mari melangkah..

ya.. mari melangkah.. jelas kita tidak bisa hanya duduk diam menanti apapun yang akan datang.. mari kita melangkah, menyambut semua yang menghampiri kita dengan senyum mengembang…

Itu lah yang ku lakukan sekarang..  aku melangkah.. walau aku sendiri masih bingung mau menjejakkan langkahku kemana.. setiap jalan yang ku tempuh, memiliki ujung yang indah dan menarik untuk dinikmati.. namun untuk sampai ke semua tempat itu, aku harus memilih jalanku..

Continue reading “mari melangkah..”

mencari tempat yang tak terlihat di peta

di siang hari yang terik.. seorangan ibu berbincang dengan anak perempuannya..

I (ibu) : nduk.. kamu pergi ke Taman Impian Jaya Asmara.. disana tempatnya bagus loh, nduk.. ada banyak mainan, makanan, orang-orang baru.. kamu pasti suka.

A (anak) : Taman Impian Jaya Asmara itu dimana, bu? sebelah mananya Taman Impian Jaya Ancol??

I : kamu cari lah.. nanti juga ketemu?

A : ūüėź kalo gak ketemu gimana?

I : kan ada peta.. buka lah peta kamu..

A : kan ibu tahu.. aku suka nyasar dan agak lemah membaca peta..

I : tanyalah pada orang yang ada di sekitar situ..

A : ibu yakin aku akan suka tempat itu?

I : yakin.. karena semua anak perempuan pergi kesana..

A : gimana kalau aku gak suka..

I : kamu coba kesana dulu, baru bisa bilang suka apa gak suka…

A : ūüėź *mendadak spechless*

susah kan, lo??? coba klo lo jadi anak itu.. di suruh melakukan sesuatu sama orang tua lo.. yang lo sendiri ga yakin lo akan suka.. lo di suruh melakukannya hanya karena orang2 melakukan hal yang sama.. oh.. God.. (doh)

walau hal itu mungkin adalah yang terbaik.. tapi.. si anak sendiri masih belum tahu gimana caranya sampai ke tempat itu.. hanya mengandalkan peta? bertanya pada orang2? aarrghh… nambah kerjaan aja… (headspin)

belum lagi¬†nanti klo tersesat disana gimana? namanya juga taman..segitu gedenya.. terus klo nanti disana ketemu sama orang jahat gimana? gimana klo disana temen-temennya gak asik.. terus gimana klo nanti ada nenek sihir jahat.. (huehehehehe.. terlalu berlebihan sih.. ūüėÄ )

*curhat gak jelas gara2 di suruh pergi ke tempat yang gak tahu letaknya dimana* (lonely)

.

ku berdiam dalam doa..

begitu banyak hal yang terjadi dalam hidupku belakangan.. gempa tak hanya ku rasakan kemarin.. namun sejak beberapa hari sebelumnya, gempa itu sudah ku rasakan mengguncang hati, jiwa dan pikiranku… begitu banyak benturan yang membuatku tersadar akan begitu banyak hal di kehidupan yang tak ku pikirkan dan kuperdulikan sebelumnya.. begitu banyak ke-alpa-an yang ku lakukan.. hal-hal kecil yang biasa ku abaikan, mendadak muncul di depan mata mengembalikan kesadaran yang sempat hilang..

begitu banyak dosa-dosa kecil yang ku lakukan.. kecil menurut orang lain, namun jika di kumpulkan, mungkin sudah menggunung.. melebihi dosa besar yang pernah orang lain perbuat.. ucapan, perbuatan, sikat atau perilaku ku mungkin banyak yang sudah membuat orang-orang di sekitarku terluka..

aku pun ingin lebih bisa legowo dalam menghadapi segala sesuatu di dunia ini.. ku pikir hati ini¬†Tak cukup hanya jadi gelas dan juga kolam.. Aku ingin Jadi samudera.. dimana aku bisa menampung air yang luas, dan menerima segala sesuatunya dengan lebih ikhlas.. aku percaya bahwa¬†Alur cerita hidup tiap manusia sudah di tulis oleh penulis skenario paling hebat di jagat raya..¬†Kita sebagai aktor dan aktris hanya bisa menjalani peran kita masing-masing di dunia ini dan berimprovisasi agar cerita hidup kita jadi lebih indah dan berwarna.. karena improvisasi itulah yang juga akan menentukan hidup kita setelah mati.. ūüôā am I right?

aku tetap lah bukan siapa-siapa.. manusia bergelimang dosa dan kesalahan.. hanya mampu menundukkan kepala, bersujud memohon ampunan kepada-Nya.

teman-teman.. atas semua kesalahan yang pernah ku lakukan, aku mohon maaf.. sengaja atau pun tidak, aku tetaplah bersalah.. aku tahu kalian ada di sampingku untuk tetap mengingatkanku dan tetap menjagaku.. ūüôā

belenggu ini menyiksaku..

ingin melakukan banyak hal.. ingin mendapatkan semuanya.. tangan pun memanjang meraih bintang di awan.. namun kaki terikat dan terhujam di tanah.. aku tertahan.. tanpa bisa meraih sang mimpi..

.

ah.. hari ini kembali meracau tak tentu arah, setelah dari beberapa hari yang lalu, mood gue up and down karena kedatangan sang bulan merah.. melakukan hal-hal bodoh yang tak mestinya di lakukan… ngebut sana-sini, sampe beberapa kali nyaris nyerempet.. belanja khilaf.. sampe maksa nanem pohon aglaonema dengan cara di stek… ah.. stupid! (doh)

rasa tidak puas dengan keadaan, memperburuk suasana hati.. feeling guilty.. unsatisfied.. sad.. anger.. and all those negative feeling.. thats why i prefer being alone for a while.. to calm down… to start enjoying life.. put everything on the right track.. *sigh*

bismillah.. mudah-mudahan bisa beresin semuanya satu per satu.. (gym)

.

surat untuk lelaki yang (masih) ku cinta

kamu tentu tahu, hari ini adalah 1 syawal 1430 H.. hari Raya Idul Fitri.. dimana semua orang merayakan hari kemenangannya setelah sebulan penuh berpuasa, menahan hawa nafsu.. hari ini dimana seharusnya semua marah, dosa dan hal-hal buruk lainnya terhapus sehingga kita kembali dalam keadaan suci, seperti bayi yang baru lahir..

hari ini adalah hari dimana semua orang berkumpul dengan keluarga dan kerabat serta sahabatnya.. hari dimana semua silaturahmi yang sempat renggang bahkan terputus, kembali terjalin dengan erat..

tadi pagi aku menelepon mu.. sayangnya semua telepon mu mati.. aku telepon ke rumah, ternyata kamu pergi..¬†aku ingin ketemu kamu.. ¬†karena aku tahu kamu punya banyak salah sama aku.. makanya aku mau datang supaya kamu bisa minta maaf sama aku.. supaya aku bisa memaafkan kamu.. kalau menurut semua orang itu suatu hal yang aneh, tapi apa yang ku lakukan adalah yang terbaik.. karena aku tahu kamu tidak akan pernah mau mendatangi aku untuk meminta maaf.. maka aku lah yang seharusnya mendatangi kamu.. walau itu tidak bisa menghapus semua luka yang pernah ada.. tapi aku ingin¬†menghapus semua amarah yang selama bertahun-tahun menyesakkan rongga dada.. tapi tenyata.. kesempatan itu belum datang.. ūüôā ya sudahlah.. aku akan tetap mendoakan mu dari sini.. semoga kamu selalu berada di dalam lindungan-Nya.. jaga kesehatan.. kurangi rokoknya dan bergadang.. angin malam tak baik untuk kesehatan…

aku gak akan bisa memungkiri bahwa dalam setiap helaan nafas yang ku hembuskan.. ada separuh jiwa mu yang telah menyatu dalam diriku.. sifat keras kepala-mu.. ego-mu.. ada cinta yang berubah menjadi amarah membuncah.. semua ada disini.. masih ada disini.. sampai detik ini..

namun semua itu tidak akan membakar ku.. aku tahu betul bagaimana mendinginkan kepala dan hatiku.. kini.. semua sudah mulai dingin kembali.. aku akan belajar benar2 memaafkan mu, tanpa harus menunggumu mengucap kata ajaib itu.. karena sampai detik ini.. aku (masih) mencintaimu..

kotak dan bayang-bayang

Sebuah kotak kayu dengan gembok besar, tampak tersimpan rapi di atas sebuah lemari kayu tua. Tak ada yang menyentuhnya. Tak ada yang melihatnya setelah sekian lama. Dia telah terlupakan. Terabaikan. hanya seekor ibu laba-laba yang setia menemaninya dan menjadikannya rumah bagi anak-anaknya..

hingga suatu hari, seorang anak kecil dengan polos memanjat lemari, menarik sang kotak usang itu dan bermain dengannya.. anak kecil yang sedang belajar membaca, mengeja tulisan di atas kotak dengan terbata.. ‚Äúpan-do-ra‚ÄĚ. Anak kecil itu mengernyitkan dahi, tak mengerti arti tulisan tersebut. Rasa penasaran membuat anak kecil itu membuka paksa sang Pandora. Segala cara dia lakukan. Dia banting, congkel dan injak-injak kotak itu.

akhirnya sang Pandora pun terbuka.. sekelebat bayangan masa lalu keluar dari kotak itu.. menyeruak, mengisi setiap ruang kosong dengan rasa dingin, sakit dan luka yang mendalam.

Anak itu tetap tak mengerti apa yang telah di lakukannya. Dia tak menemukan apa yang dia cari. Dia pun pergi meninggalkan sang Pandora dengan keadaan terbuka. segala yang telah tersimpan di dalam kotak itu pun dibiarkannya begitu saja.

Kumpulan bayangan berwarna hitam itu kini terus menebal, menghancurkan semua yang ada. Kembali Meninggalkan segala luka dan derita.. banjir air mata tak mampu menenggelamkannya, topeng kebahagiaan tak mampu menyembunyikannya..

ku tanya pada bayangan hitam itu, “kapankah kamu akan pergi dari hidupku?”. bayangan hitam memberikan seuntai senyum licik “Tidak akan pernah! karena aku akan terus mengikutimu, dalam setiap derap langkah yang kamu ambil.. menghantui hidupmu.. selamanya..” suara itu langsung menghantar udara dingin yang membekukan hati dan pikiranku.. aku beku.. buntu..

akankah muncul seseorang untuk menangkap dan memerangkap sang bayangan kelam untuk menguncinya kembali ke dalam kotak ajaib bernama Pandora? Aku ingin melakukannya.. tapi tubuh ini terlalu lemah.. hati ini sedang terluka parah.. berharap keajaiban datang, mengambil semua luka yang ada dan membalut hati ini dengan kedamaian, kehangatan, untuk menebarkan berjuta kasih sayang dan cinta dimana-mana..

jodoh??? benarkah??

Benarkah semua di dunia ini sudah ada jodohnya masing2?

Ku rasa jawabannya TIDAK.

Ada begitu banyak ‚Äútanda Tanya‚ÄĚ yang tak berjodoh dengan ‚Äútitik‚ÄĚ, Ada banyak dahaga yang tak terpuaskan karena ketiadaan air, masih ada matahari yang berdiri sendiri menunggu belahan jiwanya.

Dimanakah pasangannya. Dimana jodohnya?

JANGAN BILANG SEMUA YANG ADA DI DUNIA INI SUDAH ADA JODOHNYA MASING-MASING!

aku lelah..

aku berlari dalam lintasan..memanggul sebuah tas ransel besar di punggung ku.. aku berlari dan terus berlari.. walau lelah menggelayut, namun ku tak boleh berhenti.. di belakang ku seorang wanita dengan pecut api menghentakkan pecutnya ke tanah, menimbulkan suara keras.. mengancam.. “Lari! terus berlari! waktu mu tak akan lama lagi.. tak ada waktu untuk bermain-main!! jangan pernah berhenti berlari!!”

aku lelah.. aku sungguh-sungguh lelah.. ingin berhenti sejenak.. namun waktu tak bisa menungguku.. langkahku sempat melambat.. beban di punggung ini memperlambat langkah ku.. ku berhenti sejenak dan berpikir… meletakkan tas ini, atau terus membawanya berlari bersama ku.. namun ku tahu, tas ini tak akan pernah membantuku sampai ke garis finish.. aku butuh tas yang lain.. tas berisi air mineral yang menyegarkan, vitamin yang menguatkan serta handuk yang mampu menyeka keringatku..

ku tatap isi tas itu. ada senter, jaket dan payung disana. aku tidak bisa menggunakannya sekarang.. namun ku sangat menyayanginya.. aku menyukai tas ini.. aku tak mau melepaskannya.. tapi kini aku tak tahu.. apa yang harus ku lakukan..

Tik..tok.. tik.. tok.. tik.. tok.. jam terus berdetak.. waktu terus berputar.. ku berharap waktu berhenti sejenak dan menungguku.. tapi ternyata tidak.. waktu tak kan menungguku.. dia terus berjalan.. dia terus bergerak.. sebuah hentakan pecut kembali mengagetkanku… menyadarkan ku dari lamunan.. ku harus segera membuat keputusan… saat ini ku tak mampu berpikir.. aku hanya merasa lelah.. lelah dan sangat lelaaaah..

Ya Allah.. kuatkan aku.. bantu aku menjalani ini semua.. kirimkan tas yang ku butuhkan.. bimbing aku agar tetap berada di garis lintasan yang benar.. karena saat ini..

AKU BENAR-BENAR LELAH!!

untungnya aku perempuan

sedang tidak bisa tidur.. terpikir banyak hal.. mendadak saya sangat bersyukur kenapa saya di lahirnya sebagai perempuan.. ntah kenapa sedang ingin menghitung anugerah yang saya terima sebagai perempuan..

  1. bebas menangis. terserah para pria mau menganggap itu sebuah tindakan cengeng atau apa, tapi menangis itu menyenangkan loh.. klo dada sesak, kepala penat, menangis menjadi sebuah pembebasan emosi yang tertahan dan membuat sakit. perasaan jauh lebih lega setelah menangis. kadang menangis semena2 pun gak masalah. kadang klo butuh nangis, tonton aja telenovela atau film2 romantis-tragis yang bisa ngeluarin air mata berember2. nangis sampe sesegukan. pasti perasaan jauh lebih ringan. coba klo cowok.. ya.. bisa aja sih.. tapi paling di tatap dengan tatapan aneh, pas nangis2 gitu.. (unsure)
  2. mendapat perlindungan serta pengawalan khusus. hihihi… klo pulang malem, tinggal todong pacar, sahabat atau temen cowok untuk ngawal sampe pulang. tentunya mereka gak akan tega membiarkan cewek manis nan baik hati seperti kita pulang sendirian di tengah malam… ¬†8-| klo ada penculik2 jahat gimana.. :-s tapi klo emang gak ada temen2 cowok yang bertanggung jawab baik, ya terpaksa pulang sendiri, sih.. (idiot)
  3. bisa marah2 dengan bebas. hihihi.. mungkin gak usah di contoh. tapi sempet ada temen yg posting di tret, klo enak ya, jadi cewek bisa marah2 dengan bebas dengan alasan PMS. (banana_cool) yaaaa.. gue ¬†sih gak pernah pake “taktik” begitu.. tapi tolong ya, para pria.. mengertilah klo lagi PMS, itu hormon emang gak bisa di kendaliin.. bawaannya emang pengen mukulin orang (idiot) dan marah2 mulu.. (angry) S.E.R.I.U.S. (worship)
  4. bisa bermanja2 ria, klo lagi melow2 ndak jelas. ini yang paling gue suka. ndusel2 gak jelas klo lagi melow.. (cozy) gak perlu ngomong apa2, just need someone beside me and Big Hug. feels everything is gonna be ok.. coba klo cowok yg ndusel2 ndak jelas.. (okok) hmmm.. (bigeyes) ada gitu yang mau di dusel2 sama cowok.. (woot)
  5. bisa ngerasain yg namanya hamil. percaya atau nggak, itu sebuah keberuntungan loh bagi para wanita.. ngerasain ada mahluk lucu dan imut yang berasal dari darah dan daging lo, tumbuh di rahim lo.. mereka tumbuh dan hidup di dalam perut lo selama 9 bulan.. keren kan??? ūüėÄ *menurut gue sih keren* (lmao)
  6. lebih jarang mengalami stres dari pada pria. karena wanita punya banyak cara untuk meluapkan emosinya dan mengungkapkan ekspresinya. lebih tepatnya, wanita terbiasa untuk itu. sementara pria tidak.. (dance)
  7. dari banyak penelitian, wanita terbukti lebih pandai multitasking di banding pria. seorang ibu bisa masak, sambil cuci piring, sambil urus anak pada saat yang bersamaan dan semuanya bisa terurus dengan baik. coba klo pria yang melakukannya. gue gak yakin mereka bisa.. :)) *no offence buat para pria* (ninja)
untuk yang lain, belum nemu lagi.. ūüėÄ intinyaaa.. jadi perempuan itu menyenangkan..
tapi para laki2 jangan ikut2 jadi cewek, yaaa.. terima aja takdir masing2.. (annoyed) huehehehehhehe.. (rofl)

