hari perempuan sedunia : Bahagianya menjadi Perempuan

Hari ini, 8 Maret 2011 diperingati sebagai hari perempuan sedunia atau International woman days. tahu apa alasannya? karena hari ini.. untuk pertama kalinya.. di tahun 1917, perempuan di Rusia diberikan hak suara oleh pemerintah Rusia. Inilah yang menjadi tonggak awal peringatan bagi seluruh perempuan dunia. keren, kan? 🙂

Kalau Di Indonesia, mungkin kita mengenal tonggak penegak kesetaraan gender perempuan adalah Raden Ajeng Kartini, yang kita biasa peringati hari perempuan indonesia ini di tanggal 21 April.

Bersyukurlah kita para perempuan yang hidup di masa sekarang.. kita punya banyak kesempatan yang setara dengan para pria. malah belakangan di kota besar, untuk beberapa hal, saya melihat kesempatan untuk para perempuan malah jauh lebih besar dari para pria. entah ini jadi hal yang baik atau malah buruk.

Tapi.. walau bagaimanapun.. Mari kita syukuri dan nikmati semua kesempatan yang ada. Saya sendiri merasa sangat bahagia dengan apa yang saya dapatkan sekarang. saya masih punya hak untuk menentukan apa yang saya mau dan memilih jalan yang akan saya lewati..

Saya begitu bersyukur bisa menjadi ada dan berguna untuk orang lain. Bisa melakukan hal yang bermanfaat untuk banyak orang.

Bicara tentang Dunia perempuan, tentu tidak lepas dari Dunia laki-laki.  ya.. laki-laki dan perempuan memang tidak dapat di pisahkan. walau mereka berbeda, bertolak belakang dan jarang akur, tapi di sisi lain. Mereka hadir untuk saling melengkapi.

Sebagai perempuan saya sangat menikmati kehidupan yang saya jalani sekarang. Walau saya termasuk perempuan mandiri, tapi saya masih bisa menikmati “perlindungan” yang diberikan para pria yang ada di sekitar saya.. dari teman-teman saya, sahabat ataupun pasangan. Walau mereka tahu saya bisa melakukan semuanya sendiri, tapi mereka juga sadar bahwa sebagai perempuan, saya punya banyak kelemahan (terutama yang berhubungan dengan kegalauan hati :p ). Hohohoho..

Saya memaknai Hari perempuan sebagai terbukanya kesempatan untuk para perempuan agar lebih maju dan berkembang, tanpa melupakan kodrat mereka sebagai seorang perempuan.

Terima kasih untuk para laki-laki yang bersedia menyandingkan para perempuan di samping mereka, di tempat yang sejajar sebagai partner yang sebanding dan saling melengkapi..

(sumber gambar)

Selamat hari perempuan sedunia..

tulisanmu harimaumu..

mulutmu harimaumu.. eh… tulisanmu harimaumu…

Beberapa kali pembahasan ini pernah diangkat didunia maya. Banyak sekali Blogger (seperti saya, mungkin) yang sekedar menuangkan opini, pendapat, kekesalan atau bahkan sekedar emosi, diblog (atau di sosial media) masing-masing yang sudah mereka anggap RUMAH sendiri. Yaps.. selayaknya rumah sendiri, orang merasa bisa melakukan apa saja.. berbuat apa saja dan mengatakan apa saja. selama itu ada di halaman dan di areal rumah mereka, mereka bisa berbuat apapun.

Tapi mereka lupa.. bahwa rumah di dunia maya ini adalah rumah dari kaca bening yang semua orang bisa memberikan penilaian masing-masing dan tidak ada seorangpun yang mampu mencegahnya. Walau tanpa meninggalkan komentar, Orang bisa memberikan penilaian bagus, tapi tidak jarang memberikan penilaian buruk.

Tinggal masing-masing pemilik blog (atau account sosmed) menjaga jari-jemari mereka untuk tidak menari kelewat batas. Sudah banyak kasus-kasus anggapan pencemaran nama baik, penghinaan atau bahkan pelecehan terjadi karena beberapa blogger yang tidak mampu menjaga tulisan mereka.

Mungkin sebagian orang menolak pendapat saya. Bagi mereka rumah dunia maya ini adalah rumah paling nyaman untuk di tinggali, untuk mereka mengungkap apapun yang tak sanggup mereka ungkap di dunia nyata. Mereka bisa memaki di blog mereka, Mungkin agar mereka bisa menampilkan wajah penuh senyum saat bertemu di dunia nyata.

Jadi siapa yang munafik? itu kembali pada individu masing-masing. mungkin tidak ada korelasinya dengan tulisan mereka di blog atau di sosial media.  ini saya share trik singkat melewati “ranjau” UU ITE.

6 trik singkat untuk melewati ‘ranjau’ UU ITE, dirangkum detikINET dari Ari Juliano Gema, selaku Konsultan HKI:

  1. Pengguna internet jangan sekadar mencari perhatian dengan membuat tulisan yang berlebihan.
  2. Saat menulis, pengguna internet harus fokus pada masalah, tidak melebar ke mana-mana.
  3. Tulisan yang dibuat pengguna internet harus didukung dengan fakta dan data.
  4. Dalam menulis, jangan sekadar mengkritisi, tapi juga berikan solusi atas permasalahan yang dikritisi.
  5. Pengguna internet harus mau terbuka pada saran dan masukan.
  6. Jangan ragu untuk minta maaf. Bila kita salah tulis sehingga menimbulkan opini publik yang berdampak merugikan seseorang, jangan ragu untuk mengakui kesalahan dan minta maaf.

(Sumber : detikINET)

Kalau melihat pengalaman yang sudah-sudah, kebanyakan penulis melakukan terperosok dalam ranjau ini lebih karena mereka menulis saat emosi. (haduh..padahal saya sering sekali menulis dalam keadaan emosi :p)

Hari ini setidaknya saya belajar.. Belajar untuk lebih menjaga jari-jari saya agar tidak nakal dan tidak menulis sembarang hal..

Semoga kita Semua selalu ingat dan menjaga diri untuk tidak terbawa emosi dan menuliskan apa yang seharusnya tidak kita tuliskan.

#Galau

Pernah Galau? pasti sering! Entah kenapa belakangan saya sering merasa galau. mendengar cerita beberapa teman tentang pasangan hidup, saya pun kembali #Galau. Seperti yang sudah sering saya dengar. Bahwa kehidupan pernikahan jarang sekali berjalan lurus-lurus aja dan bahagia.

Pernikahan tidak seperti cerita dongeng yang HAPPILLY EVER AFTER. no dear.. Not at all. jadiii.. nikah itu tolong jangan jadi tujuan akhir yaaa… itu permulaan. Gerbang awal dari suatu kehidupan baru yang penuh warna.

Tinggal Kita pintar-pintar mempersiapkan diri, mempersiapkan mental dan juga menyiapkan Tujuan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang dari sesuatu yang di inginkan bersama. Bagaimana kedua orang ini, menyatukan visi dan misi untuk melangkah bersama dan menyepakati kendaraan yang akan di pakai untuk mencapai semua tujuan itu.

Menyatukan dua kepala tentu bukanlah hal yang mudah.. ini dia tantangannya.. Proses pacaran mestinya jadi proses mengenal pribadi satu sama lain dengan baik. Setidaknya dengan begitu, masing-masing orang sudah siap dengan rencana atau antisipasi bila terjadi hal-hal di luar dugaan. Pacaran mestinya jadi ajang mengenal pribadi dengan baik. Kalau biasanya jaim-jaiman, mestinya dari sejak pacaran tunjukin aja wajah aslinya, jadi gak kaget nanti pas nikah.. :p

halah! jadi curhat panjang lebar gini.. padahal niatnya belajar posting pendek kurang dari 50 kata! hah?? 50 kata?? bisa, gitu?? errr.. harusnya sih bisa.. 😀

menikmati hidup

ya.. belakangan saya sangat menikmati hidup saya.. Dengan segala kepadatan aktifitas.. Dengan segala hambatan yang sering kali membuat saya sakit kepala.. Tapi.. Saya bahagia..

Saya merasa disinilah passion saya.. berbagi dengan orang lain.. Berbincang dan berbicara tentang banyak hal.. belajar hal-hal baru.. semua berputar dengan begitu cepat.. hanya berhenti sesaat untuk menatap senyum-senyum yang mengembang, pertanda rasa puas.. atau sekedar memberi pelukan hangat penyemangat.. Agar langkah-langkah kecil itu tidak terhenti.. agar mereka tidak menyerah.. agar mereka terus berlari.. mengatur nafas dan berjuang untuk memenangkan pertandingan..

Ku tunggu kalian di garis finish pertama, kawan-kawan.. Jangan pernah berhenti berlari.. jangan buat aku kecewa.. jangan pernah..berpikir untuk menyerah.. 🙂

arti kebenaran

kebenaran?? mestinya dia tak tersangkalkan.. tapi ketika muncul perbedaan dan semua merasa benar, lalu… siapa yang benar-benar benar??

apa ada yang tahu, apa yang di maksud dengan kebenaran?? bukan kebeneran yang berarti kebetulan yah.. 😀 kata dasarnya BENAR. lawan kata dari SALAH. kalau tidak salah, berarti benar kan? tapi, kalau tidak benar, apa selalu berarti salah? hmm.. belum tentu.. ada banyak hal dimana keadaan berimbang.. satu pihak benar.. pihak lain tidak salah.. namun sering kali, orang berpikir praktis dimana kalau tidak berlabel BENAR, berarti dia SALAH!

Continue reading “arti kebenaran”

kebutuhan, kemauan, serta impian

kenapa sih kamu masih hidup sampai detik ini? apa kamu masih ingin hidup? kenapa? buat apa?

pernah menemukan pertanyaan-pertanyaan seperti ini? pertanyaan mendasar yang sering kali singgah ke kepala manusia.

saat pertanyaan-pertanyaan itu datang, sering kali kita bisa menjawabnya dengan mudah. “bahwa saya masih ada di dunia ini, saat ini.. karena saya masih belum menyelesaikan misi saya..”

Continue reading “kebutuhan, kemauan, serta impian”

susahnya jadi orang baik

jadi orang baik?? hare geneeee??

susyaaaaah.. lebih gampang jadi orang jahat, dari pada jadi orang baik.. ya terutama di jakarta, yah.. seorang teman pernah bercerita betapa dia kagum dengan masih adanya orang baik di jakarta… ya.. gak gampang jadi orang baik di jakarta.. lebih mudah jadi orang jahat..

bayangkan kalau kita menemukan sebuah HP di sebuah bangku coffe shop.. gak ada seorangpun yang kita kenal, dan sepertinya HP itu gak ada pemiliknya. kalau di pikir-pikir, tentu lebih gampang kalau kita kantungi saja HP itu dan berlalu pergi dari coffe shop, dari pada kita harus susah2 menunggu sang pemilik datang, atau mencari nomer telepon di phone book untuk menghubungi rumah atau orang terdekat si pemilik HP lalu mengembalikan HP tersebut? iya kan?

atau di saat lain, suatu kali kita tahu ada sebuah lowongan pekerjaan, sementara salah seorang (atau banyak) teman kita yang sedang butuh pekerjaan,  bukankah lebih mudah mengabaikan informasi itu, dari pada kita harus susah-susah menelepon atau menghubungi teman kita untuk mengisi lowongan yang di maksud?

mungkin hal-hal di atas hanya sebagaian kecil contoh betapa mudahnya berbuat jahat, dari pada berbuat baik yang butuh usaha lebih.

ini juga yang mungkin membuat banyak orang cenderung mengernyitkan dahi, begitu tiba-tiba ada orang yang susah-susah datang ke rumah,  untuk memberikan info lowongan pekerjaan karena HP anda tidak bisa di hubungin. atau mungkin ada orang yang dengan suka rela membantu anda menyelesaikan pekerjaan anda tanpa di bayar dengan uang, walaupun anda sudah menawarkannya. atau di saat anda sedang kehujanan malam-malam, ada seorang penjual gorengan yang tiba-tiba menyodorkan payung dan menawarkan mengantar anda ke halte terdekat yang jaraknya kurang lebih 100 meter dari tempat anda berada, lalu orang itu tidak minta bayaran apa-apa?

ada banyak orang malah berpikir bahwa pasti ada maksud lain di balik kebaikannya itu? rata-rata orang pasti akan curiga.. yah.. gak di pungkiri.. banyak orang yang mau bersusah-susah melakukan hal baik untuk orang lain, dengan maksud tertentu.. mengharap sesuatu.. dan banyak tindakan kejahatan yang terjadi dengan di dahului oleh tindakan baik si pelaku untuk mengaburkan motif kejahatannya. hal-hal yang seperti ini nih yang merusak kepercayaan.. (idiot)

saya sendiri pernah mengalami sebuah kejadian lucu. saya bermaksud menolong seseorang. saya sama sekali gak mengharap imbalan apapun dari apa yang saya lakukan. sehingga saya dengan ikhlas menolak balasan uang yang dia tawarkan. tapi jawabannya malah sedikit aneh. `jadi kamu bantu saya, karena kasihan sama saya? jadi kamu anggap saya fakir miskin dan anak terlantar yang butuh di kasihani?!` ucap orang itu dengan sedikit marah.

huahahahaha.. (rofl) saya benar-benar tertawa tergelak.. susah banget ya, mau jadi orang baik.. (tongue)

.

deblogger berbagi di bulan suci

bulan ramadhan memang saat yang indah untuk saling berbagi.. tapi bukan berarti bulan-bulan yang lain kita tidak berbagi pada sesama loh..

tanggal 5 September 2009, saya dan teman-teman dari deBlogger, depok berhasil mengunjungi sebuah panti werdha di kawasan sawangan depok.. disana kami berbagi sedikit kebahagiaan kepada para lansia yang kami panggil dengan sebutan oma dan opa.. para opa dan oma ini sangat senang sekali dengan kedatangan kami.. tentunya kami, para anggota deblogger pun, merasa sangat senang bisa menghibur mereka.. kalau mau tahu gimana serunya disana.. yuk kita liat gimana serunya disana..

selamat menikmatiiiiii… (party)

deBlogger Berbagi di Bulan Suci from ramadoni on Vimeo.

malaikat-malaikat kecil itu butuh di lindungi

apa yang ada di bayangan kita saat mendengar kata anak-anak. tentunya melihat sosok mungil, polos, dan lugu. tak hanya itu tapi juga teriakan, tangis, kenakalan, dan yang lainnya. anak-anak dengan segala hal yang ada di diri mereka tetap lah menyenangkan untuk di lihat.

Tepat di hari ini, 23 Juli 2009, anak-anak di seluruh Indonesia memperingati hari anak Indonesia. Sejarahnya, hari anak nasional pertama kali dicanangkan pada 23 Juli tahun 1986 oleh Alm. mantan Presiden Suharto. Pak Harto waktu itu berharap, ini menjadi awal kunci kemajuan bangsa. tiap-tiap negara menetapkan tanggal yang berbeda untuk memperingati hari anak di negaranya. dan mereka pun memiliki cara yang berbeda-beda untuk memperingati hari anak. misalnya hari anak di jepang (kodomo no hi) yang di selenggarakan setiap tanggal 5 mei yang di peringati dengan memasang koinobori. hmm.. kalau di Indonesia, apa ya yang menjadi ciri khas perayaan hari anak? gak ada sepertinya.

ku rasa anak-anak sendiri kurang menyadari adanya hari anak ini. mungkin karena tidak ada yang khas yang di lakukan dari tahun ke tahun oleh mereka. berbeda dengan hari kartini yang selalu di rayakan dengan karnaval, berbaju daerah, dan sebagainya. pada tanggal ini anak-anak sering di beri fasiltas lebih sebagai privilages, di hari anak ini.

IMHO, penting di lakukan di hari anak ini adalah melindungi dan membantu anak-anak. melindungi fisik dan mental mereka dari hal-hal yang bisa merusak. banyak kasus terjadi hal-hal yang paling dekat dengan mereka pun bisa merusak anak-anak. orang dewasa dengan kekasaran mereka? baik tindakan kasar verbal atau non verbal, seperti yang terjadi pada kasus bapak tiri yang tega menabrakkan anak tirinya ke kereta, pelecehan seksual pada anak-anak, atau kasus-kasus kekerasan lainnya. belum lagi kasus pekerja di bawah umur dimana masih banyak anak-anak yang di manfaatkan untuk di jadikan pemulung, peminta-minta, pembantu rumah tangga dan yang lainnya hanya karena bayaran mereka lebih murah dibanding yang lainnya. karena di sadari atau tidak, hal itu bisa mengganggu perkembangan psikologis mereka.

selain itu, ada banyak hal berbahaya lain yang mengintai anak-anak. seperti televisi, pergaulan, dan sebagainya. pengaruh buruk televisi bagi anak-anak sudah banyak di sadari oleh beberapa kalangan. sehingga muncul lah gagasan untuk memulai aksi hari tanpa televisi.

kenapa sih televisi kurang bagus untuk anak-anak? ya selain banyak acara televisi yang tidak tepat untuk di konsumsi anak-anak, karena waktu anak-anak akhirnya habis untuk menonton TV. bayangkan saat hari minggu. dari anak-anak membuka mata, sampai siang hari sekitar pukul 11, mereka sudah di suguhkan dengan tayangan kartun, cerita anak-anak yang beragam. mata mereka sama sekali tidak lepas dari televisi. mungkin sampai tidak makan, mandi, dan tidak melakukan aktifitas sosial lain. itu hanya pada hari minggu. bagaimana pada kesehariannya? tidak sedikit anak-anak yang ikut menonton TV sampai larut malam, bersama orang tuanya. perlu disadari bahwa Anak yang sering menonton tv juga mengalami masalah pada pola tidurnya, seperti terlambat tidur, kurang tidur bahkan tak bisa tidur, cemas tanpa sebab, terbangun malam dan mengantuk pada siang hari. sedangkan anak-anak sangat butuh waktu tidur yang lebih lama di banding orang dewasa. karena menurut penelitian, tidur cukup yang berkualitas pada anak-anak akan merangsang otaknya untuk berkembang dengan lebih baik. mudah-mudahan ini juga menjadi perhatian khusus bagi orang tua untuk membatasi waktu menonton untuk anak-anak mereka.

ini hanya masalah mental dan psikologis untuk anak-anak. bagaimana dengan yang lain. soal hak anak-anak untuk memperoleh pendidikan, kesehatan, keamanan dan yang lainnya? ada banyak pihak juga yang sudah mulai perduli soal pendidikan untuk anak-anak ini. terutama untuk anak-anak yang nyaris putus sekolah. ada program coin a chance yang isinya inti programnya adalah mengumpulkan recehan kembalian untuk di gunakan untuk membiayai anak-anak yang nyaris putus sekolah. salut buat temen-temen di coin a chance. aku sama beberapa temen-temen sendiri mulai menjalankan program yang nyaris sama. kita menyisihkan jatah biaya nongkrong di starbuck dll, untuk biaya pendidikan anak-anak yang hampir putus sekolah. ya kita ambil permisalan sekali ngopi bareng di sana, masing-masing orang minimal menghabiskan 30ribu rupiah. andai uang itu kita kumpulkan oleh 3-5 orang saja, tentu sudah bisa di pakai untuk menutup uang bayaran sekolah perbulan satu orang anak. alhamdulilah sudah lumayan banyak temen-temen yang mau menyisihkan sedikit uang mereka, dan ikutan pogram ini. mudah-mudahan program ini bisa berjalan terus, dan makin banyak anak yang bisa di bantu. amiiin.. (worship)

selamat hari anak nasional.. (dance)  lets protect our children.. (cozy)

note : fotonya nemu di file lama, mudah2an yang punya gak protes (worship)