10 Hal Sederhana Ini Bisa Anda Lakukan di Stasiun Saat Nunggu Kereta Datang

Bepergian dengan kereta sampai sekarang tetap menjadi pilihan masyarakat. Pasalnya, moda transportasi massal ini memang pas jika kita ingin merasakan perjalanan yang murah, nyaman, aman, leluasa, dan merakyat.

Sebagaimana dengan pesawat terbang, sebelum berangkat kita kerap harus tiba di stasiun lebih awal untuk mencegah ketinggalan kereta. Apalagi jika kita melakukan perjalanan di jam-jam ramai.

Normalnya, kita disarankan untuk tiba di stasiun kereta paling lambat satu jam sebelum keberangkatan. Sebab, ada proses cetak boarding pass dan verifikasi data diri sebelum Anda bisa naik kereta. Ini bisa lebih lama jika Anda membeli tiket langsung pada hari yang sama di stasiun tersebut.

Menyoal pemesanan tiket kereta api, sebaiknya Anda pesan online. Tiket kereta sekarang bisa dipesan online seperti Traveloka. Traveloka.com juga saat ini sudah meluncurkan layanan pembelian tiket kereta api di situs dan aplikasi ponselnya sehingga Anda bisa pesan tiket dengan cepat dan aman dari jauh-jauh hari.

Setelah pesan tiket KA di Traveloka, yang namanya menunggu, pastilah tidak menyenangkan bagi siapapun. Sebentar atau lama, menunggu selalu terasa membosankan. Sekarang, setelah Anda tiba di stasiun, apa saja sih yang bisa dilakukan selagi menunggu kereta datang? Yang pasti, cobalah 10 hal sederhana ini agar tidak bosan.

Ngopi santai

Sebelum naik kereta, manfaatkan waktu dengan menikmati secangkir kopi di kedai kopi yang kini mulai menghiasi stasiun-stasiun di Tanah Air. Pesan kopi kesukaan lalu seruput pelan-pelan sembari menikmati koneksi wifi gratis yang biasanya disediakan kedai tersebut.

Isi perut di restoran stasiun

Agar selama perjalanan tidak melulu kelaparan, Anda bisa isi perut dulu di salah satu restoran yang tersedia di stasiun. Makan secukupnya sembari menyimak panggilan boarding agar tidak ketinggalan akibat keasyikan makan. Pada beberapa stasiun daerah, restoran yang buka tentunya menawarkan kuliner khas yang layak untuk dicoba. Hitung-hitung wisata kulineran sebelum perjalanan jauh.

Jajan cemilan untuk perjalanan

Di stasiun pastinya ada mini market atau warung yang menjual aneka cemilan dan minuman. Sembari menunggu kereta tiba, jelajahilah toko tersebut lalu beli perbekalan yang asyik untuk menemani Anda di kereta api nanti. Anda juga boleh memakan beberapa bungkus cemilan yang Anda beli tersebut selagi menunggu kereta.

Tarik uang tunai di ATM

Pastikan uang tunai Anda cukup untuk perjalanan. Jaga-jaga siapa tahu Anda ingin belanja makanan atau minuman di dalam kereta. Oleh karena itu, carilah gerai ATM terdekat di stasiun untuk mengambil uang tunai secukupnya.

Baca buku

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu menunggu adalah membaca buku. Bawa buku kesukaan lalu nikmati di stasiun. Jika Anda lupa membawa buku, beberapa stasiun biasanya memiliki kedai majalah atau buku yang bisa Anda lirik sejenak.

Mendengarkan musik

Musik juga sangat bagus mengusir bosan. Nikmati musik kesukaan Anda agar mood tetap terjaga selagi menunggu kereta tiba. Pastikan volume disetel secukupnya, jangan terlalu keras agar Anda tetap bisa mendengar pengumuman atau panggilan boarding dari petugas stasiun.

Mengecek barang bawaan

Sebelum kereta datang, Anda juga bisa memanfaatkan waktu dengan mengecek barang bawaan sekali lagi, memastikan tidak ada yang ketinggalan. Periksa juga susunan dan pengemasannya, pastikan memisahkan barang yang mungkin Anda akan gunakan selama perjalanan dalam kereta. Pastikan juga tidak ada barang yang tercampur atau tumpah agar tidak menimbulkan masalah.

Siapkan tiket dan KTP untuk boarding

Beberapa menit sebelum boarding keluarkan tiket dan KTP dari dompet Anda. Siapkan dalam genggaman atau saku pakaian yang mudah dijangkau, sehingga pada saatnya pemeriksaan sebelum naik kereta nanti, Anda langsung sigap menunjukkan pada petugas untuk mencegah antrian panjang.

Mengobrol

Jika Anda melakukan perjalanan bersama orang lain, tentunya menunggu tidak akan menjadi masalah karena Anda bisa mengisi waktu dengan mengobrol. Tapi, jikapun Anda datang sendiri, Anda bisa beranikan diri untuk berkenalan dan mengajak ngobrol orang di dekat Anda. Selama Anda sopan dan ramah, orang lain pasti menyambut.

Foto-foto

Jaman sekarang, fotografi tak lagi eksklusif milik fotografer. Siapapun bisa memoto apapun dan memajangnya di sosial media. Terutama jika Anda berada di stasiun yang memiliki arsitektural dan interior menarik (seperti di Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Tugu Yogyakarta, dan Stasiun Kualanamu Medan), cobalah isi waktu dengan memotret objek menarik di stasiun tersebut. Anda bisa gunakan kamera ponsel atau kamera saku. Objek yang bisa difoto juga sebenarnya beragam, termasuk aktivitas orang, suasana peron, maupun alam sekitar. Siapa tahu foto Anda bagus dan bisa dikirimkan untuk dimuat di media..

One Reply to “10 Hal Sederhana Ini Bisa Anda Lakukan di Stasiun Saat Nunggu Kereta Datang”

  1. Bener banget Luv, paling aman memang 1 jam sebelum jadual keberangkatan. Pernah ngalamin sih datang pas detik-detik kereta mau berangkat tuh rasanya nggak enak banget, buru2 nggak keruan. Alhamdulillah bisa terangkut sih, walaupun harus jalan dulu dari gerbong ke gerbong nyari posisi duduk kita sesuai tiket hehehe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *