belajar fokus

Friday, March 16, 2012

Fokus? kalau menurut KBBI, salah satu artinya adalah pusat, berpusat, atau pusat perhatian.

Sejak dulu saya selalu berusaha untuk Fokus. Terus terang, saya ini orang yang sulit fokus. Sangat mudah terpecah konsentrasinya. Di saat melakukan sesuatu, saya cenderung tergerak mengerjakan hal lain. Apapun itu.

Saya merasakan hal ini ditahun-tahun terakhir kuliah dan mulai bekerja. Awalnya ini terjadi dari kebiasaan multitasking. Dulu saya terbiasa mengerjakan dua atau tiga pekerjaan sekaligus.. (sekarang pun masih). Dampaknya.. saya jadi terbiasa menyambi-nyambi pekerjaan..

 

Fatalnya.. saat saya tidak perlu lagi menyambi pekerjaan, saya tetap menyambi.. bukan menyambi pekerjaan lain.. tapi menyambi main atau melakukan hal-hal tidak penting lainnya.. >_<

Makin kesini saya jadi makin sulit fokus mengerjakan satu hal saja.. saya senang melakukan kegiatan lain di tengah pekerjaan yang sedang saya lakukan.. apapun itu.. Hasilnya.. membuat pekerjaan yang sedang saya kerjakan gak selesai-selesai.. :( contohnya sekarang.. saat ini mestinya saya memeriksa tugas murid-murid saya.. tapi baru separuh saya sudah tergoda buat nulis. ya abis gimana ya, kalau gak langsung di tulis, gak jadi-jadi postingan nih.. #alesan.

 

Supaya bisa lebih Fokus, saya sempat diberi beberapa tips oleh beberapa kawan.. Saya share ya.. siapa tau berguna bagi temen-temen yang punya masalah dengan fokus..

 

1. Tentukan skala prioritas. mana yang penting dan mendesak, penting tapi tidak mendesak, mana yang bisa di tunda atau dijadwalkan, mana yang bisa di hapus atau dibatalkan, serta yang lebih penting mana yang sebenarnya bukan tugas kita.. hal terakhir ini sering kali mengecoh. Kita ribet ngerjain satu pekerjaan, padahal itu bukan tugas kita.. tugas utama kita malah gak kepegang.. -___-

2. Lakukan dari yang termudah. ini tips dari seorang kawan. kalau ada banyak hal yang mesti kita kerjakan, coba kerjakan dari yang termudah, lalu bertingkat mulai kerjakan hal lain dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Ini kutipan dari seorang kawan lain soal ini : “the point is you need to see yourself succeed to get result and defeat your enemy by your self, even if in a small portion…”

Dengan bisa menyelesaikan satu pekerjaan kecil, biasanya kita akan puas dan merasa kita mampu lalu bersemangat mengerjakan hal lain dengan lebih cepat.

3. Buat tenggat untuk diri sendiri. bisa juga minta bantuan orang lain untuk memberikan tenggat untuk kita. biasanya kalau ada tenggat, saya lebih cepat menyelesaikan pekerjaan.. :lol:

4. Buat To Do List. terutama buat saya yang mahluk visual, berguna banget to do list kayak gini. saya biasa bikin di agenda konvensional dan di BB.

5. Pake kacamata kuda. yang ini belum pernah di praktekin sih… gak punya kacamata kudanya, cyyn.. :lol:

6. Jangan Connect Internet. berasa banget deh kalo kerja sambil online sama nggak. kalau sambil online, gangguannya ada aja. Di colek di sosmed lah.. Browsing hal-hal gak penting lah.. dan lain-lain..

7. Just Do It. Daripada ribet, mikir gimana caranya fokus, udah sih.. kerjain aja apa yang ada di depan mata yang perlu dikerjain. yang penting semua beres.

8. Pegang prinsip untuk memotivasi diri. Makin cepet selesai, makin cepet main. Kadang ini berhasil memotivasi saya buat fokus looooh.. :lol:

 

.

Gimana dengan kalian? ada yang punya masalah dengan fokus? ada saran gimana caranya fokus?

 

16 Comments

  1. budiono says:

    cara orang buat fokus itu kan beda-beda, ada yang fokus justru ketika bermain, ada yang maunya benar-benar fokus buat satu hal saja..

    kalo saya, ndak suka fokus :D

    1. luvie says:

      kenapa gak suka fokus?
      kok saya merasanya kalo gak fokus, kerjaanya gak selesai-selesai ya? :(

  2. mima says:

    aaaa… mba luvieee..
    aku kena sindirannya ni..
    lagi da deadline kerjaan, malah asik2 googling soal mpasi (padahal masih 1,5bulan lagi) hahahaha..

    1. luvie says:

      hahaha.. iyaaa.. aku klo liat sesuatu yang menarik, langsung googling.. makanya suka teralih perhatiannya.. haduuuh..

  3. Iman says:

    Fokus biasanya bisa otomatis kita lakukan pada hal-hal yang jadi passion kita. Ya kan? Bener nggak sih? #MalahGalau

    1. luvie says:

      berarti yg gw kerjain ini bukan passion gw ya’? :(

  4. saya punya kebiasaan yg agak beda, kalau misalnya ngerjain sesuatu ( nulis, desain, bikin proposal dll ) saya lebih suka konek dengan internet.
    itu malah bikin saya jadi lebih gampang fokus karena pikiran jadinya hanya ke situ2 saja ( twitter dan milis ) bahkan kadang2 jadi terbantu karena bisa dapat ide menarik dari sana

    :D

    1. luvie says:

      iya sih.. dalam beberapa hal emang enaknya sambil online.. biar gampang googlng klo butuh sesuatu.. tapi sayangnya klo keasikan, malah jadi bablas.. kerjaannya malah gak selesai2.. :(

  5. Alris says:

    Bener, kalo bekerja sambil online banyak gangguannya. Contoh, saat ini saya harusnya menyelesaikan bikin job desk untuk security, eh malah ngelayap ke beberapa blog. *lo aja yang suka bw, kata teman. hehe…

    1. luvie says:

      hahaha.. sama persiiisss!! :))

  6. Aditya Eka P says:

    Fokus cara saya :

    Harus benar2 sepi, dan jaringan internet juga kudu oke. Biasa nya kalau sudah kayak gitu, baru bisa menyelesaikan 1 tugas

    1. luvie says:

      hihihi… tiap orang emang punya cara sendiri2 buat fokus..

  7. yadibaroos says:

    fokus kepada satu pekerjaan, memang terkadang sulit untuk kita kerjakan. namun tips yang mbak berikan dapat dijadikan panutan agar lebih fokus pada satu pekerjaan agar hasilnya lebih maksimal

    1. luvie says:

      amin.. semoga bermanfaat ya ;)

  8. blogwawan says:

    kalo saya kadang-kadang yang membuat gak bisa bikin fokus kalo rumput tetangga lebih hijau,jadi pekerjaan saja tertunda,karena saya sibuk mencari tau bagaimana rumput tetangga saya lebih hijau ya,hehehe
    overall keren artikelny,salam kenal :)

  9. fendy says:

    saya bingung. belajar g bs fokus… sllu dsambi maen game. low g maen melamun……

    gmn cra mngatasi it…??

Leave a Reply