Soang si penjaga rumah

siapa yang waktu kecil pernah di sosor soang? :)) *tunjuk tangan berjamaah*

Kemarin pas pulang dari daerah pondok labu, saya gak sengaja liat soang di pinggir jalan. mau gak mau kenangan waktu kecil kembali berputar di kepala. Dulu, di dekat SD saya, ada yang melihara soang. Sepanjang perjalanan pulang ke rumah, ada 2 keluarga lagi yang pelihara soang. Jadi.. setiap berangkat dan pulang sekolah, saya harus selalu tengok kanan-kiri kalo-kalo tiba-tiba di hadang oleh para soang ini.. :))

Kalau sekarang ngeliat soang sih kadang masih suka deg-deg ser.. kalah deh sama ngeliat pacar pas baru jadian… suer.. masih suka kebayang gimana sangarnya si soang ini kalo ketemu di jalan. apalagi kalo dia udah merentangkan sayapnya. beuuhh.. kayaknya dia jadi membesar 2x lipat.

Jadi inget juga cerita salah seorang sepupu. Pas masih kelas 1 atau 2 SD, dia pernah pulang sekolah sendirian di daerah kelapa gading. Waktu hampir sampai di depan rumah, tiba-tiba dia di hadang sekelompok soang. walau rumahnya sudah tinggal berjarak 5 meter, daripada mesti melewati sekumpulan soang itu, dia memilih kabur naik taksi ke kantor ibunya di daerah koja, jakarta utara.. gayaaaa… jangan tanya siapa yang bayar taksi.. tentu ibunya.. tapi masih pada heran, kok anak sekecil itu udah ngerti jalan yah.. dan gak takut loh dibawa kabur supir taksinya.. sepertinya ketakutan terhadap soang, mengalahkan segalanya.. hihihihi..

Saat ngobrol dengan pak suami.. dia bilang, kata soang ini sepertinya adalah serapan kata dari Swan, bahasa inggris dari Angsa. Bisa jadi sih.. secara penyebutannya mirip. Padahal Angsa sama soang ini sebenernya beda. Angsa itu bahasa inggrisnya Swan.. Kalau soang itu kalau di bahasa inggris dikenal dengan Goose. Soang kalau di bahasa indonesia versi wikipedia, mereka menyebutnya angsa berleher pendek. panjang yah sebutannya..

Angsa itu lebih banyak menghabiskan hidupnya di atas perairan karena makannya juga tumbuhan air, akar atau batangnya. Kadang nyaring plankton. Angsa-angsa ini juga bisa hidup di darat. bisa jalan biasa juga. Secara fisik, Angsa ini lehernya lebih panjang dari soang. Soang lehernya lebih pendek. walau suka main air, tapi soang lebih banyak menghabiskan hidup di darat.

Sejak dulu, soang ini banyak dipelihara, karena dia juga bisa berfungsi sebagai penjaga rumah. Serius. Soang ini banyak dipilih oleh keluarga muslim yang ingin rumahnya dijaga, namun tidak ingin ribet dengan anjing karena harus ribet membersihkan najis dari liur anjing.

Soang dipilih sebagai penjaga rumah, karena memiliki banyak persamaan sifat dengan anjing. Dia hewan yang sangat menjaga teritorial. Fanatik menjaga wilayahnya. mirip sama anjing. Kalau ada yang berani masuk wilayahnya, mereka bakal teriak, marah atau menyerang alias nyosor. Kalau liat yang punya rumah aja, kadang mereka bisa teriak loh.. apalagi orang yang gak dikenal.. terlebih kalau mereka lagi bertelur. tingkat kewaspadaan mereka bakal berlipat.. Teriakan mereka juga cukup dasyat.. lumayan buat bangunin orang-orang rumah dan tetangga kanan-kiri..

Soang ini juga gampang terusik dengan kehadiran manusia. Makanya gak heran, dia suka nyosor kalo liat ada yang kira-kira mau ganggu mereka atau anak-anaknya.. ini adalah bentuk pertahanan diri. Soal rayu merayu, Kalau anjing, bisa aja di rayu pake daging steak lezat.. atau tulang atau makanan kesukaan mereka lainnya.. nah soang ini gak mempan di sogok.. lolos deh dari pengawasan KPK. Soang-soang ini kalau di kasih makan, bukannya diem, malah teriak-teriak..

Walau mereka tidak akan membunuh saat menyerang, tapi soang-soang ini punya gigi-gigi dan lidah yang tajam, sehingga bisa melukai siapapun yang mereka serang. gak heran, soang ini termasuk ditakuti dan cocok menjadi penjaga rumah, bukan?

pengen melihara mereka? tunggu dulu.. soang-soang ini juga senengnya guyub alias rame-rame.. mereka sukanya hidup berkelompok. jiwa sosialnya juga tinggi. mereka suka saling menjaga satu sama lain.. jadi.. kalau berniat melihara soang, jangan melihara satu yah.. kasian.. nanti dia sedih..

hal lain yang perlu diperhatikan adalah hobi mereka yang suka pup sembarangan. well.. gak heran sih.. mereka kan suka berasa di rumah sendiri.. jadi mungkin menurut mereka bisa bebas pup dimana aja.. tapi baunya itu looohh.. bikin pingsan.. hahaha..

Waktu yang akan menyembuhkan segala luka

Sejak kita lahir ke dunia ini, kita akan selalu belajar melalui berbagai petualangan yang kita lewati. Mendaki anak tangga seakan mendaki gunung terjal, merambat di pinggiran tempat tidur seakan berjalan di pinggir jurang, dan berjingkat di atas lantai beton teras yang panas seakan melewati rumput api yang membakar kaki..

saat belajar, sering kali kita tidak bisa melepaskan diri dari luka. Saat belajar, kita jatuh, tergores, terluka.. Namun itu yang kemudian membuat kita jadi lebih kuat dari sebelumnya.

Mungkin kita sudah sering mendengar bahwa “waktu akan menyembuhkan segalanya”. Ya..saya percaya.. saya yakin akan hal itu. Waktu akan membuat luka itu mengering, walau tak menghilangkan bekas luka, tapi seiring berjalannya waktu kita bisa belajar untuk hidup dengan luka itu atau bahkan belajar untuk memaafkan penyebab luka tersebut..

Entah karena pendewasaan atau karena sedang mempersiapkan diri untuk tahap kehidupan berikutnya, luka itu makin sembuh.. hubungan yang dulu begitu rumit, perlahan mulai menjadi lebih sederhana.. benang kusut yang dulu membelit, kini mulai terurai.. Saya tak lagi menunggu.. kini saya melangkah dan mencoba memperbaiki banyak hal..

Satu hal yang pasti, ini bukan hanya karena usaha saya sendiri.. tapi karena dia pun berusaha.. berusaha jujur dengan perasaannya.. berusaha jujur dengan keadaannya.. Semuanya kini membaik.. semuanya mulai berjalan normal.. dan aku sangat menikmatinya.. 🙂

Semoga ini tak hanya sementara… semoga ini bisa selamanya.. tapi aku sadar, waktu kami tidak lama.. 🙂

Piknik di rumah sakit

Seumur-umur, gak pernah deh yang namanya di rawat di rumah sakit.. klo nungguin orang sakit sih sering.. bahkan sampe berbulan-bulan.. :)) ternyata gini ya rasanya di rawat di rumah sakit? Ternyata gini ya rasanya di operasi? Sakit? Dikit. Gak enak? Gak juga sih..malah seru.. :)) Iya.. gak salah ketik kok.. emang seru banget.. hahaha..

jadi ceritanya, pertengahan bulan februari saya menemukan ada benjolan di payudara kiri. Setelah saya periksa ke rumah sakit, dokter mengatakan benjolan itu adalah tumor. Mengingat saya ada riwayat keluarga yang mengidap kanker, dan perkembangan si tumor ini lumayan pesat, makanya dokter menyarankan agar segera diangkat sebelum berubah sifat menjadi kanker.. pas denger kabar begitu, hal pertama yg saya lakukan adalah ngecek asuransi.. soalnya akhir feb kemarin, asuransi dari kantor habis masa berlakunya.. :)) #PasBeneurrr

Ternyata asuransi kantor diperpanjang. Amaan.. hihihihi.. next step adalah lapor pak bos.. minta izin kerja dari rumah untuk jangka waktu tertentu.. soalnya saya sempat googling, waktu recovery untuk operasi semacam ini bisa lama.. antara 1-4 bulan. Sempet pusing juga sih kalo beneran harus recovery selama itu.

Tibalah hari yang sudah di jadwalkan untuk operasi. Orang-orang yang saya temui, banyak yang mensupport dan menenangkan.. saya pun berusaha tenang.. tapi tetep aja ye.. pengalaman pertama.. bikin tegang.. bikin tekanan darah saya lumayan tinggi pas sampe rumah sakit.. :)) #EfekStrees.

Sesampainya di rumah sakit saya harus mulai puasa.. padahal belum sempat makan siang 🙁 “saya lapaaaarrrrrr…” cuma kalimat itu yang saya ketik tiap ada yang nanya kondisi saya hari itu.. =))

image

Saya pun menghabiskan hari dengan tidur sambil nunggu nyokap dan mpus yang janji akan datang malam hari. Salah satu doa saya.. semoga mereka datang sebelum saya masuk ruang operasi.. alhamdulillah… mereka datang setengah jam sebelum operasi dan pidi, datang beberapa menit sebelum saya dibawa masuk ke ruang operasi.. jadilah mereka bertiga “mengantar” saya sampai depan kamar perawatan.. dengan pesan-pesan kocak, mereka melepas saya.. saya pun kembali merasa tegang saat dibawa menyusuri koridor sepi..

Beneran deh.. itu koridor sepi banget.. saya pun di pinggirkan di salah satu sisi koridor. Susternya bilang sambil nunggu dokter. Dokternya masih di jalan. “Whaaaatt? Lah kalo masih di jalan, kenapa gue udah di giring kemariiiii.. =))” *gigit2 selang infus* tapi ternyata gak lama lagi dokternya lewat kok.. sambil senyum-senyum… *saya tetep ngunyah kabel infus*

Here we go.. saya pun dibawa ke ruang operasi.. bentuk ruangannya ternyata emang mirip sama yang di film-film..#Norak

Saya di tempatkan dibawah lampu berukuran sangat besar.. setelah dipasangi kabel-kabel ekg, saya disuruh bernafas melalui masker oksigen.. dan ternyata saya ditipu… 🙁 🙁 itu bukan masker oksigen beneran.. tapi obat anestesi alias obat bius.. baru dua kali tarik nafas saja saya sudah kehilangan kesadaran.. tarikan nafas ketiga saya sudah berada dikoridor lagi dengan ditemani mpus, nyokap dan pidi..

What? Gitu doang operasinya? Bentar bangeeeettt.. gak berasaaaa.. #eh

Sayup-sayup saya denger suara nyokap manggil-manggil nama saya dan bilang kalo operasinya udah selesai.. dan kalimat pertama yang saya ucapkan adalah.. “jadi udah boleh makan?” :)) Well.. at that time, my mom know that her daugther was fine :))

image

Hahaha.. setelah mengumpulkan kesadaran di kamar perawatan, suster membawakan makan malam.. saya boleh makan dan minum obat.. senangnya.. saya pikir harus tunggu buang gas dulu baru boleh makan..

Bicara soal makanan, banyak yang bilang makanan rumah sakit itu gak enak.. menurut saya, tergantung rumah sakitnya sih.. dari pengalaman saya, beberapa rumah sakit gak cuma memperhatikan gizi, tapi mereka juga cukup memperhatikan rasa dan penampilan masakan kok..

image

Makanan di rumah sakit tebet dan rumah sakit dharmais sih lumayan enak menurut saya.. sayangnya porsinya kecil :)) karena saya laper kali ya? :))

Kalau sebelumnya saya pikir saya akan tinggal lama di rumah sakit untuk pemulihan, ternyata gak begitu.. setelah dua hari di rumah sakit, kondisi saya sudah cukup sehat dan boleh pulang.. gak jadi 1-4 bulan.. Hahahaha.. dan saking sehatnya.. di hari terakhir, sambil nunggu tagihan rumah sakit, saya masih bisa foto-foto geje sama mpus.. :))

image

Kalau liat foto-foto itu, kayaknya gak ada yang percaya kalau dua hari sebelumnya saya habis operasi.. hahahaha.. Emang bener sih., segala sesuatu itu dimulai dari hati dan pikiran.. kalau semua dibawa ringan, segala hal bisa jadi jauh lebih ringan.. kalau dibawa berat.. semua juga jadi berat..

salah satu hikmah yang saya ambil dari kejadian kemarin adalah jangan takut sama penyakit.. dan jangan denial.. kalau kita bisa menerima bahwa memang penyakit itu ada di diri kita (bisa karena genetik), kita akan lebih bisa memikirkan alternatif pengobatan untuk penyembuhannya..

kalau kita sudah menerima kenyataan bahwa kita memiliki resiko atas penyakit tertentu, kita akan bisa lebih waspada.. seperti yang saya rasakan.. karena saya sadar bahwa saya memiliki resiko penyakit kanker karena riwayat genetik keluarga, saya pun cukup rajin melakukan SADARI (pemeriksaan payudara sendiri), dan ini kemudian yang cukup menolong saat tiba-tiba ada tumor di payudara yang ternyata tumbuh lumayan cepat..

Coba bayangkan kalau saya tidak rajin melakukan SADARI, mungkin saya akan terlambat mendapat penanganan.. 😉 well.. jangan takut sama penyakit.. jangan takut berobat.. semiga kuta selalu diberi kesehatan olehNya.. aamiin..
hihi.. makasih atas support dan doa dari teman-teman semua..

– Luvie Melati –
Posted from WordPress for Tablet Android

valentine with serenade

Bentar lagi udah valentine, cyyynn.. Nuansa pink udah menyala dimana-kmana.. Yang lagi jomblo kayaknya mulai ketar-ketir nih.. hihihi.. mau gitu, valentine tahun ini sendirian? :p #jleb

Hayo yang masih single pada cari pasangan, buruan!!

Gak jaman ye, yang namanya malu-malu, jiper apalagi bingung gimana caranya deketin lawan jenis? Gak perlu punya hati baja hanya untuk deketin lawan jenis.. #uhuk *lirik @arissunawar*

 

Yang perlu di punya adalah strategi untuk mendekati lawan jenis.. pertama-tama kamu harus tahu dulu SIAPA dia.. Kenali dia dari orang-orang di sekitarnya.. Kalo ragu, coba tanya dirimu sendiri kenapa kamu memilih DIA? kalau udah yakin, coba mulai bikin rencana bakal kayak APA kencan pertama kamu sama dia.. #ihik Apapun yang terjadi, Gak usah minder.. yakin kan diri kenapa KAMU layak buat dia.

Continue reading “valentine with serenade”

Merayu nyokap dengan PHD

PHD. Ini bukan nama gelar loh.. :p

Ini alat baru untuk merayu orang-orang tersayang. mungkin bisa di praktekin abis ini.. 😆

Jadi ceritanya gini.. minggu lalu nyokap yang tersayang ituh beberapa hari sempat ngambek karena anaknya yang cantik jelita ini pergi terus dan jarang makan di rumah.. 😆

Ya.. gimana.. abisnya emang lagi banyak kerjaan dan mesti sering-sering main pergi.. 😀

 

Puncaknya minggu lalu pas ngajak si mpus pergi ke launcing Albumnya Melanie Subono. Dan gak pamit dulu.. 😀 walhasil nyokap nyariin karena nungguin makan malem bareng.. hiyaaaa.. langsunglah kami berdua buru-buru pulang.. Padahal acara malam itu seru banget loh.. banyak banget lagu-lagu keren di album barunya itu. Dan kabarnya album baru itu bisa di download langsung di websitenya loh.. 😉

 

Back to Our story.. Kebetulan pas pulang, di jalan ngelewatin PHD. Makanya sebelum pulang kami berdua beli PHD dulu. Ceritanya biar nyokap gak marah.. hihihi..

 

jadilah kami pulang tidak dengan tangan hampa. jeng..jeng..jeng..

 

Dan ternyata berhasil loh.. Nyokap ternyata suka banget.. :p hihihi.. langsung dong pasang tampang paling manis sedunia..

“Ma.. jadi besok-besok boleh sering-sering main sampe malem dong.. yang penting dibawain PHD..”

*pake helm sebelum di jitak*

Hihihi.. saya emang baru kali itu mencoba PHD. Udah sering sih denger & lihat. tapi belum sempat beli..

Dari seluruh menu-menu yang ada di PHD ini, menurut saya semuanya enak! (terutama yang dicoba kemarin ya). kemarin itu saya nyoba stuffed crust super supreme pizza, chicken wings street, mozz stick, surimi wrap dan juga chicken stick. banyak yeee.. gak heran nyokap gak jadi marah 😆

 

kalau mau liat menu-menu lainnya bisa cek di http://phd.co.id bisa take away or delivery. ya iyalah.. namanya aja PHD (Pizza Hut Delivery), masa iya gak bisa delivery.. 😆 #Keplak

 

mungkin ini bisa jadi alternatif merayu orang-orang tersayang.. apalagi bentar lagi valentine ye.. :p

main masak-masakan

Hari sabtu kemarin, saya menghabiskan waktu seharian di parkir timur senayan, untuk main masak-masakan bareng nyokap, ade, bude, citra ayu dan juga tetangga-tetangga sekitar rumah.. rame ya, cyyn!

ya.. hari sabtu kemaren kami semua datang ke acara parade kuliner lee kum kee yang salah satu bagian acaranya adalah lomba masak 1000 perempuan. kami ber 18 orang, bersama berratus-ratus perempuan lain, mengikuti lomba masak yang di pandu melaui radio. unik kan?

Jadi saat datang ke acara, kami sama sekali tidak tahu akan masak apa hari itu. kami hanya diminta datang dengan membawa beberapa bahan masakan seperti tahu dan beberapa potong ayam serta beberapa bumbu. Nama dan juga urutan memasak semua akan di pandu oleh penyiar melalui radio.

Sampai di lokasi acara, ternyata panitia sudah menyiapkan banyak bumbu dan bahan lain, termasuk toples, mangkok, kompor portable dan juga penggorengan yang setelah selesai acara bisa dibawa pulang oleh seluruh peserta. uhuuy.. asik kan?

Acara lomba masak ini sudah ketiga kalinya saya ikuti. Tiap acaranya selalu seru seperti ini.. kalau dulu saya satu tim sama nyokap dan mpus, sekarang kami bertiga punya tim sendiri-sendiri.. nyokap sama temannya, mpus sama bude, saya sama mamanya dio aka citra ayu.

Di lomba masak ini, kerjasama tim sangat di butuhkan.. masing-masing dapat peran sebagai woman left dan woman right. Di tengah acara kami sempat bertukar peran gara2 mbak yu itu gak mau ngurusin ayam mulu..  wakakakakka.. dasar!

adalagi hal yang lucu selama lomba. beberapa kali saya sempat grogi karena harus berdampingan dengan mbak yu yang cantiknya beti (beda-beda tipis) sama saya.. efeknya adalah.. waktu cincang bawang, bawang putih yang saya cincang sempat mental kemana-mana.. dan saya sempat salah kasih bumbu.. mestinya pake kecap asin, malah pake saus tiram.. huahahahaha.. 😆

bener-bener acara kemaren itu penuh tawa. beneran main masak-masakan! Terakhir yang paling lucu adalah salah satu hasil masakan kita…. yaitu ayam cah mentega, agak keaseman karena kebanyakan pake air jeruk purut.. 😆 Sungguh amatir, saudara2!! Eh tapi biar gitu, rasanya ternyata cukup enak loh!! (dibanding punya nyokap dan mpus.. :p )

Dan inilah hasil masakan kami.. taraaaaaaaa!!

Next postingan, akan saya share menu-nya satu-satu.. (Insya Allah.. 😀)

Selamat menikmatiiiii!! :-*

kegemaran..

sejak kecil saya suka sekali berenang.. ya.. yang namanya anak kecil seneng main air. dulu.. setiap dua minggu sekali saya berenang bersama keluarga. didaerah tomang kalau tidak salah. disana ada beberapa kolam. kolam dewasa dan kolam anak-anak. ada mainan anak. jungkat-jungkit, ayunan dan prosotan.

waktu saya umur sekitar 4 tahun, seingat saya, saya masih TK. saat  itu saya masih belum bisa berenang, saya biasa berenang di kolam anak atau berenang di kolam dewasa sambil pakai pelampung.

entah apa penyebabnya.. suatu siang, saya sempat beraksi.. Ingin berenang menghampiri nyokap-bokap di tengah kolam dewasa, tanpa pelampung atau alat lain. Saya pun lari ambil ancang-acang… dan BYUUURRR!!

saya masuk ke kolam dewasa. yang saya ingat, saya melihat begitu banyak kaki-kaki di dalam air. melihat sekeliling dengan setengah bingung, lalu semua gelap……….

Continue reading “kegemaran..”

Dekat tapi jauh..

Dekat tapi jauh.. kalo jauh ya udah pasti jauh.. 😀

hehehe.. bingung apa maksudnya yak.. ya setidaknya kata-kata itu lah yang muncul di kepala saya saat ini.

Siang ini saya sms-an sama mpus (bukan kucing, tapi adik saya). kami ngobrol lewat sms. Berbincang tentang salah satu aktifitasnya yang baru. Saya mengetikkan kalimat sebagai bentuk dukungan atas apa yang di kerjakannya. Setelah selesai mengirimkan sms, saya terpaku menatap layar HP.

Kenapa kami berbincang via sms? Kami tinggal serumah. kenapa kami tidak berbincang di rumah? Ah.. saya lupa.. kami memang sudah lama tidak berbincang dari hati ke hati. sering kali obrolan dilakukan via sms dan telepon atau bahkan sambil lalu karena salah satu dari kami bergegas untuk berangkat beraktifitas.

Ini hari sabtu.. seharusnya hari sabtu siang begini, saya menghabiskan waktu dengannya dan mama di rumah.. membereskan rumah sama-sama, atau mencoba mencoba resep kue baru, Tertawa lepas sambil mencuci pakaian berdua mpus sambil main air.. ah.. sudah lama sekali saya tidak melakukan itu semua..

Jangankan berbincang dari hati ke hati.. untuk sekedar makan malam sama-sama pun sudah sangat jarang saya lakukan.. aktivitas yang super padat belakangan ini, membuat saya jarang menghabiskan waktu bersama keluarga. Kalaupun ada di rumah, saya lebih banyak menghabiskan waktu di ruang mengetik, untuk bekerja bersama little missy si netbook kesayangan. Secara fisik saya ada di dekat mereka.. tapi hati dan pikiran saya menyelam dalam berbagai macam tumpukan pekerjaan..

*sigh*

Saya pun berjanji dalam hati. Saya harus segera menyelesaikan pekerjaan hari ini dan kembali ke rumah untuk menghabiskan waktu bersama mereka. bersama orang-orang yang ku cinta.. bersama orang-orang yang mencintai dan mendukungku sepanjang waktu..

Have a nice weekend, friends.. enjoy your day with your family.. as long as you can…

Doa Untuk Mama

Udah beberapa hari ini, Mama lagi ke Magelang buat nemuin Eyang. Katanya Mama kangen banget sama Eyang. Iya juga sih.. Tahun ini Aku aja udah beberapa kali mampir ke magelang, (karena memang tahun ini kebetulan beberapa kali pergi ke jogja dan solo jadi sempat mampir..) Nyokap sendiri udah lumayan lama gak ketemu Eyang. Gak heran klo nyokap dan Eyang saling kangen satu sama lain..

Yaaa.. Gimanapun hubungan Ibu dan anak memang tak pernah bisa di gantikan oleh apapun. Baik itu Harta, Jabatan, Kemasyuran ataupun kenikmatan dunia yang lainnya.. Kasih sayang Ibu memang gak ada duanya.

Continue reading “Doa Untuk Mama”

happy b’day, dad..

Dear, dad..

i don’t know where to start.. long time since we meet each other.. lately.. i just feel that i miss you.. and i feel kinda worried.. but at the same time, i know there is some awkward between us. maybe because seldom for us to meet each other.. and i just can’t deal the way you treat me as a young girl.. 😛 heeeey.. i’m not a girl anymore, dad.. i’m a woman, now.. haahahaha.. i just missing you so much, dad.. wish we can have some beautiful dinner together with mpus.. Continue reading “happy b’day, dad..”