kebutuhan, kemauan, serta impian

kenapa sih kamu masih hidup sampai detik ini? apa kamu masih ingin hidup? kenapa? buat apa?

pernah menemukan pertanyaan-pertanyaan seperti ini? pertanyaan mendasar yang sering kali singgah ke kepala manusia.

saat pertanyaan-pertanyaan itu datang, sering kali kita bisa menjawabnya dengan mudah. “bahwa saya masih ada di dunia ini, saat ini.. karena saya masih belum menyelesaikan misi saya..”

woow… sebuah jawaban fantastis menurut saya.. karena tidak banyak orang yang kadang sadar apa maksud dan tujuan dia hidup di dunia. yang pastinya tidak sekedar hanya makan, tidur, dan meneruskan keturunan, bukan? tapi pastinya masih ada banyak alasan lain kenapa kita masih hidup di dunia ini.. yang pasti semua orang pasti berharap bahwa hidupnya di dunia akan membawa sebuah keberkahan dan manfaat bagi orang lain.. siapa sih yang mau jadi orang tak berguna.. tentu semua orang ingin hidupnya berjalan baik-baik saja.. tapi tentu hidup tak akan indah bila semua berjalan datar-datar saja.. fluktuasi kehidupan lah yang memberikan warna, semangat dan gairah kita untuk tetap hidup.

ya.. dan tentunya kita selalu membutuhkan kesadaran tentang apa yang kita inginkan dan apa yang kita butuhkan di dunia ini.. setidaknya, mimpi-mimpi yang kita punya tentang berbagai hal yang kita inginkan, akan bisa membawa kita ke dunia yang lebih baik lagi..

pernah kah terbayang kalau kita hidup dunia tanpa keinginan dan tanpa kebutuhan? hmmm. mungkin kita akan hidup seperti robot.. mungkin kita akan seperti zombi-zombi di film hollywood yang berjalan tanpa arah dan tujuan.. sekecil dan seserhana apapun. tujuan hidup tetaplah penting..

seperti minggu lalu.. saya sempat mendiskusikan masalah ini dengan dua orang sahabat saya.. saat itu saya sedang berada dalam masa jenuh dan kehilanga gairah serta semangat hidup.. salah satu dari mereka mencoba menyemangati saya dengan mengingatkan tentang mimpi-mimpi yang saya punya.. sepertinya semua  mudah..tapi ternyata tidak segampang itu! SAYA SUDAH TIDAK PUNYA MIMPI DAN KEINGINAN! SAYA MERASA TIDAK LAGI PUNYA KEBUTUHAN!

karena saya berpikir saya sudah memenuhi semua impian dan keinginan saya.. saya sudah berada dalam zona sangat nyaman.. tapi setelah saya pikir-pikir kembali.. apakah semua sudah berhenti sampai disitu saja?? apakah sudah tidak ada lagi yang saya inginkan? apakah tidak ada lagi yang saya butuhkan???

hmmm.. ternyata ada satu yang saya lupa.. saya lupa merevisi mimpi-mimpi saya.. saya lupa membuat batu pijakan baru untuk melompat lebih tinggi. saya malah asik menikmati pijakan saya sekarang.. tanpa ingat bahwa harus terus melangkah, dan melompat lebih tinggi dan meraih bintang yang lebih tinggi..

bisa saja kita berpikir tidak punya kebutuhan dan keinginan.. tapi ternyata kita masi bisa memilikinya.. kita tinggal mencari apa yang kita mau dan kita butuhkan.. dan bismillah.. saya sudah mulai banyak menyusun rencana-rencana baru untuk di wujudkan dalam jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang..

mari kita kembali bekerja keras.. untuk kehidupan yang jauh lebih indah dan lebih baik lagi..

.

7 Replies to “kebutuhan, kemauan, serta impian”

  1. wahh, rupanya kawan saya ini sedang merenungkan filosofi dasar namun penting ya 🙂

    Opini saya: kalau kamu merenungkan tujuan hidupmu, kayaknya sampai mati pun gak akan ketemu jawabannya. Coba lihat ke “atas”, tanya sama yang Empunya langit dan bumi. Dia pasti akan mencerahkan pemikiranmu 🙂

    Salam kenal^^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *