malaikat-malaikat kecil itu butuh di lindungi

apa yang ada di bayangan kita saat mendengar kata anak-anak. tentunya melihat sosok mungil, polos, dan lugu. tak hanya itu tapi juga teriakan, tangis, kenakalan, dan yang lainnya. anak-anak dengan segala hal yang ada di diri mereka tetap lah menyenangkan untuk di lihat.

Tepat di hari ini, 23 Juli 2009, anak-anak di seluruh Indonesia memperingati hari anak Indonesia. Sejarahnya, hari anak nasional pertama kali dicanangkan pada 23 Juli tahun 1986 oleh Alm. mantan Presiden Suharto. Pak Harto waktu itu berharap, ini menjadi awal kunci kemajuan bangsa. tiap-tiap negara menetapkan tanggal yang berbeda untuk memperingati hari anak di negaranya. dan mereka pun memiliki cara yang berbeda-beda untuk memperingati hari anak. misalnya hari anak di jepang (kodomo no hi) yang di selenggarakan setiap tanggal 5 mei yang di peringati dengan memasang koinobori. hmm.. kalau di Indonesia, apa ya yang menjadi ciri khas perayaan hari anak? gak ada sepertinya.

ku rasa anak-anak sendiri kurang menyadari adanya hari anak ini. mungkin karena tidak ada yang khas yang di lakukan dari tahun ke tahun oleh mereka. berbeda dengan hari kartini yang selalu di rayakan dengan karnaval, berbaju daerah, dan sebagainya. pada tanggal ini anak-anak sering di beri fasiltas lebih sebagai privilages, di hari anak ini.

IMHO, penting di lakukan di hari anak ini adalah melindungi dan membantu anak-anak. melindungi fisik dan mental mereka dari hal-hal yang bisa merusak. banyak kasus terjadi hal-hal yang paling dekat dengan mereka pun bisa merusak anak-anak. orang dewasa dengan kekasaran mereka? baik tindakan kasar verbal atau non verbal, seperti yang terjadi pada kasus bapak tiri yang tega menabrakkan anak tirinya ke kereta, pelecehan seksual pada anak-anak, atau kasus-kasus kekerasan lainnya. belum lagi kasus pekerja di bawah umur dimana masih banyak anak-anak yang di manfaatkan untuk di jadikan pemulung, peminta-minta, pembantu rumah tangga dan yang lainnya hanya karena bayaran mereka lebih murah dibanding yang lainnya. karena di sadari atau tidak, hal itu bisa mengganggu perkembangan psikologis mereka.

selain itu, ada banyak hal berbahaya lain yang mengintai anak-anak. seperti televisi, pergaulan, dan sebagainya. pengaruh buruk televisi bagi anak-anak sudah banyak di sadari oleh beberapa kalangan. sehingga muncul lah gagasan untuk memulai aksi hari tanpa televisi.

kenapa sih televisi kurang bagus untuk anak-anak? ya selain banyak acara televisi yang tidak tepat untuk di konsumsi anak-anak, karena waktu anak-anak akhirnya habis untuk menonton TV. bayangkan saat hari minggu. dari anak-anak membuka mata, sampai siang hari sekitar pukul 11, mereka sudah di suguhkan dengan tayangan kartun, cerita anak-anak yang beragam. mata mereka sama sekali tidak lepas dari televisi. mungkin sampai tidak makan, mandi, dan tidak melakukan aktifitas sosial lain. itu hanya pada hari minggu. bagaimana pada kesehariannya? tidak sedikit anak-anak yang ikut menonton TV sampai larut malam, bersama orang tuanya. perlu disadari bahwa Anak yang sering menonton tv juga mengalami masalah pada pola tidurnya, seperti terlambat tidur, kurang tidur bahkan tak bisa tidur, cemas tanpa sebab, terbangun malam dan mengantuk pada siang hari. sedangkan anak-anak sangat butuh waktu tidur yang lebih lama di banding orang dewasa. karena menurut penelitian, tidur cukup yang berkualitas pada anak-anak akan merangsang otaknya untuk berkembang dengan lebih baik. mudah-mudahan ini juga menjadi perhatian khusus bagi orang tua untuk membatasi waktu menonton untuk anak-anak mereka.

ini hanya masalah mental dan psikologis untuk anak-anak. bagaimana dengan yang lain. soal hak anak-anak untuk memperoleh pendidikan, kesehatan, keamanan dan yang lainnya? ada banyak pihak juga yang sudah mulai perduli soal pendidikan untuk anak-anak ini. terutama untuk anak-anak yang nyaris putus sekolah. ada program coin a chance yang isinya inti programnya adalah mengumpulkan recehan kembalian untuk di gunakan untuk membiayai anak-anak yang nyaris putus sekolah. salut buat temen-temen di coin a chance. aku sama beberapa temen-temen sendiri mulai menjalankan program yang nyaris sama. kita menyisihkan jatah biaya nongkrong di starbuck dll, untuk biaya pendidikan anak-anak yang hampir putus sekolah. ya kita ambil permisalan sekali ngopi bareng di sana, masing-masing orang minimal menghabiskan 30ribu rupiah. andai uang itu kita kumpulkan oleh 3-5 orang saja, tentu sudah bisa di pakai untuk menutup uang bayaran sekolah perbulan satu orang anak. alhamdulilah sudah lumayan banyak temen-temen yang mau menyisihkan sedikit uang mereka, dan ikutan pogram ini. mudah-mudahan program ini bisa berjalan terus, dan makin banyak anak yang bisa di bantu. amiiin.. (worship)

selamat hari anak nasional.. (dance)  lets protect our children.. (cozy)

note : fotonya nemu di file lama, mudah2an yang punya gak protes (worship)

semua kenangan itu kembali

Di atas bumi ini ku berpijak
Pada jiwa yangg tenang di hatiku
Tak pernah ada duka yg terlintas
Ku bahagia

Ingin ku lukis semua hidup ini
Dengan cinta dan cita yang terindah
Masa muda yang tak pernah kan mendung
Ku bahagia

Chorus:
Dalam hidup ini
Arungi semua cerita indahku
Saat saat remaja yang terindah
Tak bisa terulang

Ku ingin nikmati
Segala jalan yang ada di hadapku
Kan ku tanamkan cinta tuk kasih ku agar
Ku bahagia

lirik lagu ku bahagia-melly goeslaw yang di jadikan salah satu soundtrack di film Ada Apa Dengan Cinta benar-benar menggambarkan masa-masa di SMA.. banyak orang yang bilang, masa ini adalah masa-masa tak terlupakan, masa emas dimana ada banyak rasa disana.. dimana kita mulai mengenal apa itu cinta.. kenal apa itu persahabatan.. kesetiakawanan.. disertai kerumitan dan tanggung jawab untuk melanjutkan kuliah atau pekerjaan.. semua mulai terasa disana.. INDAH.. banyak yang menggambarkannya demikian..

benar kata senior-seniorku dulu.. masa sma memang masa yang paling indah.. saat-saat kuliah itu saat-saat menyenangkan dan penuh petualangan…

kemarin, semua kenangan itu kembali.. menyeruak ingatan, muncul perlahan, membawa semua rasa yang pernah ada.. dari mulai pasang segala macam aksi dan gaya untuk mencontek, ada yang sakit perut karena duduk di bawah kipas angin, sampai dengan sebal dengan guru yang genitsampe berharap boleh bawa payung ke dalam kelas untuk menghadapi guru yang memberikanhujan lokal, gara2 saking semangatnya ngajar.. semua benar-benar membuat tertawa saat di ingat kembali..

bahagianya bisa mendengar cerita dari teman-teman.. ada yang bahagia mengurus gadis kecilnya yang takut dengan ikan mas koki, ada yang sekarang sudah kerja di word bank (bank dunia), ada yang bekerja memutuskan “kabur” keluar pulau karena untuk mengadu nasib, ada yang sedang menikmati saat-saat menegangkan menunggu kelahiran bayinya, ada juga yang sibuk menggendutkan badan karena merasa terlalu kurus.. sampe penasaran dengan nasib anak yang paling ogah di foto dan sekarang berhasil jadi Agen rahasia.. (no wonder dari dulu dia enggan di foto.. ternyata sukanya main sembunyi2an..) hohohohoho..

belum lagi menemukan cerita-cerita baru yang menjadi “pasword-pasword” yang selalu berhasil menimbulkan gelak tawa..

belum lagi cerita-cerita lama yang jika di ingat hanya membuat wajah bersemu merah..

senang mendengar kabar kalian semua.. mudah-mudahan nantinya kita bisa hadir full tim.. teman-teman yang sedang berada di luar kota pun mudah-mudahan bisa bergabung..

thank you for that lovely day..

aku lelah..

aku berlari dalam lintasan..memanggul sebuah tas ransel besar di punggung ku.. aku berlari dan terus berlari.. walau lelah menggelayut, namun ku tak boleh berhenti.. di belakang ku seorang wanita dengan pecut api menghentakkan pecutnya ke tanah, menimbulkan suara keras.. mengancam.. “Lari! terus berlari! waktu mu tak akan lama lagi.. tak ada waktu untuk bermain-main!! jangan pernah berhenti berlari!!”

aku lelah.. aku sungguh-sungguh lelah.. ingin berhenti sejenak.. namun waktu tak bisa menungguku.. langkahku sempat melambat.. beban di punggung ini memperlambat langkah ku.. ku berhenti sejenak dan berpikir… meletakkan tas ini, atau terus membawanya berlari bersama ku.. namun ku tahu, tas ini tak akan pernah membantuku sampai ke garis finish.. aku butuh tas yang lain.. tas berisi air mineral yang menyegarkan, vitamin yang menguatkan serta handuk yang mampu menyeka keringatku..

ku tatap isi tas itu. ada senter, jaket dan payung disana. aku tidak bisa menggunakannya sekarang.. namun ku sangat menyayanginya.. aku menyukai tas ini.. aku tak mau melepaskannya.. tapi kini aku tak tahu.. apa yang harus ku lakukan..

Tik..tok.. tik.. tok.. tik.. tok.. jam terus berdetak.. waktu terus berputar.. ku berharap waktu berhenti sejenak dan menungguku.. tapi ternyata tidak.. waktu tak kan menungguku.. dia terus berjalan.. dia terus bergerak.. sebuah hentakan pecut kembali mengagetkanku… menyadarkan ku dari lamunan.. ku harus segera membuat keputusan… saat ini ku tak mampu berpikir.. aku hanya merasa lelah.. lelah dan sangat lelaaaah..

Ya Allah.. kuatkan aku.. bantu aku menjalani ini semua.. kirimkan tas yang ku butuhkan.. bimbing aku agar tetap berada di garis lintasan yang benar.. karena saat ini..

AKU BENAR-BENAR LELAH!!

untungnya aku perempuan

sedang tidak bisa tidur.. terpikir banyak hal.. mendadak saya sangat bersyukur kenapa saya di lahirnya sebagai perempuan.. ntah kenapa sedang ingin menghitung anugerah yang saya terima sebagai perempuan..

  1. bebas menangis. terserah para pria mau menganggap itu sebuah tindakan cengeng atau apa, tapi menangis itu menyenangkan loh.. klo dada sesak, kepala penat, menangis menjadi sebuah pembebasan emosi yang tertahan dan membuat sakit. perasaan jauh lebih lega setelah menangis. kadang menangis semena2 pun gak masalah. kadang klo butuh nangis, tonton aja telenovela atau film2 romantis-tragis yang bisa ngeluarin air mata berember2. nangis sampe sesegukan. pasti perasaan jauh lebih ringan. coba klo cowok.. ya.. bisa aja sih.. tapi paling di tatap dengan tatapan aneh, pas nangis2 gitu.. (unsure)
  2. mendapat perlindungan serta pengawalan khusus. hihihi… klo pulang malem, tinggal todong pacar, sahabat atau temen cowok untuk ngawal sampe pulang. tentunya mereka gak akan tega membiarkan cewek manis nan baik hati seperti kita pulang sendirian di tengah malam…  8-| klo ada penculik2 jahat gimana.. :-s tapi klo emang gak ada temen2 cowok yang bertanggung jawab baik, ya terpaksa pulang sendiri, sih.. (idiot)
  3. bisa marah2 dengan bebas. hihihi.. mungkin gak usah di contoh. tapi sempet ada temen yg posting di tret, klo enak ya, jadi cewek bisa marah2 dengan bebas dengan alasan PMS. (banana_cool) yaaaa.. gue  sih gak pernah pake “taktik” begitu.. tapi tolong ya, para pria.. mengertilah klo lagi PMS, itu hormon emang gak bisa di kendaliin.. bawaannya emang pengen mukulin orang (idiot) dan marah2 mulu.. (angry) S.E.R.I.U.S. (worship)
  4. bisa bermanja2 ria, klo lagi melow2 ndak jelas. ini yang paling gue suka. ndusel2 gak jelas klo lagi melow.. (cozy) gak perlu ngomong apa2, just need someone beside me and Big Hug. feels everything is gonna be ok.. coba klo cowok yg ndusel2 ndak jelas.. (okok) hmmm.. (bigeyes) ada gitu yang mau di dusel2 sama cowok.. (woot)
  5. bisa ngerasain yg namanya hamil. percaya atau nggak, itu sebuah keberuntungan loh bagi para wanita.. ngerasain ada mahluk lucu dan imut yang berasal dari darah dan daging lo, tumbuh di rahim lo.. mereka tumbuh dan hidup di dalam perut lo selama 9 bulan.. keren kan??? 😀 *menurut gue sih keren* (lmao)
  6. lebih jarang mengalami stres dari pada pria. karena wanita punya banyak cara untuk meluapkan emosinya dan mengungkapkan ekspresinya. lebih tepatnya, wanita terbiasa untuk itu. sementara pria tidak.. (dance)
  7. dari banyak penelitian, wanita terbukti lebih pandai multitasking di banding pria. seorang ibu bisa masak, sambil cuci piring, sambil urus anak pada saat yang bersamaan dan semuanya bisa terurus dengan baik. coba klo pria yang melakukannya. gue gak yakin mereka bisa.. :)) *no offence buat para pria* (ninja)
untuk yang lain, belum nemu lagi.. 😀 intinyaaa.. jadi perempuan itu menyenangkan..
tapi para laki2 jangan ikut2 jadi cewek, yaaa.. terima aja takdir masing2.. (annoyed) huehehehehhehe.. (rofl)

buat para wanita, yuk lebih menghargai diri sendiri.. (cozy)

buat yang pria.. mari belajar menghormati wanita2 di sekelilingmu.. 😀