buat para wanita, yuk lebih menghargai diri sendiri.. (cozy)

buat yang pria.. mari belajar menghormati wanita2 di sekelilingmu.. ūüėÄ

Dan perpisahan itu pun terjadi..

di sebuah sore, ruang kerjaku. 

sebuah lagu “lemon tree by fools garden” mengalun dari HP-ku. menandakan sebuah panggilan masuk. ku tatap HP kesayanganku.. terlihat sebuah nama muncul disana.. sebuah nama yang cukup familiar muncul disana. ku jawab telepon itu.¬†

+ hallo.. 

sebuah suara isak tangis muncul disana.. ku tercekat.. 

vie.. gue udah nggak tahan.. dia makin lama makin kasar sama gue.. 

+ kasar gimana? dia maki-maki elo lagi?

Рnggak cuma itu.. sekarang dia udah mulai ngancurin barang-barang di rumah.. 

aku mulai khawatir.

+ terus.. dia nyakitin elo?? 

Рnggak.. tapi gue takut.. gue nggak mau pulang.. 

aku cemas. benar-benar cemas. 

+ elo dimana sekarang? gue jemput elo sekarang, ya..

dia menyebut sebuah alamat. dia memintaku bertemu dengannya disana.. 

 

Malam hari, sudut cafe yang sepi. 

ku menatap tyas. matanya sembab, memerah dan basah. air mata tidak berhenti mengalir di pipinya. Tyas tampak sangat sedih dan terluka. 

Рini yang sempat gue takutkan sebelum gue menikah sama dia.. gue pernah tanya kan sama elo, gimana mas Doni sebenarnya.. karena elo sabahatnya.. elo lebih tau dia di banding gue.. 

Aku terdiam. tak mampu berkata-kata. anganku langsung melayang membayangkan sahabatku yang satu itu… sosok baik, penyayang dan perhatian pada orang-orang di sekitarnya dan juga penolong. dia orang yang baik, menurutku.. namun beberapa kejadian di masa lalu juga melintas di bayanganku.. saat dia marah, emosinya menjadi sedikit tidak terkendali. makian, cacian terlontar dengan mudah dari mulutnya. seakan semua menjadi pembenaran saat dia marah. semua boleh di lakukan. ku mengerti dan bisa membayangkan apa yang di lakukannya pada istrinya itu.¬†

aku mengangguk menatap Tyas. istri sahabatku.

+ iya.. gue ngerti.. gue juga nggak nyangka kalau dia bisa jadi makin kasar gitu. 

Tyas terus menangis. 

РGue takut, vie.. gue nggak mau balik ke rumah.. 

aku diam. bingung. antara membantu teman dan berhadapan dengan sahabat, tapi berujung mencampuri urusan rumah tangga. tidak bisa menutup mata, tidak peduli karena berhubungan dengan keselamatannya. ku menatap Tyas yang terus menangis ketakutan.

 

*********************************************************************************************************

 

sebuah penggalan cerita pendek tentang kekerasan dalam rumah tangga. pemerintah sudah mengatur soal aturan ini. 

ku kutip sedikit tentang UU ini. 

 

Pasal 1
Dalam Undang-Undang ini yang dimaksud dengan:
1. Kekerasan dalam Rumah Tangga adalah setiap perbuatan terhadap
seseorang terutama perempuan yang berakibat timbulnya kesengsaraan
atau penderitaan secara fisik, seksual, psikologis, dan/atau
penelantaran rumah tangga termasuk ancaman untuk melakukan perbuatan,
pemaksaan, atau perampasan kemerdekaan secara melawan hukum dalam
lingkup rumah tangga.
2. Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga adalah jaminan yang diberikan
oleh negara untuk mencegah terjadinya kekerasan dalam rumah tangga,
menindak pelaku kekerasan dalam rumah tangga, dan melindungi korban
kekerasan dalam rumah tangga.
3. Korban adalah orang yang mengalami kekerasan dan/atau ancaman
kekerasan dalam lingkup rumah tangga.
4. Perlindungan adalah segala upaya yang ditujukan untuk memberikan rasa
aman kepada korban yang dilakukan oleh pihak keluarga, advokat,
lembaga sosial, kepolisian, kejaksaan, pengadilan, atau pihak lainnya
baik sementara maupun berdasarkan penetapan pengadilan.
5. Perlindungan Sementara adalah perlindungan yang langsung diberikan
oleh kepolisian dan/atau lembaga sosial atau pihak lain, sebelum
dikeluarkannya penetapan perintah perlindungan dari pengadilan.
6. Perintah Perlindungan adalah penetapan yang dikeluarkan oleh
Pengadilan untuk memberikan perlindungan kepada korban.

 

dan juga 

 

Pasal 7
Kekerasan psikis sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 huruf b adalah perbuatan 
yang mengakibatkan ketakutan, hilangnya rasa percaya diri, hilangnya
kemampuan untuk bertindak, rasa tidak berdaya, dan/atau penderitaan psikis
berat pada seseorang.
caci maki, bentakan atau apapun yang mengakibatkan tekanan, ketakutan sudah termasuk dalam kekerasan rumah tangga. ini mesti di waspadai. walaupun “CUMA”¬†kekerasan psikis, tapi ini bisa jadi awal dari kekerasan fisik.. banyak pasangan yang memberi kelonggaran atas ini. memaklumi, tapi akhirnya berujung pada penyesalan. ya iyalah.. siapa sih yang mau hidup dalam ketakutan dan siksaan..¬†

 

kekerasan yang sering dialami oleh para wanita tentu sangat memprihatinkan. ada yang menganggap ini adalah bagian dari urusan rumah tangga masing-masing pasangan, itu salah satu cara mereka “berkomunikasi”. makanya sering kali kasus-kasus KDRT ini tidak di laporkan pada pihak yang berwajib. banyak alasan. malu, takut, sayang, dll. keadaan seperti ini tentu sangat tidak mengenakkan. seperti mandapat buah simalakama. serba salah.¬†

 

satu-satunya jalan terbaik adalah pelaku mengubah perilakunya. tak bisa kah mereka menunjukkan rasa “sayang”nya mereka dengan cara yang lebih baik. tidak bisa kah mereka menggunakan cara lain untuk berkomunikasi tanpa ada bentakan dan makian?

 

rumah dimana seharusnya menjadi tempat perlindungan yang aman, hangat dan nyaman, tidak lagi bisa menjadi sesuatu yang melindungi. keluarga, pasangan, orang-orang tercinta tidak lagi bisa memberikan rasa aman. kehidupan macam apa itu? bagaimana nasib anak-anak yang tumbuh dengan keluarga di rumah yang seperti itu? apa yang ada di bayangan mereka saat melihat sang ayah yang mereka kagumi memeperlakukan ibu yang mereka sayangi dengan kasar? akan menirukah mereka? akan marah kah mereka? ¬†akan bencikah mereka pada ayah mereka? kita tidak tahu. yang pasti anak-anak hanyalah sebuah “produk” ¬†yang di hasilkan dari sebuah “pabrik” keluarga.. kualitas yang yang akan di hasilkan pun akan tergantung dari kualitas keluarga itu.

 

maaf, sahabatku.. walau kita bersahabat.. tapi.. jika begitu sikapmu pada wanita.. aku tidak bisa membelamu.. aku bahkan mencerca sikapmu itu.. aku tak bisa menahannya untuk meninggalkanmu..

 

tak bisa ku percaya.. seperti itukah caramu memperlakukan orang yang kau sayang? seperti itukah caramu mempertahankan hubungan?? seperti itu kah caramu “melindungi” orang yang kau cintai dengan sepenuh hati? (lonely)

 

 

mari belajar mencintai dengan cara yang lebih baik.. ūüôā