american risoles

dari namanya aja udah lucu yah.. ternyata orang america kenal sama yang namanya risoles, ya? ku pikir risoles itu makanan orang indonesia asli.. semacam darling.. dadar guling.. (lmao) tapi gue juga gak yakin sih, risoles itu dari indonesia? ada yang bilang dari brazil.. ntahlah.. belum sempat browsing2 soal ini..

american risoles ini, kabarnya mendapat sebutan demikian, karena isian yang berbeda dari dari risoles versi indonesia yang biasanya berisi sayuran.. klo amris ini, isinya bahan2 yang banyak ada di america sana.. ini bahan-bahan yang di butuhkan.. untuk membuat 25-30 buah american risoles.

Kulit :

250 g tepung terigu
50 g susu bubuk
2 butir telur
650 ml air matang
25 g mentega yang di cairkan
1 sdt baking powder
sejumput garam.

Isi :

5 lembar daging asap
5 butir telur
100 g keju
100 g mayonaise

Finishing :

1 butir telur

tepung panir.

cara membuat :

  1. campur semua bahan kulit menjadi satu. aduk perlahan. saat mengaduk tepung, mentega dan air serta telur jangan di remas, tapi di tepuk-tepuk saja. agar tidak ada adonan yang menggumpal. jika ternyata masih ada adonan yang menggumpal, saring saja. adonan menggumpal membuat hasil adonan kulit  tidak halus dan mulus.
  2. setelah semua bahan tercampur rata, buat dadar dengan menggunakan wajan yang sudah di olesi minyak. minyaknya jangan terlalu banyak. cukup sekitar 2 tetes, lalu ratakan. untuk pemula, bisa menggunakan wajan dadar (wajan datar), tapi klo sudah biasa, bisa menggunakan wajah biasa. ambil satu sendok sayur adonan, tuang di atas wajan panas. putar-putar sampai terbentuk adonan bulat. lakukan sampai adonan habis. banyak yang bilang, bagian yang sulit untuk membuat kue ini adalah saat membuat adonan kulit. memang awalnya sulit. tapi setelah banyak berlatih, lama-lama juga bisa dan terbiasa.
  3. setelah semua adonan kulit selesai di buat, sisihkan. siapkan bahan-bahan isi. potong-potong seluruh adonan isi, sebesar 1×1 cm, lalu campur dengan mayonaise. isikan adonan ini ke dalam kulit, lalu lipat bentuk amplop..
  4. kocok sebutir telur,   lalu gulingkan risoles yang udah jadi, ke dalam kocokan telur, lalu gulingkan dalam tepung panir. simpan di lemari es minimal 1 jam. goreng saat akan disantap..
  5. hidangkan dengan saus sambal atau cabai rawit…

rasanya? SO YUMMY!!! (mmm)

.

16 Replies to “american risoles”

  1. wahhh.. gambarnya enak banget.. (hungry) ngebayangin gimana rasanya keju, mayonaise, and daging asap dikunyah barengan :(( plus kulit susu pasti lembut bangett :(( loch kok gw pake icon nangis ya (woot)

  2. Luvie harus bertanggungjawab karena saya jadi addicted ama “amris”-nya (scenic) kulitnya tipis sehingga cocok buat lambung saya yang gak suka tepung terigu (applause) *ketok palu a la hakim* (idiot)

  3. @ipied : komen pertama lo masuk ke kantong spam.. (doh)

    @dhodie, @nagacentil, @isulaima : ayo.. kapan deblogger kumpul lagi.. (bringit) nanti ku bawakan.. (mmm) biar bisa pada icip2.. (hungry)

  4. Woo baru maen kesini lagi udah ganti warna baru, tapi emang risoles nya enyak banget, kalau ada yang mau pesen bisa order via saya *bergaya jadi bagian marketing amris nya luvie* (evil_grin)

  5. kayanya enak banget tuh risolesnya…kayanya sih sama banget ama yang dari indonesia, tapi cuma beda isinya aja yang banyak dagingnya, tpi indonesia juga ga kalah mba kalo yang risolnya ditoko kue pake daging juga, udah dulu ah jadi laper nih ngeliatnya hehehe

  6. hi… salam kenal….
    setelah blogwalking dari salah satu plurkers,nemu blog ini deh… maaf ya ku ubek2 blognya. tertarik sama resep2nya…. boleh ya ku contek, siapa tau bisa dipraktekin di rumah… *masih cupu soal masak memasak niy*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *