wedang asem penghalau flu dan batuk

Tuesday, April 10, 2012

Sudah 3 hari ini saya flu.. memang kondisi badan mulai berasa drop setelah pulang dari acara grebeg blogger yang di adakan oleh deblogger tanggal 5 april yang lalu.

Sebenernya 2 hari ini saya udah gak tahan untuk gak minum obat flu. karena badan udah gak enak banget. tapi sengaja saya tahan. saya memang berusaha menghindari obat flu sebisa mungkin. Terutama untuk minggu ini. karena akhir minggu ini, setelah acara kado ke 6, saya dan kawan-kawan berencana untuk donor darah bersama-sama.

kalau saya minum obat, tentu saya tidak bisa donor darah. karena memang ada larangan donor darah bagi mereka yang dalam seminggu sebelum darahnya di sadap, mengkonsumsi obat-obatan.

Akhirnya.. saya pun memutuskan mengembalikan kondisi tubuh dengan minum vitamin dan obat-obatan tradisional. diantaranya wedang asem dan air jeruk nipis anget.

Kebetulan di rumah masih ada banyak sekali stok jeruk nipis sisa main masak-masakan minggu lalu.

Untuk bikin jeruk nipis anget ini juga sangat mudah. cukup peras air jeruk nipis yang banyak airnya, kasih sesendok gula pasir, lalu tuangkan air panas. minum selagi panas. paling asik di minum saat cuaca dingin…

wedang asem memang salah satu minuman herbal tradisional yang sudah lama di kenal terutama di pulau jawa.. wedang asem katanya sih berguna untuk mengurangi flu, demam ataupun batuk-batuk. Untuk orang yang ingin langsing, wedang asemjuga bagus untuk melarutkan lemak.

 

untuk membuat wedang asem ini gak sulit kok..

Bahan-bahan :

  • 1 sendok makan asem jawa
  • gula aren / gula merah yang di iris tipis. (sesuai selera)
  • 1 sendok teh air jeruk nipis
  • 1 gelas air panas.

Cara pembuatan :

masukkan asam jawa dan gula merah ke dalam gelas. tuang air panas. Aduk-aduk hingga larut. Saring. lalu tuangkan jeruk nipis.

 

saat cuaca panas, wedang asem ini juga enak dinikmati dalam kondisi dingin. setelah jadi, bisa di beri es batu. atau masukkan saja dulu ke dalam kulkas sebelum di nikmati..

mudah kan? selamat mencoba.. ;)

 

ps. gambar pinjem dari kompas.

 

8 Comments

  1. mima says:

    wiiii.. sepertinya enak mba..
    mau coba ah buat gantiin wedang jahe hehehe :D

    1. luvie says:

      iya… enak kok, mim… siapa tau bosen wedang jahe terus.. ;)

  2. iman says:

    Wah gimana akhirnya flu nya Luv? sembuhkah dengan wedang asem ini?

    Saya di rumah dibuatkan ini kalau lagi batuk Luv, memang enak rasanya hehehe

    1. luvie says:

      sembuuuuuh.. alhamdulillah gak perlu ke dokter.. :D

  3. indobrad says:

    ngiler ih. bikinin dong hehehe

    1. luvie says:

      dateng ye tanggal 15 april.. tar gw bikinin abis lo donor darah.. =))

  4. Alris says:

    Keliatannya enak nih. Nanti dicoba deh.
    Baru tau nih harus gak boleh minum obat kimia seminggu sebelum donor darah.

  5. makasih udah share resepnya ya

Leave a Reply