Menghias Tumpeng sederhana tapi cantik

Tumpeng adalah sebuah sajian khas indonesia.. kita tentu sudah sangat familiar dengan sajian berbentuk gunungan, lengkap dengan berbagai macam lauk pauk di sekelilingnya. Tumpeng umumnya ada 2 macam, yaitu warna kuning dan putih. Namun yang lebih laris adalah yang berwarna kuning. Selain cantik, rasanya juga lezat..

image

Komposisi lauk tumpeng ini bisa macam-macam..
-Nasi Kuning / Nasi Uduk
– Ayam goreng
– Perkedel / sambal goreng kentang
– kering tempe kacang / tempe tahu bacem
– mie goreng / Bihun goreng
– Urap / Lalapan
– Krupuk
– Sambal

Kebetulan hari ini saya mendapat pesanan tumpeng dari salah satu pelanggan catering harian.. lumayan dadakan.. tapi karena sudah biasa bikin, jadi optimis aja bakal jadi.. :))

Yang bikin makin seru adalah, saat tumpeng hampir jadi, si pelanggan ini meminta ada ucapan “selamat ulang tahun” ditumpengnya.. nah lo.. walau belum kebayang gimana dan pake apa bikinnya, saya sanggupi saja permintaannya.. saya ngubek-ngubek kulkas dan nemu wortel.. akhirnya coba-coba bikin huruf dari wortel (milih wortel karena warnanya cantik, dan wortel termasuk sayuran yang kering, mudah di ukir, tapi tidak cepat berubah warna).

Dan taraaaaa… berhasiiilll… tanpa cetakan atau semacamnya, saya berhasil membuat huruf-huruf ini tanpa makan banyak waktu. Dan setelah tahu bahwa ini adalah untuk syukuran ulang tahun gadis kecil, maka saya juga menambah ornamen bunga-bunga di bagian bawah.. saya bentuk wortel menyerupai bunga tulip, dan tangkainya pake batang cabai besar.. :)) mirip bunga beneraaaan… :))

image

Semua huruf dan bunga serta telur puyuh di atas, di tancapkan dengan lidi kecil supaya bisa nempel di tumpengnya.. dan karena kehabisan daun untuk pembatas, saya gunakan sisa cabai besar yang saya ambil tangkainya, lalu saya jadikan pembatas antar lauk.. simpel, mudah dan ditambah lagi, ibu serta anak yang berulang tahun suka banget sama hasilnya.. huaaa.. ikut happy dengernya.. hihi.. emang gak ada yang bikin happy selain pelanggan yang tersenyum puas (serta pembayaran yang lancar.. *tepok2 dompet* hahahaha…)

Selamat menikmatiiiii… :-*

– Luvie Melati –
Posted from WordPress for Tablet Android

2 Replies to “Menghias Tumpeng sederhana tapi cantik”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *