goal, need, and want

Thursday, March 1, 2012

Goal, need and want. tiga kata kunci yang selalu saya tekankan dalam kelas skenario, saat partisipan membuat karakter dalam dunia cerita yang mereka buat.

 

Tiga hal ini adalah sesuatu yang harus dimiliki setiap karakter yang ingin hidup atau di hidupkan. Tanpa tiga hal itu, sosok karakter biasa yang tidak menarik untuk di ceritakan.

 

Goal dapat diartikan sebagai Tujuan. Tujuan hidup baik jangka panjang, jangka menengah ataupun jangka pendek.

www.effective-time-management-strategies.com

Karakter yang memiliki Tujuan akan membuat hidupnya jadi dinamis. Karena dengan menentukan tujuan, karakter akan bergerak. dari satu tujuan ke tujuan lain. itu lah yang menggerakkan cerita. hal ini menjadikan karakter itu menjadi menarik untuk di ceritakan..

 

Hal lain yang bisa mewarnai cerita adalah Want and Need. Want diartikan sebagai Keinginan, sementara Need adalah Kebutuhan. keinginan dan Kebutuhan itu kadang mirip-mirip.

Biasanya orang lebih bisa mengenali Keinginannya dari pada Kebutuhannya. Kedua hal ini bisa jadi hal yang sama, tapi bisa juga berbeda.

 

Misal : saat saya sedang Bad Mood, yang saya inginkan adalah makan makanan yang manis. Padahal belum tentu itu yang saya butuhkan. Yang saya butuhkan bisa jadi hanyalah keluar sejenak, bertemu kawan-kawan atau pun menonton film yang saya suka.

Atau contoh lain :

misal : saat lapar lapar yang saya inginkan adalah makan.. dan yang saya butuhkan memang makan.. kalau tidak, saya bisa sakit.

 

Apa yang saya inginkan bisa jadi sama dengan yang saya butuhkan. Bisa juga tidak.. Tidak melulu sama. Tapi bila berbeda, Pertentangan antara Keinginan dan juga Kebutuhan bisa juga menjadikan cerita cukup seru.

 

Kenapa hal ini menarik untuk di ceritakan? karena tanpa disadari Manusia hidup dengan dibekali hasrat dan nafsu.

Hasrat dan Nafsu inilah yang membuat manusia menginginkan satu dan lain hal.. menjadikan hidup manusia penuh warna dengan berbagai keinginan..

 

www.startingyourownbusinessovernight.com

 

Kadang keinginan-keinginan manusia bertentangan satu sama lain.. itu pun bisa menjadi hal yang menarik untuk di ceritakan..

 

Manusia yang sudah di kuasai oleh keinginannya mencapai atau mendapatkan sesuatu biasanya menjadi sosok karakter atau manusia yang ambisius. Mereka tidak lagi perduli terhadap sekitar ataupun terhadap keinginan atau kebutuhan orang lain..

 

So.. Apa Tujuan, keinginan serta kebutuhan ini adalah sesuatu yang buruk? tidak juga.. seperti yang sempat saya bilang.. keinginan mencapai sesuatu membuat manusia terus bergerak. memperbaiki dirinya, mengejar sesuatu, dan atau juga membuat mereka membangun sesuatu yang kemudian menjadikan dunia ini begitu berwarna dan beragam.

 

Ini bisa jadi sebuah refleksi diri dalam hidup kita. sebenarnya apa tujuan kita dalam hidup ini. apa kita sudah menentukan tujuan yang akan kita raih dalam jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang?

Sudahkah kita yakin bahwa apa yang kita inginkan adalah sesuatu yang memang kita butuhkan? apakah semua yang kita inginkan hanya berdasar pada nafsu belaka? atau kita sudah mempertimbangkan semua baik-baik dan tahu dengan yakin bahwa apa yang kita inginkan sekarang adalah sesuatu yang memang dibutuhkan…

 

hmm.. Jadi apa Tujuan, Keinginan dan kebutuhanmu saat ini? apa sudah sejalan dan menjadi layak untuk menjadi sebuah cerita? :)

 

3 Comments

  1. indobrad says:

    hidup saya malah udah kayak sinetron kakaaak

    1. luvie says:

      *duduk manis nonton sinetronnya kakak brad* :lol: *nyomot pop corn*

  2. Iman says:

    Duh kayaknya “WANT” saya lebih mendominasi deh daripada “NEED” #eh #galau

Leave a Reply