topeng

 

dunia ini benar-benar panggung sandiwara.. semua orang seperti memakai topeng.. entah sengaja atau tidak sengaja.. sulit rasanya menemukan orang yang benar-benar jujur.. tiap orang menggunakan topengnya sendiri.. tiap saat bisa berganti. Tergantung kebutuhan.. kadang dia gunakan topeng berlapis-lapis atau bahkan dua topeng secara bersamaaan untuk menutupi wajah aslinya dan menutupi  belakang kepalanya..

JUJUR? Sebuah kata dan sifat yang sedikit langka dewasa ini.. begitu banyak orang yang bangga dengan kemampuan mereka membuat banyak topeng dalam hidupnya.. ada pula yang malah mencibir mereka yang tidak bertopeng. Yang tampil ke muka umum dengan wajah polos mereka.. bahkan menyuruh si jujur yang polos dan lugu, mengenakan topeng bila berhadapan dengan orang lain.. duhh.. tidak bisa kah semua orang menampilkan wajah polos mereka? apakah menjadi orang yang naif merupakan sebuah AIB???

kalau di Tanya kenapa mereka menggunakan topeng, ada begitu banyak jawaban yang mungkin saja muncul..

  1. Untuk kepentingan dan keuntungan pribadinya.. dengan menggunakan topeng, dia bisa meraih keuntungan dari orang lain.. (bak topeng monyet yang hanya akan mendapat uang bila memasang topeng dan beraksi..)
  2. Ada lagi yang menggunakan topeng untuk melindungi wajah aslinya…. yang ntah kenapa ingin di tutupi.. (mungkin faktor nggak PD dengan keadaan yang sebenarnya? Ntah..)

 

Ada satu fenomena menarik sebenarnya yang lucu disini.. setiap orang, selalu berpikir bahwa semua orang yang ada di dunia ini adalah sama. Sehingga si manusia bertopeng ini, berpikir kalau tidak ada orang yang jujur di dunia ini. Makin lah dia tidak mau melepas topengnya atau bahkan malah mengenakan topeng lebih banyak hingga wajahnya bertumpuk2, penuh dengan topeng.

Ada yang menyebut seseorang bertopeng sepertinya menarik karena mereka begitu misterius.. seperti yang satu ini..

 

Tapi.. kenyataannya..  akan lebih menyenangkan jika berhadapan dengan seseorang di saat kita benar2 dalam keadaan murni tanpa topeng. kebayang nggak sih, kalau kita berhadapan atau bahkan hidup bersama orang yang selalu bertopeng dan tidak mau melepaskanya, walau hanya ada kita berdua disana?? kalaupun dia sanggup terus memasang topeng itu.. akan merasa aman kah kita bersamanya?? akan ada banyak hal yang terpikir.. bisa muncul banyak praduga, sakwa sangka, bahkan sampai muncul justifikasi.. tentunya kasihan.. tapi percayalah.. topeng itu bagai bom waktu yang kalian simpan.. dia suatu waktu bisa meledak.. dia bisa melukai si pemakai dan orang2 yang ada di sekitarnya.. 

Semoga mereka-mereka yang biasa bertopeng, mau menanggalkan topeng2 kebohongan dan kemunafikan mereka.. mampu menampilkan diri mereka apa adanya..  kayak gini.. kyaaaa..

19 Replies to “topeng”

  1. buka dulu topengmu…buka dulu topengmu…
    kan kulihat wajahmu..kan kulihat wajahmu…

    kalo gak salah ada lagu yang seperti itu, seperti halnya saia yang selama ini memakai topeng gajah, sayangnya mereka gak tahu kalo saia ini orangnya ganteng…ya sudahlah.. yang penting saia adalah gajah_pesing is the wong ganteng

  2. Hihihi…Jadi postingan ini sebenarnya cuma alibi buat nampilin foto dirimu ya jeng? Ih, dasar narsis :-p

    *siap-siap ditimpuk belimbing*

    *cubit Luvie, katanya mau jalan-jalan bareng, kapan????*

  3. jadi teringat, udh 2 taun pake topeng (sstt.. jgn bilang2 sapa2 pake nama palsu 😀 ), lumayan gerah, skrng berani buka topeng, coz udh ada jaminan sosial 😀
    good post !

  4. setiap orang pasti punya yang namanya personality and kalo kata buku psikologi, persona itu artinya topeng 😛 and pasti dong mesti setiap orang bakalan punya topeng yang berbeda tiap kali dia beradaptasi di tempat yang baru.. kalo nggak bisa bikin topeng dia bakalan jadi autis :(( walaupun ada kemungkinan laen juga … sering sering kunjungin lekompress kalo mau tau lebih jauh wakakkakak promosi gw :”> ~kabur ah ngeri di omelin luvie …

  5. sekalian nyanyi lagunya sherina …”seribu topeng”…
    oya, nyambung dari komen-nya heri, ga tau kenapa disebut topeng monyet. kalo di tempat gw disebut “ronggeng monyet”…

  6. dah lama ndak nyepam :))
    wwoohh…. saya ndak pake topeng kok, cuman menampilkan sisi diri yang berbeda yaitu charming bin mempesona *ngeles dot kom*

  7. topeng, seperti badut yng bertopeng senyum, padahal di dalam topeng itu dia merengut 😀 topeng juga dipakai utk menjaga wibawa — ini buat para bos dan petinggi.
    i’m sick and tired of those things.. all i want is the truth 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *