mencari tempat yang tak terlihat di peta

di siang hari yang terik.. seorangan ibu berbincang dengan anak perempuannya..

I (ibu) : nduk.. kamu pergi ke Taman Impian Jaya Asmara.. disana tempatnya bagus loh, nduk.. ada banyak mainan, makanan, orang-orang baru.. kamu pasti suka.

A (anak) : Taman Impian Jaya Asmara itu dimana, bu? sebelah mananya Taman Impian Jaya Ancol??

I : kamu cari lah.. nanti juga ketemu?

A : 😐 kalo gak ketemu gimana?

I : kan ada peta.. buka lah peta kamu..

A : kan ibu tahu.. aku suka nyasar dan agak lemah membaca peta..

I : tanyalah pada orang yang ada di sekitar situ..

A : ibu yakin aku akan suka tempat itu?

I : yakin.. karena semua anak perempuan pergi kesana..

A : gimana kalau aku gak suka..

I : kamu coba kesana dulu, baru bisa bilang suka apa gak suka…

A : 😐 *mendadak spechless*

susah kan, lo??? coba klo lo jadi anak itu.. di suruh melakukan sesuatu sama orang tua lo.. yang lo sendiri ga yakin lo akan suka.. lo di suruh melakukannya hanya karena orang2 melakukan hal yang sama.. oh.. God.. (doh)

walau hal itu mungkin adalah yang terbaik.. tapi.. si anak sendiri masih belum tahu gimana caranya sampai ke tempat itu.. hanya mengandalkan peta? bertanya pada orang2? aarrghh… nambah kerjaan aja… (headspin)

belum lagi nanti klo tersesat disana gimana? namanya juga taman..segitu gedenya.. terus klo nanti disana ketemu sama orang jahat gimana? gimana klo disana temen-temennya gak asik.. terus gimana klo nanti ada nenek sihir jahat.. (huehehehehe.. terlalu berlebihan sih.. 😀 )

*curhat gak jelas gara2 di suruh pergi ke tempat yang gak tahu letaknya dimana* (lonely)

.

american risoles

dari namanya aja udah lucu yah.. ternyata orang america kenal sama yang namanya risoles, ya? ku pikir risoles itu makanan orang indonesia asli.. semacam darling.. dadar guling.. (lmao) tapi gue juga gak yakin sih, risoles itu dari indonesia? ada yang bilang dari brazil.. ntahlah.. belum sempat browsing2 soal ini..

american risoles ini, kabarnya mendapat sebutan demikian, karena isian yang berbeda dari dari risoles versi indonesia yang biasanya berisi sayuran.. klo amris ini, isinya bahan2 yang banyak ada di america sana.. ini bahan-bahan yang di butuhkan.. untuk membuat 25-30 buah american risoles.

Kulit :

250 g tepung terigu
50 g susu bubuk
2 butir telur
650 ml air matang
25 g mentega yang di cairkan
1 sdt baking powder
sejumput garam.

Isi :

5 lembar daging asap
5 butir telur
100 g keju
100 g mayonaise

Finishing :

1 butir telur

tepung panir.

cara membuat :

  1. campur semua bahan kulit menjadi satu. aduk perlahan. saat mengaduk tepung, mentega dan air serta telur jangan di remas, tapi di tepuk-tepuk saja. agar tidak ada adonan yang menggumpal. jika ternyata masih ada adonan yang menggumpal, saring saja. adonan menggumpal membuat hasil adonan kulit  tidak halus dan mulus.
  2. setelah semua bahan tercampur rata, buat dadar dengan menggunakan wajan yang sudah di olesi minyak. minyaknya jangan terlalu banyak. cukup sekitar 2 tetes, lalu ratakan. untuk pemula, bisa menggunakan wajan dadar (wajan datar), tapi klo sudah biasa, bisa menggunakan wajah biasa. ambil satu sendok sayur adonan, tuang di atas wajan panas. putar-putar sampai terbentuk adonan bulat. lakukan sampai adonan habis. banyak yang bilang, bagian yang sulit untuk membuat kue ini adalah saat membuat adonan kulit. memang awalnya sulit. tapi setelah banyak berlatih, lama-lama juga bisa dan terbiasa.
  3. setelah semua adonan kulit selesai di buat, sisihkan. siapkan bahan-bahan isi. potong-potong seluruh adonan isi, sebesar 1×1 cm, lalu campur dengan mayonaise. isikan adonan ini ke dalam kulit, lalu lipat bentuk amplop..
  4. kocok sebutir telur,   lalu gulingkan risoles yang udah jadi, ke dalam kocokan telur, lalu gulingkan dalam tepung panir. simpan di lemari es minimal 1 jam. goreng saat akan disantap..
  5. hidangkan dengan saus sambal atau cabai rawit…

rasanya? SO YUMMY!!! (mmm)

.