In Your Arm by Kina Grannis

 

Anything we have know..
Anything we’ve forgotten..
An the rain, in the dark We’ll lay..
An your arms, in your arms I’ll stay..

Sudah pernah denger lagu ini? klo belum nonton video klip ini deh..

Secara lagu memang gak terlalu spesial.. tapi buat saya, yang spesial adalah video klipnya. keren banget! begitu saya nonton, saya langsung mikir proses produksinya.. kebayang gimana ribetnya..

basic ide dari video ini adalah dari “jelly bean art”.  yaitu sebuah tehnik gambar kolase dengan menggunakan jelly bean. klo jaman SD dulu kita kolase pake mote, kacang2an dsb. di america di kenal kolase dengan jelly bean atau jelly bean Art. ini salah satu hasilnya. semua dibikin dengan jelly bean.

video klip “in your arms” ini dibuat dengan tehnik stop motion, menggunakan ribuan butir jelly bean art sebagai background. mau tau berapa banyak jelly bean yang di pakai sepanjang video klip ini?? tepatnya 288.000 butir Jelly bean. Gila! salut deh! dan bikinnya ini gak sebentar loh.. Makan waktu hampir 2 tahun.. Untuk sebuah video klip yang itungannya film pendek kurang dari 10 menit, proses produksinya sangat-sangat-sangat-sangat lamaaa! Bisa ngalahin produksi film bioskop..

Emang gak gampang dan gak bisa sebentar bikin video klip ini.. untuk yang belum tau.. tehnik stop motion itu sebenernya adalah basic dari animasi.. cara pembuatannya adalah dengan menggabungkan banyak foto, frame by frame, sehingga gambar kelihatan seperti bergerak.

saya menekankan bagian menggabungkan banyak foto, frame by frame. soalnya beneran tiap gerakan yang muncul itu gabungan dari beberapa foto. tiap gambar / frame yang mereka bikin, butuh waktu minimal 5 menit untuk menyusun jelly bean itu menjadi sebuah background yang rapi. jadi.. ya coba itung aja sendiri berapa lama waktu yang dibutuhkan dan berapa banyak frame / gambar yang dibutuhin untuk bikin gambar itu jadi kelihatan bergerak..

Dan gak cuma itu.. ada beberapa adegan yang spesial banget.. terus terang sejak awal hal ini membuat saya ternganga.. karena gambar-gambar yang jadi background itu terlihat sangat dinamis.. walau sudah mengira ini menggunakan tehnik stop motion, tapi melihat hasilnya sedinamis ini, saya sempat berpikir mereka cheating dengan software animasi dsb.

tapi ternyata nggak loh.. mereka bener-bener bikin frame by frame semua background itu. saat saya melihat video the making of “in your arms”, saya benar-benar angkat topi, give standing applouse dan kasih 100 jempol (pinjeman) buat tim produksi video ini.. bener-bener butuh kesabaran luar biasa untuk bikin tiap frame gambar..

 

Gak heran mereka sampai menghabiskan total waktu kerja 1.357 jam. dengan tim produksi 30 orang, selama 22 bulan.

Salut deh buat Kina Grannis si artis yang rela bercapek-capek ria pose frame by frame untuk video klip ini. Lebih salut lagi sama Greg Jardin sutradara video klip ini.. Saluuut!

kalau mau tau lebih jelas gimana proses pembuatan video klip ini, tonton deh video dibawah ini..

Seru, kan? hehe..

4 Replies to “In Your Arm by Kina Grannis”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *