pie susu

buat ku, ini salah satu makanan yang paling mudah di buat, karena waktu persiapannya cukup singkat.. rasanya pun lumayan enak..

temen2 pun banyak yang suka..

ini bahan2nya…

bahan kulit :

  • 100 gram tepung terigu
  • 75 gram margarin
  • sejumput garam
  • satu sendok teh gula halus.

bahan isi :

  • satu kaleng susu kental manis (lebih enak pakai susu bendera)
  • 500 ml air matang
  • 5 butir telur ayam ukurang kecil.

sedikit kan, bahannya? hehehhe..

cara membuatnya :

1. buat kulit pie dengan cara mencampur seluruh bahan hingga rata. usahakan mengaduk dengan ujung jari. cukup tekan2 dan ratakan. klo terlalu banyak aduk, adonan kulit bisa keras… πŸ˜›

2. atur adonan kulit pada loyang bongkar pasang. tempelkan adonan kulit di seluruh dasar loyang dan juga seluruh sisi loyang setinggi kira-kira 5cm.

3. kocok lepas 5 butir telur (kocok sampai rata) beri susu kental manis, aduk kembali. beri air Β dan aduk hingga rata.

4. tuang adonan isi ke dalam loyang yang sudah di isi adonan kulit. panggang selama 1 jam dengan suhu 190Β° C.

sajikan.. rasanya enak loooooh.. (mmm)

note : pembuatan pie ini memang menggunakan loyang bongkar pasang yang bisa di copot pinggirnya, karena klo gak pake loyang yang ini, susah untuk mengeluarkan pie-nya. tekstur pie yang sangat lembut membuat pie ini terlalu ringkih saat di keluarkan, kalau menggunakan loyang biasa.. πŸ™‚ selamat mencoba yah.. (dance)


40 Replies to “pie susu”

  1. @suryaden : mari makaaaaaan.. (hungry)

    @dhodie : aih.. aa dhodie bisa ajah.. :”> ayo sok teh.. buruan daftar… :”> *siap2 di kasih kursi* (okok)

    @kopisusu : tim promosinya tolong yang gencar yah… (hassle)

    @bandit pangaratto : huehehehe.. aku juga gak nyangka malah komennya pada jadi begini.. :))

    @tikapinkhana : emang tika kemaren gak nyobain lagi? (woot) astagaaaa.. maaf.. maaf.. (worship)

    @nuuii : iyah.. nanti kucoba bikin yah.. apel pie-nya.. (dance)

  2. wah hebat nih bu guru koki udah dapet sponsor dari susu bendera, btw mo bikin ga punya loyang bongkar pasang pinjm dong lyang nya hehehe…

  3. pernah mencobanya dengan kasih toping buah diatasnya gak luv? (thinking)menurutku pie susu ini basic pie buah yang dijual pada umumnya. kalo dikasih topping diatasnya lebih ietimewa lagi nih πŸ˜€

    gw lebih suka pie mu daripada cheesecake mu (mmm)

  4. berhasil..berhasil..berhasil..horeee :))

    tp kulitnya aq tambahin kuning telor siy..lbh crunchy gitu

    n cetakannya bikin yg kecil2 ajah.

    neeway..thankss ya Luvie!

  5. Mbak, aku bikin kok susunya gak mau matang ya. Padahal kulit pienya sudah sampai gosong, tapi susunya tetep cair2 gitu…. Kenapa ya?? Mohon bantuannya ya ^_^

    Salam kenal
    Shanti

  6. enak nih kayak nya (yahoo) (lmao) (LOL) πŸ˜€ (goodluck) (okok) (panic) (hassle) (hassle) (hassle) (scenic) (lonely) (idiot) (evilsmirk) (ninja) (haha) (banana_rock) (banana_cool) (yahoo) (yahoo) (banana_cool) (dance) (highfive) (highfive) πŸ˜‰ πŸ˜‰ (angry) (angry) (haha) (girlkiss) (drinking)

    1. klo pake loyang gede, kulitnya rada ancur sih.. hehehe.. klo pake cetakan kecil bisa juga.. tapi jadinya isinya dikit.. tapi bisa juga sih.. klo pake cetakan kecil, manggangnya jangan terlalu lama, tar gosong.. di liat aja.. klo susunya udah mengeras, di angkat aja.. (cozy)

    1. klo pake susu segar sebenarnya saya kurang suka, karena lebih encer.. alternatif lain klo gak mau pake susu kental manis sih pake susu bubuk terus di bikin susu biasa. tapi bikinnya yang kentel. soalnya kandungan airnya terlalu banyak.. bisa gak mateng2. di resep pake susu kental manis yang di cairkan dengan sedikit air, itu untuk mengurangi kadar air di kue. karena nanti isiannya itu bentuknya seperti puding yang lembuuut.. (mmm)

      selamat mencoba yaaa.. (cozy)

  7. Salam kenal ya luv … πŸ˜€
    Senennya ketemu resep pie susu yang mudah, luv itu telurnya dipake putih ma kuningnya semua gitu? Ngga amis tuh luv? Rencana mau bikin buat buka puasa bersama nih! TQ Luv … (highfive)

    1. iyah.. pake kuning dan putih telurnya semua.. klo manggangnya sampe mateng, gak akan amis.. aku biasanya bikin gak amis sih..

      selamat mencoba ya.. semoga berhasil.. (cozy) oh ya.. selamat berpuasa juga.. (dance)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *