Soup Master Class with Karen Carlotta

Tidak mau kalah dengan Masterchef yang ada di TV, minggu lalu saya pun ikutan Soup master class with Karen Carlotta Alias Chef KC. Chef KC yang cantik & seksi ini sudah berkecimpung di dunia kuliner sejak tahun 2005 loh.. Dia juga memperdalam ilmu memasak di singapura.

.

Soup Master Class

15 blogger diundang di acara Soup Master Class yang tidak hanya mengajarkan bagaimana membuat soup yang lezat, tapi sudah disediakan hadiah untuk tim dengan masakannya terlezat dan kelihatan cantik.

Begitu Tiba di Vineth Bakery, panglima polim, disana ada teman-teman dari deBlogger, angin mamiri, & para blogger pencinta kuliner yang sudah siap untuk ikut Soup Master Class.

Kebayang dong, kalo para pencinta kuliner kumpul di Soup Master Class, yang diomongin pasti makanaaaaan mulu! dan undangan soup master class benar-benar jadi surga dunia banget buat kami.. bagaimana tidak, begitu datang, kami sudah disambut dengan berbagai minuman serta kue-kue lezat yang memanjakan lidah..

Ugh..  belum mulai masak, udah kenyang duluan nih.. hihihi..

Begitu waktu sudah menunjukkan pukul 10 lewat 40 menit, acara dimulai. kami semua saling memperkenalkan diri satu sama lain.

Soup Master Class pun dimulai..

Di soup master class hari itu kami membuat dua macam soup. pertama adalah “mushroom soup with poached eggs and roasted shallots” serta “soto ayam ala KC”.

Tapi sebelum membuat kedua soup itu, kami di ajari cara membuat bouillon (baca : buyong)  alias kaldu ayam. kaldu ini sangat wangi dan menggugah selera. sayangnya, rasa yang enak ini tidak mudah didapatkan. untuk membuatnya minimal butuh waktu 7-8 jam.. hah?? gila ya.. lama banget.. di tinggal tidur juga mateng sendiri deh.. :p

Yaps! waktu yang sangat lama ini memang berfungsi mengeluarkan seluruh sari pati kaldu dari daging dan tulang yang di pakai. tapi hasilnya sama sekali tidak mengecewakan. bouillon ini membuat masakan jauh lebih lezat.. dan wanginya.. mengingatkan saya pada warung bakso dekat rumah. hmm.. sepertinya saya sekarang tahu resep rahasia tukang bakso tersebut.. 😀

bouillon yang sudah jadi, kini siap dimasak menjadi dua  soup. Yang paling saya suka adalah “mushroom soup with poached eggs and roasted shallots”. selain karena saya memang suka cream soup seperti ini, begitu saya cicipi rasanya memang lezaaatt!! nyam!!

ini dia resepnya..

Mushroom Soup

with Poached Eggs and Roasted Shallots

Bahan-Bahan

Sup Mushroom

Minyak untuk menumis

1 buah bawang Bombay, cincang

250 g Jamur kancing, cuci bersih, iris tipis

2 btr bawang putih, cincang

sejumput thyme kering

Garam, lada

600 ml kaldu ayam/bouillon

Pelengkap

2 btr telur ayam

Air, cuka

Minyak untuk menumis

3 btr bawang merah, iris tipis, taburi garam


Cara membuat

Sup Mushroom

– Panaskan minyak, tumis jamur dan bawang Bombay hingga kecoklatan (pastikan dengan api besar). Tambahkan bawang putih, thyme kering, garam dan lada, masak selama 1 menit.

– Tuangkan air sedikit demi sedikit, masak hingga mendidih. Tambahkan kaldu Ayam, aduk rata. Masak selama 10 menit. Blender hingga halus

Pelengkap

– Didihkan air dan cuka. Tuang telur ketengahnya, masak selama 1 menit

– Tumis bawang merah hingga kecoklatan


Cara penyajian

Sajikan sup mushroom hangat dengan poached egg dan roasted shallots diatasnya

Poached eggs ini dibuat dari telur yang dimasak di air mendidih. Bukan telur yg di rebus dengan cangkangnya. telur ini di rebus langsung dalam air. hmm.. ya.. hasilnya mirip telur yang kita rebus bareng mie instan.. tapi ini hasilnya bagus.. kuningnya gak pecah.. 😀 Ternyata rahasianya adalah merebusnya dalam air panas & cuka. voilaaa!! hasilnya pun sangat cantik!!

hihihi.. setelah masakan ini selesai, kami pun memasak masakan kedua. hasilnya tidak kalah menarik & lezat. Liat aja sendiri hasil masakan kelompok kami..

Sambil menunggu penjurian dilakukan, ternyata kami tidak perlu bosan menunggu. pihak panitia sudah menyiapkan masakan yang super duper lezat dan banyak!! haha.. Acara Soup Master Class ini benar-benar surga bagi pecinta kuliner..

Begitu tiba di penghujung acara, Chef KC siap memberikan pengumuman pemenang kompetiis ini. dan ternyata..  kelompok saya menang!!! yeaaay!!! seneng deh.. dari soup master class ini,masing-masing bisa bawa pulang hadiah yang sangat menarik!

Ada satu lagi yang bikin happy.. panitianya ngerti banget bahwa mereka mengundang blogger-blogger pencinta kuliner, mereka menyiapkan plastik untuk siapapun yang mau bawa pulang makanannya. hahaha.. tak ayal lagi.. di akhir acara, partisipan yang kebanyakan ibu-ibu, langsung bungkus makanan!! Jadi inget arisan keluarga.. jiahahahahaha…

Thank you banget ya, chef KC dan rekan-rekan.. makasih buat sauskecap.com atas foto-foto di FBnya.

kalau ada acara lagi, saya mau loh di undang ke acara soup master class.. 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *