Soang si penjaga rumah

siapa yang waktu kecil pernah di sosor soang? :)) *tunjuk tangan berjamaah*

Kemarin pas pulang dari daerah pondok labu, saya gak sengaja liat soang di pinggir jalan. mau gak mau kenangan waktu kecil kembali berputar di kepala. Dulu, di dekat SD saya, ada yang melihara soang. Sepanjang perjalanan pulang ke rumah, ada 2 keluarga lagi yang pelihara soang. Jadi.. setiap berangkat dan pulang sekolah, saya harus selalu tengok kanan-kiri kalo-kalo tiba-tiba di hadang oleh para soang ini.. :))

Kalau sekarang ngeliat soang sih kadang masih suka deg-deg ser.. kalah deh sama ngeliat pacar pas baru jadian… suer.. masih suka kebayang gimana sangarnya si soang ini kalo ketemu di jalan. apalagi kalo dia udah merentangkan sayapnya. beuuhh.. kayaknya dia jadi membesar 2x lipat.

Jadi inget juga cerita salah seorang sepupu. Pas masih kelas 1 atau 2 SD, dia pernah pulang sekolah sendirian di daerah kelapa gading. Waktu hampir sampai di depan rumah, tiba-tiba dia di hadang sekelompok soang. walau rumahnya sudah tinggal berjarak 5 meter, daripada mesti melewati sekumpulan soang itu, dia memilih kabur naik taksi ke kantor ibunya di daerah koja, jakarta utara.. gayaaaa… jangan tanya siapa yang bayar taksi.. tentu ibunya.. tapi masih pada heran, kok anak sekecil itu udah ngerti jalan yah.. dan gak takut loh dibawa kabur supir taksinya.. sepertinya ketakutan terhadap soang, mengalahkan segalanya.. hihihihi..

Saat ngobrol dengan pak suami.. dia bilang, kata soang ini sepertinya adalah serapan kata dari Swan, bahasa inggris dari Angsa. Bisa jadi sih.. secara penyebutannya mirip. Padahal Angsa sama soang ini sebenernya beda. Angsa itu bahasa inggrisnya Swan.. Kalau soang itu kalau di bahasa inggris dikenal dengan Goose. Soang kalau di bahasa indonesia versi wikipedia, mereka menyebutnya angsa berleher pendek. panjang yah sebutannya..

Angsa itu lebih banyak menghabiskan hidupnya di atas perairan karena makannya juga tumbuhan air, akar atau batangnya. Kadang nyaring plankton. Angsa-angsa ini juga bisa hidup di darat. bisa jalan biasa juga. Secara fisik, Angsa ini lehernya lebih panjang dari soang. Soang lehernya lebih pendek. walau suka main air, tapi soang lebih banyak menghabiskan hidup di darat.

Sejak dulu, soang ini banyak dipelihara, karena dia juga bisa berfungsi sebagai penjaga rumah. Serius. Soang ini banyak dipilih oleh keluarga muslim yang ingin rumahnya dijaga, namun tidak ingin ribet dengan anjing karena harus ribet membersihkan najis dari liur anjing.

Soang dipilih sebagai penjaga rumah, karena memiliki banyak persamaan sifat dengan anjing. Dia hewan yang sangat menjaga teritorial. Fanatik menjaga wilayahnya. mirip sama anjing. Kalau ada yang berani masuk wilayahnya, mereka bakal teriak, marah atau menyerang alias nyosor. Kalau liat yang punya rumah aja, kadang mereka bisa teriak loh.. apalagi orang yang gak dikenal.. terlebih kalau mereka lagi bertelur. tingkat kewaspadaan mereka bakal berlipat.. Teriakan mereka juga cukup dasyat.. lumayan buat bangunin orang-orang rumah dan tetangga kanan-kiri..

Soang ini juga gampang terusik dengan kehadiran manusia. Makanya gak heran, dia suka nyosor kalo liat ada yang kira-kira mau ganggu mereka atau anak-anaknya.. ini adalah bentuk pertahanan diri. Soal rayu merayu, Kalau anjing, bisa aja di rayu pake daging steak lezat.. atau tulang atau makanan kesukaan mereka lainnya.. nah soang ini gak mempan di sogok.. lolos deh dari pengawasan KPK. Soang-soang ini kalau di kasih makan, bukannya diem, malah teriak-teriak..

Walau mereka tidak akan membunuh saat menyerang, tapi soang-soang ini punya gigi-gigi dan lidah yang tajam, sehingga bisa melukai siapapun yang mereka serang. gak heran, soang ini termasuk ditakuti dan cocok menjadi penjaga rumah, bukan?

pengen melihara mereka? tunggu dulu.. soang-soang ini juga senengnya guyub alias rame-rame.. mereka sukanya hidup berkelompok. jiwa sosialnya juga tinggi. mereka suka saling menjaga satu sama lain.. jadi.. kalau berniat melihara soang, jangan melihara satu yah.. kasian.. nanti dia sedih..

hal lain yang perlu diperhatikan adalah hobi mereka yang suka pup sembarangan. well.. gak heran sih.. mereka kan suka berasa di rumah sendiri.. jadi mungkin menurut mereka bisa bebas pup dimana aja.. tapi baunya itu looohh.. bikin pingsan.. hahaha..