serba-serbi belanja di supermarket

Siapa sih yang gak pernah belanja di supermarket alias pasar swalayan? Pasar swalayan sangat khas dengan suasana belanja yang nyaman (ber-AC) dan keleluasaan memilih barang. Ga takut diboongin karena gak pinter nawar, dsb karena harganya sudah fix, gak bisa ditawar-tawar. Kalo mau beli ya diambil dan bayar, kalo gak mau ya monggo pulang..

Awalnya saya pikir berbelanja di pasar tradisional, udah pasti lebih murah daripada berbelanja di pasar swalayan alias supermarket. Bisa iya. bisa tidak. Semua tergantung dari barang yang dibeli, jumlah barang yang dibeli, dan waktu pembelian, dan jenis serta merk supermarketnya.

Barang yang dibeli

Untuk beberapa barang misalnya paket sayur asem, atau paket sayur lodeh, tentu harganya akan lebih mahal, dibanding kita beli di pasar atau di abang sayur keliling. Tapi kalo beli Minyak goreng kemasan, bisa jadi, kalo beli di supermarket, harganya lebih murah daripada di kios pasar, atau di warung dekat rumah atau abang tukang sayur keliling sekalipun.

Jumlah barang yang dibeli 

Nah.. seperti contoh minyak tadi. Ukuran tertentu bisa jadi akan lebih murah daripada ukuran lain. walau merknya sama. Misal. Belakangan Harga Minyak ukuran 2 liter, berpotensi lebih murah jatuhnya di banding minyak ukuran 1 liter, atau 5 liter. aneh kan? emang! minyak merk tropic* di waktu tertentu bisa dibeli dengan harga sekitar 20rban. gak sampe 21rb. Tapi harga ukuran 1 liter bisa jadi 12-13rb. sementara galon yang 16 liter bisa 200rban lebih. Well.. gitu deeh.. 😀

Waktu pembelian

waktu pembelian ini ngaruh banget. karena biasanya ada minggu-minggu tertentu, barang-barang ada yang di diskon. ini mesti pinter-pinter cari info. kalo di S*perindo, biasanya setiap 3-4 hari, mereka punya barang-barang tertentu yang di diskon. harganya menarik. G*ant dan h*permart juga ada aja diskonnya. jadi rajin-rajin aja cari info. misal liat spanduknya (mereka selalu pasang spanduk di depan supermarketnya), atau via online.

soal waktu belanja ini pun berpengaruh saat kita berbelanja di pasar tradisional. harganya bisa beda, walau yang jual sama. ini terjadi di pasar minggu yang pasarnya gak ada matinya.. maybe next time saya share soal ini.. 🙂

Jenis dan Merk supermarketnya. 

Supermarket itu jenisnya banyak yah.. ada Minimarket, supermarket, hypermarket dan grosir. pilihan berbelanja di masing-masing kelas, memberi kita pilihan untuk berbelanja.

Makin kecil spotnya, biasanya harganya makin agak mahal. karena jatuhnya ngecer. Biasanya minimarket banyak digunakan untuk membeli barang-barang sehari-hari yang jumlahnya sedikit. saya pernah tanya, umumnya yang belanja di minimarket, jumlah transaksinya dibawah 100rb tiap transaksi. Kalo pun tiap transaksi lebih dari 100rb, biasanya karena beli susu bayi.

Tapi kalo supermarket  tentu karena lokasinya agak lebih jauh dari tempat tinggal, biasanya orang agak niat kalo mau dateng ke situ.. so at least 1-2 minggu sekali. sementara kalo udah hypermart biasanya buat belanja bulanan. Kalo grosir biasanya yang belanja disitu selain belanja bulanan keluarga, banyak juga pedagang-pedagang yang belanja disitu untuk dijual kembali. kalo grosir ini, memang harganya lebih murah. tapi belanjanya gak bisa dalam jumlah dikit.. 😀

TIPS BELANJA

klo soal tips belanja di supermarket, pasti udah banyak yang ngeshare soal itu yah.. dari soal bawa uang ngepas, bawa list belanja, sampe belanja dalam keadaan kenyang biar gak laper mata.

nah… yang mau saya bagi disini adalah soal memilih barang yang mau di beli saat berbelanja disupermarket, hypermarket ataupun grosir berdasarkan pengalaman saya..

Bagian makanan laut

Beberapa waktu yang lalu, saya menemukan sebuah ikan dalam kondisi seperti ini di salah satu supermarket besar yang biasa saya datangi.

ikan dalam ikan..

iya.. itu ada ikan kecil di mulut ikan besar.. Duluuuuu.. lama sebelum kejadian ini, saya juga pernah membeli cumi-cumi ukuran besar di supermarket. pas sampai di rumah, saat saya mencucinya, saya menemukan ikan kecil yang sudah tidak segar, ada di dalam badan cumi-cumi itu. gak cuma 1, ada 3 ekor. itu gak cuma kejadian sekali. waktu saya membeli cumi-cumi di supermarket yang lain, kejadiannya pun hampir sama. ada ikan di dalam badan cumi-cumi.

Awalnya saya pikir, kasian amat itu cumi-cumi baru makan udah di tangkep sama nelayan. Tapi kok saat itu, saya udah berasa rugi. karena beratnya si cumi2 jadi nambah gara-gara ikan2 kecil itu. Eh tapi kok setelah melihat foto tadi, saya makin curiga ada kesengajaan peletakan ikan kecil di dalam ikan besar atau cumi-cumi ini untuk menambah berat si ikan atau cumi-cumi.

kesalahannya ada dimana, saya tidak tau. saya tidak menuduh si supermarket yang nakal. bisa jadi dari nelayannya. atau memang si ikan dan cumi-cumi ini baru makan trus di tangkep sama nelayan seperti dugaan awal saya.

jadii.. yang perlu diperhatikan betul saat memilih ikan segar saat berbelanja di supermarket adalah pastikan saat membeli ikan, dan makanan laut lainnya, kondisinya masih segar dan bersih dari segala tambahan benda lain.

Hal lain yang perlu di perhatikan adalah saat membeli ikan yang sudah dibersihkan atau sudah dibumbui, kondisi si ikan kemungkinan sudah tidak terlalu segar. Walau mungkin masih bagus, tapi gak sesegar yang masih utuh. Memang akan lebih murah sih. Bukan tidak boleh beli yang seperti itu, tapi…kalo mau beli yang seperti itu, pastikan segera dimasak. Jangan di simpan lebih lama lagi di kulkas kita.

Bahan makanan beku

soal makanan beku ini saya khusus membahas soal daging dan ayam beku yang biasa di jual di supermarket. kalau diperhatikan, supermarket biasanya menjual 2 jenis daging sapi dan daging ayam ini. ada yang versi fresh, ada juga yang versi beku. Suka perhatikan gak, kalau harga yang beku biasanya lebih murah daripada yang tidak beku. Kok bisa?? ya bisa..

sumber : topiktrend dot com

 

Biasanya yang beku mengandung kadar air yang lebih tinggi. saya gak tau alasannya. tapi yang pasti, kalo saya beli daging atau ayam beku, mereka menyusut beratnya saat sudah gak beku. Nyusutnya juga bisa sampai 10%-15%. Banyak yak? emang!

Makanya.. lain kali, kalo nemu harga jual daging sapi atau ayam yang murah.. perhatikan dulu. Itu beku atau fresh. Kalo harga yang beku lebih murahnya 20% dari harga yang fresh, itu artinya harganya bagus. kalo cuma beda-beda tipis, ya di itung lagi aja bedanya. jangan sampe rugi gara-gara salah beli. soalnya itu daging atau ayam bakal berkurang loh beratnya.. Hihihihi..

selain itu, kalau membeli daging sapi beku, kita tidak bisa memilih bagian mana dari daging sapi itu. tentu kita tau kan ya.. beda bagian, beda tipe urat dan seratnya. ngaruhnya sama cepat empuk atau nggak. selain itu, kalau daging beku biasanya udah di potong kotak-kotak atau di bungkus dalam ukuran tertentu dimana suka banyak bagian berlemaknya yang jumlahnya suka gak kira-kira.. 😀

oh iya.. kalau beli daging beku, kalo bisa di kemas di kulkas seukuran kita mau masak aja ya.. biar si daging gak bolak-balik di cairkan. supaya kesegarannya tidak berkurang.

Sayuran 

kalo sayuran segar, so far saya masih menemukan bahwa pasar tradisional masih juaranya soal sayuran segar. harganya masih lebih murah.

sepertinya itu dulu yang bisa saya ceritakan untuk edisi belanja di supermarket.. So.. mesti belajar dari smart buyer lah yaa.. happy shoping.. 🙂

Piknik di rumah sakit

Seumur-umur, gak pernah deh yang namanya di rawat di rumah sakit.. klo nungguin orang sakit sih sering.. bahkan sampe berbulan-bulan.. :)) ternyata gini ya rasanya di rawat di rumah sakit? Ternyata gini ya rasanya di operasi? Sakit? Dikit. Gak enak? Gak juga sih..malah seru.. :)) Iya.. gak salah ketik kok.. emang seru banget.. hahaha..

jadi ceritanya, pertengahan bulan februari saya menemukan ada benjolan di payudara kiri. Setelah saya periksa ke rumah sakit, dokter mengatakan benjolan itu adalah tumor. Mengingat saya ada riwayat keluarga yang mengidap kanker, dan perkembangan si tumor ini lumayan pesat, makanya dokter menyarankan agar segera diangkat sebelum berubah sifat menjadi kanker.. pas denger kabar begitu, hal pertama yg saya lakukan adalah ngecek asuransi.. soalnya akhir feb kemarin, asuransi dari kantor habis masa berlakunya.. :)) #PasBeneurrr

Ternyata asuransi kantor diperpanjang. Amaan.. hihihihi.. next step adalah lapor pak bos.. minta izin kerja dari rumah untuk jangka waktu tertentu.. soalnya saya sempat googling, waktu recovery untuk operasi semacam ini bisa lama.. antara 1-4 bulan. Sempet pusing juga sih kalo beneran harus recovery selama itu.

Tibalah hari yang sudah di jadwalkan untuk operasi. Orang-orang yang saya temui, banyak yang mensupport dan menenangkan.. saya pun berusaha tenang.. tapi tetep aja ye.. pengalaman pertama.. bikin tegang.. bikin tekanan darah saya lumayan tinggi pas sampe rumah sakit.. :)) #EfekStrees.

Sesampainya di rumah sakit saya harus mulai puasa.. padahal belum sempat makan siang 🙁 “saya lapaaaarrrrrr…” cuma kalimat itu yang saya ketik tiap ada yang nanya kondisi saya hari itu.. =))

image

Saya pun menghabiskan hari dengan tidur sambil nunggu nyokap dan mpus yang janji akan datang malam hari. Salah satu doa saya.. semoga mereka datang sebelum saya masuk ruang operasi.. alhamdulillah… mereka datang setengah jam sebelum operasi dan pidi, datang beberapa menit sebelum saya dibawa masuk ke ruang operasi.. jadilah mereka bertiga “mengantar” saya sampai depan kamar perawatan.. dengan pesan-pesan kocak, mereka melepas saya.. saya pun kembali merasa tegang saat dibawa menyusuri koridor sepi..

Beneran deh.. itu koridor sepi banget.. saya pun di pinggirkan di salah satu sisi koridor. Susternya bilang sambil nunggu dokter. Dokternya masih di jalan. “Whaaaatt? Lah kalo masih di jalan, kenapa gue udah di giring kemariiiii.. =))” *gigit2 selang infus* tapi ternyata gak lama lagi dokternya lewat kok.. sambil senyum-senyum… *saya tetep ngunyah kabel infus*

Here we go.. saya pun dibawa ke ruang operasi.. bentuk ruangannya ternyata emang mirip sama yang di film-film..#Norak

Saya di tempatkan dibawah lampu berukuran sangat besar.. setelah dipasangi kabel-kabel ekg, saya disuruh bernafas melalui masker oksigen.. dan ternyata saya ditipu… 🙁 🙁 itu bukan masker oksigen beneran.. tapi obat anestesi alias obat bius.. baru dua kali tarik nafas saja saya sudah kehilangan kesadaran.. tarikan nafas ketiga saya sudah berada dikoridor lagi dengan ditemani mpus, nyokap dan pidi..

What? Gitu doang operasinya? Bentar bangeeeettt.. gak berasaaaa.. #eh

Sayup-sayup saya denger suara nyokap manggil-manggil nama saya dan bilang kalo operasinya udah selesai.. dan kalimat pertama yang saya ucapkan adalah.. “jadi udah boleh makan?” :)) Well.. at that time, my mom know that her daugther was fine :))

image

Hahaha.. setelah mengumpulkan kesadaran di kamar perawatan, suster membawakan makan malam.. saya boleh makan dan minum obat.. senangnya.. saya pikir harus tunggu buang gas dulu baru boleh makan..

Bicara soal makanan, banyak yang bilang makanan rumah sakit itu gak enak.. menurut saya, tergantung rumah sakitnya sih.. dari pengalaman saya, beberapa rumah sakit gak cuma memperhatikan gizi, tapi mereka juga cukup memperhatikan rasa dan penampilan masakan kok..

image

Makanan di rumah sakit tebet dan rumah sakit dharmais sih lumayan enak menurut saya.. sayangnya porsinya kecil :)) karena saya laper kali ya? :))

Kalau sebelumnya saya pikir saya akan tinggal lama di rumah sakit untuk pemulihan, ternyata gak begitu.. setelah dua hari di rumah sakit, kondisi saya sudah cukup sehat dan boleh pulang.. gak jadi 1-4 bulan.. Hahahaha.. dan saking sehatnya.. di hari terakhir, sambil nunggu tagihan rumah sakit, saya masih bisa foto-foto geje sama mpus.. :))

image

Kalau liat foto-foto itu, kayaknya gak ada yang percaya kalau dua hari sebelumnya saya habis operasi.. hahahaha.. Emang bener sih., segala sesuatu itu dimulai dari hati dan pikiran.. kalau semua dibawa ringan, segala hal bisa jadi jauh lebih ringan.. kalau dibawa berat.. semua juga jadi berat..

salah satu hikmah yang saya ambil dari kejadian kemarin adalah jangan takut sama penyakit.. dan jangan denial.. kalau kita bisa menerima bahwa memang penyakit itu ada di diri kita (bisa karena genetik), kita akan lebih bisa memikirkan alternatif pengobatan untuk penyembuhannya..

kalau kita sudah menerima kenyataan bahwa kita memiliki resiko atas penyakit tertentu, kita akan bisa lebih waspada.. seperti yang saya rasakan.. karena saya sadar bahwa saya memiliki resiko penyakit kanker karena riwayat genetik keluarga, saya pun cukup rajin melakukan SADARI (pemeriksaan payudara sendiri), dan ini kemudian yang cukup menolong saat tiba-tiba ada tumor di payudara yang ternyata tumbuh lumayan cepat..

Coba bayangkan kalau saya tidak rajin melakukan SADARI, mungkin saya akan terlambat mendapat penanganan.. 😉 well.. jangan takut sama penyakit.. jangan takut berobat.. semiga kuta selalu diberi kesehatan olehNya.. aamiin..
hihi.. makasih atas support dan doa dari teman-teman semua..

– Luvie Melati –
Posted from WordPress for Tablet Android

Mencicipi Terapi Pijat Cimande Haji Naim

Jumat lalu, saat berangkat ke kantor, saya sempat “terpaksa akrobat” yang menyebabkan bahu saya retak dan harus mendapatkan sedikit perawatan. Tidak puas hanya dengan perawatan medis, Hari itu saya juga dibawa ke terapi pijat Cimande Haji Naim yang terkenal bisa memperbaiki patah tulang, keseleo, dan sebagainya.

Cerita ini sebenarnya bermula saat saya berangkat ke kantor, di perempatan lampu merah sebelum mampang prapatan, sebuah motor tiba-tiba muncul dari sebelah kiri dengan kecepatan tinggi dan menghantam motor saya dan membuat saya terpelanting beberapa meter. Karena tidak sanggup bangun, saya di tolong warga sekitar untuk ke pinggir. Sialnya penabrak itu kabur.

Berhubung kelihatannya mengalami pendarahan yang cukup serius di bagian kepala, saya memutuskan untuk tidak berangkat ke kantor. Karena dalam keadaan pusing saya tidak bisa menemukan kartu asuransi yang biasanya ada di dompet saya. Akhirnya diantar pulang ke rumah. eh.. sampe di rumah, ternyata kartu asuransi saya ada di dompet aja gitu 😐 #SelfToyor. 

Dengan diantar nyokap, akhirnya saya ke dokter. Si Dokter nan ganteng dan masih muda yang merawat saya, bilang kalau keadaan saya baik-baik saja. tidak ada luka serius. luka di kepala tidak perlu di jahit, dan tidak ada patah tulang (alhamdulillah), tapi kok kepala saya pusing dan kayaknya ada yang salah dengan luka di bahu saya ini.

Tapi berhubung si dokter yang masih muda dan ganteng ini menekankan bahwa saya tidak apa-apa, saya gak terlalu khawatir. Katanya wajar pusing dan bahunya sakit, namanya juga ke bentur. Rona wajah saya yang pucat pun katanya karena shock. hmm.. baiklah 😐

Atas rekomendasi nyokap dan temannya, sepulang dari dokter saya tetap dibawa ke tempat pijat haji naim. Lumayan jauh sih.. Agak susah di akses kalau gak bawa kendaraaan sendiri. beruntung supir taksi yang mengantar saya sudah tau tempat pijat ini jadi saya tidak kesulitan menemukan tempat pijat Haji Naim yang berlokasi di Jalan MPR III dalam No. 24, Cilandak Barat, Jakarta Selatan. Kalau naik angkutan umum, Dari Blok M naik Kopaja 615 ke arah Cipete. Turun 100 meter setelah pasar Cipete. Ada gang tembus di situ lewat masjid. Kalau bingung, bisa tanya orang situ sih dimana tempat pijat Haji Naim.

Sumber : infoidonesia.wordpress.com

Sampai di lokasi, beruntung tanpa perlu mengantri saya sudah bisa langsung masuk dan di urut oleh salah seorang pemijat disana. Padahal katanya kalau kesana itu ngantrinya super lama dan panjang. Ya memang sih.. setelah saya selesai di terapi, ternyata antrian cukup banyak yang berdatangan. Beruntung sekali saat datang saya bisa langsung dilayani. Kebetulan yang sangat menyenangkan.

Saat itu, si terapis yang memijat saya adalah salah satu anak dari Almarhum Haji Naim. katanya Anak Haji Naim sendiri ada 12 orang. Semuanya meneruskan profesi ayahnya sebagai pemijat patah tulang. Walau bukan haji Naim sendiri yang memegang, ternyata kemampuannya mereka juga cukup bagus kok. terbukti masih banyak yang percaya pada kemampuan anak-anak Haji Naim ini.

Saat masuk ke rumah itu, ada beberapa orang yang sedang di pijat, mereka dibetulkan tulangnya. Banyak yang teriak-teriak kesakitan. Lucunya, saya sama sekali gak teriak kesakitan, tapi yang ada saya marah-marah dan jadi super galak sama bapak yang mijat. bayangin aja, pas dia pegang untuk ngecek bahu, saya reflek nepis tangannya sambil nabok dan bentak “Heh! Jangan pegang-pegang! sakit!”. 😆 Reflek sih.. pas di jalan saya juga mikir, lah kalau gak di pegang, gimana ngobatinnya, neng.. 😆

Terapinya sendiri tidak berlangsung lama, sekitar lima menit. Si Pemijat selalu ngajak ngobrol pasien, ngajak bercanda dan ngobrol hal-hal lain, tujuannya adalah mengalihkan perhatian pasien, supaya  gak kaku atau meronta saat tulangnya di kembalikan posisinya.

Tapi, untuk kasus saya, karena saya marah-marah mulu, dan si terapis bingung mau ngomong apalagi, si terapisnya akhirnya bilang baik-baik untuk saya gak meronta dan ngikutin arah gerakan yang dilakukan si terapis. Saya pun menurut dan mencoba rileks, Benar saja. Dalam sekejap posisi tulang bahu saya yang agak menonjol, agak kembali ke posisi semula.

Setelah itu bahu saja di bebat dengan perban dengan disangga oleh semacam bilah bambu tipis, setelah sebelumnya bahu saya di olesi semacam minyak yang baunya sih saya gak suka. pas tanya-tanya orang, katanya itu minyak cimande.

Setelah diberi selembar kertas berisi list pantangan, saya diminta kembali lima hari lagi untuk terapi berikutnya. hmm.. bagimana terapi selanjutnya.. ya kita liat aja nanti deh yaaaa.. 😆

oh ya.. ini list pantangannya :

  • daging : ayam dan kambing
  • Ikan : Tongkol, udang, dan Bandeng (produk laut)
  • Buah : Durian, Pisang, Nanas dan Nangka
  • Minuman : Es dan Minuman Beralkohol
  • Lain-lain : Telur Asin, Super mie, Indomie dan sejenisnya (mie instan).

Ongkos yang dikenakan untuk terapi ini sebenarnya tidak di tentukan. Paling yang di tentukan adalah ongkos perban yang saya gunakan. itu sebesar Rp. 70.000,- sementara untuk ongkos terapisnya seikhlasnya saja dan langsung di kasih ke terapis/pemijat.

Semoga saja saya segera sembuh dan kembali beraktifitas dengan normal.

 

goal, need, and want

Goal, need and want. tiga kata kunci yang selalu saya tekankan dalam kelas skenario, saat partisipan membuat karakter dalam dunia cerita yang mereka buat.

 

Tiga hal ini adalah sesuatu yang harus dimiliki setiap karakter yang ingin hidup atau di hidupkan. Tanpa tiga hal itu, sosok karakter biasa yang tidak menarik untuk di ceritakan.

 

Goal dapat diartikan sebagai Tujuan. Tujuan hidup baik jangka panjang, jangka menengah ataupun jangka pendek.

www.effective-time-management-strategies.com

Continue reading “goal, need, and want”

Canggihnya perempuan masa kini

Buat saya, sejak dulu hingga sekarang, perempuan adalah sosok yang hebat. Walaupun dulu perempuan di anggap lemah, justru itu yang membuat mereka malah jadi bekerja lebih keras dari para pria disekitar mereka.

Di sadari atau tidak, kehebatan para perempuan ini, membuat mereka memiliki posisi tawar yang lebih tinggi di banyak bidang. kemampuan multitasking mereka, ketelitian mereka, daya tahan mereka serta kemampuan mereka bernegoisasi membuat para perempuan ini memiliki tempat dengan porsi yang lebih banyak di perusahaan-perusahaan atau di berbagai bidang pekerjaan.

Di dukung dengan kemajuan tehnologi, kecakapan menggunakan gadget, membuat para perempuan ini semakin mudah memilih pekerjaan, sambil tetap meluangkan banyak waktu untuk keluarga. kartini masa kini pun sudah menjadi #kartinidigital.

Contohnya saya sendiri sebagai  seorang penulis skenario. Kemajuan tehnologi terutama telepon & internet membuat saya memiliki peluang besar untuk bekerja dari rumah atau tempat lain yang membuat saya nyaman. Saya bisa terus mendampingi keluarga, sambil saya tetap bekerja. Dengan adanya telepon dan internet yang lancar, saya cukup mengkoordinasikan pekerjaan dari rumah. Diskusi via telepon atau email dan Messanger, serta mengirim pekerjaan via email tanpa harus keluar dari rumah.

Seluruh informasi mengenai hal-hal yang saya butuhkan pun bisa saya search dengan mudah melalui internet. Saat ini, semua itu bisa di cover dengan layanan telepon dan internet yang kini telah banyak di suport oleh berbagai provider layanan telekomunikasi, salah satunya XL. Siapa yang tidak tahu bahwa XL punya jaringan yang kuat dan stabil. saya tidak perlu khawatir internet putus-putus saat saya di kejar deadline dan harus segera mengirim naskah skenario. 🙂

saya pun bisa membuka ruang belajar dan konsultasi skenario via online. kemajuan tehnologi benar-benar membantu para wanita-wanita seperti saya, untuk lebih berkembang.

Kenikmatan seperti ini, tidak hanya di rasakan oleh saya, tapi juga tim penulis yang bekerja sama dengan saya. Kami semua tidak perlu repot bermacet-macet ria di pagi dan sore hari. Semua bisa beres dilakukan di rumah dengan dukungan penuh telepon dan internet. perempuan-perempuan yang sudah memiliki putra dan putri pun bisa dengan mudah mendidik dan mengawasi perkembangan anak-anak mereka.

Wanita yang berkarier bukan berarti mengabaikan keluarga, bukan? Dengan menjadi penulis seperti ini, kami, para perempuan bisa mendapatkan banyak kepuasan. Puas karena masih bisa berkarya, bisa mendapat penghasilan sendiri yang jumlahnya sangat lumayan, namun tetap bisa dekat dengan keluarga dan juga bersantai dengan teman-teman. Nikmat banget, kan? 😉

Selamat hari kartini, perempuan-perempuan hebat di indonesia.. Di tanganmu lah, masa depan bangsa ini kami titipkan.. 😀


kotak dan bayang-bayang

Sebuah kotak kayu dengan gembok besar, tampak tersimpan rapi di atas sebuah lemari kayu tua. Tak ada yang menyentuhnya. Tak ada yang melihatnya setelah sekian lama. Dia telah terlupakan. Terabaikan. hanya seekor ibu laba-laba yang setia menemaninya dan menjadikannya rumah bagi anak-anaknya..

hingga suatu hari, seorang anak kecil dengan polos memanjat lemari, menarik sang kotak usang itu dan bermain dengannya.. anak kecil yang sedang belajar membaca, mengeja tulisan di atas kotak dengan terbata.. “pan-do-ra”. Anak kecil itu mengernyitkan dahi, tak mengerti arti tulisan tersebut. Rasa penasaran membuat anak kecil itu membuka paksa sang Pandora. Segala cara dia lakukan. Dia banting, congkel dan injak-injak kotak itu.

akhirnya sang Pandora pun terbuka.. sekelebat bayangan masa lalu keluar dari kotak itu.. menyeruak, mengisi setiap ruang kosong dengan rasa dingin, sakit dan luka yang mendalam.

Anak itu tetap tak mengerti apa yang telah di lakukannya. Dia tak menemukan apa yang dia cari. Dia pun pergi meninggalkan sang Pandora dengan keadaan terbuka. segala yang telah tersimpan di dalam kotak itu pun dibiarkannya begitu saja.

Kumpulan bayangan berwarna hitam itu kini terus menebal, menghancurkan semua yang ada. Kembali Meninggalkan segala luka dan derita.. banjir air mata tak mampu menenggelamkannya, topeng kebahagiaan tak mampu menyembunyikannya..

ku tanya pada bayangan hitam itu, “kapankah kamu akan pergi dari hidupku?”. bayangan hitam memberikan seuntai senyum licik “Tidak akan pernah! karena aku akan terus mengikutimu, dalam setiap derap langkah yang kamu ambil.. menghantui hidupmu.. selamanya..” suara itu langsung menghantar udara dingin yang membekukan hati dan pikiranku.. aku beku.. buntu..

akankah muncul seseorang untuk menangkap dan memerangkap sang bayangan kelam untuk menguncinya kembali ke dalam kotak ajaib bernama Pandora? Aku ingin melakukannya.. tapi tubuh ini terlalu lemah.. hati ini sedang terluka parah.. berharap keajaiban datang, mengambil semua luka yang ada dan membalut hati ini dengan kedamaian, kehangatan, untuk menebarkan berjuta kasih sayang dan cinta dimana-mana..

Dan perpisahan itu pun terjadi..

di sebuah sore, ruang kerjaku. 

sebuah lagu “lemon tree by fools garden” mengalun dari HP-ku. menandakan sebuah panggilan masuk. ku tatap HP kesayanganku.. terlihat sebuah nama muncul disana.. sebuah nama yang cukup familiar muncul disana. ku jawab telepon itu. 

+ hallo.. 

sebuah suara isak tangis muncul disana.. ku tercekat.. 

vie.. gue udah nggak tahan.. dia makin lama makin kasar sama gue.. 

+ kasar gimana? dia maki-maki elo lagi?

– nggak cuma itu.. sekarang dia udah mulai ngancurin barang-barang di rumah.. 

aku mulai khawatir.

+ terus.. dia nyakitin elo?? 

– nggak.. tapi gue takut.. gue nggak mau pulang.. 

aku cemas. benar-benar cemas. 

+ elo dimana sekarang? gue jemput elo sekarang, ya..

dia menyebut sebuah alamat. dia memintaku bertemu dengannya disana.. 

 

Malam hari, sudut cafe yang sepi. 

ku menatap tyas. matanya sembab, memerah dan basah. air mata tidak berhenti mengalir di pipinya. Tyas tampak sangat sedih dan terluka. 

– ini yang sempat gue takutkan sebelum gue menikah sama dia.. gue pernah tanya kan sama elo, gimana mas Doni sebenarnya.. karena elo sabahatnya.. elo lebih tau dia di banding gue.. 

Aku terdiam. tak mampu berkata-kata. anganku langsung melayang membayangkan sahabatku yang satu itu… sosok baik, penyayang dan perhatian pada orang-orang di sekitarnya dan juga penolong. dia orang yang baik, menurutku.. namun beberapa kejadian di masa lalu juga melintas di bayanganku.. saat dia marah, emosinya menjadi sedikit tidak terkendali. makian, cacian terlontar dengan mudah dari mulutnya. seakan semua menjadi pembenaran saat dia marah. semua boleh di lakukan. ku mengerti dan bisa membayangkan apa yang di lakukannya pada istrinya itu. 

aku mengangguk menatap Tyas. istri sahabatku.

+ iya.. gue ngerti.. gue juga nggak nyangka kalau dia bisa jadi makin kasar gitu. 

Tyas terus menangis. 

– Gue takut, vie.. gue nggak mau balik ke rumah.. 

aku diam. bingung. antara membantu teman dan berhadapan dengan sahabat, tapi berujung mencampuri urusan rumah tangga. tidak bisa menutup mata, tidak peduli karena berhubungan dengan keselamatannya. ku menatap Tyas yang terus menangis ketakutan.

 

*********************************************************************************************************

 

sebuah penggalan cerita pendek tentang kekerasan dalam rumah tangga. pemerintah sudah mengatur soal aturan ini

ku kutip sedikit tentang UU ini. 

 

Pasal 1
Dalam Undang-Undang ini yang dimaksud dengan:
1. Kekerasan dalam Rumah Tangga adalah setiap perbuatan terhadap
seseorang terutama perempuan yang berakibat timbulnya kesengsaraan
atau penderitaan secara fisik, seksual, psikologis, dan/atau
penelantaran rumah tangga termasuk ancaman untuk melakukan perbuatan,
pemaksaan, atau perampasan kemerdekaan secara melawan hukum dalam
lingkup rumah tangga.
2. Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga adalah jaminan yang diberikan
oleh negara untuk mencegah terjadinya kekerasan dalam rumah tangga,
menindak pelaku kekerasan dalam rumah tangga, dan melindungi korban
kekerasan dalam rumah tangga.
3. Korban adalah orang yang mengalami kekerasan dan/atau ancaman
kekerasan dalam lingkup rumah tangga.
4. Perlindungan adalah segala upaya yang ditujukan untuk memberikan rasa
aman kepada korban yang dilakukan oleh pihak keluarga, advokat,
lembaga sosial, kepolisian, kejaksaan, pengadilan, atau pihak lainnya
baik sementara maupun berdasarkan penetapan pengadilan.
5. Perlindungan Sementara adalah perlindungan yang langsung diberikan
oleh kepolisian dan/atau lembaga sosial atau pihak lain, sebelum
dikeluarkannya penetapan perintah perlindungan dari pengadilan.
6. Perintah Perlindungan adalah penetapan yang dikeluarkan oleh
Pengadilan untuk memberikan perlindungan kepada korban.

 

dan juga 

 

Pasal 7
Kekerasan psikis sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 huruf b adalah perbuatan 
yang mengakibatkan ketakutan, hilangnya rasa percaya diri, hilangnya
kemampuan untuk bertindak, rasa tidak berdaya, dan/atau penderitaan psikis
berat pada seseorang.
caci maki, bentakan atau apapun yang mengakibatkan tekanan, ketakutan sudah termasuk dalam kekerasan rumah tangga. ini mesti di waspadai. walaupun “CUMA” kekerasan psikis, tapi ini bisa jadi awal dari kekerasan fisik.. banyak pasangan yang memberi kelonggaran atas ini. memaklumi, tapi akhirnya berujung pada penyesalan. ya iyalah.. siapa sih yang mau hidup dalam ketakutan dan siksaan.. 

 

kekerasan yang sering dialami oleh para wanita tentu sangat memprihatinkan. ada yang menganggap ini adalah bagian dari urusan rumah tangga masing-masing pasangan, itu salah satu cara mereka “berkomunikasi”. makanya sering kali kasus-kasus KDRT ini tidak di laporkan pada pihak yang berwajib. banyak alasan. malu, takut, sayang, dll. keadaan seperti ini tentu sangat tidak mengenakkan. seperti mandapat buah simalakama. serba salah. 

 

satu-satunya jalan terbaik adalah pelaku mengubah perilakunya. tak bisa kah mereka menunjukkan rasa “sayang”nya mereka dengan cara yang lebih baik. tidak bisa kah mereka menggunakan cara lain untuk berkomunikasi tanpa ada bentakan dan makian?

 

rumah dimana seharusnya menjadi tempat perlindungan yang aman, hangat dan nyaman, tidak lagi bisa menjadi sesuatu yang melindungi. keluarga, pasangan, orang-orang tercinta tidak lagi bisa memberikan rasa aman. kehidupan macam apa itu? bagaimana nasib anak-anak yang tumbuh dengan keluarga di rumah yang seperti itu? apa yang ada di bayangan mereka saat melihat sang ayah yang mereka kagumi memeperlakukan ibu yang mereka sayangi dengan kasar? akan menirukah mereka? akan marah kah mereka?  akan bencikah mereka pada ayah mereka? kita tidak tahu. yang pasti anak-anak hanyalah sebuah “produk”  yang di hasilkan dari sebuah “pabrik” keluarga.. kualitas yang yang akan di hasilkan pun akan tergantung dari kualitas keluarga itu.

 

maaf, sahabatku.. walau kita bersahabat.. tapi.. jika begitu sikapmu pada wanita.. aku tidak bisa membelamu.. aku bahkan mencerca sikapmu itu.. aku tak bisa menahannya untuk meninggalkanmu..

 

tak bisa ku percaya.. seperti itukah caramu memperlakukan orang yang kau sayang? seperti itukah caramu mempertahankan hubungan?? seperti itu kah caramu “melindungi” orang yang kau cintai dengan sepenuh hati? (lonely)

 

 

mari belajar mencintai dengan cara yang lebih baik.. 🙂

 

gadis kecil dan sang hujan

Seorang gadis kecil berdiri di depan jendela dengan wajah sendu. matanya menatap kosong ke arah guyuran hujan yang jatuh membasahi bumi. Menatap pohon-pohon yang bermandikan air hujan. jalanan terlihat lengang. hanya satu dua orang yang berlari menerobos hujan dengan payung di tangan. semua memilih meringkuk di dalam rumah yang hangat dengan segelas minuman hangat dan gorengan pengganjal perut.

Gadis kecil itu terdiam membayangkan andai saja rumahnya bisa sehangat itu. gadis kecil menoleh ke dalam rumah. di lihatnya rumah besar yang kosong melompong. tidak ada tawa renyah disana. apa lagi segelas coklat hangat dan wangi pisang goreng panas kesukaannya di atas meja. gadis kecil itu menghela nafas panjang.

Tidak lama, terdengar suara celoteh dan tawa riang anak-anak kecil. gadis kecil itu buru-buru berlari ke jendela dan menatap keluar rumah. di lihatnya banyak anak-anak kecil sebayanya berlarian di tengah hujan. menari di bawah guyuran air. semua tampak riang gembira. mata gadis kecil itu langsung berbinar senang. harapan untuk bermain bersama tersirat di wajahnya. sesaat ingatannya melayang ke masa lalu, saat dia dan kakak laki-lakinya bermain air di taman rumah. ayah mereka menyemprotkan air dari selang membuat hujan buatan untuk mereka. gadis kecil dan kakak laki-lakinya berlarian kesana-kemari menyiramkan air ke ayah mereka. rumah itu penuh gelak tawa dan kebahagiaan. Hingga sang ibu datang membawakan handuk dan segelas susu hangat dan meminta mereka berhenti main air. Gadis kecil itu tersenyum mengingat itu semua.

Seorang anak laki-laki sebayanya menghampiri jendela rumah gadis kecil itu. “ayo main ujan-ujanan. seru tauu..” ujar anak itu yang tampak menggigil kedinginan di bawah hujan. gadis kecil hanya menggeleng dengan wajah sedih. “aku nggak boleh hujan-hujanan sama mama.. kalo mama tahu, aku bisa di marahin.. lagian bentar lagi papa ku pulang.. aku mau main sama papa aja”. anak laki-laki itu tertawa. “ah.. payah lo..” anak laki-laki itu kembali berlarian bersama teman-temannya. mereka tertawa gembira. gadis kecil itu hanya menatap dari balik jendela. dilema antara memuaskan keinginannya atau mematuhi kata-kata orang tuanya.

Gadis itu hanya berucap membesarkan hatinya “nggak usah main sama temen-temen deh.. sebentar lagi kan papa pulang.. aku bisa main sama papa..”

gadis kecil itu menunggu dan terus menunggu.. hingga dewasa pun dia masih terus menunggu…

.

hujan dan mimpi

malam ini.. eh tidak.. ini sudah bukan malam… ini sudah pagi.. sudah lewat jam 12 malam.. pagi ini.. udara begitu panas.. aku tidak dapat memejamkan mata.. tugas-tugasku membuatku masih terjaga di tengah malam yang gelap ini,, tiba-tiba, banyak ingatan yang melintas di kepala ini.. ingatan yang membawaku berlari kembali ke masa lalu.. hmm… membuatku rindu akan banyak hal. pada banyak orang dan pada banyak tempat., tiba-tiba terdengar suara tetesan air hujan menerpa dedaunan dan atap rumah.. ku menoleh ke jendela.. benar saja. hujan turun. Ku buka pintu dan menatap keluar rumah.. menatap rentetan butir air hujan yang menerjang bumi.. mereka berlarian, berebut sampai kebumi.. mendinginkan bumi… mendinginkan hati.. hujan menyelimuti bumi pagi ini, menyejukan malam yang panas.. membuat semua orang makin terlelap dalam mimpi indah mereka.. mimpi yang belum sempat ku rasakan malam ini..

hmm.. mimpi.. akankah ku sanggup bermimpi lagi? Keinginan untuk bermimpi untuk diriku sudah nyaris hilang.. ku bermimpi hanya untuk pekerjaanku.. karena itu pekerjaanku.. bermimpi dan bercerita.. tapi aku tidak pernah mau bermimpi untuk diriku sendiri..aku nyaris tidak mau bermimpi tentang aku dan keinginanku.. Tidak.. tidak ingin.. aku lebih suka memijak bumi dan tetap berada di bumi untuk menerima kenyataan.. dari pada terus bermimpi dan terbang, sampai pada akhirnya terhempas ke bawah oleh kenyataan.. tidak.. aku tidak berani bermimpi untuk diriku lagi.. aku tidak ingin kecewa karena mimpiku sendiri..

hujan makin deras.. angin berhembus kencang.. apa maksud dari semuanya?? Ingin memperlihatkan kuasa alam? Lantunan lagu secret – Heart dari santo, sayup-sayup tertutup oleh suara hujan yang jatuh.. dingin.. malam ini jadi terasa sangat dingin.. ku ingin mencari sesuatu yang dapat menghangatkan hati dan badan ini.. selimut? hmm.. tidak.. aku rasa secangkir kopi Arabica mungkin akan cocok menemaniku di pagi yang dingin ini.. 

jujur

di sebuah taman, terdapat seorang laki-laki dan seorang perempuan yang sedang berbincang. si wanita terlihat berdandan minimalis, namun tetap terlihat elegan. sepatu dan tas yang di kenakannya terlihat bermerk mahal. sementara yang laki-laki memakai kaus dan jeans mahal. walaupun berusaha tampil menawan, tetap terlihat dari wajah pria ini, dia bukanlah pria dari kalangan berada. tangannya yang kasar dengan kulit hitam terbakar matahari menandakan dia adalah seorang pekerja keras yang biasa kerja di lapangan.

saat itu, mereka berdua kelihatan canggung satu sama lain. si pria berusaha terlihat cuek, walaupun sesekali dia melirik dan mencuri pandang ke arah si perempuan, dengan sorot mata kagum.

Laki-laki (L) : kok kamu mau sih dateng kesini dan nunggu aku sampe hampir satu jam.. Emang kamu mau nunggu berapa lama? lagian kok kamu yakin banget sih, kalau aku bakal tetap datang??

perempuan (P) : ya.. aku datang karena aku udah janji mau datang.. dan lagiaaan.. aku pengen ketemu kamu..dan buktinya.. sekarang kamu dateng, kan??

laki-laki itu terperangah kaget, sekaligus tersipu menahan malu. laki-laki itu hanya bisa menggeleng-gelengkan kepalanya dengan bingung dan tampak tidak percaya dengan apa yang baru di dengarnya.

L : kania.. kania.. kok kamu jadi orang, jujur banget, sih.. kamu tuh polos banget tahu nggak.. apa kamu nggak pernah sakit hati dan kecewa karena selalu bersikap jujur begini?

perempuan itu terdiam sejenak dan kemudian tersenyum.

P : aku udah mutusin untuk selalu bersikap jujur. semenyakitkan apapun itu.. aku lebih suka kejujuran. karena sekali kita bohong, kita harus terus berbohong untuk menutupi kebohongan kita sebelumnya.. banyak yang menganggap aku naif.. tapi.. dengan bohong hidup kita jadi nggak tenang.. aku merasa hidup ini sangat pendek.. dari pada menghabiskan banyak energi untuk merasakan ketidaktenangkan yang seharusnya tidak perlu terjadi bukankah lebih baik hidup tenang dan damai menikmati setiap tarikan nafas dan menjalani setiap detik hidup ini dengan senyum mengembang.. iya, kan??

Laki-laki itu menggeleng-geleng melihat sikap perempuan yang dikenalnya bernama Kania.

L : ah.. kamu itu hidup di dunia mimpi, ya?? jaman sekarang, mana ada orang yang benar-benar jujur?? kalau terlalu jujur, kamu akan tertindas oleh mereka-mereka yang tidak jujur dan berpikir picik.

P : kalau kita tahu apa yang mereka lakukan itu tidak benar, kenapa kita harus jadi bagian dari mereka yang tidak benar itu??

L : kamu terlalu naif..

P : bukan naif.. tapi hidup ini masalah pilihan.. setiap orang boleh memilih dan setiap orang punya caranya sendiri untuk bahagia. apapun kata orang, aku merasa lebih bahagia dengan pilihanku ini..

L : bukannya aku tidak suka dengan kejujuranmu.. tapi aku takut.. aku takut kamu akan terluka saat mengetahui begitu banyak kenyataan yang tidak sesuai dengan realita..

P : kenyataan tidak akan menyakitkan.. kebohonganlah yang menyakitkan.. kita tidak akan sakit bilang kita tetap di tanah, yang menyakitkan adalah ketika kita berusaha membuat diri kita terbang, namun pada akhirnya kita sadar kalau kita tidak bisa terbang, saat terhempas pada kenyataan itulah yang menyakitkan.. jadi.. janganlah menyalahkan kenyataan.. dan tetaplah hidup di alam nyata..

pembicaraan di lanjutkan dengan pengakuan laki-laki itu, kalau dia sebenarnya bukan orang kaya dan bukan seorang mahasiswa kedokteran di universitas ternama di negeri itu.. namun hanyalah pekerja bangkel yang tidak pernah lulus SMP. akankah perempuan itu sanggup menerima kenyataan dan tetap menerima laki-laki itu apa adanya???