Trik Cerdas Menghemat Pengeluaran di Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan telah tiba, udah berasa banget dong ya kalau sejak puasa ini pengeluaran jadi meningkat? Karena meskipun berpuasa tapi biasanya pengeluaran kebutuhan rumah tangga malah membengkak. Sebagai ibu rumah tangga, emang kita harus pintar-pintar mengatur keuangan agar pengeluaran tidak melebihi anggaran yang sudah ditentukan. Gimana ya, caranya??

Utamakan Prioritas

Sebelum berbelanja, catat dulu kebutuhan apa saja yang diperlukan. Urutkan dari kebutuhan primer yang paling penting sampai kebutuhan yang tidak terlalu penting. Setelah dicatat dan diurutkan, lihat kembali daftar belanjaan, jika dirasa ada barang yang tidak terlalu penting sebaiknya dihilangkan dari daftar. Prioritaskan barang yang benar-benar dirasa perlu untuk kebutuhan sehari-hari. Ini juga demi menghindari khilaf dan lapar mata saat belanja yah.. Kebayang dong, kalo udah di pasar atau di supermarket, liat yang murah-murah, pasti matanya langsung ijo.. tapi sayang banget kan, kalo gara-gara itu, kita jadi membeli apa yang sebenarnya kita tidak perlu?

 

Belanja Sekaligus untuk Kebutuhan Satu Bulan

Supaya tidak boros, trik selanjutnya adalah belanja dalam jumlah banyak yang dapat memenuhi kebutuhan satu bulan. Di jaman yang serba mudah seperti sekarang ini, belanja kebutuhan sehari-hari pun tidak harus selalu ke supermarket karena banyak e-commerce yang menyediakannya secara online. Ibu hanya perlu cari promo belanja online bulan ini agar pengeluaran bisa lebih hemat karena harga promo yang ditawarkan sangat terjangkau dibanding harga di supermarket.

 

Memasak Sendiri Menu Berbuka dan Menu Sahur

Sebaiknya kita memasak sendiri menu buka puasa maupun menu untuk sahur. Selain lebih sehat dan higienis, memasak sendiri terbukti lebih hemat lho.. ketimbang harus selalu membeli makanan di luar. Untuk para Ibu yang tidak jago masak, manfaatkan kesempatan ini untuk belajar memasak. Ibu bisa melihat resep-resep di internet. Tidak perlu makanan yang sulit, pilih makanan yang sederhana dan mudah membuatnya. Apapun makanannya, asalkan Ibu yang membuat, anak-anak dan suami pasti akan senang karena merasa lebih diperhatikan.

 

Hindari Terlalu Sering Berbuka di Luar

Ini nih yang bikin pengeluaran extra membengkak, sekali buka puasa diluar aja bisa berapa.. bayangin kalo buka puasa diluar terus-terusan. Yaaa…Sekali-kali berbuka puasa di luar bersama keluarga tidak masalah,¬†Tapi sebisa mungkin hindari terlalu sering berbuka di luar. Sebaiknya kita anggarkan terlebih dahulu budget untuk membeli makanan berbuka karena biasanya jika kita berbuka di luar baik di restoran atau foodcourt, banyak pilihan jenis makanan yang dijajakan. Hal ini yang bisa menjadikan kita lapar mata. Alhasil kita akan boros karena ingin membeli semua makanan yang belum tentu rasanya enak.

 

Yaa… Itulah tadi trik cerdas menghemat pengeluaran saat bulan ramadhan, semoga bermanfaat ya..

One Reply to “Trik Cerdas Menghemat Pengeluaran di Bulan Ramadhan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *