Anggur merah dan kenangan masa muda. tsaah!

Kalau bicara tentang anggur merah, apa yang ada di pikiranmu? yang ini??

atau yang ini? Anggur merah versi minuman alias Red Wine.

Kalau saya… ingetnya malah ini..

“Anggur merah yang selalu memabukan diriku kuanggap
Belum seberapa dasyatnya bila dibandingkan dengan senyumanmu
Membuat aku jatuh bangun
Anggur merah yang selalu memabukan diriku kuanggap
Belum seberapa dasyatnya bila dibandingkan dengan senyumanmu
Membuat aku lesu darah..”

– lirik lagu Senyum Membawa Luka By Meggy Z –

hahaha.. iyak! lagu dangdut! :))

Buat penyuka dangdut, pasti kenal dengan cuplikan lagu itu. Jujur saja, Saya bukan pecinta dangdut, tapi saya juga gak anti lagu dangdut. Lagu yang punya judul asli Senyum Membawa Luka ini, tadi mendadak terlintas di kepala saat saya melihat tumpukan anggur merah di pasar tadi pagi..

Lagu ini punya kenangan tersendiri buat saya.. Cukup melekat dikepala, bukan karena saya suka sama lagunya. Tapi duluuuu.. Jaman SMP saya terpaksa menghafalkan lagu ini. iyak MENGHAPAL! Pasalnya, guru SMP saya, pak djusman Saragih, guru matematika saya, sering kali menghukum para siswa dengan menyuruh mereka menyanyikan lagu anggur merah ini di kelas.

Pertama kali dapat guru yang terkenal killer ini. Saya sudah dikejutkan ketika pak Djusman menghukum salah satu teman di kelas dengan bernyanyi lagu anggur merah ini. Dan gak boleh balik ke kursi sebelum nyanyi dengan bener! akhirnya beneran deh tuh temen gak duduk sampe pelajaran selesai. Demi menghindari tragedi serupa terjadi pada saya, walau saya bukan penikmat dangdut, sepulang sekolah, saya langsung cari tau tentang lagu ini. saya pikir judul lagunya anggur merah. ternyata bukan, saudara-saudara! :))

Maklum lah.. Dulu belum secanggih sekarang. Belum ada google dan youtube atau azlyric dan semacamnya. Gimana pula saya bisa tau lagu ituuu.. Dulu Mau nangis rasanya :))

Wal hasil selama beberapa malam, saya meminjam radio si mbak helper rumah, cari channel dangdut. Saya bengong di depan radio sambil nunggu lagu ini diputar supaya saya bisa mencatat liriknya. MENCATAT! Iya, mencatat!

Buat saya, pelajaran matematika sama sekali tidak menakutkan yang paling menakutkan adalah hukumannya itu loh.. Gak cuma suruh nyanyi kadang, tapi disuruh joget juga sambil ngangkat dua jempol. Kebayang dooong!! udah gitu, pak djusman ini bisa dengan semena-mena loh menghukumnya.. Gak perlu alasan apapun.. Siapapun bisa kena hukum :)))

saya pun pernah kena hukum, gara-gara salah informasi. katanya si bapak ini gak masuk. jadilah saya dan beberapa teman ngeloyor ke kantin. eh, pas balik ke kelas, bapaknya udah ada.. jadilah kami rame-rame suruh nyanyi.. >_<

mari kita nostalgia dan nyanyi lagi.. Mari angkat jempolnya sodara-sodaraaaaa!!! :)))

 

Apa yang penting buatmu?

Apakah kamu tau, apa yang penting buatmu saat ini? ya.. saat ini.. bukan kemarin.. bukan bulan lalu.. bukan tahun lalu.. atau 10 tahun yang lalu..

Pertanyaan ini tiba-tiba muncul di kepala, siang ini. saat saya duduk di sudut kedai kopi di kota kasablanka. Dari tempat saya duduk, saya bisa melihat begitu banyak orang yang lalu-lalang. Ada yang berjalan bergegas. Ada yang berjalan santai, menikmati setiap detik hidup mereka. sendiri, atau bersama orang tersayang.

Saya melihat sekumpulan remaja tanggung yang sibuk berdebat mau kemana. Sekelompok satpam yang sibuk menjalankan tugasnya. Seorang office boy yang berusaha bekerja dengan sungguh-sungguh, membersihkan bekas permen karet di lantai. Sementara di sudut lain, seorang bapak yang masuk dengan tergesa-gesa ke kedai kopi ini dan langsung mencolokkan chargernya dan beberapa menit kemudian baru memesan kopi.. hmm.. kira-kira apa yang penting buat mereka sekarang.. kebersamaan dengan sahabat? HP yang selalu menyala? promosi dari atasan? atau sekedar perut kenyang untuk bisa melanjutkan hidup?

saya teringat seorang sepupu yang bertekad mencari kerja dijakarta. well.. dia beruntung, akhirnya dia bisa bekerja di Jakarta dengan gaji sedikit diatas UMR. Bagi fresh graduate sepertinya, itu tentu sesuatu yang sangat membanggakan. saya pernah bertanya.. apa yang penting baginya sekarang? kenapa dia begitu bertekad ingin ke Jakarta. Ingin pergi ke kedai kopi ternama dan duduk-duduk santai disana.

Dia bilang, ingin terlihat keren. Sangat penting baginya, agar teman-temannya (di kota kecil di jawa tengah sana), tau bahwa sekarang dia sudah kerja di JAKARTA, bisa kerja di TV, Bisa minum kopi mahal hampir tiap minggu.

hmmm… well.. saat ini, itu yang penting baginya. tidak salah memang. mungkin hal itu yang akan membuatnya berjuang untuk tetap bekerja dijakarta. menerjang macetnya jakarta tiap pagi. mengganti HP dengan yang lebih mahal, walau harus mencicil atau berhutang. Buat sebagian orang, itu aneh. tapi buat dia, itu penting! Demi terlihat “wah”, versi dia dan teman-temannya.

saya tidak akan men-judge atau menggurui. semua orang punya prioritas. semua orang punya hal yang penting baginya dan ingin dia kejar. Semua hal itu malah membuat saya bertanya kepada diri sendiri. Sebenarnya apa yang penting buat saya sekarang? 😀

Sepertinya saya harus membuat mimpi-mimpi baru.. menyusun prioritas baru..

Jadi.. apa kamu sudah tau, apa yang penting buatmu sekarang?

 

 

Bebek Kaleyo, tempat makan enak dan murah di bandung

Dulu, saya tidak terlalu suka makan bebek. Soalnya pertama kali mencicipi bebek, rasanya kurang enak. amis, lembek-lembek gimana gitu, trus rada alot alias keras. Jadi agak trauma. Makanya cukup lama saya berada dibarisan pecinta ayam.

Cuma setelah sekian lama, berada di genk ayam, saya diajak berpindah haluan untuk juga mencintai sodaranya ayam yaitu bebek.. saat saya pertama kali mencicipi bebek, kebetulan adalah bebek kaleyo di tebet. Ternyata hal itu cukup mengubah cara pandang saya terhadap mahluk lucu bernama bebek yang ternyata juga enak untuk dinikmati.. hahahaha.. rada sadis yak… >_<

Nah, ketika jalan-jalan ke bandung, pas tau bahwa di bandung bebek kaleyo udah buka cabang, langsung saya mengelinding ke jalan pasir kaliki no. 185-189, deket perempatan paskal-pasteur, bandung. Lokasinya gabung sama bali heaven. Makanya lokasinya asik banget buat jadi tempat kuliner bandung.

(sumber : doc pribadi)

berhubung udah gak trauma lagi sama si bebek dan udah tau banget kalo bebek kaleyo ini rasanya enak karena empuk dan gurih, makanya saya udah gak ragu lagi buat nyicip berbagai menu bebek disini.

Kali ini saya mencicipi bebek cetar (membahana). Bukaaan.. bukan bebeknya syahrini.. tapi emang sih, pas pertama kali baca tulisannya dimenu saya langsung penasaran. namanya lucu. Sayangnya, di menu yang pake nama lucu begini Cuma si bebek cetar. Mungkin kalo nama menu-menu yang lain di kasih nama yang lucu-lucu juga, seru kali yaaaa..

(sumber : doc pribadi)

Bebek cetar ini adalah bebek empuk, dengan bumbu siram khas Madura. Yang warnanya item itu loh.. rasanya enak. dagingnya empuk, tapi pas kena tulang, tulangnya itu di goreng garing. Jadi si bebek ini benar-benar bisa dinikmati hingga ke tulang. Tandaasss!

Saya suka banget sama sambal mangganya. Pedes dan asamnya seimbang. Gak terlalu pedes dan atau terlalu asam. Tapi seger banget. Sebenernya disini di sediain sambal merah yang bisa diambil sepuasnya. Tapi buat saya, sambelnya pedes banget. Enak sih rasanya..tapi gak kuat makan sambal banyak-banyak.. maklum deh.. gak kuat sambal.. hihihihi..

Sebenernya disini ada banyak banget minuman yang keliatannya seger banget. Dari mulai es lidah buaya, es mangga, es pala, es kelapa batok, es campur sampe berbagai jus kayak jus stamina juga ada. Jus stamina ini adalah jus sayur. Bagus buat kesehatan. Makanya namanya jus stamina. Tapi karena saya masih batuk, makanya hari ini saya memesan wedang jahe sama teh anget tawar aja. Wedang jahenya enaaak.. pake gula merah soalnya. Cuma sayang, kurang anget buat leher saya yang butuh kehangatan. Leher ya leheeerr.. bukan hati.. cih! :p

Buat yang belum pernah kesini, coba deh dateng ke bebek kaleyo bandung. sangat pantas mendapat sebutan tempat makan enak dan murah di bandung. kalo gak percaya, coba aja sendiri.. liat deh tempatnya.. Asik banget kan buat tempat hang out bareng temen atau keluarga?

(sumber : doc pribadi)

kalo ada yang mau ke bandung, saya tolong diajak yaaaa… nanti kita sama-sama makan bebek di sini.. ^0^

 

 

Pusing pala luvie

*nyapu2 blog yang lama gak di urus sambil nyanyi pusing pala berbi-nya putri bahar* klo belum kenal lagu ini, googling deh.. lagu yang katanya nyontek lagunya all about the bass-nya Meghan Trainor ini emang lagi happening binggoow.. :))

udah lama banget deh gak nulis di blog ini.. padahal banyak banget yang pengen diceritain.. tapi sayang.. waktu dan energinya gak ada.. Tsaaah! gaya! :))

well.. emang bener sih.. belakangan lagi punya mainan baru yang cukup menyita waktu dan perhatian.. tapi sumpe.. seru banget.. :)) jadi ceritanya sejak 1 oktober tahun lalu, saya asik mengembangkan bisnis kuliner yang selama beberapa tahun ini hanya mengurusi katering, kini berkembang dengan membuka sebuah warung makan di kawasan tebet. Tepatnya di tebet raya No. 28 Jakarta. Namanya Warung Pedes Seger. konsepnya sederhana. warteg yang bersih dan nyaman dan pastinya dengan makanan yang enak dan sehat.. 🙂

pengembangan bisnis ini juga berlangsung mendadak dan tidak disengaja. berawal dari curhatan seorang sahabat yang kepusingan sama manajemen warung makan yang dikerjakan bersama dua temannya. dia merasa bisnisnya itu tidak berkembang, bahkan makin lama terus merugi. Dia pun berpikir untuk menutup bisnisnya itu. saya pikir sayang sekali.. karena sejak awal mendirikan bisnisnya tersebut, sahabat saya ini sudah banyak berkonsultasi dengan saya. dalam berbagai hal. jadi secara tidak langsung, saya merasa ikut terlibat dalam bisnis ini, walaupun hanya sebagai pemberi saran.

Karena merasa kasihan dengan para pegawainya yang akan kehilangan pekerjaan, saya menawarkan untuk membeli bisnisnya itu. Dia dan dua temannya yang lain pun menyambut baik tawaran dari saya. tapi setelah itu saya bingung.. belinya pake apa? pake daon?? Ya keleeeuusss!! :)))))

Akhirnya saya pun membongkar tabungan untuk menyelamatkan bisnisnya ini. Sejak mengurus warung ini, Alhamdulillah warung ini bisa semakin berkembang. makin rame.

jam makan siang.. penuuh ^_^
sore-sore aja masih banyak yang dateng ^_^

Seru banget. gimana gak seru.. soalnya memasuki bulan ketiga saya handle warung ini, si mbaknya yang waktu itu hamil besar, mendadak lahiran :)) jadilah saya yang bener-bener harus turun langsung mengurus warung. Dari belanja, masak, ngelayanin pelanggan, dsb. Lumayan deeh.. sebulan lebih. sampe si mbaknya kembali bisa beraktifitas. padahal di saat yang sama, alhamdulillah saya sedang kebanjiran pesanan katering. ada katering harian yang buat rumah. ada prasmanan. ada juga kateringan buat syuting. semua orang pun saya ajak turun tangan. bokap-nyokap-mpus.. semua saya minta buat bantu ngurusin nasi kotak buat makan pagi-siang-malam yang jumlahnya mencapai ratusan kotak per hari.. :)) masaknya gak berentiii :))

thank you mom and dad :-*
Salah satu Kurir yang tetap siaga mengantar ^_^

Alhamdulillah.. berkat pertolongan Allah, semua berjalan lancar. kini kami memasuki bulan ke6. Semua sudah tahu tugas dan kewajiban masing-masing. Nyaris sudah bisa berjalan autopilot. Makanya bulan lalu, ketika mulai bosan dengan rutinitas yang ada. Saya mulai aneh-aneh nyari-nyari kesibukan.. yaitu bikin bisnis baru :)) #CariPerkaraBanget

Saya berniat membuka warung tenda. alhamdulillah ada kesempatan buka warung tenda di pusat jajanan kuliner di kalibata. tepatnya di seberang makam pahlawan kalibata.

warung tenda kalibata

tapi rupanya, keputusan saya agak tergesa-gesa. saya belum memiliki SDM yang cukup baik. makanya sekarang kepala saya pusing, cari pegawai.. dan pusing gimana ngembangin bisnis ini ke depannya.. 😀

yang namanya manusia emang gak pernah merasa puas.. ada aja ulahnya.. yaa.. tapi itu yang (semoga) membuat mereka berkembang. Insha Allah saya menikmati semua prosesnya. semoga segera ada jalan keluar dari semua masalah ini. semoga bisa segera buka kembali deh warung tendanya.. kalo ada yang punya saudara atau teman yang lagi cari kerja dan tinggal di seputaran pasar minggu-kalibata-tebet, monggo kontak saya yaaa.. siapa tau bisa bantuin di warung tenda.. 😀

mohon doanya dari kawan-kawan semua.. ^_^

mari nyanyi lagi.. pucing pala luviiiie.. ^_^

tarik maaaaangg… :))))

 

 

Waktu yang akan menyembuhkan segala luka

Sejak kita lahir ke dunia ini, kita akan selalu belajar melalui berbagai petualangan yang kita lewati. Mendaki anak tangga seakan mendaki gunung terjal, merambat di pinggiran tempat tidur seakan berjalan di pinggir jurang, dan berjingkat di atas lantai beton teras yang panas seakan melewati rumput api yang membakar kaki..

saat belajar, sering kali kita tidak bisa melepaskan diri dari luka. Saat belajar, kita jatuh, tergores, terluka.. Namun itu yang kemudian membuat kita jadi lebih kuat dari sebelumnya.

Mungkin kita sudah sering mendengar bahwa “waktu akan menyembuhkan segalanya”. Ya..saya percaya.. saya yakin akan hal itu. Waktu akan membuat luka itu mengering, walau tak menghilangkan bekas luka, tapi seiring berjalannya waktu kita bisa belajar untuk hidup dengan luka itu atau bahkan belajar untuk memaafkan penyebab luka tersebut..

Entah karena pendewasaan atau karena sedang mempersiapkan diri untuk tahap kehidupan berikutnya, luka itu makin sembuh.. hubungan yang dulu begitu rumit, perlahan mulai menjadi lebih sederhana.. benang kusut yang dulu membelit, kini mulai terurai.. Saya tak lagi menunggu.. kini saya melangkah dan mencoba memperbaiki banyak hal..

Satu hal yang pasti, ini bukan hanya karena usaha saya sendiri.. tapi karena dia pun berusaha.. berusaha jujur dengan perasaannya.. berusaha jujur dengan keadaannya.. Semuanya kini membaik.. semuanya mulai berjalan normal.. dan aku sangat menikmatinya.. 🙂

Semoga ini tak hanya sementara… semoga ini bisa selamanya.. tapi aku sadar, waktu kami tidak lama.. 🙂

Piknik di rumah sakit

Seumur-umur, gak pernah deh yang namanya di rawat di rumah sakit.. klo nungguin orang sakit sih sering.. bahkan sampe berbulan-bulan.. :)) ternyata gini ya rasanya di rawat di rumah sakit? Ternyata gini ya rasanya di operasi? Sakit? Dikit. Gak enak? Gak juga sih..malah seru.. :)) Iya.. gak salah ketik kok.. emang seru banget.. hahaha..

jadi ceritanya, pertengahan bulan februari saya menemukan ada benjolan di payudara kiri. Setelah saya periksa ke rumah sakit, dokter mengatakan benjolan itu adalah tumor. Mengingat saya ada riwayat keluarga yang mengidap kanker, dan perkembangan si tumor ini lumayan pesat, makanya dokter menyarankan agar segera diangkat sebelum berubah sifat menjadi kanker.. pas denger kabar begitu, hal pertama yg saya lakukan adalah ngecek asuransi.. soalnya akhir feb kemarin, asuransi dari kantor habis masa berlakunya.. :)) #PasBeneurrr

Ternyata asuransi kantor diperpanjang. Amaan.. hihihihi.. next step adalah lapor pak bos.. minta izin kerja dari rumah untuk jangka waktu tertentu.. soalnya saya sempat googling, waktu recovery untuk operasi semacam ini bisa lama.. antara 1-4 bulan. Sempet pusing juga sih kalo beneran harus recovery selama itu.

Tibalah hari yang sudah di jadwalkan untuk operasi. Orang-orang yang saya temui, banyak yang mensupport dan menenangkan.. saya pun berusaha tenang.. tapi tetep aja ye.. pengalaman pertama.. bikin tegang.. bikin tekanan darah saya lumayan tinggi pas sampe rumah sakit.. :)) #EfekStrees.

Sesampainya di rumah sakit saya harus mulai puasa.. padahal belum sempat makan siang 🙁 “saya lapaaaarrrrrr…” cuma kalimat itu yang saya ketik tiap ada yang nanya kondisi saya hari itu.. =))

image

Saya pun menghabiskan hari dengan tidur sambil nunggu nyokap dan mpus yang janji akan datang malam hari. Salah satu doa saya.. semoga mereka datang sebelum saya masuk ruang operasi.. alhamdulillah… mereka datang setengah jam sebelum operasi dan pidi, datang beberapa menit sebelum saya dibawa masuk ke ruang operasi.. jadilah mereka bertiga “mengantar” saya sampai depan kamar perawatan.. dengan pesan-pesan kocak, mereka melepas saya.. saya pun kembali merasa tegang saat dibawa menyusuri koridor sepi..

Beneran deh.. itu koridor sepi banget.. saya pun di pinggirkan di salah satu sisi koridor. Susternya bilang sambil nunggu dokter. Dokternya masih di jalan. “Whaaaatt? Lah kalo masih di jalan, kenapa gue udah di giring kemariiiii.. =))” *gigit2 selang infus* tapi ternyata gak lama lagi dokternya lewat kok.. sambil senyum-senyum… *saya tetep ngunyah kabel infus*

Here we go.. saya pun dibawa ke ruang operasi.. bentuk ruangannya ternyata emang mirip sama yang di film-film..#Norak

Saya di tempatkan dibawah lampu berukuran sangat besar.. setelah dipasangi kabel-kabel ekg, saya disuruh bernafas melalui masker oksigen.. dan ternyata saya ditipu… 🙁 🙁 itu bukan masker oksigen beneran.. tapi obat anestesi alias obat bius.. baru dua kali tarik nafas saja saya sudah kehilangan kesadaran.. tarikan nafas ketiga saya sudah berada dikoridor lagi dengan ditemani mpus, nyokap dan pidi..

What? Gitu doang operasinya? Bentar bangeeeettt.. gak berasaaaa.. #eh

Sayup-sayup saya denger suara nyokap manggil-manggil nama saya dan bilang kalo operasinya udah selesai.. dan kalimat pertama yang saya ucapkan adalah.. “jadi udah boleh makan?” :)) Well.. at that time, my mom know that her daugther was fine :))

image

Hahaha.. setelah mengumpulkan kesadaran di kamar perawatan, suster membawakan makan malam.. saya boleh makan dan minum obat.. senangnya.. saya pikir harus tunggu buang gas dulu baru boleh makan..

Bicara soal makanan, banyak yang bilang makanan rumah sakit itu gak enak.. menurut saya, tergantung rumah sakitnya sih.. dari pengalaman saya, beberapa rumah sakit gak cuma memperhatikan gizi, tapi mereka juga cukup memperhatikan rasa dan penampilan masakan kok..

image

Makanan di rumah sakit tebet dan rumah sakit dharmais sih lumayan enak menurut saya.. sayangnya porsinya kecil :)) karena saya laper kali ya? :))

Kalau sebelumnya saya pikir saya akan tinggal lama di rumah sakit untuk pemulihan, ternyata gak begitu.. setelah dua hari di rumah sakit, kondisi saya sudah cukup sehat dan boleh pulang.. gak jadi 1-4 bulan.. Hahahaha.. dan saking sehatnya.. di hari terakhir, sambil nunggu tagihan rumah sakit, saya masih bisa foto-foto geje sama mpus.. :))

image

Kalau liat foto-foto itu, kayaknya gak ada yang percaya kalau dua hari sebelumnya saya habis operasi.. hahahaha.. Emang bener sih., segala sesuatu itu dimulai dari hati dan pikiran.. kalau semua dibawa ringan, segala hal bisa jadi jauh lebih ringan.. kalau dibawa berat.. semua juga jadi berat..

salah satu hikmah yang saya ambil dari kejadian kemarin adalah jangan takut sama penyakit.. dan jangan denial.. kalau kita bisa menerima bahwa memang penyakit itu ada di diri kita (bisa karena genetik), kita akan lebih bisa memikirkan alternatif pengobatan untuk penyembuhannya..

kalau kita sudah menerima kenyataan bahwa kita memiliki resiko atas penyakit tertentu, kita akan bisa lebih waspada.. seperti yang saya rasakan.. karena saya sadar bahwa saya memiliki resiko penyakit kanker karena riwayat genetik keluarga, saya pun cukup rajin melakukan SADARI (pemeriksaan payudara sendiri), dan ini kemudian yang cukup menolong saat tiba-tiba ada tumor di payudara yang ternyata tumbuh lumayan cepat..

Coba bayangkan kalau saya tidak rajin melakukan SADARI, mungkin saya akan terlambat mendapat penanganan.. 😉 well.. jangan takut sama penyakit.. jangan takut berobat.. semiga kuta selalu diberi kesehatan olehNya.. aamiin..
hihi.. makasih atas support dan doa dari teman-teman semua..

– Luvie Melati –
Posted from WordPress for Tablet Android

Jalan-jalan ke Kampoeng Djamoe Organik

Kunjungan ke Kampoeng Djamoe Organik beberapa waktu lalu lalu, sepertinya bikin saya sadar bahwa banyak yang belum tahu bahwa Martha Tilaar punya sebuah lahan khusus untuk pelestarian dan pengembangan tanaman obat.

Tempat ini memang bukan tempat rekreasi, tapi merupakan bagian dari lahan yang disiapkan pihak Martha Tilaar untuk mengembangkan budi daya tanaman obat.

Di lahan seluas 9 hektar ini, saya berkesempatan berkeliling melihat berbagai tanaman obat yang ada. Tidak hanya nama tanaman, tapi di plang nama tiap tanaman, juga di cantumkan khasiat dari tanaman tersebut. Jadi kita gak bingung cari informasi apa manfaat tanaman-tanaman yang ada disitu.

Kalau di perhatikan sebenarnya tanaman-tanaman ini dulu sering saya temui saat saya kecil. Dari pohon mangkok-mangkokan, pohon jarak, pohon mengkudu, dan sebagainya. Bahkan tanaman-tanaman ini jadi bagian dari bahan permainan saya waktu kecil.

Tapi sayang,  dengan semakin padatnya penduduk jakarta. Lahan untuk tanaman-tanaman ini jauh berkurang dengan drastis. Saat saya datang ke Kampoeng Djamoe Organik ini, saya seakan kembali ke masa lalu dimana saya menemukan banyak tanaman yang saya kenal. Dulu karena masih anak-anak, saya tidak mengenal semua fungsi tanaman-tanaman ini.

Dulu memang sih kalau saya atau teman sempat jatuh, luka, atau gatal-gatal karena sengatan serangga, kami sering mengobati diri sendiri dengan tanaman-tanaman yang ada di sekitar. Sepertinya hal semacam ini sudah tidak lagi dikenali oleh anak-anak kecil jaman sekarang lebih percaya pada obat-obatan kimia atau percaya kata-kata sakti dokter yang memberikan mereka resep obat-obatan mahal. Padahal.. Indonesia ini kaya banget loh dengan berbagai tanaman obat..

Saya jadi ketawa saat salah satu pegawai Kampoeng Djamoe Organik (KaDO) ini membahas soal klorofil produksi luar negeri yang katanya bagus untuk kesehatan tapi harganya selangit. Pegawai KaDO ini malah memberikan saya segelas cincau hijau yang kaya zat hijau atau klorofil ini. ya.. walau mungkin fungsinya tidak benar-benar sama, tapi saya faham maksud beliau. Dari pada membuang uang ratusan ribu untuk membeli suplemen yang sudah di olah secara kimiawi, lebih baik kembali memanfaatkan apa yang ada di sekitar kita.. apa yang ada di alam.. sungguh pengalaman yang sangat mengesankan..

Kalau ada rombongan yang ingin main ke Kampoeng Djamoe Organik, saya sarankan menghubungi pihak Martha Tilaar. Bisa cari infonya melalui twitter @Martha_Tilaar.

oh ya… di akhir kunjungan, saya dan teman-teman masing-masing diberi sebuah tanaman obat di dalam pot. saya memutuskan memilih sirih merah.. sampai sekarang sih alhamdulillah tumbuh subur.. sepertinya harus digalakkan lagi nih pengadaan lahan untuk tanaman obat dan bumbu-bumbu dapur. gak susah kok. Karena kita bisa tanam di pot. jadi.. Gak ada lahan bukan alasan..

Rasanya pengen deh bikin postingan list tanaman obat dan fungsinya.. mari kumpulkan data-datanya dulu.. 😀 ayo menanam tanaman obat! 😀

ps. thank you irma atas foto kembang sepatunya.. 🙂

 

Cepot dan Imunisasi

Dua minggu lalu saya ga sengaja ketemu cepot di bandung. tepatnya di Rest Area 97, dalam perjalanan pulang dari bandung menuju jakarta.

Tau dong siapa si Cepot ini? yaps! tokoh wayang dari tanah sunda ini memang terkenal banget dengan wajahnya yang merah..

Dan satu hal yang gak di sangka-sangka, si cepot ini super ceriwis.. saya banyak ditanya sama tokoh wayang satu ini? gak percaya? berikut petikan obrolan saya dengan cepot saat saya minta foto bareng dengannya..

——————————————–

Luvie (L) : cepoooott!! foto bareng dooong!
Cepot (C): hadeuh. Kenalan dulu atuh.. saha namina.. Ngapain teh kesini?
L : oh. saya luvie. lagi cari oleh-0leh. Tadi abis jalan-jalan ke pabriknya biofarma.


C : Oh.. pabrik obat itu ya?
L : bukan, pot.. bio farma itu produsennya vaksin. itu loh.. buat imunisasi.. Yang produksi obat itu saudaranya.. Kimia Farma.
C : beda ya? emang ngapain teh di biofarma?
L : keliling-keliling pabriknya. disana ada museumnya juga.. keren banget loh, pot.. aman, higienis, dan semua ter-manage dengan baik. Soalnya kalo mau masuk ke sana, kita harus cuci tangan, pake sepatu dan baju khusus juga. Tuan rumahnya juga disana ramah-ramah.. hihi.. asik deh..


C : Ada apa teh disana?
L : ya ada pengembangbiakan vaksin lah.. namanya juga produsen vaksin.. ternyata vaksin itu macem-macem banget loh.. Dari vaksin yang emang udah kita kenal kayak DPT, BCG, TT, Hepatitis, dan lain-lain, ada juga vaksin flu, dan vaksin kanker serviks. itu tuh.. untuk cegah kanker mulut rahim.. keren kan? teknologi ternyata udah maju banget.. Cepot udah di imunisasi lengkap, belum?
C : moal. gak mau. Vaksin mengandung babi. Haram, atuh..
L : eh.. gak bener tuh.. kamu dapat info dari mana?
C : Dari orang-orang..
L : udah konfirm ke pembuat vaksinnya belum?
C : Tapi kata orang-orang vaksin itu dibikinnya dari lemak babi..
L : Denger dulu.. Dalam beberapa vaksin seperti polio, saat ditemukan, emang pake tripsin (enzim yang ada di pankreas babi) untuk memotong (melepaskan) virus dari sel tempat berkembangnya. Kalau di ibaratkan panen padi, tripsin ini tuh arit atau guntingnya. Tapi abis itu tripsin ini dibuang. Gak di pake lagi. Trus si virusnya juga dicuci ratusan kali dan di larutkan dengan air dalam jumlah besar.. hasil akhir vaksin itu juga udah gak ditemuin kandungan tripsin kok.
C : Masa sih?
L : beneraaaan.. udah terjamin. udah ada fatwa MUI juga yang memperbolehkan penggunaan vaksin ini. lagian ya.. tiap produk yang dihasilin juga ngelewati beberapa kali proses pengujian. pengujiannya satu persatu. bener-bener tiap vaksin loh.. bukan cuma sampelnya aja..
C : emmm… tetep gak mau ah.. abis katanya yang bikin vaksin ini orang yahudi ya?
L : halaaah.. ini isu dari mana lagi, coba..


C : Cepot baca gitu kok.. katanya lambangnya yang bikin vaksin itu lambang zionis..
L : haduh pooot.. gambar bintang itu, gambar glicoprotein. Jangan asal nuduh, atuh.. lagian aneh banget deh isunya. Biofarma itu kan perusahaan milik negara. Udah dari jaman belanda, pot! sebelum kita merdeka! Udah lebih dari 100 tahun nyediain vaksin buat orang-orang indonesia dan negara lain. bayangin.. kalau gak ada vaksin atau serum, mungkin penduduk dunia sudah punah. kalah sama penyakit. Sebenernya dari manapun vaksin berasal, siapapun yang bikin, yang pasti vaksin sudah terbukti mampu menyelamatkan jutaan nyawa manusia..
C : oh gitu.. tapi cepot pernah baca, ada orang yang abis di vaksin polio malah abis itu sakit dan meninggal. bahaya dong? 
L : Soal ada yang meninggal atau sakit, sebenernya harus teliti betul. Kadang, sebelum imunisasi, orang itu ternyata sudah menderita atau ada gejala penyakitnya. jadi bukan karena vaksin terus sakit. vaksin itu bukan obat. vaksin fungsinya mencegah. kalau obat, baru fungsinya mengobati. Jadi sebelum kena penyakit ini-itu, sejak kecil kita udah di vaksin macem-macem. biar tumbuh sehat.. kayak akuuu.. *senyum2* kamu kurus kering gitu mungkin kamu gak di imunisasi lengkap, pot.. 😆
C : enak aja.. Cepot bukan kurus kering..tapi seksih..
L : -__- jadi gimana? Udah boleh foto bareng, belum? *kedip2*
C : boleh. tapi temenin cepot vaksin hepatitis B ya. biar sehat!
L : Siaaaap!!

————————-

akhirnya.. berhasillah saya foto bareng dengan si cepot ini.. so.. teman-teman… jangan takut lagi untuk imunisasi ya.. kalau ada info yang kurang jelas, bisa cari info atau tanya-tanya di infoimunisasi.com.

 *sumber foto : google, cici & hanni

 

You’ve Got A Friend



“You’ve Got A Friend”

When you’re down and troubled
And you need a helping hand
And nothing, nothing is going right
Close your eyes and think of me
And soon I will be there
To brighten up even your darkest night
You just call out my name
And you know wherever I am
I’ll come running to see you again
Winter, spring, summer or fall
All you have to do is call
And I’ll be there, yeah, yeah, yeah.
You’ve got a friend

If the sky above you
Should turn dark and full of clouds
And that old north wind should begin to blow
Keep your head together
And call my name out loud, yeah
Soon I’ll be knocking upon your door

You just call out my name
And you know wherever I am
I’ll come running, oh yes I will
To see you again
Winter, spring, summer or fall
All you have to do is call
And I’ll be there, yeah, yeah, yeah.

Ain’t it good to know that you’ve got a friend
When people can be so cold
They’ll hurt you, and desert you
And take your soul if you let them
Oh yeah, but don’t you let them

You just call out my name
And you know wherever I am
I’ll come running to see you again
Winter, spring, summer or fall
All you have to do is call
And I’ll be there, yes I will.

You’ve got a friend
You just call out my name
And you know wherever I am
I’ll come running to see you again (oh baby don’t you know)
Winter, spring, summer or fall
All you have to do is call
Lord, I’ll be there yes I will.
You’ve got a friend

Oh, you’ve got a friend.
Ain’t it good to know you’ve got a friend.
Ain’t it good to know you’ve got a friend.
You’ve got a friend.

Terima kasih untuk semua yang pernah datang dalam hidupku.. Sebagai kawan.. Sebagai sahabat.. sebagai kekasih.. sebagai kakak ataupun adik yang baik bagiku.. Apapun dan siapapun kalian.. kalian sudah memberi warna dalam hidupku.. thank you All.. 🙂

 

 

Donor Beras

Sudah lima bulan berlalu dari waktu terakhir saya donor darah. telaat!

Makanya, beberapa hari yang lalu, saya bersama dua orang teman memutuskan untuk kembali mendonorkan darah di sela aktifitas yang cukup padat di hari itu. Selepas meeting di daerah kebon sirih, Saya dan Pidi bergerak ke PMI Pusat yang berlokasi di jalan Kramat Raya. Berhubung kartu donor saya hilang (untuk kesekian kalinya), saya pun di beri kartu donor baru oleh petugas disana.

 

Ada yang unik pada donor darah hari itu. Pertama, setelah selesai mendonorkan darah, saya mendapat pin donor darah, sesuai golongan darah saya. Pin-nya lucuuu!! saya suka banget! ini dia penampakannya.

Bukan cuma saya yang dapat pin, tapi Ben dan Pidi juga dapat pin, sesuai golongan darah masing-masing. Pidi dapat B, Ben dapat AB. lucu-lucuu! 😀

Tidak hanya itu.. ternyata, di hari itu sedang ada pembagian goodybag dari bank panin untuk para pendonor darah di hari itu, dalam rangka ulang tahun bank panin. pas barusan ngecek ke website-nya panin bank, ternyata memang mereka sedang ada program donor darah Panin bank yang temanya “setetes kasih sejuta harapan”. coba aja mampir ke website mereka untuk tahu lebih banyak soal progam itu. karena ternyata, kegiatan itu gak cuma ada di jakarta. tapi ada di 41 kota di indonesia. Gih mampir ke PMI terdekat!

 

Sebenernya kita cukup kaget pas di kasih goodybag itu. Gak nyangka. Dan lebih gak nyangka lagi pas liat isinya 😐 beras, cyyn! 5 kilo pula! 😐

Bukan apa-apa. masalahnya, malam itu kami akan datang ke acara premiere “mestakung”. gak mungkin dong datang ke sana, ngobrol haha-hihi dan ketemu banyak klien sambil masing-masing bawa beras 5 kilo.. 😐

Padahal mikirnya lumayan sih itu beras buat stock makan seminggu.. wahihihihi.. (dasar otak ibu2). Setelah ngobrol dan berpikir panjang, akhirnya kita pun memutuskan untuk memberikan beras-beras itu pada yang membutuhkan.. Makanya sebelum ke acara premiere kita pun mampir dulu ke sebuah panti asuhan yang lokasinya masih di jalan kramat raya.

 

Hehehehe.. Sepertinya memang Tuhan sudah menunjukkan jalan untuk kami agar tidak repot membawa banyak barang, sekaligus bisa membantu adik-adik disana.. haha.. klo di pikir-pikir.. jadilah hari itu kami donor beras.. :p

Jadi kepikiran.. Kenapa ya, kawan-kawan di panin bank gak langsung membantu menyerahkan beras-beras itu untuk adik-adik di panti asuhan ya? hmm.. ya mungkin mereka memang bermaksud memberikan ucapan terima kasih tersendiri untuk kawan-kawan yang sudah menyumbangkan darahnya.. ya… apapun tujuannya.. semoga semua kebaikan orang-orang di hari itu bisa bermanfaat dan mendapat balasan yang baik dari Allah Swt.. Amin..

Ayo kawan-kawan.. ikutan donor beras eh donor darah yuk..