resep rengginang resep mbah kurus

rengginang, cemilan renyah ini asik sekali disantap sebagai teman minum teh atau minum kopi. =P~ ~o)

 

dulu waktu gue masih kecil, mbah kurus suka bikin rengginang. gue sendiri suka banget makan rengginang. tapi sayang.. beberapa kali beli rengginang di jakarta, rasanya nggak seenak bikinan mbah dulu.. rasanya hambar.. pernah makan rengginang di rumah ocha, rasanya enaaaaaak banget.. mirip sama rengginang bikinan mbah.. ternyata rahasianya ada di jumlah bumbunya.. yang bumbu utamanya cuma bawang putih dan terasi.. simpel, kan? nih gue kasih resepnya.. 

 

bahan-bahan : 

  • satu liter beras ketan. boleh ketan hitam, boleh ketan putih.
  • 8 siung bawang putih ukuran besar
  • satu sendok makan terasi goreng atau terasi bakar.
  • satu setengah sendok makan garam (sesuai selera)
  • 300 cc air matang.

cara membuat : 

  1. rendam beras ketan selama 1 jam. 
  2. haluskan garam, bawang putih dan terasi hingga benar-benar halus.
  3. kukus ketan selama setengah jam
  4. campurkan bumbu yang sudah di haluskan dengan air, lalu campurkan ke dalam ketan yang sudah dikukus.
  5. kukus kembali ketan selama satu jam. 
  6. cetak lalu jemur dibawah matahari sampai kering (sekitar 2-3 hari)  
  7. setelah itu di goreng dengan minyak panas, deh… =P~
 ini hasil jadinyaaaaa…..
 

.

tips :

  • waktu mencetak, usaha kan jangan terlalu tebal. nanti susah kering dan kurang renyah ketika di goreng. 
  • selain membentuk rengginang dengan bentuk bulat, kita juga membentuknya dengan bentuk lain.. seperti kotak, segitiga, persegi panjang atau bentuk hati yang mungkin cocok buat kado valentine =)) pokoknya gak usah terpaku sama bentuk klasik rengginang yang bulet :P
  • jangan takut menambahkan jumlah terasi atau bawang putih. makin banyak bumbu makin maknyus. tapi kira2 aja, ya.. jangan satu kilo terasi dan satu kilo bawang putih di campur ke dalam satu kilo beras ketan.. lo mo bikin rengginang atau terasi goreng.. /:)
  • saat menggoreng, usahakan minyak sudah benar-benar panas, jaga jangan terlalu panas banget.. nanti gosong.. setelah minyak panas, sedikit kecilkan. karena kalau minyak terlalu panas, sebelum rengginang benar-benar mengembang, rengginang udah gosong. 
  • jangan lupa di taruh di toples kedap udara biar tetap renyah :D

SELAMAT MENCOBAAAAAAA!!!

 

15 thoughts on “resep rengginang resep mbah kurus

  1. mau tanya dunk , boleh yah…. maksa dot com :) gak bisa jemur tu rengginang krn hawa di mare duingin, so bisa gak di panggang low fire biar kering getu? blom nyoba seh…. demi anak neh…

    • aku belum pernah coba, tapi sepertinya bisa.. karena konsep bikin intip juga pake low fire gitu.. ayo di coba, mbak.. terus di kabar2in yaaaa.. (cozy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>