Apa yang penting buatmu?

Apakah kamu tau, apa yang penting buatmu saat ini? ya.. saat ini.. bukan kemarin.. bukan bulan lalu.. bukan tahun lalu.. atau 10 tahun yang lalu..

Pertanyaan ini tiba-tiba muncul di kepala, siang ini. saat saya duduk di sudut kedai kopi di kota kasablanka. Dari tempat saya duduk, saya bisa melihat begitu banyak orang yang lalu-lalang. Ada yang berjalan bergegas. Ada yang berjalan santai, menikmati setiap detik hidup mereka. sendiri, atau bersama orang tersayang.

Saya melihat sekumpulan remaja tanggung yang sibuk berdebat mau kemana. Sekelompok satpam yang sibuk menjalankan tugasnya. Seorang office boy yang berusaha bekerja dengan sungguh-sungguh, membersihkan bekas permen karet di lantai. Sementara di sudut lain, seorang bapak yang masuk dengan tergesa-gesa ke kedai kopi ini dan langsung mencolokkan chargernya dan beberapa menit kemudian baru memesan kopi.. hmm.. kira-kira apa yang penting buat mereka sekarang.. kebersamaan dengan sahabat? HP yang selalu menyala? promosi dari atasan? atau sekedar perut kenyang untuk bisa melanjutkan hidup?

saya teringat seorang sepupu yang bertekad mencari kerja dijakarta. well.. dia beruntung, akhirnya dia bisa bekerja di Jakarta dengan gaji sedikit diatas UMR. Bagi fresh graduate sepertinya, itu tentu sesuatu yang sangat membanggakan. saya pernah bertanya.. apa yang penting baginya sekarang? kenapa dia begitu bertekad ingin ke Jakarta. Ingin pergi ke kedai kopi ternama dan duduk-duduk santai disana.

Dia bilang, ingin terlihat keren. Sangat penting baginya, agar teman-temannya (di kota kecil di jawa tengah sana), tau bahwa sekarang dia sudah kerja di JAKARTA, bisa kerja di TV, Bisa minum kopi mahal hampir tiap minggu.

hmmm… well.. saat ini, itu yang penting baginya. tidak salah memang. mungkin hal itu yang akan membuatnya berjuang untuk tetap bekerja dijakarta. menerjang macetnya jakarta tiap pagi. mengganti HP dengan yang lebih mahal, walau harus mencicil atau berhutang. Buat sebagian orang, itu aneh. tapi buat dia, itu penting! Demi terlihat “wah”, versi dia dan teman-temannya.

saya tidak akan men-judge atau menggurui. semua orang punya prioritas. semua orang punya hal yang penting baginya dan ingin dia kejar. Semua hal itu malah membuat saya bertanya kepada diri sendiri. Sebenarnya apa yang penting buat saya sekarang? 😀

Sepertinya saya harus membuat mimpi-mimpi baru.. menyusun prioritas baru..

Jadi.. apa kamu sudah tau, apa yang penting buatmu sekarang?

 

 

8 Replies to “Apa yang penting buatmu?”

  1. kok di kepala aku muncul adegan tiap orang itu, OB, remaja, satpam dan bapak HP itu muncul suara hati mereka masing-masing dalam bentuk gelembung-gelembung gitu, ada yang menyesal datang ke Jakarta, ada yang bersyukur punya banyak teman di Jakarta, atau ada yang bersyukur punya bisnis besar di Jakarta, mungkin pertanda aku harus mendengar suara hati untuk menentukan “apa yang paling penting buat aku sekarang?”

    sekian, terima kasih…

    #kaboor

  2. Menurut sy, disaat kita sudah terlalu tenggelam dengan rutinitas sangat baik untuk kembali bertanya pertanyaan sederhana namun penting seperti diatas mbak, hehe

  3. Yang penting bagi saya sekarang orang2 yang saya sayangi mendapat yang terbaik dari Allah swt.
    Luvie, selamat lebaran idul fitri 1436 H, maaf lahir dan batin.
    salam

  4. yg terpenting buat akooh?
    segera mendapatkan pengasuh untuk menjaga anak2 dirumah. nasib pegawai ihiiikss.. udah 3 tahun, masih aja belum dapet pengasuh >.<

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *