Menikmati lezatnya udang goreng tepung

Pagi ini, menu katering harian adalah udang goreng tepung. Ini adalah salah satu menu yang cukup disukai pelanggan ufairah catering. Jarang sekali ada orang yang tidak menyukai udang, kecuali mereka yang alergi dengan makanan laut. Selain rasanya yang lezat, makannya juga terbilang mudah, dibanding seafood lain seperti kerang atau kepiting. saya sangat suka sama yang namanya udang ini. kadang, sambil menggoreng, sambil sibuk nyicipin.. (untung gak sampe abis >_<).

Udang memang terbilang cukup mahal harganya. Makin besar makin mahal. Tapi memang sih.. kalau beli dalam jumlah banyak, tentu akan dapat diskon dari si penjual. Makanya saya sering membeli agak banyak.. Setidaknya beberapa kilo, untuk stok seminggu. Asal disimpan dengan baik, udang akan tetap bagus kondisinya.

Tips Memilih dan Menyimpan Udang

Paling mudah, menyimpan udang atau seafood lain adalah di dalam kulkas, alias lemari pendingin. sekarang ini lemari pendingin tuh canggih-canggih.. saya paling suka yang kapasitas besar. terus terbagi dalam beberapa bagian. untuk tempat es, daging- daging, bakso, dsb. Jadi baunya gak campur aduk dan bisa diatur kebutuhan suhunya untuk masing-masing bagian (terutama untuk kulkas 2 pintu atau lebih yah..) canggih deh pokoknya.. Soal membeli lemari pendingin paling enak, kita percayakannya di MatahariMall aja. Transaksi online aman di MatahariMall bikin kita jadi tidak ragu lagi untuk mendapatkan lemari pendingin di toko online istimewa yang satu ini.

Kalau udang menjadi salah satu bahan makanan favorit keluarga di rumah, sudah pasti kita akan sering beli kan ya.. trus sama kayak saya.. sukanya menyimpannya dalam jumlah banyak. bisa buat campuran tumisan atau lauk dll. nah.. Sebelum memilih dan menyimpan udang di lemari pendingin, supaya kondisi udang yang akan kita pakai tetap bagus.. ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, nih..

Aroma Khas Udang Segar

Udang segar yang dijual di pasar maupun supermarket memiliki aroma khas laut. Namun aroma udang segar tidak terlalu amis menyengat seperti udang yang sudah tidak segar. Jadi, mending diteliti banget deh.. dengan cara mencium aroma udang, sebelum memutuskan untuk membelinya. sayang kan, udah beli mahal-mahal tapi kondisinya gak fresh?

Udang Utuh Jauh Lebih Baik

Membeli udang utuh yang masih menempel dengan kulit, ekor, dan kepalanya adalah pilihan yang baik. Karena kita jadi bisa mengamati tingkat kesegaran udang secara cermat. Udang utuh yang segar memiliki warna keabu-abuan dengan bagian tubuh yang masih terasa kenyal dan menempel erat. Sebaliknya, udang yang sudah tidak segar akan berwarna kemerahan dan kepalanya mudah lepas saat kita sentuh.

Menyimpan Udang Dalam Waktu Lama

Udang yang ingin disimpan dalam waktu yang lama sebaiknya diletakkan di freezer. Bersihkan dahulu bagian kepala, kulit, dan kotoran udang sebelum disimpan di freezer. Nanti ketika kita ingin mengolah udang beku, kita tinggal mengeluarkannya dari freezer dan mencairkannya.

Memasak Udang yang Disimpan Di Freezer

Alangkah baiknya jika menyimpan udang dalam kemasan-kemasan kecil difreezer. Jadi pas mau dipake, kita bisa mengeluarkan udang dalam jumlah yang sesuai. Tak perlu mengeluarkan seluruh udang dari freezer. ini berlaku untuk daging atau ayam juga yah.. karena udang, daging atau ayam yang keluar masuk freezer, akan membuat kondisinya kurang bagus lagi.

Kalau sudah menguasai tips memilih dan menyimpan udang kali ini, kira-kira menu udang apa yang ingin dicoba besok? kayaknya saya pengen bikin udang lada hitam deh.. kalau kamu.. pengen bikin apa?

One Reply to “Menikmati lezatnya udang goreng tepung”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *