review

jalan-jalan ke museum

Seperti yang sebelumnya saya ceritakan.. saya mendapat kesempatan untuk mendadak liburan. Dari beberapa tempat yang saya datangi saat di surabaya, Diantaranya museum-museum yang ada disana. Museum pertama yang saya datangi adalah Museum kapal selam. banyak menyingkatnya menjadi monkasel (monumen kapal selam).

Monumen kapal selam ini sebenarnya adalah sebuah kapal selam yang sudah pensiun dan dijadikan sebagai bahan pembelajaran masyarakat untuk tahu dengan jelas bagaimana wujud dan isi dari kapal selam yang sebenarnya. katanya sih waktu dibawa ke situ, kapalnya di belah menjadi tiga bagian dan kemudian di susun kembali seperti bentuknya semula.

Ternyata seru juga loh di dalamnya..

ketika melihat tempat ini saya teringat museum di jakarta yang dulu waktu jaman masih SD cukup sering saya kunjungi. yaitu museum satria mandala. kalau museum satria mandala ini adalah museum tentang senjata dan kendaraan TNI, kalau di monumen kapal selam ini hanya ada satu kapal saja. kita bisa masuk ke dalam kapal selam ini. ternyata di dalam cukup sempit.

ada beberapa pintu sekat untuk masuk antar ruangan. ukurannya sempit cyyyynn… *elap kringet*

membayangkan berlama-lama ada di dalam sana cukup menyeramkan buat saya.. saya termasuk Claustrophobia, yaitu takut berada di tempat yang sempit dan tertutup.

membayangkan ada di bawah air selama berbulan-bulan seperti kata guide resmi disana bikin saya langsung sesak nafas dan panik. padahal saya cuma sebentar disana. sementara para angkatan laut itu katanya bisa menghabiskan waktu beberapa bulan di dalam air. langsung bingung ngebayangin gimana pup, pipis, makan dan tidurnya ya? oh ya.. tempat tidurnya juga sempit loh. cuma seukuran badan dan di gantung di sisi dalam kapal selam. Gak bisa glundung-glundung di kasur deh kayaknya. ūüôā

saya sempat membayangkan berada di bawah air apa kupingnya gak sakit ya? karena kan tekanan udaranya beda? tapi kata guide-nya mereka udah biasa dan ada tehnologi khusus yang bikin tekanan udara di dalam kapal sama dengan di darat.

Katanya selama dibawah air gak boleh banyak beraktifitas yang menghabiskan banyak oksigen. gak boleh lari-lari, marah-marah, berantem, nanti stok oksigen cepet abis katanya. sempat heran sih.. kalo bosen mereka ngapain ya? secara dibawah air susah nyari sinyal 3G. jadi ga bisa internetan gitu.. huehehehehe..

sebenarnya saya penasaran kegunaan semua alat-alat dan tombol-tombol yang ada disana. tapi sayangnya. bodyguard saya pelit banget. bolak-balik ngelarang pegang ini-itu.. :p toh torpedo-nya juga udah non aktif. gak akan meluncur dan meledak deeeeh.. *nyengir iblis* :p

pokoknya seru selama ada disana.. hihihihi..

oh ya.. Sebenarnya ada pemutaran film tentang kapal selam ini, tapi saya gak nonton.

tempat berikutnya yang saya kunjungi adalah Museum Kesehatan Dr Adhyatma, MPH. Museum kesehatan ini katanya gak begitu terkenal dan cukup jarang di datangi. sayang juga sih.. padahal murah loh biaya masuknya. cuma Rp. 1500,-

Tapi orang-orang di daerah surabaya mengenalnya dengan nama museum santet. nah lo.. museum kesehatan kok jadi museum santet?

jadi gini ceritanya.. setelah saya masuk ke museum yang letaknya tidak terlalu besar itu, isinya adalah berbagai macam alat-alat kesehatan, dari berbagai daerah di indonesia. dari berbagai jaman. menurut saya lumayan lengkap dan cukup memberi gambaran bagaimana masyarakat indonesia dari jaman ke jaman menjaga kesehatan mereka.

awalnya saya masuk ke sebuah ruangan yang berisi ijasah-ijasah atau sertifikat dari masa ke masa. ada juga baju dokter jaman dulu. ternyata waktu itu, pada masa sebelum kemerdekaan, dokter gak pake jubah putih kayak sekarang. tapi pake semacam jas hitam, bawahanya jarik (kain batik) trus pake blankon. mungkin karena gambarannya dokter di jawa kali ya?

lalu saya masuk ke ruangan yang lebih dalam ada banyak alat-alat kesehatan dari jaman dulu.

Alat-alat jaman dulu ternyata gede-gede banget.. nemu semodel CPU nyaris seukuran manusia. (entah itu CPU apa bukan. bentuknya sih mirip CPU. jiahahahaha..)

selain itu ada juga celana anti pemerkosaan. lucu kan?? ada rantai-nya gitu di celananya. ada juga yang model gembok. ya emang anti pemerkosaan sih. tapi kebayang susahnya kalau kebelet pipis dan ga bawa kunci gemboknya.

kemudian saya masuk ke ruangan lain. disini rasa penasaran saya tentang kenapa museum ini di sebut museum santet, mulai terjawab. selain memperlihatkan alat-alat kedokteran berbagai jaman, museum ini memperlihatkan alat-alat kesehatan dari berbagai suku, dan kepercayaan.

Dari jarum akupuntur, sampai kurungan ayam sampai cermin yang suka di gantung di depan rumah. lalu ada juga berbagai macam air. disitu sih ada keterangannya. air sumur apa.. air apa.. air apa lah gitu. macem-macem banget yang saya sendiri tidak mengerti apa gunanya.

gambar minjem dari sini.

Ilmu kedokteran memang di kenal sebagai sesuatu yang berdasar pada logika. makanya ada beberapa alat-alat disitu yang mencantumkan hasil penelitiannya. misalnya soal jarum, paku atau apapun lah itu yang di temukan di dalam telur atau binatang, mereka coba menelitinya. tapi ya.. gitu lah..

kalau menurut saya pribadi sih hal-hal seperti itu tergantung mind set dan kepercayaan masing-masing. saya tidak bilang percaya atau tidak percaya pada hal-hal semacam itu. tapi kenyataannya masih banyak orang-0rang di daerah yang tak terjamah oleh tehnologi yang masih mempercayai hal-hal semacam itu. atau bahkan kini mereka menggabungkan itu semua dengan kecanggihan tehnologi. ya saya tidak tahu pasti.. ūüėÄ

oh ya, ada satu foto yang paling terkenal di tempat itu. yaitu dua boneka yang menjadi semacam icon disana. yaitu jelangkung dan nini towok.

di situ sih keterangannya bahwa 2 boneka ini adalah alat permainan daerah anak-anak di jawa. tapi orang-orang dewasa sepertinya menjadikan itu icon bahkan inspirasi film horor yang malah laris.. hadeeh.. *tepok-tepok jidat*

tapi kalau di liat-liat emang nyeremin sih muka bonekanya.. hehehehe…

begitulah jalan-jalan saya ke museum hari itu.. berikutnya lanjut dengan wisata kuliner.. :p

langit musik

Hari sabtu kemarin saya mendapat undangan untuk hadir di ulang tahun langit musik. Sudah lama sekali rasanya saya tidak datang ke sebuah acara konser musik. Awalnya Salah satu alasan saya untuk datang adalah untuk melihat kinerja Event Organizer dalam menyenggarakan sebuah acara. Kebetulan saya memang sedang mencari sebuah Event organizer profesional untuk melaksanakan acara yang akan saya buat. berhubung saya malas datang sendiri, saya mengajak mpus untuk juga datang ke acara tersebut.

Sesampainya di tempat acara, penonton langsung di sambut dengan sebuah atraksi panggung dari Di-Da yang tampil memukai di zona langit musik 1. sementara di zona musik 2, tauruz juga tidak kalah bersemangat menghibur penonton yang hadir.

Ya.. langit musik memang menyiapkan dua zona musik. Outdoor dan indoor. Di koridor penghubung kedua zona ini sudah disiapkan sebuah dinding komentar, dimana pengunjung leluasa meninggalkan “jejak” mereka di sini.

Saya cukup menikmati penampilan sebuah band bernama “Music for sale” di zona musik 2. Walau saya tidak mengenal lagu-lagu yang dinyanyikan, tapi lagunya cukup asik untuk didengarkan. terbukti banyak sekali pengunjung yang larut dalam suasana.

Diantaranya muda-mudi di hadapan saya, begitu music for sale menyanyikan sebuah lagu romantis tentang ungkapan perasaan seorang pria kepada pacarnya, muda-mudi ini langsung saling berangkulan mesra seakan lagu itu khusus di persembahkan untuk mereka.

hadeeh.. gak sadar apa ya, ini tempat umum.. >_< *plaaak* ah.. dasar anak muda jaman sekarang.. *mlengos sambil oles krim anti-aging*


Selepas magrib, satu band yang saya tunggu-tunggu pun hadir. Mereka adalah Andre Harihandoyo & Sonic People (AHSP).

saya sudah cukup lama tahu soal band ini dari mbak tatut. Dia sangat menggila-gilai si vokalis, Andre Harihandoyo.

setelah saya melihat sendiri penampilan panggungnya, ya.. saya akui.. dia memang tampan dan suaranya mengagumkan.

Tapi saya lebih tergila-gila oleh sang pemain klarinet dan akordion, Andreas Arianto. Dia kereeeeeeen!!!

Andreas benar-benar pandai memainkan kedua alat musik ini. Tidak heran bila dia dipercaya untuk mengajar Orkestrasi dan Ensembel Big Band di Universitas Pelita Harapan, ia juga memimpin orkestra anak muda di komunitasnya.

Tapi Entah kenapa begitu saya melihat Andreas main klarinet, selain terpesona dengan suara klarinet yang begitu menghanyutkan. saya kok jadi membayangkan Mr. Squidward yang sedang bermain klarinet ya?

gambar diambil dari sini.

Jiahahaha.. maaf.. tapi kayaknya Squidward harus belajar klarinet sama kamu deh, andreas.. :p

Malam itu begitu banyak band yang tampil di kedua zona musik. Namun selain AHSP, saya tertarik menyaksikan penampilan dari white shoes and the couples company.

Band yang anggotanya jebolan IKJ ini, lagu-lagunya sempat mengisi OST dari “Janji Joni” dan “Berbagi suami”. Yang saya salut, begitu banyak penonton disana yang begitu ngefans dengan mereka.

Darimana saya tau? karena saya ketemu dengan beberapa teman saya anak-anak IKJ yang datang untuk menyaksikan penampilan mereka. Udah gitu, belum nyanyi aja, sebagian penonton sudah meneriakkan nama Sari sang vokalis. Sari memang memiliki suara yang sangat khas. Di dukung dengan warna musik, kostum dan style mereka, kita seakan benar-benar dibawa ke era 70-an.

Saya sempat melihat dua mas-mas londo yang begitu kagum dengan penampilan mereka dan kelihatan begitu menikmati musik yang dibawakan white shoes and the couples company.

Yang saya dengar white shoes and the couples company ini memang sempat mendapat kesempatan untuk merilis album pertama White Shoes & The Couples Company di lima wilayah yaitu Amerika Serikat, Mexico, Kanada, Australia dan Jepang. keren banget kan? ūüėÄ

hohoho.. Ternyata seru juga datang ke acara musik seperti ini.. thank you pito dan rara atas invitationnya.. ūüėČ

Semoga acara seperti ini bisa jalan terus. menggalakkan kembali industri musik di indonesia. Biar band-band baru terus bermunculan dan makin eksis..

ah iya.. ada satu hal yang sangat menyentuh saat saya nonton kemarin. Ketika saya melihat andre harihandoyo main gitar dan andreas meniup klarinet di atas panggung sambil memejamkan mata. Mereka tampak begitu menikmati permainan musiknya sendiri. Mereka larut serta begitu menyatu dengan musik mereka.

Mendadak saya melihat bayangan diri saya ketika menarikan jari di atas keyboard. ketika ide-ide begitu lancar mengalir. Seakan tak perduli apapun di sekitar saya. Hanya saya dan tulisan saya. Saat itu pun saya sadar.. Mereka bermain dengan hati. Itu passion mereka.

Di saat yang sama saya teringat dosa-dosa kecil (tapi banyak) yang pernah saya lakukan. PIRACY.. PEMBAJAKAN..

gambar diambil dari sini.

Kita kadang dengan mudah menekan tombol “unduh/download” di rapidshare, 4shared, dll. Tapi kadang kita lupa.. ada orang-orang hebat yang dengan seluruh hati dan jiwanya menulis dan mencipta semua itu untuk kita nikmati. Masih kah kita tega melakukan pembajakan? Tidak untuk saya.. ūüôā

Serunya Kompetisi Skenario Film Pendek 2010

suka nonton film?

suka bikin cerita?

tertarik bikin film pendek?

ada kabar yang sangat-sangat bagus buat temen-temen yang mau belajar membuat film pendek.. kamu bisa mengkompetisikan cerita kamu di ajang ini.. selain dapat kesempatan untuk mendevelop (mengembangkan) cerita kamu. Udah gitu, di ajang ini, pemenangnya di kasih bantuan dana untuk mengembangkan skenarionya!! enak bangeeeeeeeeeeeeeeeeet!!!!

sekedar informasi buat temen-temen, Saat ini, sedang ada Serunya Kompetisi Skenario Film Pendek 2010 yang adain oleh Serunya Scripwriting.

deblogger berbagi di bulan suci

bulan ramadhan memang saat yang indah untuk saling berbagi.. tapi bukan berarti bulan-bulan yang lain kita tidak berbagi pada sesama loh..

tanggal 5 September 2009, saya dan teman-teman dari deBlogger, depok berhasil mengunjungi sebuah panti werdha di kawasan sawangan depok.. disana kami berbagi sedikit kebahagiaan kepada para lansia yang kami panggil dengan sebutan oma dan opa.. para opa dan oma ini sangat senang sekali dengan kedatangan kami.. tentunya kami, para anggota deblogger pun, merasa sangat senang bisa menghibur mereka.. kalau mau tahu gimana serunya disana.. yuk kita liat gimana serunya disana..

selamat menikmatiiiiii… (party)

deBlogger Berbagi di Bulan Suci from ramadoni on Vimeo.

UP!

UP!

naik, menanjak, terbang melayang mewujudkan impian.. ini alasan kenapa film ini di buat.. semua orang pasti punya keinginan.. semua orang punya mimpi. sesulit apapun jalan yang harus di lewati, selama manusia berusaha, pasti akan ada jalan.. tak ada hal yang tak mungkin di dunia ini..

sedikit review dari film ini..

film produksi pixar ini, bercerita tentang perjuangan Carl Fredricksen yang telah hidup sendiri, setelah di tinggal mati istrinya. Di tengah tekanan hidup yang memaksanya untuk meninggalkan rumahnya, untuk tinggal di panti jompo, Mr. fredricksen berusaha mewujudkan impian istrinya untuk pergi ke sebuah air terjun indah yang sudah lama dia impikan. berbagai petualangan di alami mr. fredricksen untuk mewujudkan impiannya itu.. dengan di temani russel sang pramuka cilik, mereka bertemu dengan doug si anjing yang bisa bicara dan kevin si burung langka.. akankah mr. Fredricksen mampu mewujudkan impiannya?

sesungguhnya film ini adalah film animasi untuk anak-anak. berbeda dengan Ice Age 3 yang dari awal film sampai endingnya, berhasil mengocok perut penonton dengan gelak tawa, film ini, mampu memberikan ketegangan-ketegangan dan juga menyentuh hati penonton dengan cerita-cerita indah dan romantis.. melihat betapa dalam cinta Carl Fredricksen terhadap istrinya, Ellie.. benar2 mengharukan.. (tears)

ini adalah salah satu film untuk semua kalangan.. sangat cocok juga di tonton bersama pasangan… dan juga menyemangati kita untuk terus berjuang menghadapi hidup..

ADVENTURE IS OUT THERE!! NOW GO HAVE ONE OF YOUR OWN ADVENTURE!! (rock)

serunya belajar skenario

hihihi.. lama gak posting.. abisnya belakangan hidup gue rada ribet… ¬†(halah, gaya!) ūüėÄ

beberapa waktu yang lalu gue di tawarin untuk ngajar.. sebuah kesempatan yang udah lama banget gue tunggu.. terus terang… mengajar adalah cita-cita gue, sebelum akhirnya gue nyangkut jadi penulis.. bahkan gue sendiri pun mengambil kuliah di pendidikan ekonomi. dengan harapan bisa mengajar setelah lulus..

harapan untuk mengajar sempat gue pendam setelah gue memilih profesi sebagai tukang ketik penulis. tapi Allah memberikan gue kesempatan untuk mewujudkan mimpi gue dan tetap menjalani profesi gue ini.. yaitu memberi kursus menulis skenario di lembaga kursus menulis skenario¬†. hmm… kursus menulis skenario?? sebuah hal yang baru di dengar mungkin.. beda banget dengan kursus menggambar, menulis atau membatik, setelah mengikuti kursus ini di harapkan nantinya setelah belajar ditempat ini, para siswanya bisa memilki kemampuan menulis skenario yang belum banyak di miliki di industri perfilman di Indonesia.. pengen dong ngeliat film, acara TV, atau karya2 yang beda, dalam beberapa waktu kedepan?? mudah2an ini jadi jalan buat mereka yang ingin belajar tentang skenario dan membuat gebrakan baru di dunia film, program TV, dan animasi..

pilihan kelasnya juga banyak banget loh..

selain jam belajar yang bisa di pilih sendiri, pengajarnya juga silahkan di pilih..¬†¬†naaah… siapa yang mau belajar skenario sama gue atau yang lainnyaaaaaaaaaaa… hayo ikutan.. nanti belajar dan bersenang-senang bersama-sama.. pasti seruuuu..

btw.. ayo bantu promosiin.. dan doakan semoga semua lancar, yah.. amiiiiin.. ūüėÄ

coffee [part 1] : the history

siapa dari kalian yang suka minum kopi.. ~o) yang suka minum kopi hayo tunjuk tangaaaaan.. (rock) minuman hitam ini emang paling mantaps sebagai teman menulis atau pun bergosip ria mengobrol bersama teman-teman..

kopi adalah minuman yang dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat yang terbuat dari biji kopi yang di olah dengan cara di panggang, lalu di haluskan dan kemudian di seduh. Baik wanita maupun pria, kebanyakan dari mereka menyukai kopi.. sebenarnya, bagi beberapa orang, terutama penderita maag dan hipertensi, kopi tidak terlalu baik untuk kesehatan mereka. kopi itu enak dan sehat, selama tidak melebihi dosis yang di anjurkan. (drinking)

Kopi merupakan sekelompok tumbuhan berbentuk pohon dalam marga Coffea. Genus ini memiliki sekitar 100 spesies, namun dari 100 spesies itu hanya 2 jenis yang memiliki nilai ekonomis, yaitu Robusta dan Arabika..

Buat yang belum tahu, inilah sejarah kopi yang biasa kita minum itu. sejak tahun 1000 SM, kopi sudah di kenal oleh suku Galla di Afrika Timur lalu sekitar abad ke 9 menyebar ke dataran tinggi Ethiopia. Dari sana lalu meluas ke Mesir dan Yaman, dan kemudian pada abad limabelas menjangkau lebih luas ke Persia, Mesir, Turki dan Afrika utara.

Pada awalnya kopi kurang begitu diterima oleh sebagian orang. Pada tahun 1511, karena efek rangsangan yang ditimbulkan, dilarang penggunaannya oleh para imam konservatif dan othodoks di majelis keagamaan di Makkah. Akan tetapi karena popularitas minuman ini, maka larangan tersebut pada tahun 1524 dihilangkan atas perintah Sultan Selim I dari Kesultanan Utsmaniyah Turki. Di Kairo, Mesir, larangan yang serupa juga disahkan pada tahun 1532, di mana kedai kopi dan gudang kopi ditutup.

Dari dunia Muslim, kopi menyebar ke Eropa, di mana minuman ini menjadi populer selama abad ke-17. Orang Belanda adalah yang pertama kali mengimpor kopi dalam skala besar ke Eropa, dan pada suatu waktu menyelundupkan bijinya pada tahun 1690, karena tanaman atau biji mentahnya tidak diijinkan keluar kawasan Arab. Ini kemudian berlanjut pada penanaman kopi di Jawa oleh orang Belanda.

Ketika kopi mencapai kawasan koloni Amerika, pada awalnya tidak sesukses di Eropa, karena dianggap kurang bisa menggantikan alkohol. Akan tetapi, selama Perang Revolusi, permintaan terhadap kopi meningkat cukup tinggi, sampai para penyalur harus membuka persediaan cadangan dan menaikkan harganya secara dramatis; sebagian hal ini karena didasari oleh menurunnya pesediaan teh oleh para pedagang Inggris. Minat orang Amerika terhadap kopi bertumbuh pada awal abad ke-19, menyusul terjadinya perang pada tahun 1812, di mana akses impor teh terputus sementara, dan juga karena meningkatnya teknologi pembuatan minuman, maka posisi kopi sebagai komoditas sehari-hari di Amerika menguat.

Ada cerita menarik berkaitan dengan sejarah kopi. Konon, Raja Gustaff II (1594-1632) dari Swedia pernah menjatuhkan hukuman kepada dua orang bersaudara kembar. Mereka dianggap bersalah dalam suatu tindak pidana yang dituduhkan kepada mereka. Untuk menentukan siapa yang bersalah, sang raja membuat aturan unik dan tak lazim..

Salah seorang hanya diizinkan minum kopi selama hidupnya, sedangkan seorang lagi hanya boleh minum teh. Nah, siapa yang lebih dulu meninggal, dialah yang dianggap bersalah. Ternyata, yang meninggal duluan adalah peminum teh pada usia 83 tahun, meski sudah terlambat, dia ditetapkan sebagai yang bersalah. Sejak saat itulah, orang Swedia dan negara-negara di kawasan Skandinavia menjadi begitu maniak dan fanatik terhadap kopi. Mungkin mereka percaya dengan minum kopi, umur mereka bisa lebih panjang.. (yahoo)

Mitos dan Sejarah

Kisah Raja Gustaff II dan aturan minum kopinya hanyalah salah satu kisah unik yang mewarnai perjalanan kopi. Di sejumlah tempat dan negara ada banyak legenda dan kisah mengenai kopi, meski kisah-kisah tersebut bercampur aduk antara mitos dan sejarah. Legenda paling masyhur dalam perjalanan kopi adalah kisah Kaldi dan temuan ‚Äúbiji merah ajaibnya‚ÄĚ.

Dalam satu kisah disebutkan, sekitar abad ke-3, hiduplah seorang penggembala kambing di Ethiopia bernama Kaldi. Kaldi dikenal sebagai penggembala yang baik dan sangat bertanggung jawab terhadap hewan yang diurusnya. Suatu hari, kambing-kambing tersebut tidak pulang dan Kaldi pun mencarinya. Ketika ditemukan, Kaldi melihat kelakuan aneh diperlihatkan oleh kambing-kambingnya, berloncatan riang gembira, seperti sedang mabuk.

Tentu saja Kaldi heran dan mencari tahu apa gerangan yang menyebabkan kambing-kambing itu ‚Äúmenari-nari‚ÄĚ? Kaldi kemudian tertarik oleh sekumpulan biji-biji berwarna merah mengilap yang ada di semak-semak dan dimakan oleh kambing-kambingnya. Dengan rasa ingin tahu, Kaldi pun mencoba memakan biji-biji tersebut. Sungguh ajaib, beberapa saat kemudian sang penggembala kambing itu menari-nari dengan riang, sama seperti kelakuan kambing-kambingnya.

Saat itu lewatlah seorang pria terpelajar asal kota. Pria bernama Aucuba itu merasa mengantuk, lelah, dan lapar. Aucuba kebetulan menyaksikan ‚Äúaksi gila‚ÄĚ Kaldi dan kambing-kambingnya. Saking laparnya, Aucuba pun mencoba makan biji merah yang dimakan Kaldi. Tak berapa lama, Aucuba merasa tubuhnya jadi segar, tenaganya pulih, rasa mengantuknya hilang, dan siap melanjutkan perjalanannya.

Ia pun membawa beberapa biji merah ke kota dan mencampurnya dengan makanan lain. Ia juga menggunakan biji merah itu sebagai bahan pencampur bagi minuman para biarawan agar bisa tetap terjaga selama berdoa. Ia juga menyebarkan biji-biji merah yang ajaib itu ke kota dan biara lain. Aucuba pun jadi orang kaya. Sedangkan, kisah Kaldi dengan kambing-kambingnya tak ada kelanjutannya.

Minuman Terlarang

Perjalanan kopi menjadi minuman yang paling digemari penduduk bumi memang tidak mulus. Ada masa-masa di mana kopi menjadi produk yang kehadirannya ‚Äúdiharamkan‚ÄĚ. Pada tahun 1511, karena efek rangsangan yang ditimbulkan, dilarang penggunaannya oleh para imam konservatif dan ortodoks di majelis keagamaan di Mekah, Arab Saudi. Akan tetapi, karena popularitas minuman ini, larangan tersebut pada tahun 1524 dihilangkan atas perintah Sultan Selim I dari Kesultanan Utsmaniyah Turki. Di Kairo, Mesir, larangan yang serupa juga disahkan pada tahun 1532, di mana kedai kopi dan gudang kopi ditutup.

Seabad kemudian, tepatnya pada tahun 1656, Wazir Kerajaan Usmaniyah mengeluarkan larangan untuk membuka kedai-kedai kopi. Bukan hanya melarang kopi, melainkan menghukum orang-orang yang minum kopi dengan hukuman cambuk pada pelanggaran pertama. Tetapi, bertahun-tahun kemudian, pelarangan minum kopi di Timur Tengah lambat-laun terkikis sehingga jika seorang suami melarang istrinya minum kopi, si istri tersebut bisa memakai alasan ini untuk meminta cerai.. (lmao)

Di Italia, pendeta-pendeta melarang umatnya minum kopi dan menyatakan, minuman kopi itu dimasukkan sultan-sultan muslim untuk menggantikan anggur. Bukan hanya melarang, melainkan juga menghukum orang-orang yang minum kopi. Alasannya, kopi adalah ‚Äúkomoditas politik‚ÄĚ kaum muslim dalam upaya menggeser popularitas anggur yang sejak lama sudah dikenal dan identik dengan kaum Katolik.

Larangan juga diberlakukan di Rusia, meski lebih bersifat ‚Äúdiskriminatif‚ÄĚ dan menjaga wibawa aristokrasi kopi. Karena dianggap bergengsi sebagai minuman, Raja Frederick Agung dari Rusia pada tahun 1777 hanya memperbolehkan kalangan atas atau kelas bangsawan saja untuk menunjukkan kearistokratan kopi.

Kopi di Indonesia

Pada awalnya, kopi di Indonesia berada di bawah pemerintah Belanda. Kopi diperkenalkan di Indonesia lewat Sri Lanka. Awalnya, pemerintah Belanda menanam kopi di daerah sekitar Batavia (Jakarta), Sukabumi, dan Bogor. Kopi juga ditanam di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatra, dan Sulawesi. Pada permulaan abad ke-20 perkebunan kopi di Indonesia terserang hama yang hampir memusnahkan seluruh tanaman kopi. Pada saat itu, kopi juga ditanam di Timor dan Flores. Kedua pulau ini pada saat itu berada di bawah pemerintahan bangsa Portugis. Jenis kopi yang ditanam di sana juga adalah kopi arabika. Kopi ini tidak terserang hama.

Menurut Om wikipedia, pemerintah Belanda kemudian menanam kopi liberika untuk menanggulangi hama tersebut. Varietas ini tidak begitu lama populer dan juga terserang hama. Kopi liberika masih dapat ditemui di pulau Jawa, walau jarang ditanam sebagai bahan produksi komersial. Biji kopi liberika sedikit lebih besar dari biji kopi arabika dan kopi robusta.

Bencana alam, Perang Dunia II dan perjuangan kemerdekaan, semuanya mempunyai peranan penting bagi kopi di Indonesia. Pada awal abad ke-20 perkebunan kopi berada di bawah kontrol pemerintahan Belanda. Infrastruktur dikembangkan untuk mempermudah perdagangan kopi. Sebelum Perang Dunia II di Jawa Tengah terdapat jalur rel kereta api yang digunakan untuk mengangkut kopi, gula, merica, teh, dan tembakau ke Semarang untuk kemudian diangkut dengan kapal laut. Kopi yang ditanam di Jawa Tengah umumnya adalah kopi arabika. Sedangkan, di Jawa Timur (Kayu Mas, Blewan, dan Jampit) umumnya adalah kopi robusta. Di daerah pegunungan dari Jember hingga Banyuwangi terdapat banyak perkebunan kopi arabika dan robusta. Kopi robusta tumbuh di daerah rendah, sedangkan kopi arabika tumbuh di daerah tinggi.

Saat ini, kopi merupakan minuman ke-2 yang dikonsumsi di seluruh dunia, setelah air. Finlandia merupakan negara yang konsumsi per kapitanya paling tinggi, dengan rata-rata konsumsi per orang sekitar 1400 cangkir setiap tahunnya!! (woot) keren, yah.. (banana_cool) bayangkan… berapa liter kopi yang di minuim selama setahun.. (drinking)

 

bersambung… ūüėÄ

 

 

ngopi dulu yuuukk.. (drinking)

 

 

 

 

(sumber : om wikipedia dan beberapa artikel lain)

akupuntur

Terapi akupunktur telah lama dikenal sebagai terapi alternatif untuk masalah kecantikan dan kesehatan yang biasa dialami oleh kaum Hawa. Kata akupuntur sendiri berasal dari bahasa latin, acus atau jarum dan pungere (untuk menganiaya). Nah, lho!¬†klo di terjemahin dengan bebas artinya jadi jarum untuk menganiaya.. ūüėĬ†

tapi tenang dulu.. jangan keburu keburu seram dulu dengan terjemahan bebasnya. gak segitu teraniayanya kok.. ;)) yang dimaksud dianiaya disini, yaitu tubuh akan ditusuk jarum-jarum kecil yang jumlahnya tak sedikit alias BANYAK!!, tergantung fungsi yang dibutuhkan. Selebihnya, justru si jarum akan bekerja melancarkan peredaran darah anda dan memberi energi positif bagi tubuh.

Akupuntur sendiri sebenarnya bukanlah berasal dari China, tapi dari udah lama di kenal di afrika, Arab Tigris, Mesir kuno, India lalu menyebar sampai ke China. namun di china lah itulah para pakar disana mengembangkan teknik kecantikan dan penyembuhan dengan jarum ini. Itu sebabnya akupuntur diidentikkan dengan negara tersebut. 

Tak sembarangan mencucukan jarum, akupuntur berkolaborasi dengan ilmu anatomi tubuh untuk bisa mengenali, di titik mana saja tubuh mengalami gangguan-gangguan, seperti gangguan sendi, gangguan stress, gangguan keriput dan lain sebagainya. Itu sebabnya akupuntur tak dipraktekkan sembarangan. Salah-salah jalan darah anda malah terkunci dan tubuh menjadi lebam-lebam setelahnya. 

biasanya, setelah akupuntur, pasien di sarankan untuk tidak meminum air es (air dingin) karena akan berpengaruh pada metabolisme tubuh. yaitu memperlambat metabolisme. karena sebenarnya akupuntur berfungsi meningkatkan metabolisme dan memaksimalkan total health yang ada di tubuh anda agar lebih dinamis. Prinsipnya, terapi akupuntur digunakan untuk menjaga, mengobati dan mempertahankan energi positif dalam tubuh agar tetap seimbang. Karena bila kondisi ini terjaga dengan baik, otomatis tubuh akan menjadi cantik dan sehat menyeluruh. 

Dengan penanganan yang tepat, ternyata akupuntur bisa digunakan untuk mencegah dan mengurangi keriput (penting bagi anda yang sudah digerogoti usia), mengobati jerawat, mengecilkan kantung mata, menyamarkan noda hitam, mengencangkan payudara dan merawat kerontokan rambut. Hal-hal kecil itu memang punya pengaruh besar pada penampilan secara keseluruhan. 

aku sendiri punya masalah dengan kulit wajah. terlihat kusam dan tidak fresh. udah coba pake pelembab dll tapi hasilnya gak memuaskan. klo kata salah satu dokter ku, itu karena pola tidur yang tidak teratur dan juga kurang banyak kena matahari. ya iyalah.. dengan jadwal kerjaan yang gak jelas.. dampaknya ya begini.. makanya.. sekarang aku lagi coba berakupuntur ria. awalnya ngeri saat akupuntur di wajah. karena merahitam bilang rasanya suakiiit banget.. sampe dia nangis2.. tapi pas aku coba gak segitu sakitnya kok.. [-( huh! gosip!! [-x tau gitu gue coba dari dulu2.. :))

biasanya emang gak sakit klo akupuntur. lagian klo sakit sebenernya kita bisa bilang sama dokternya klo sakit. nanti dokter akan ngatur supaya gak sakit. emang beneran jadi gak sakit sih.. hehe.. ada yang lucu kemaren waktu akupuntur. karena kondisi gue lagi kurang fit dan lagi rada nakal, yaitu telat makan dan lagi banyak pikiran sampe lambungnya ngambek (baca : maag kambuh). jadinya pas perutnya di tusuk, klo kata dokternya jadi membal. jarumnya susah masuk karena perutnya berisi gas.. :)) padahal logikanya klo perut ber-gas, di tusuk terus jadi kempes.. kok ini nggak, yah.. =)) udah gitu kemaren jadi¬†lebih ngerasa sakit dari biasanya,¬†aku jadi lebih riwil (rewel parah, jadi riwil).. :)) maap ya, dok.. ūüėĬ†

tahun lalu aku pernah coba akupuntur untuk menurunkan berat badan. berhasil sih turun 10kg. dan stabil¬†sampe sekarang (kadang naik turun juga sih) ūüėÄ nah.. sekarang sih lagi coba lagi terapi ini.. tapi fokusnya untuk wajah.. bukan hanya untuk penurunan berat badan.. biar lebih keliatan fresh ajah.. ūüėČ wish me luck. semoga berhasil..¬†

tapi dengan terapi begini, bisa jadi pengingat kita untuk hidup jadi lebih sehat.. memulai semuanya dari hal-hal kecil.. akupuntur sesungguhnya hanya alat bantu.. tapi yang utama adalah menjaga pola hidup sehat. itu yang perlu.. dan itu yang lagi aku usahain banget.. walaupun susah ya.. aku akan tetep usaha deh.. :(( *lirik tumpukan kerjaan dan jadwal kerja sampe malem* #-o

oh iya.. buat yang mau coba.. bisa ikutan dateng ke praktek¬†dokter rosmiyati. klo butuh nomer teleponnya kontak aku ajah.. eh iya.. dokter ku ini juga gaul juga loh. suka main FB.. dan klo aku upload foto makanan “korban kekhilafan“, langsung di ingetin deh klo gak boleh makan banyak2.. :(( tapi penanganannya jadi berasa lebih personal dan juga profesional.. jadi seru ajah.. ūüėÄ hihihi.. jadi promo deh..

 

yuk kita hidup sehat.. ūüôā

 

manisnya si dewi.. begitu melihatnya langsung kepincut…

eits.. jangan salah sangka dulu.. gue emang sedang jatuh cinta.. jatuh cinta pada si dewi.. siapa sih, dewi ini??? nih.. gue kenalin.. 

Deskripsi

Pohon induknya berasal dari Pasarminggu, Jakarta Selatan. Termasuk salah satu belimbing top yang banyak diminati konsumen. Pernah meraih juara dalam lomba buahbuahan non-langka. Bentuk buah bulat agak lonjong. Warnanya yang kuning agak kemerahan mengilap tampak kontras dengan warna hijau pada pinggiran belimbingannya. Daging buah padat, manis, dan mengandung sedikit air. Kelebihan yang lain, ukuran buahnya panjang, dapat mencapai 15 cm dengan diameter lebih dari 10 cm. Berat rata-rata 200-250 g dan dapat mencapai 500 g. Relatif lebih tahan lama dalam pen.yimpanan dengan suhu kamar. (sumber : www.iptek.net.id)

nah.. sekarang udah kenal kan, sama si dewi ini.. B-) iyah.. belimbing dewi.. jadi ceritanya, belimbing dewi yg gue tanam di halaman rumah kembali berbuah dan lumayan banyak dan gede-gede… beruntung di rumah gue, pohon ini tumbuh tidak terlalu tinggi.. jadi gampang dalam membungkus dan metiknya.. hihihihi.. ;))

ini gue kasih liat foto beberapa belimbing yg di petik dan sempat di foto.. gede2.. untuk ngebandinginnya, gue pake HP CDMA gue.. saat makan satu aja puas banget.. :)) 

  

hueheuhehehehe.. seru.. rasanya manis. maknyos banget deh.. bikin ngiler tetangga yang mau nyangkok pohon belimbingnya.. *lirik2 tetangga* =)) huehehehehehe.. masing2 buahnya beratnya mencapai 400gram-600gram.. keren, kan??? :)) lebih berat dari yg di bilang sumber di atas.. huehehehehehe.. =))

sebelum2nya, gue sama nyokap gak gitu rajin bungkusin.. saat belum di bungkusin, hasilnya emang gak begitu mengesankan.. beda banget saat kita rajin bungkusin belimbing-belimbing yang masih kecil.. selain untuk menghindari hama dan serangga penggangguk, belimbingnya juga jadi merasakan kehangatan yang punya pohon.. (halah! lebay!! #-o ) lah iya tho.. setelah di “jaket”-in, si dewi jadi tumbuh lebih ndut dan manis.. pokoknya hasilnya emang beda banget deh.. hihihihi.. ;))¬†

tar klo panen lagi, boleh pada main ke rumah, deh.. makan belimbing bareng2 di rumah gue.. ūüėÄ

saatnya refleksi akhir tahun..

hmmm.. gila.. waktu cepet banget berlalu.. satu kalender udah abis aja.. #:-s kayaknya baru kemaren gue ngabisin waktu dengan seseorang.. nyaris bertengkar untuk memintanya menghabiskan malam tahun baru dengan gue.. kebersamaan yang indah, namun akhirnya tidak berlangsung lama… ūüôā beberapa bulan setelah itu ku putuskan untuk mengakhiri semuanya.. buat dia memang benar2 keputusan yang mengagetkan.. but i think enaugh is enaugh.. even i love him so much, i decide to end up everything.. untuk kebaikan semua.. hmm.. keputusan berat.. butuh waktu lumayan lama buat gue untuk bangkit.. gue sendiri gak gitu menyadari itu.. tapi temen2 gue yang ngeliat itu.. gue ngerasa bodoh banget pas belakangan sahabat2 gue bilang betapa gue drop-nya saat perpisahan itu datang.. saat ngejalanin itu semua sih gue berasa kuat.. walau gue berusaha nyembunyiin semua kesedihan itu, tapi tetep aja mereka menyadarinya.. saat itu, hati gue bener2 rapuh.. he has turn my world¬†heart up side down..¬†

hehe.. jujur aja.. butuh waktu lumayan lama, dan beberapa orang untuk gue bisa melangkah maju dan melanjutkan kehidupan percintaan gue.. hmmm.. januari sampe maret masa gamang gue.. masa berpikir untuk mengambil keputusan. maret sampe mei, masa terberat.. juni sampe september masa untuk bangkit..

setelah itu.. gue bersyukur karena kini gue udah menemukan sosok lain yang kini banyak mengisi hari dan hati gue dimana gue bisa belajar banyak melalui dia.. (thank you, dear.. :* ) walaupun¬†hubungan ini masih seumur jagung dan bikin emosi gue cukup fluktuatif.. tapi gue tetap berusaha optimis bahwa semua akan baik2 aja.. wajar lah.. kita berdua masih berada dalam proses dimana kita belajar untuk lebih saling mengenal dan hafal karakter satu sama lain.. ūüėȬ†

soal pekerjaan.. hmm.. gue berhasil membuat buku cerita anak yg covernya bisa di liat di samping kanan situh.. klo soal karier menulis gue di tempat kerjaan gue, rasanya gak gitu meningkat.. malah belakangan rada menurun.. gue sadarin itu.. ntah kenapa beberapa masalah yang gue hadapin membuat gue lost fokus dan kurang konsen bikin naskah.. gue sadar banget klo ini bener2 gak baik.. bagaimanapun tidak ada pembenaran soal itu. kerjaan ya kerjaan, gak ada urusan sama masalah pribadi.. apapun masalah gue, mestinya gak jadi pemakluman untuk gue lalai dalam pekerjaan.. fuiiih.. #:-s mudah2an aja semua akan membaik nantinya.. 

kalau dalam hubungan pertemanan, alhamdulilah di tahun ini gue merasa bersyukur jadi lebih deket dengan temen2 gue dan punya lebih banyak teman2 baru.. (pengaruh hidup menjomblo kali, ya???) :)) seneng banget punya sahabat2 baik yg bisa di ajak berbagi.. walau sempet ribet sama temen gue, tapi beruntung bisa selesai baik2 dan sekarang jadi makin deket dari sebelumnya.. yaaa.. thats life.. :)) kita bener2 gak tau apa yang akan terjadi nanti.. 

hmmm.. itu aja kali ya, review setahun kebelakang.. kesimpulannya sih tahun ini lumayan berat untuk di jalananin buat gue.. walaupun bukan terberat, tapi tetep berasa melelahkan dalam ngejalaninnya.. beda sama tahun 2007 yang gue sebut tahun petualangan.. huehehehehehe.. :)) tahun ini tahun kesedihan gue.. :-s *Halah!* dramatis.. =))

 

tapi satu hal yang pasti.. gue dapet banyak pelajaran penting tahun ini dalam hubungan antar individu.. enak ataupun gak enak, semua bikin gue belajar untuk lebih hati2 dan jadi orang yang lebih baik.. 

tagline gue tahun ini : “don’t worry about people that left behind on your past. there’s a reason why they didn’t make it to your future.. And there`s reason why they do came to your life.” kalimat ini bikin gue ikhlas melepas masa lalu, karena gue yakin kalau emang masih jodoh gak akan kemana.. kalau ternyata gak jodoh ya, artinya dia gak cukup baik buat gue dan gue akan menemukan orang lain yang mungkin jauh lebih baik.. oh iya.. soundtrack kehidupan gue tahun ini adalah only hope yang jadi OST Walk to remember..¬†

 

fuihh.. semoga tahun depan, semua akan jadi jauh lebih baik.. amiiin.. o:-)