Cepot dan Imunisasi

Dua minggu lalu saya ga sengaja ketemu cepot di bandung. tepatnya di Rest Area 97, dalam perjalanan pulang dari bandung menuju jakarta.

Tau dong siapa si Cepot ini? yaps! tokoh wayang dari tanah sunda ini memang terkenal banget dengan wajahnya yang merah..

vaksin

Dan satu hal yang gak di sangka-sangka, si cepot ini super ceriwis.. saya banyak ditanya sama tokoh wayang satu ini? gak percaya? berikut petikan obrolan saya dengan cepot saat saya minta foto bareng dengannya..

——————————————–

Luvie (L) : cepoooott!! foto bareng dooong!
Cepot (C): hadeuh. Kenalan dulu atuh.. saha namina.. Ngapain teh kesini?
L : oh. saya luvie. lagi cari oleh-0leh. Tadi abis jalan-jalan ke pabriknya biofarma.

vaksin
C : Oh.. pabrik obat itu ya?
L : bukan, pot.. bio farma itu produsennya vaksin. itu loh.. buat imunisasi.. Yang produksi obat itu saudaranya.. Kimia Farma.
C : beda ya? emang ngapain teh di biofarma?
L : keliling-keliling pabriknya. disana ada museumnya juga.. keren banget loh, pot.. aman, higienis, dan semua ter-manage dengan baik. Soalnya kalo mau masuk ke sana, kita harus cuci tangan, pake sepatu dan baju khusus juga. Tuan rumahnya juga disana ramah-ramah.. hihi.. asik deh..

vaksin
C : Ada apa teh disana?
L : ya ada pengembangbiakan vaksin lah.. namanya juga produsen vaksin.. ternyata vaksin itu macem-macem banget loh.. Dari vaksin yang emang udah kita kenal kayak DPT, BCG, TT, Hepatitis, dan lain-lain, ada juga vaksin flu, dan vaksin kanker serviks. itu tuh.. untuk cegah kanker mulut rahim.. keren kan? teknologi ternyata udah maju banget.. Cepot udah di imunisasi lengkap, belum?
C : moal. gak mau. Vaksin mengandung babi. Haram, atuh..
L : eh.. gak bener tuh.. kamu dapat info dari mana?
C : Dari orang-orang..
L : udah konfirm ke pembuat vaksinnya belum?
C : Tapi kata orang-orang vaksin itu dibikinnya dari lemak babi..
L : Denger dulu.. Dalam beberapa vaksin seperti polio, saat ditemukan, emang pake tripsin (enzim yang ada di pankreas babi) untuk memotong (melepaskan) virus dari sel tempat berkembangnya. Kalau di ibaratkan panen padi, tripsin ini tuh arit atau guntingnya. Tapi abis itu tripsin ini dibuang. Gak di pake lagi. Trus si virusnya juga dicuci ratusan kali dan di larutkan dengan air dalam jumlah besar.. hasil akhir vaksin itu juga udah gak ditemuin kandungan tripsin kok.
C : Masa sih?
L : beneraaaan.. udah terjamin. udah ada fatwa MUI juga yang memperbolehkan penggunaan vaksin ini. lagian ya.. tiap produk yang dihasilin juga ngelewati beberapa kali proses pengujian. pengujiannya satu persatu. bener-bener tiap vaksin loh.. bukan cuma sampelnya aja..
C : emmm… tetep gak mau ah.. abis katanya yang bikin vaksin ini orang yahudi ya?
L : halaaah.. ini isu dari mana lagi, coba..

vaksin
C : Cepot baca gitu kok.. katanya lambangnya yang bikin vaksin itu lambang zionis..
L : haduh pooot.. gambar bintang itu, gambar glicoprotein. Jangan asal nuduh, atuh.. lagian aneh banget deh isunya. Biofarma itu kan perusahaan milik negara. Udah dari jaman belanda, pot! sebelum kita merdeka! Udah lebih dari 100 tahun nyediain vaksin buat orang-orang indonesia dan negara lain. bayangin.. kalau gak ada vaksin atau serum, mungkin penduduk dunia sudah punah. kalah sama penyakit. Sebenernya dari manapun vaksin berasal, siapapun yang bikin, yang pasti vaksin sudah terbukti mampu menyelamatkan jutaan nyawa manusia..
C : oh gitu.. tapi cepot pernah baca, ada orang yang abis di vaksin polio malah abis itu sakit dan meninggal. bahaya dong? 
L : Soal ada yang meninggal atau sakit, sebenernya harus teliti betul. Kadang, sebelum imunisasi, orang itu ternyata sudah menderita atau ada gejala penyakitnya. jadi bukan karena vaksin terus sakit. vaksin itu bukan obat. vaksin fungsinya mencegah. kalau obat, baru fungsinya mengobati. Jadi sebelum kena penyakit ini-itu, sejak kecil kita udah di vaksin macem-macem. biar tumbuh sehat.. kayak akuuu.. *senyum2* kamu kurus kering gitu mungkin kamu gak di imunisasi lengkap, pot.. :lol:
C : enak aja.. Cepot bukan kurus kering..tapi seksih..
L : -__- jadi gimana? Udah boleh foto bareng, belum? *kedip2*
C : boleh. tapi temenin cepot vaksin hepatitis B ya. biar sehat!
L : Siaaaap!!

vaksin

————————-

akhirnya.. berhasillah saya foto bareng dengan si cepot ini.. so.. teman-teman… jangan takut lagi untuk imunisasi ya.. kalau ada info yang kurang jelas, bisa cari info atau tanya-tanya di infoimunisasi.com.

 *sumber foto : google, cici & hanni

vaksin

 

18 thoughts on “Cepot dan Imunisasi

    • hehehe.. jadi tertarik buat buat imunisasi? ;) meningkatkan daya tahan tubuh tuh.. terutama buat yg sering begadang.. *siyul2*

    • masa sih? gw malah sering banget loh denger kayak gitu.. bahkan dari jaman kuliah.. errr.. mungkin temen2 gue aja kali ya yg ajaib2 :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>