arti kebenaran

Tuesday, March 16, 2010

kebenaran?? mestinya dia tak tersangkalkan.. tapi ketika muncul perbedaan dan semua merasa benar, lalu… siapa yang benar-benar benar??

apa ada yang tahu, apa yang di maksud dengan kebenaran?? bukan kebeneran yang berarti kebetulan yah.. :D kata dasarnya BENAR. lawan kata dari SALAH. kalau tidak salah, berarti benar kan? tapi, kalau tidak benar, apa selalu berarti salah? hmm.. belum tentu.. ada banyak hal dimana keadaan berimbang.. satu pihak benar.. pihak lain tidak salah.. namun sering kali, orang berpikir praktis dimana kalau tidak berlabel BENAR, berarti dia SALAH!

apa kalian semua sudah merasa menemukan kebenaran yang sejati??

sebenarnya apa arti kebenaran? siapa yang bisa menilai benar dan salah? penilaian siapa yang bisa di anggap paling valid? siapa yang bisa menentukan pemikiran seseorang mengandung kebenaran sejati, siapa yang salah.. tentunya untuk melihat itu butuh sebuah keyakinan.. yakin bahwa sesuatu itu adalah benar atau salah.. lalu.. bagaimana jikalau ada perbedaan pendapat?? ketika semua merasa YAKIN bahwa mereka lah yang paling benar.. lalu kapan kebenaran sejati itu akan muncul?? klo “orang bijak” biasanya hanya bilang.. “hanya waktu yang bisa menjawabnya..”

semua orang yang saya temui hampir merasa diri mereka selalu benar, sementara orang lain salah.. padahal orang yang dianggap salah itu merasa dirinya benar… dan orang yang menuduh mereka bersalah lah yang sebenarnya salah.. hmmm.. mungkinkah saya bisa mengajukan mereka semua ke pengadilan? agar hakim bisa menentukan siapa yang benar-benar BENAR? tapi hakim manakah yang paling adil.. saya rasa, kita semua tentu tahu jawabnya.. DIA.. Dia Yang Maha Adil lah yang paling berhak mengadili seadil-adilnya.. tapi tunggu dulu.. bagaimana kalau orang yang akan di adili tidak percaya kepada-Nya? atau mungkin percaya kepada-Nya dalam bentuk yang berbeda? bisa kah kebenaran sejati terbukti dan tak terbantahkan?? ah.. hidup di dunia ternyata benar-benar memusingkan.. (okok) mendingan diem aja deh.. dari pada dianggap salah.. (ninja) karena semua orang selalu merasa paling benar, bukan??? :) (funkydance)

17 Comments

  1. andri says:

    sepertinya itu udah sifat dasar manusia ya, ngga mau disalahkan, maunya dianggap benar, dan jarang sekali yang sadar akan kesalahannya…

    tapi kalo gw punya kunci “maklum”, biar idup ayem tentrem gemah ripah lohjinawi, kita harus lebih banyak memaklumi orang lain ketimbang minta dimaklumi… :-)

  2. luvie says:

    yups.. pemakluman adalah wujud dari toleransi berpendapat dan berkeyakinan.. namun kadang orang telah dibutakan oleh KEYAKINANnya sendiri bahwa dia paling benar dan berujung memaksakan kebenaran versi dirinya sendiri dan kemudian memicu konflik.. :( padahal dunia akan lebih indah kalau semua hidup tentram dan damai serta saling menghargai..

  3. LampaHLereS says:

    Jd Curhatan kali ini bener-bener Bener sebuah kelabilan, atau tidak salah lagi yg nulis memang labil? :D B-)

  4. egghead says:

    okeh, gw ngaku salah B-)
    *dengan ini gw mematahkan line : semua orang yg saya temui merasa dirinya benar*
    (haha)

  5. luvie says:

    @LampaHLereS : yaps.. saya memang labil.. (rock) hidup miss labil! (yahoo) (lmao)

    @egghead : Yakin, kalo kamu salah??? berarti kamu merasa benar kan, dengan mengaku salah?? gimana kalo aku bilang kamu BENAR?! kamu pasti YAKIN dengan pendapatmu kalo KAMU SALAH, iya kan?
    ah.. kamu masih merasa PENDAPATMU dirimu paling benar.. :))
    tapi klo kamu berubah pikiran.. bukan berarti kamu merasa paling benar.. tapi berarti kamu sama labilnya dengan saya.. (rofl)

  6. Okkots says:

    Wuihhh berat…. aku masih kurang paham :(

    1. luvie says:

      ya sudah.. gak usah di pikirkan.. (cozy)

  7. Cipu says:

    Maju tak gentar membela yang benar, tapi apa yang dibela sungguh sungguh benar yah? :D (LOL)

    1. luvie says:

      itu dia yang perlu di telusuri lebih jauh, cip.. (lonely)

  8. lelaki aneh says:

    Bagaimana kalau kebenaran itu kita alihkan pada kebenaran akan adanya tuhan?
    Itu kebenaran yang mutlak kan ya!

    Anyway, rasanya sekarang kebenaran itu berbanding lurus dengan berapa rupiah yg dimiliki seseorang.
    Setuju?

    1. luvie says:

      hmmm.. soal kebenaran akan adanya Tuhan, klo anda tanya saya, saya pasti akan setuju.. tapi bagaimana klo anda tanya itu kepada mereka yang atheis? apakah yang di sebut kebenaran itu masih mutlak? ;)
      klo soal kebenaran yang berbanding lurus dengan rupiah, saya tidak begitu setuju dengan itu.. kebenaran mungkin bisa DISEMBUNYIKAN dengan rupiah.. tapi kebenaran tetaplah kebenaran.. dan saya yakin suatu hari akan terungkap jua.. :)
      btw, thanks for dropping by on my blog… (rock)

  9. paKDhe says:

    kebenaran sejati = sesuatu yang benar dilihat dari berbagai sisi.

    kalo saia mengaku sangat ganteng dan dilihat dari para tetangga dan segenap mahluk di muka bumi sampe di pluto dan alien yang ntah berada di mana memang demikian adanya, jadilah sebuah pendapat bahwa saia sangat ganteng menjadi sebuah kebenaran. kira2 demikian adanya >:)

    1. luvie says:

      iiiih… si om malah narsis di sini.. (doh) (idiot)

  10. dhodie says:

    Kuncinya menghargai dan menahan diri.. karena kalau semua orang berbicara tanpa ada yang berusaha mendengarkan, ya jadi noise semua hehehe..

    Nice contemplation writing, Luv :-D

    1. luvie says:

      agree with you, dhod.. thank you.. (worship)

  11. Gugum says:

    Apa itu Panjang ? …., lebih panjang dari yang pendek dan menjadi pendek apabila ada yang lebih panjang.
    Kebenaran adalah Proses kesesuaian Pemahaman dan tindakan…ketika tidak sesuai ia berdusta. benar menurut bayi berbeda dengan orang dewasa.
    Ketika pemahaman kebenaran dan kemampuan tindakan yang dimiliki sanggup lebih tinggi tetapi memilih melakukan level yang lebih rendah itu pun disebut dusta.

Leave a Reply