen sinetron kayak gitu* 

walaupun masih ada orang seperti itu, tapi rasanya jarang.. hmm.. IMHO, kayaknya orang-orang seperti itu biasanya adalah mereka yang sudah banyak makan asam garam kehidupan.. setidaknya pernah merasakan susah.. 

mudah-mudahan kita bisa selalu menjadi orang yang bersahaja seperti itu.. *gue sendiri masih berusaha keras untuk bisa seperti itu ^:)^*

fake!

“Women might be able to fake orgasms. But men can fake a whole relationship!”

ku rasa omongan itu ada benarnya juga.. orgasms yang aku bicarakan disini bisa berarti luas. tidak hanya dalam hubungan seksual. tapi dalam kehidupan dan hubungan dengan pasangan secara keseluruhan. walaupun wanita bisa merekayasa orgasme rasa bahagia dan puas dalam sebuah hubungan.. tapi pria lebih bisa merekayasa sebuah hubungan itu secara keseluruhan… banyak yang membantahnya bahwa tidak hanya pria yang bisa memanipulasi hubungan.. tapi wanita juga…

hmm.. aku sendiri kurang percaya pada pendapat itu.. aku menemukan banyak wanita-wanita yang menjadi seorang player namun pada akhirnya mereka sendiri terjebak dalam permainan mereka sendiri… awalnya mereka hanya ingin bermain-main… tapi kenyataannya mereka akhirnya terjebak pada pemainan mereka sendiri.. karena saat mereka bermain mereka tetap menggunakan “rasa”. sementara tidak begitu dengan para pria.. they do it really for fun.. semua didasarkan logika dan keuntungan atau karena pertimbangan-pertimbangan lain.. ini bukan mengakui atau mendukung para player diluar sana, ya.. aku sendiri mengutuk mereka.. mengutuk tindakan mereka yang sudah bermain dengan perasaan orang lain.. nggak sedikit yang terluka akibat tindakan mereka.. apa lagi kalau alasan main-main mereka hanya karena EGO!! x-( menyebalkan! [-(

ya… jujur sifat-sifat para pemain cinta player yang seperti ini bikin banyak orang merasa ragu dengan saat mulai menjalin hubungan.. ragu dengan kesungguhan calon pasangan mereka.. bagaimana bisa membedakan sebuah hubungan yang di dasari dengan kesungguhan dan mana hubungan yang di dasari dengan kepura-puraan.. ntahlah.. kalau kata salah satu temen, kesungguhan itu nggak bisa di lihat dari satu dua kejadian.. ya bener juga sih.. kita nggak bisa menilai sebuah cerita hanya melihat dari satu dua scene dalam kehidupan… tapi di lihat dari seluruh episode yang berjalan.. segala sesuatu bisa saja terungkap di belakang, bukan?? 

aku sendiri pernah bahkan sering mendengar cerita sebuah pernikahan yang tidak di dasari rasa cinta yang tulus.. sang suami menikah namun hatinya “tertinggal” pada wanita lain.. dan istrinya sama sekali tidak tahu itu.. dalam menjalani pernikahan semua terlihat normal dan biasa saja.. hmmm.. sebuah kebahagiaan yang rasanya tidak sempurna.. ada banyak ketidakjujuran disana… sedih aja ngebayangin istri yang sudah mencintai dan berbakti pada suaminya dengan tulus tapi tidak di balas dengan perasaan yang sama.. ya memang suaminya bersikap baik.. menghargai istrinya dan menjalankan fungsi, tugas dan tanggung jawabnya sebagai suami.. tapi karena itu hanya menjadi sekedar kewajiban, tentunya kebahagiaan yang di dapat oleh suamipun pasti berbeda.. kebahagiaannya menjadi tidak sempurna.. jujur.. kalau aku berada di posisi si istri, pasti aku sendiri bakal sedih banget.. bukan karena suami ku sendiri tidak mencintai ku.. tapi karena suami ku itu tidak benar-benar bahagia.. siapa sih yang tidak ingin melihat orang yang di cintainya bahagia..

aku sendiri merasa marah sekali kalau melihat fakta kejadian seperti itu.. nggak adil aja.. ntah aku yang terlalu naif atau apa.. tapi bayangkan kalau kamu (yg cowok atau cewek) ada di posisi si seseorang yang mencintai dengan tulus.. berpikir kalau kalian berdua saling mencinta dan sayang menyayangi.. berpikir kalau di hati dan pikirannya hanya ada dirimu seorang.. tapi ternyataaaa… dia selalu membayangkan dan memikirkan orang lain.. ternyata saat bersama mu, dia membayangkan sedang bersama orang lain.. #:-s loh! kok jadi parnoan gini!! #-o

hmm… banyak yang bilang yang paling penting dalam sebuah hubungan adalah kejujuran.. menjadi sebuah dilema tersendiri saat hatimu terbagi.. jujur bilang bahwa orang yang ada di hatimu bukan dia.. atau menyembunyikan itu semua demi membahagiakan pasangan.. akan kah kita meninggalkan pasangan demi orang lain? atau kah memegang teguh “kesetiaan”? padahal menurutku sendiri saat perasaan itu sudah terbagi, sudah tidak ada kesetiaan disana… perselingkuhan sudah terjadi.. aku menyebutnya selingkuh hati.. tapi ada kah yang tahu apa yang seharusnya di lakukan saat itu semua terjadi?? 

kalau itu terjadi padamu.. apa yang akan kamu lakukan??????

hmm.. ntahlah.. kehidupan kadang begitu rumit kalau kita membuatnya rumit 😀

semoga pasangan kita semua atau calon pasangan kita adalah seseorang yang benar-benar tulus mencintai kita.. dan selalu seperti itu.. amiin… o:-)

topeng

 

dunia ini benar-benar panggung sandiwara.. semua orang seperti memakai topeng.. entah sengaja atau tidak sengaja.. sulit rasanya menemukan orang yang benar-benar jujur.. tiap orang menggunakan topengnya sendiri.. tiap saat bisa berganti. Tergantung kebutuhan.. kadang dia gunakan topeng berlapis-lapis atau bahkan dua topeng secara bersamaaan untuk menutupi wajah aslinya dan menutupi  belakang kepalanya..

JUJUR? Sebuah kata dan sifat yang sedikit langka dewasa ini.. begitu banyak orang yang bangga dengan kemampuan mereka membuat banyak topeng dalam hidupnya.. ada pula yang malah mencibir mereka yang tidak bertopeng. Yang tampil ke muka umum dengan wajah polos mereka.. bahkan menyuruh si jujur yang polos dan lugu, mengenakan topeng bila berhadapan dengan orang lain.. duhh.. tidak bisa kah semua orang menampilkan wajah polos mereka? apakah menjadi orang yang naif merupakan sebuah AIB???

kalau di Tanya kenapa mereka menggunakan topeng, ada begitu banyak jawaban yang mungkin saja muncul..

  1. Untuk kepentingan dan keuntungan pribadinya.. dengan menggunakan topeng, dia bisa meraih keuntungan dari orang lain.. (bak topeng monyet yang hanya akan mendapat uang bila memasang topeng dan beraksi..)
  2. Ada lagi yang menggunakan topeng untuk melindungi wajah aslinya…. yang ntah kenapa ingin di tutupi.. (mungkin faktor nggak PD dengan keadaan yang sebenarnya? Ntah..)

 

Ada satu fenomena menarik sebenarnya yang lucu disini.. setiap orang, selalu berpikir bahwa semua orang yang ada di dunia ini adalah sama. Sehingga si manusia bertopeng ini, berpikir kalau tidak ada orang yang jujur di dunia ini. Makin lah dia tidak mau melepas topengnya atau bahkan malah mengenakan topeng lebih banyak hingga wajahnya bertumpuk2, penuh dengan topeng.

Ada yang menyebut seseorang bertopeng sepertinya menarik karena mereka begitu misterius.. seperti yang satu ini..

 

Tapi.. kenyataannya..  akan lebih menyenangkan jika berhadapan dengan seseorang di saat kita benar2 dalam keadaan murni tanpa topeng. kebayang nggak sih, kalau kita berhadapan atau bahkan hidup bersama orang yang selalu bertopeng dan tidak mau melepaskanya, walau hanya ada kita berdua disana?? kalaupun dia sanggup terus memasang topeng itu.. akan merasa aman kah kita bersamanya?? akan ada banyak hal yang terpikir.. bisa muncul banyak praduga, sakwa sangka, bahkan sampai muncul justifikasi.. tentunya kasihan.. tapi percayalah.. topeng itu bagai bom waktu yang kalian simpan.. dia suatu waktu bisa meledak.. dia bisa melukai si pemakai dan orang2 yang ada di sekitarnya.. 

Semoga mereka-mereka yang biasa bertopeng, mau menanggalkan topeng2 kebohongan dan kemunafikan mereka.. mampu menampilkan diri mereka apa adanya..  kayak gini.. kyaaaa..

saatnya refleksi akhir tahun..

hmmm.. gila.. waktu cepet banget berlalu.. satu kalender udah abis aja.. #:-s kayaknya baru kemaren gue ngabisin waktu dengan seseorang.. nyaris bertengkar untuk memintanya menghabiskan malam tahun baru dengan gue.. kebersamaan yang indah, namun akhirnya tidak berlangsung lama… 🙂 beberapa bulan setelah itu ku putuskan untuk mengakhiri semuanya.. buat dia memang benar2 keputusan yang mengagetkan.. but i think enaugh is enaugh.. even i love him so much, i decide to end up everything.. untuk kebaikan semua.. hmm.. keputusan berat.. butuh waktu lumayan lama buat gue untuk bangkit.. gue sendiri gak gitu menyadari itu.. tapi temen2 gue yang ngeliat itu.. gue ngerasa bodoh banget pas belakangan sahabat2 gue bilang betapa gue drop-nya saat perpisahan itu datang.. saat ngejalanin itu semua sih gue berasa kuat.. walau gue berusaha nyembunyiin semua kesedihan itu, tapi tetep aja mereka menyadarinya.. saat itu, hati gue bener2 rapuh.. he has turn my world heart up side down.. 

hehe.. jujur aja.. butuh waktu lumayan lama, dan beberapa orang untuk gue bisa melangkah maju dan melanjutkan kehidupan percintaan gue.. hmmm.. januari sampe maret masa gamang gue.. masa berpikir untuk mengambil keputusan. maret sampe mei, masa terberat.. juni sampe september masa untuk bangkit..

setelah itu.. gue bersyukur karena kini gue udah menemukan sosok lain yang kini banyak mengisi hari dan hati gue dimana gue bisa belajar banyak melalui dia.. (thank you, dear.. :* ) walaupun hubungan ini masih seumur jagung dan bikin emosi gue cukup fluktuatif.. tapi gue tetap berusaha optimis bahwa semua akan baik2 aja.. wajar lah.. kita berdua masih berada dalam proses dimana kita belajar untuk lebih saling mengenal dan hafal karakter satu sama lain.. 😉 

soal pekerjaan.. hmm.. gue berhasil membuat buku cerita anak yg covernya bisa di liat di samping kanan situh.. klo soal karier menulis gue di tempat kerjaan gue, rasanya gak gitu meningkat.. malah belakangan rada menurun.. gue sadarin itu.. ntah kenapa beberapa masalah yang gue hadapin membuat gue lost fokus dan kurang konsen bikin naskah.. gue sadar banget klo ini bener2 gak baik.. bagaimanapun tidak ada pembenaran soal itu. kerjaan ya kerjaan, gak ada urusan sama masalah pribadi.. apapun masalah gue, mestinya gak jadi pemakluman untuk gue lalai dalam pekerjaan.. fuiiih.. #:-s mudah2an aja semua akan membaik nantinya.. 

kalau dalam hubungan pertemanan, alhamdulilah di tahun ini gue merasa bersyukur jadi lebih deket dengan temen2 gue dan punya lebih banyak teman2 baru.. (pengaruh hidup menjomblo kali, ya???) :)) seneng banget punya sahabat2 baik yg bisa di ajak berbagi.. walau sempet ribet sama temen gue, tapi beruntung bisa selesai baik2 dan sekarang jadi makin deket dari sebelumnya.. yaaa.. thats life.. :)) kita bener2 gak tau apa yang akan terjadi nanti.. 

hmmm.. itu aja kali ya, review setahun kebelakang.. kesimpulannya sih tahun ini lumayan berat untuk di jalananin buat gue.. walaupun bukan terberat, tapi tetep berasa melelahkan dalam ngejalaninnya.. beda sama tahun 2007 yang gue sebut tahun petualangan.. huehehehehehe.. :)) tahun ini tahun kesedihan gue.. :-s *Halah!* dramatis.. =))

 

tapi satu hal yang pasti.. gue dapet banyak pelajaran penting tahun ini dalam hubungan antar individu.. enak ataupun gak enak, semua bikin gue belajar untuk lebih hati2 dan jadi orang yang lebih baik.. 

tagline gue tahun ini : “don’t worry about people that left behind on your past. there’s a reason why they didn’t make it to your future.. And there`s reason why they do came to your life.” kalimat ini bikin gue ikhlas melepas masa lalu, karena gue yakin kalau emang masih jodoh gak akan kemana.. kalau ternyata gak jodoh ya, artinya dia gak cukup baik buat gue dan gue akan menemukan orang lain yang mungkin jauh lebih baik.. oh iya.. soundtrack kehidupan gue tahun ini adalah only hope yang jadi OST Walk to remember.. 

 

fuihh.. semoga tahun depan, semua akan jadi jauh lebih baik.. amiiin.. o:-)

what if

WHAT IF – MOCCA 

What if I give you my smile?
Are you gonna stay for a while?
What if I put you in my dreams tonight?
Are you gonna stay until it’s bright?

What if I give you my story?
Are you gonna listen to me?
What if I give you my heart?
Are we never gonna be apart?

Come on baby try harder
Come on baby light my fire
Come on baby be mine
‘Cause you’re the one I wanted to be

What if I do ignore you
Will you just walk away and cry?
What if I did disappoint you?
Are you gonna say goodbye?

Come on baby try harder
Come on baby light my fire
Come on baby be mine
‘Cause you’re the one I wanted to be

What if I try to catch flying snitch?
Are you gonna come with me?
What if I give you my song?
Are we gonna sing along?

Come on baby try harder
Come on baby light my fire
Come on baby be mine
‘Cause you’re the one I wanted to be

What if you leave me right here?
I’m right here and waiting for you

 

gue suka banget lagu ini, terutama yang versi akustiknya.. di versi akustiknya, gue berasa jadi lebih melow aja.. dan lebih kena.. hehehe… nice song.. sebenernya, ada juga sih yang bukan versi akustiknya

 

enjoy it, guys..

jujur

di sebuah taman, terdapat seorang laki-laki dan seorang perempuan yang sedang berbincang. si wanita terlihat berdandan minimalis, namun tetap terlihat elegan. sepatu dan tas yang di kenakannya terlihat bermerk mahal. sementara yang laki-laki memakai kaus dan jeans mahal. walaupun berusaha tampil menawan, tetap terlihat dari wajah pria ini, dia bukanlah pria dari kalangan berada. tangannya yang kasar dengan kulit hitam terbakar matahari menandakan dia adalah seorang pekerja keras yang biasa kerja di lapangan.

saat itu, mereka berdua kelihatan canggung satu sama lain. si pria berusaha terlihat cuek, walaupun sesekali dia melirik dan mencuri pandang ke arah si perempuan, dengan sorot mata kagum.

Laki-laki (L) : kok kamu mau sih dateng kesini dan nunggu aku sampe hampir satu jam.. Emang kamu mau nunggu berapa lama? lagian kok kamu yakin banget sih, kalau aku bakal tetap datang??

perempuan (P) : ya.. aku datang karena aku udah janji mau datang.. dan lagiaaan.. aku pengen ketemu kamu..dan buktinya.. sekarang kamu dateng, kan??

laki-laki itu terperangah kaget, sekaligus tersipu menahan malu. laki-laki itu hanya bisa menggeleng-gelengkan kepalanya dengan bingung dan tampak tidak percaya dengan apa yang baru di dengarnya.

L : kania.. kania.. kok kamu jadi orang, jujur banget, sih.. kamu tuh polos banget tahu nggak.. apa kamu nggak pernah sakit hati dan kecewa karena selalu bersikap jujur begini?

perempuan itu terdiam sejenak dan kemudian tersenyum.

P : aku udah mutusin untuk selalu bersikap jujur. semenyakitkan apapun itu.. aku lebih suka kejujuran. karena sekali kita bohong, kita harus terus berbohong untuk menutupi kebohongan kita sebelumnya.. banyak yang menganggap aku naif.. tapi.. dengan bohong hidup kita jadi nggak tenang.. aku merasa hidup ini sangat pendek.. dari pada menghabiskan banyak energi untuk merasakan ketidaktenangkan yang seharusnya tidak perlu terjadi bukankah lebih baik hidup tenang dan damai menikmati setiap tarikan nafas dan menjalani setiap detik hidup ini dengan senyum mengembang.. iya, kan??

Laki-laki itu menggeleng-geleng melihat sikap perempuan yang dikenalnya bernama Kania.

L : ah.. kamu itu hidup di dunia mimpi, ya?? jaman sekarang, mana ada orang yang benar-benar jujur?? kalau terlalu jujur, kamu akan tertindas oleh mereka-mereka yang tidak jujur dan berpikir picik.

P : kalau kita tahu apa yang mereka lakukan itu tidak benar, kenapa kita harus jadi bagian dari mereka yang tidak benar itu??

L : kamu terlalu naif..

P : bukan naif.. tapi hidup ini masalah pilihan.. setiap orang boleh memilih dan setiap orang punya caranya sendiri untuk bahagia. apapun kata orang, aku merasa lebih bahagia dengan pilihanku ini..

L : bukannya aku tidak suka dengan kejujuranmu.. tapi aku takut.. aku takut kamu akan terluka saat mengetahui begitu banyak kenyataan yang tidak sesuai dengan realita..

P : kenyataan tidak akan menyakitkan.. kebohonganlah yang menyakitkan.. kita tidak akan sakit bilang kita tetap di tanah, yang menyakitkan adalah ketika kita berusaha membuat diri kita terbang, namun pada akhirnya kita sadar kalau kita tidak bisa terbang, saat terhempas pada kenyataan itulah yang menyakitkan.. jadi.. janganlah menyalahkan kenyataan.. dan tetaplah hidup di alam nyata..

pembicaraan di lanjutkan dengan pengakuan laki-laki itu, kalau dia sebenarnya bukan orang kaya dan bukan seorang mahasiswa kedokteran di universitas ternama di negeri itu.. namun hanyalah pekerja bangkel yang tidak pernah lulus SMP. akankah perempuan itu sanggup menerima kenyataan dan tetap menerima laki-laki itu apa adanya???